Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

68 Quiz Materi Pasar Monopoli Lengkap Jawaban

Soal (Esai) Pasar Monopoli


47. Apa itu Undang-Undang Anti monopoli?

Jawaban:
Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat (Undang-Undang Anti Monopoli) merupakan dasar kebijakan persaingan usaha di Indonesia. Undang-Undang Anti Monopoli memiliki sistem pengaturan yang khas dalam menyikapi hubungan persaingan usaha dan usaha kecil.


48. Mengapa kerajaan di Indonesia membiarkan adanya monopoli perdagangan?

Jawaban:
Karena Belanda dan VOC sangat lihai dalam berpolitik, mereka menggunakan teknik devide et impera atau divide and conquer, sebuah politik adu domba antar kerajaan-kerajaan di Indonesia. Dasarnya politik adu domba bertujuan menghasut kerajaan di Indonesia agar mereka mau bekerja sama dengan VOC


49. Apa yang dimaksud dengan hak monopoli?

Jawaban:
Hak untuk mengatur sendiri,artinya pemilik hak bebas mengatur apa saja yang harus dijual oleh penduduk lokal,dan harganya,serta kepada siapa. Hak monopoli itu juga ditegakkan oleh penindasan tanpa ampun oleh pemilik hak agar dapat bertahan dengan kuat


50. Apakah perusahaan monopoli bisa saja mempertahankan keuntungan di atas normal?

Jawaban:
Pada pasar monopoli produsen dapat menentukan harga barang untuk memperoleh keuntungan diatas normal. Harga barang pada pasar monopoli lebih mahal dari pasar persaingan sempurna. ... Perusahaan bisa mempertahankan keuntungan di atas normalnya asalkan perusahaan bisa mempertahankan entry barrier-nya.


51. Apakah monopoli dan monopolistik sama?

Jawaban:
Pada pasar monopoli, jumlah konsumen banyak karena hanya ada satu produsen. Contohnya listrik. Sedangkan di pasar monopolistik, jumlah konsumen banyak karena memerlukan barang tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup. Contohnya motor, mobil, pensil, dan sabun.


52. Mengapa pasar monopolistik tidak efisien?

Jawaban:
Ada dua penyebab mengapa pasar persaingan monopolistik tidak dapat lebih efisien dibanding pasar persaingan sempurna. Karena memiliki daya monopoli, perusahaan dalam pasar persaingan monopolistik mampu membebankan harga jual yang lebih tinggi dari biaya marjinal (P > MC)


53. Usaha apa yang dilakukan penjajah Belanda dalam memonopoli perdagangan di Indonesia?

Jawaban:
Maret 1602 - Belanda berusaha memonopoli perdagangan rempah-rempah dengan membentuk suatu kongsi dagang bernama VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie).


54. Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah?

Jawaban:
Karena pada masa itu (pada Masa Pertengahan dan Renaisans), rempah-rempah merupakan komoditas yang sangat berharga. ... Sehingga harga rempah-rempah menjadi sangat mahal dan memberi keuntungan yang sangat besar bagi para pedagangnya


55. Bagaimanakah cara VOC untuk dapat memonopoli perdagangan rempah-rempah?

Jawaban:
Ada beberapa kebijakan yang dikeluarkan oleh VOC untuk melakukan monopoli perdagangan rempah-rempah di Nusantara, antara lain : Menguasai pelabuhan-pelabuhan dan mendirikan benteng dalam melaksanakan perdagangan. Melaksanakan pelayaran Hongi. ... Membangun pangkalan VOC


56. Apa persamaan antara pasar bersaing monopolistic dan monopoli?

Jawaban:
Persamaan antara pasar monopoli dan pasar monopolistik adalah sebagai price maker (pembuat harga) dan jumlah konsumen sama-sama banyak.


