Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

40 Soal Muskuloskeletal Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Muskuloskeletal
  1. Reina, gadis kurus berlari sekuat tenaga menuju ke arah kantin karena laparnya setelah terdengar suara bel istirahat. Namun ketika sampai pada jalan menurun, Reina seperti kehilangan kendali dan terjatuh. Kemudian Reifa yang mengetahui hal itu, kemudian menolong Reina untuk bangun. Namun Reina meringis kesakitan dan tidak dapat menegakkan kakinya, setelah dilihat ternyata salah satu tulang lututnya menonjol dari dalam kulitnya. Menurut hipotesa sementara, apa yang terjadi pada lutut Reina ?
    a. Terjadi dislokasi pada tulang fibula Reina
    b. Terjadi dislokasi pada tulang tibia Reina
    c. Terjadi dislokasi pada tulang patela Reina
    d. Terjadi dislokasi pada tulang patela dn tulang fibula Reina
  2. Rizal bermain di taman depan rumahnya. Kemudian terjatuh dan menangis dengan kerasnya. Setelah dilihat, ternyata lengan bawahnya tidak dapat digerakkan. Menurut hipotesa sementara, mengapa hal itu terjadi ?
    a. Terjadi gangguan antara tulang radius dan tulang ulna dengan tulang humerus mungkin dikarenakan tertindihnya oleh badannya
    b. Terjadi gangguan antara tulang radius dengan tulang karpus mungkin dikarenakan tertindihnya oleh badannya
    c. Terjadi gangguan antara tulang humerus dengan tulang klavikula mungkin dikarenakan tertindihnya oleh badannya
    d. Terjadi gangguan antara tulang humerus dengan tulang karpus mungkin dikarenakan tertindihnya oleh badannya
  3. Pasien Prayitno menderita suatu penyakit, dengan gejala tidak bisa menarik sudut mulutnya ke arah lateral. Menurut kasus singkat di atas, hipotesa sementara dari pasien Prayitno otot manakah serta syaraf keberapakah yang mengalami gangguan?
    a. Otot risorius dan syaraf fasial (VII)
    b. Otot orbikularis mulut dan syaraf fasial (VII)
    c. Otot businator dan syaraf fasial (VII)
    d. Otot businator dan syaraf fasial (VI)
  4. Ketika firman pulang dari menonton pertandingan sepak bola. Firman melihat ada pemuda mabuk yang sedang cekcok mulut dengan warga setempat. Dan taklama kemudian kedua orang tersebut saling bertengkar dengan saling tonjok dan saling memukul. Firman yang melihat kejadian tersebut langsung melerai tetapi kedua pemuda itu tidak minghiraukan firman. Pemuda yang mabuk tersebut malah balik memukul pipi sebelah kanan firman. firmanpun langsung terjatuh ketanah dengan luka bengkak membiru dan kepalanya sedikit mengeluarkan darah karena terbentur batu waktu jatuh ke tanah. 
    Sistem apakah yang terganggu bila dilihat dari kondisi firman?
    a. Sistem saraf
    b. Sistem kardiovaskuler
    c. Sistem muskulus
    d. a, b, dan c salah
  5. Jam menunjukkan pukul 12.30 siang Ari bersama kawan-kawannya pulang sekolah. sesampai dipertenhgahan jalan ari melihat ada seorang penjual es cendol. Karena cuacanya yang sangat panas dan tenggorokan ari terasa kering. Ari bersama kawan-kawannya langsung menghampiri penjual es cendol tersebut dan membeli es bersama kawan-kawannya. karena cuaca yang sangat panas ari langsung meminum es tersebut dan tanpa sadar ari berada di bawah pohon kelapa yang buahnnya sudah banyak yang kering. Aripun kejatuhan buah kelapa yang sudah kering tersebut yang mengenai bahu kirinya. yang mengakibatkan bahu kirinya memar dan tangannya sulit digerakkan. 
    Sendi apakah yang terganggu bila dilihat dari kasus tersebut?
    a. Sendi putar 
    b. Sendi enggsel
    c. Sendi peluru
    d. Sendi pelana
  6. Karena hari libur kuliyah faruq diajak ayahnya untuk berlibur kepantai. faruq bersama ayahnya berlibur dengan mengendarai sepeda motor. sesampai di desa kulonprogo ban sepeda yang tumpangi faruq dan ayahnya pecah. ayah faruqpun tidak bisa mengendalikan sepeda montornya karena terlalu kencang dan akhirnya keduanya pun terjatuh. ayah faruq selamat dari kejadian tersebut tanpa ada luka. tetapi faruq mengalami luka sobek dibagian paha atas.
    Sistem apakah yang terganggu pada pada luka firman?
    a. Sistem kardiovaskuler
    b. Sistem integumen
    c. Sistem saraf
    d. Sistem 
  7. Didesa sukabumi tinggalah seorang anak yang bernama Dani dia sangat suka dengan yang namanya mangga sampai suatu seketika dia pergi kekebun mangga milik ayahnya. Dia langsung memanjat pohon mangga tersebut dan tanpa disadari ranting yang diinjaknya patah sehingga dia terjatuh dan mengalami patah tulang di lengan bagian bawah. Sistem apakah yang terganggu bila dilihat dari kondisi Dani?
    a. Sistem saraf
    b. Sistem integumen
    c. Sistem muskuloskeletal
    d. a,b,c benar
  8. Dikota malang ada pertandingan sepak bola antara arema melawan persebaya dimana pada saat Marcio menggiring bola dia dilanggara oleh Andik begitu keras pada lutut bagian bawah sehingga dia tidak dapat berjalan. Sendi apakah yang terganggu bila dilihat dari kondisi Marcio?
    a. Sendi putar
    b. Sendi engsel
    c. Sendi pelana
    d. Sendi peluru
  9. Trauma pada suatu otot atau tendon biasanya disebabkan oleh peregangan otot atau tendon yang melebihi batas normal. Ini merupakan definisi dari……
    a. Sprain
    b. Atrofi
    c. Rabdomiolosis
    d. Strain
  10. Berkas (bundel) serat kolagen yang melekatkan otot ke tulang, serat kolagen dianggap sebagai jaringan ikat dan dihasilkan oleh sel-sel fibroblas
    Dari keterangan diatas merupakan pengertian dari……….
    a. Otot Jantung
    b. Otot Polos
    c. Tulang
    d. Tendon
  11. Seorang laki-laki berusia 25 tahun menggalami kecelakaan saat bersky air atau jets kie. Orang itu mengeluh bahwa dadanya merasa sakit, ganguan apa yang terjadi pada laki-laki tersebut
    a. Fraktur tulang rusuk
    b. Fraktur pergelangan tangan
    c. Fraktur radius distal
    d. Fraktur Vertebral
  12. Di desa sumbersari ada perkebunan kelapa dan pada saat itu kelapa sudah mulai masuk pada masa panen. Pak Komar selaku pemilik kebun itu menyuruh seorang warga yang bernama Sigit untuk memanen buah kelapa. Ketika dia sudah di atas dia terpeleset dan jatuh sampai mengalami patah tulang di paha bagian atas. Dilihat dari kondisinya sendi apakah yang terganggu pada Sigit?
    a. Sendi fibrus
    b. Sendi gerak bebas
    c. Sendi sinovial
    d. Sendi tulanag rawan
  13. Melekat pada tulang dan berperan pada pergerakan tubuh¸serabut multinukleus lurik dan berkumpul dalam bundel paralel¸di persyarafi oleh syaraf motorik…..
    a. Otot rangka
    b. Otot polos
    c. Otot jantung
    d. Otot skelet
  14. Seorang anak bernama Budi berumur 13 tahun mengendarai sebuah motor di jalan raya, saat waktu yang bersamaan datanglah sebuah mobil yang melaju cepat dan menabrak anak tersebut. Anak tersebut mengalami luka robek di paha yang mengeluarkan darah dan terlihat tulang anak tersebut patah muncul ke luar. Apakah nama gangguan yang dialami anak tersebut ?
    a. Fraktur terbuka
    b. Fraktur tertutup
    c. Nyeri sendi
    d. Osteoporosis
  15. Komplikasi yang terjadi pada osteoporosis……….
    a. Peradangan ginjal
    b. Timbul osteomielitis kronik
    c. Dapat timbul embolus lemak setelah tulang patah
    d. Fraktur tulang panggul
  16. Ita adalah seorang mahasiswa keperawatan berusia 20 tahun yang kuliah di salah satu PTN terkemuka di Indonesia, dia sangat rajin. Tiap hari dia membaca sampai 3 jam dalam sekali waktu. Hal itu mengakibatkan Ita menderita kelainan pada bagian medulla spinalisnya. Dokter menyatakan bahwa ia terkena lordosis. Pada bagian mana tepatnya kelainan medulla spinalis yang dialami Ita….