57. Apakah akibat monopoli perdagangan yang dilakukan bangsa Portugis terhadap rakyat Indonesia?

Jawaban:
Dampak monopoli perdagangan Portugis di maluku yaitu masyarakat menjadi sangat menderita karena masyarakat maluku harus menjual rempah-rempah yang mereka miliki ke portugis dengan harga murah


58. Apa tujuan Kerajaan Ternate memberikan kesempatan kepada Portugis untuk memonopoli perdagangan di Ternate?

Jawaban:
Tujuan utamanya menguasai rempah-rempah di Ternate atau Maluku. Awalnya kedatangan Bangsa Portugis disambut hangat oleh raja serta rakyat Ternate. Bahkan Portugis diberi kesempatan mendirikan benteng dan hak monopoli perdagangan cengkeh


59. Campur tangan pemerintah untuk mengatasi dampak negatif dari monopoli dapat berupa apa?

Jawaban:
Cara pemerintah mengatasi dampak negatif pasar monopoli yaitu dengan cara membuat peraturan dan perundang undangan terkait dengan pasar monopoli.


60. Apa saja peran pemerintah dalam pasar monopoli?

Jawaban:
Pemerintah memberi izin terhadap perusahaan baru dengan produk yang sama dengan yang dihasilkan perusahaan monopoli. Hal ini membuat perusahaan monopoli harus bekerja lebih efisien demi menyaingi kompetitornya. Kehadiran barang impor membuat perusahaan monopoli tidak leluasa lagi menentukan harga.


61. Apa itu sifat monopoli?

Jawaban:
Sifat monopoli yaitu hak negara guna melaksanakan sesuatu sesuai dengan tujuan bersama dari masyarakat.


62. Mengapa negara memiliki sifat monopoli?

Jawaban:
Negara memiliki sifat monopoli untuk mencapai suatu tujuan biasanya untuk melarang aliran kepercayaan atau kelompok politik tertentu yang dianggap bertentangan dengan paham Negara.


63. Apa yang dimaksud dengan negara bersifat memaksa dan memonopoli?

Jawaban:
Sifat memaksa ini yaitu dimana negara bisa memaksa warga negara buat mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara tersebut. ... Monopoli dilakukan buat menetapkan tujuan bersama, jadi seluruh warga negara dan pemerintah mempunyai visi dan misi yang sama mau dibawa kemana negara yang ditinggalinya ini


64. Apa saja jenis jenis monopoli?

Jawaban:
1. Monopoli alamiah
2. Monopoli masyarakat
3. Monopoli undang-undang


65 Apa kekurangan pasar monopolistik jika dibandingkan dengan pasar persaingan sempurna?

Jawaban:
Kekurangan dari pasar monopolistik, di antaranya: Memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Produsen yang tidak memiliki modal atau pengalaman yang cukup akan cepat tersingkir. Dibutuhkan modal yang besar untuk masuk ke dalam pasar monopolistik, karena pemain pasar memiliki skala ekonomi yang tinggi.


66. Pada pasar monopoli apabila pemutaran harga terlalu mahal apa yang terjadi?

Jawaban:
Monopolis mempunyai kekuasaan dan menguasai pasar untuk menentukan harga. ... Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang subtitusi (pengganti) produk tersebut atau —lebih buruk lagi— mencarinya di pasar gelap (black market).


67. Mengapa dalam pasar monopoli menetapkan harga serendah mungkin?

Jawaban:
Sebagai price maker, perusahaan di pasar monopoli dapat menerapkan kebijakan limitasi harga. Kebijakan ini dilakukan dengan menetapkan harga serendah mungkin agar perusahaan lain tidak tertarik untuk memasuki pasar. Kebijakan juga didukung dengan promosi seperti iklan secara besar-besaran serta diferensiasi produk.


68. Apa yang dimaksud dengan price taker pada pasar monopoli?

Jawaban:
Pengambil harga (price taker) merujuk pada perusahaan yang tidak dapat mempengaruhi harga pasar dan hanya dapat menetapkan harga output sebesar harga pasar. Semua perusahaan dalam pasar persaingan sempurna adalah price taker.