    a. Vertebra lumbal
    b. Vertebra toraks
    c. Vertebra serviks
    d. Sakrum
  17. Seorang siswa sedang bersiap-siap untuk pergi kesekolah. Ketika ia melihat jam, waktu telah menunjukan pukul 6.45 WIB. Melihat waktu yang mendesak, anak itu terburu-buru untuk segera berangkat ke sekolah. Anak itu menaiki sepedanya dengan kecepatan tinggi, ketika ia hendak berbelok ia tidak dapat untuk menjaga keseimbangan akibatnya anak itu jatuh. Setelah ditolong oleh warga setempat ternyata anak itu tidak sadar dan kepalanya mengeluarkan darah cukup banyak dan terjadi keretakan pada kepala. Dari kasus tersebut siswa tersebut mengalami gangguan pada sistem apa saja....
    a. Sistem muskulusceletal
    b. Sistem syaraf 
    c. Sistem kardiovaskuler
    d. Benar semua
  18. Hormon apa yang berperan dalam pembentukan kalsium....
    a. Progesteron
    b. Testosteron
    c. Aldosteron
    d. Estrogen
  19. Pertandingan sepak bola antar Universitas dilaksanakan pada siang hari dengan suhu yang cukup menyengat. Seorang pemain bola bernama Andik berusia 20 tahun mengalami cidera pada bagian kaki yang cukup serius. Kaki Andik mengalami pembengkakan, untuk mengurangi pembengkakan tersebut maka dilakukan balutan pada kaki Andik. Setelah beberapa menit ternyata cedera pada kaki Andik semakin membengkak, dan warna kulit menjadi pucat kebiru-biruan , dan Andik mengeluh kesakitan. Dari kasus tersebut kemungkinan apa yang dapat membuat cedera pada kaki Andik semakin parah....
    a. Balutan cedera terlalu kencang
    b. Cedera karena infeksi
    c. Andik salah minum obat
    d. Dibuat berjalan
  20. Rudi adalah seorang mahasiswa dari Universitas di Jember. Dia berusia 18 tahun. Saat ini dia sedang dirawat di salah satu Rumah Sakit swasta di kota Jember. Rudi dirawat dirumah sakit tersebut karena kaki Rudi mengalami kebakaran yang cukup serius sampai penampang tulang pada kaki Rudi terlihat. Dari kasus tersebut, sistem apa saja yang terganggu?
    a. Sistem integumen
    b. Sistem musculosceletal
    c. Sistem kardiovaskuler
    d. Jawaban a dan b benar
  21. Disebut apa bagian yang mendekati batang tubuh ….
    a. Anterior
    b. Superficial
    c. Superior
    d. Proxima
  22. Andi adlah seorang anak yang dapat dianggap pintar karena ia selalu mendapatkan IP yang memuaskan selama ini, tetapi semenjak ibunya meninggal, Andi selalu terlihat murung dan selalu menyendiri, sehingga itu membuat prestasi Andi menurun dan membuat pikirannya kacau. Hingga suatu hari tiba-tiba Andi loncat dari lantai 2 kampusnya. Dan setelah itu, dilihat ternyata Andi mengalami patah tulang pada kakinya, terjadinya penurunan kesadaran hingga ia tidak sadarkan diri. Hal apa yang dialami anak tersebut saat itu . . .
    a. Nyeri
    b. Merasa tidak aman
    c. Ketakutan
    d. Salah semua
  23. Dina kemarin mengunjungi kakeknya yang berusia 50 tahun yang bertempat tinggal di sebuah desa kecil di pinggiran kota jember, naasnya saat menjemput dina di stasiun kakek dina mengalami kecelakaan, kakek dina yang mengendarai sepeda motor bertabrakan dengan pengendara sepeda motor lain dari arah yang berlawanan. Kakek dina pingsan, terlihat saat kejadian tubuh kakek dina terpental hingga 5 meter dari lokasi awal kejadian. Karena saat itu jam sibuk pulang kerja, maka banyak kendaraan yang lalu lalang, pada saat terpental itu terlihat kedua kaki dari kakek dina tertabrak truk yang melaju dengan kencang. Setelah beberapa saat setibanya di rumah sakit, kakek dina sadar. Dan ketika hendak duduk ia merasakan kakinya tidak dapat digerakkan. Setelah dianalisa dokter mengatakan bahwa kakek dina akan mengalami kelumpuhan sementara. 
    Berdasarkan kasus diatas sistem apakah yang terganggu.... 
    a. Sistem musculoskeletal dan sistem saraf
    b. Sistem kardiovaskular
    c. Sistem saraf saja
    d. Sistem musculoskeletal saja 
  24. Mata memandang lurus ke depan¸ kedua lengan tergantung di samping badan dengan telapak tangan menghadap ke depan, disebut apa…..
    a. Anatomi tubuh
    b. Posisi anatomi
    c. Bidang tubuh
    d. Sikap anatomi
  25. Dua orang mahasiswa PSIK, berinisial F dan Z baru saja menyelesaikan perkuliahan. Karena buru-buru saat menuruni tangga, mereka jatuh dari lantai 2 ke lantai 1. F mengalami luka yang cukup serius, kepalanya mengeluarkan banyak darah, dan peregelangan tangannya menjadi tidak bisa digerakkan. Sedangkan Z, mengalami pembengkakan pada pergelangan kakinya, hingga ia tidakdapat berjalan karena nyeri yang berlebihan tersebut. Saat itu, teman dari dua mahasiswa tersebut lewat dan mengetahui kejadian itu. Karena baru saja mempelajari sistem musculoskeletal mereka kemudian membuat hipotesa awal, sembari mengantarkan dua mahasiswa tersebut ke salah satu rumah sakit swasta di Jember. Apa hipotesa awal yang muncul dari mahasiswa yang mengantarkan ke dua korban terhadap kasus yang menimpa Z….
    a. Mahasiswa Z mengalami fraktur
    b. Mahasiswa Z mengalami dislokasi 
    c. Mahasiswa Z mengalami terkilir 
    d. Mahasiswa Z mengalami arthritis
  26. Pada suatu malam di suatu jalan raya terlihat kendaraan yang sangat padat.Dari kejauhan,tepatnya di perempatan jalan nampak sekumpulan pemuda gank motor sedang asyik mengendarai motornya dengan kecepatan tinggi.Saat berbelok ke arah jalan yang padat merayap tersebut,nampak seorang pemuda dari gank itu kehilangan kendali motornya.Akibatnya,Ia menabrak pembatas jalan dengan keras sehingga mengakibatkan tulang lengan atasnya patah dan terlihat dari luar.Selain itu,pemuda tersebut juga mengalami perdarahan hebat. Akibat dari kecelakaan itu,gangguan/kelainan apakah yang terjadi pada pemuda tersebut?
    a. Fraktur tertutup pada lengan atas
    b. Gangguan sistem muskuloskeletal,yakni Fraktur terbuka pada lengan atas dan gangguan sistem kardiovaskuler,karena terjadi perdarahan hebat
    c. Perdarahan hebat
    d. Hematoma
  27. Panjang¸memiliki nukleus tunggal¸umumnya membentuk bagian otot yang mengelilingi dinding suatu lument¸terdapat di berbagai bagian system organ (seperti dinding aluran cernadinding arteri) ¸ dipengaruhi araf otonom .Itu ciri-ciri dari apa….
    a. Otot rangka
    b. Otot skelet
    c. Otot jantung
    d. Otot polos
  28. Di sebuah sekolah pada jam istirahat terlihat seorang siswa yang sedang berkejar-kejaran dengan temannya.Saat berlari di lantai 2,Ia tiba-tiba terpeleset dan jatuh menuruni sebuah anak tangga.Siswa tersebut tampak meringis kesakitan sambil memegangi pergelangan kakinya.Pada betisnya juga nampak ada sebuah titik berwarna merah kehitaman. Apa yang terjadi pada pergelangan kaki siswa tersebut?
    a. Fraktur terbuka
    b. Sutura
    c. Dislokasi dan perdarahan tumpul
    d. Luka lecet
  29. Pada suatu pagi,terlihat seorang pria berumur 55 tahun sedang 
    jogging.Di sebuah tikungan, tiba-tiba Ia berhenti karena punggung dan kakinya terasa nyeri. Tulang punggung manusia tersusun atas ...
    a. Vertebra servikalis(7 ruas),Vertebra torakalis(12 ruas) dan Vertebra lumbalis(5 ruas)
    b. Vertebra sakralis(5 ruas),Vertebra lumbalis(7 ruas) dan Vertebra koksigialis(4 ruas)
    c. Vertebra torakalis(7 ruas),Vertebra lumbalis(4 ruas) dan Vertebra sakralis(5 ruas)
    d. Verrtebra servikalis(5 ruas),Vertebra sakralis(7 ruas) dan Vertebra lumbalis(12 ruas)
  30. Seorang ibu rumah tangga umur 35 tahun , mengeluh kram-kram pada kedua tangan terutama pada malam hari, dialami sekitar 1 bulan yang lalu. Sudah beberapa kali datang ke tukang urut namun keluhan tak kunjung sembuh. Jika dianalisa kasus tersebut di atas maka letak gangguan yang di alami oleh ibu tersebut ada pada :
    a. Otot
    b. Tulang
    c. Saraf
    d. Sambungan saraf dan tulang
  31. Seorang pemuda yang bernama Mafud yang berumur 15 tahun mengalami kecelakaan sepeda kayuh di pegunungan, terlihat mahfud mengalami luka lecet di daerah dengkul dan siku, masalah yang akan terjadi pada mahfud adalah :
    a. Dislokasi
    b. Fraktur
    c. Gangguan kenyamanan
    d. Hilangnya kesadaran 
  32. Seorang laki-laki dinyatakan bahwa ia adalah pecandu minuman alkohol. 
    Pada suatu hari ia mengikuti parti disuatu tempat, dan ia juga mengkonsumsi alkohol dengan banyak sekali. Setelah acara selesai, dia pulang dengan mengendarai mobilnya yang disertai dengan keadaan mabok. Dalam perjalanan dia seperti berhalusinasi, sehingga dengan tidak sadar dia membelokkan mobilnya hingga menabrak trotoar dan akhirnya menabrak pohon dengan keras. Dilihat keadaanya sudah parah, dengan adanya luka kulit di bagian kepala, di bagian pipi mengalami patah tulang, keluarnya darah pada hidung, bebarap bagian tubuhnya mengalami memard dan bengkak, serta pasien tidak sadarkan diri. Dalam kejadian tersebut, tulang kerangka apa yang sesuai dengan kejadian ini . . .
    a. Tulang pendek
    b. Tulang pipih
    c. Tulang pipa
    d. Tulang beraturan
  33. Dio adalah seorang anak berusia 7 tahun. Pada hari minggu kemarin, ia bermain sepak bola bersama teman-teman sebayanya di lapangan kelurahan sebelah rumahnya. Dio mendaji penjaga gawang dari permainan tersebut. Tanpa di duga, sesuatu hal yang tidak di inginkan terjadi. Pada saat Dio ingin menangkap bola yang datang ke arah gawangnya ia tersandung oleh gundukan rumput yang ada di sekitar gawang sehingga menyebabkan ia jatuh dan bagian dengkul kaki kirinya membengkak. Hal ini menyebabkan kaki sebelah kiri Dio tidak bisa digunakan untuk berjalan. Dan apabila ia ingin berjalan ia harus menjinjit karena sakit. Dari kasus tersebut, dapat diketahui bahwa jenis sendi apakah yang tidak dapat digerakkan oleh?
    a. Sendi luncur
    b. Sendi peluru
    c. Sendi putar
    d. Sendi engsel
  34. Seorang pria berusia tiga puluh tahun, ia adalah seorang atlet nasional di bidang lari marathon. Namun sejak lima tahun terakhir ia mengalami cedera yang mengakibatkan salah satu kakinya tidak dapat digerakkan sama sekali. Diagnosa dokter menyebutkan bahwa ia mengalami gangguan otot pada area kakinya. Gangguan pada Otot apakah yang menyebabkan kakinya tidak bisa berjalan lagi?
    a. Otot lurik
    b. Otot polos
    c. Otot jantung
    d. Otot polos dan otot jantung
  35. Manakah yang termasuk struktur lapisan tulang…
    a. Humerus
    b. Periosteum
    c. Osteoblas
    d. b dan c benar
  36. Ifa adalah Seorang mahasiswi yang rajin dan juga baik hati. Namun pada kemarin ia bangun kesiangan, akibatnya ia berangkat kuliah dengan terburu-buru. Tanpa menghiraukan keadaan lalu lintas yang ramai, akhirnya ia mengalami kecelakaan yang menyebabkan lengan kanannya patah, sehingga ia tidak dapat melakukan pekerjaan yang seharusnya dapat ia lakukan seperti menulis. Tulang apakah yang mengalami cedera pada kasis Ifa?
    a. Scapula
    b. Clavicula
    c. Ulna dan hasta
    d. Femur
  37. Bu Sarah adalah seorang wanita lansia dengan umur 50 tahun, beliau mengalami perubahan pada tulang belakangnya yaitu miring bahu, nyeri punggung, postur membungkuk, perut buncit kelainan apa yang dialami oleh bu Sarah ?
    a. Skleroderma
    b. Tumor
    c. Dislokasi 
    d. Osteorosis
  38. Bajuri memanjat pohon Rambutan untuk mengambil Rambutan yang sudah memerah di depan halaman rumahnya. Namun setelah sampai pada puncak, Bajuri menginjak batang yang lemah, kemudian jatuh dengan posisi tengkurap. Setelah ditolong oleh ayahnya, ternyata pergelangan tangannya tidak dapat digerakkan. Hipotes sementara apa yang terjadi pada Bajuri ?
    a. Tulang karpus dengan tulang radius dan tulang ulna mengalami dislokasi
    b. Tulang radius dengan tulang ulna mengalami dislokasi
    c. Tulang radius dengan tulang karpus mengalami dislokasi
    d. Tulang karpus mengalami dislokasi
  39. Andi adalah sekolah di SMA kelas 2 yang mengalami kecelakaan lalu lintas. Sampai di bawa ke rumah sakit, dia masih tidak sadarkan diri. Setelah itu dia mencoba menggerakkan lengan bawahnya, namun tidak bisa. Menurut kejadian di atas, mengapa lengan bawahnya tidak dapat digerakkan ?
    a. Karena terjadi gangguan pada otot triseps lengan atas
    b. Karena terjadi gangguan pada otot brakialis
    c. Karena terjadi gangguan pada otot ankoneus
    d. Karena terjadi gangguan pada otot maseter
  40. Doni berusia 10 tahun dia jatuh dari tangga, sehingga tidak dapat melakukan gerakan fleksi plantar. Dari kasus di atas, apakah yng menyebabkan Doni tidak dapat melakukan gerakan fleksi plantar ?
    a. Otot tibialis posterior mengalami gangguan, sehingga tidak dapat melakukan gerakan fleksi plantar
    b. Otot popliteus mengalami gangguan, sehingga tidak dapat melakukan gerakan fleksi plantar
    c. Otot plantaris mengalami gangguan, sehingga tidak dapat melakukan gerakan fleksi plantar
    d. Otot peroneus longus mengalami gangguan, sehingga tidak dapat melakukan gerakan fleksi plantar
Jawaban:
  1. b. Terjadi dislokasi pada tulang tibia Reina
  2. a. Terjadi gangguan antara tulang radius dan tulang ulna dengan tulang humerus mungkin dikarenakan tertindihnya oleh badannya
  3. a. Otot risorius dan syaraf fasial (VII)
  4. d. a, b, dan c salah
  5. a. Sendi putar 
  6. b. Sistem integumen
  7. c. Sistem muskuloskeletal
  8. b. Sendi engsel
  9. d. Strain
  10. d. Tendon
  11. a. Fraktur tulang rusuk
  12. c. Sendi sinovial
  13. d. Otot skelet
  14. a. Fraktur terbuka
  15. d. Fraktur tulang panggul
  16. c. Vertebra serviks
  17. d. Benar semua
  18. d. Estrogen
  19. a. Balutan cedera terlalu kencang
  20. d. Jawaban a dan b benar
  21. d. Proxima
  22. d. Salah semua
  23. a. Sistem musculoskeletal dan sistem saraf
  24. d. Sikap anatomi
  25. d. Mahasiswa Z mengalami arthritis
  26. b. Gangguan sistem muskuloskeletal,yakni Fraktur terbuka pada lengan atas dan gangguan sistem kardiovaskuler,karena terjadi perdarahan hebat
  27. d. Otot polos
  28. c. Dislokasi dan perdarahan tumpul
  29. a. Vertebra servikalis(7 ruas),Vertebra torakalis(12 ruas) dan Vertebra lumbalis(5 ruas)
  30. d. Sambungan saraf dan tulang
  31. c. Gangguan kenyamanan
  32. b. Tulang pipih
  33. d. Sendi engsel
  34. a. Otot lurik
  35. d. b dan c benar
  36. c. Ulna dan hasta
  37. d. Osteorosis
  38. a. Tulang karpus dengan tulang radius dan tulang ulna mengalami dislokasi
  39. a. Karena terjadi gangguan pada otot triseps lengan atas
  40. a. Otot tibialis posterior mengalami gangguan, sehingga tidak dapat melakukan gerakan fleksi plantar