Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

90 Soal Muskuloskeletal Beserta Jawaban

Kumpulan Soal Pilihan Ganda Materi Muskuloskeletal


1. Ita adalah seorang mahasiswa keperawatan berusia 20 tahun yang kuliah di salah satu PTN terkemuka di Indonesia, dia sangat rajin. Tiap hari dia membaca sampai 3 jam dalam sekali waktu. Hal itu mengakibatkan Ita menderita kelainan pada bagian medulla spinalisnya. Dokter menyatakan bahwa ia terkena lordosis. Pada bagian mana tepatnya kelainan medulla spinalis yang dialami Ita….
A. Vertebra lumbal
B. Vertebra toraks
C. Vertebra serviks
D. Sakrum

Jawaban:  
C. Vertebra serviks
  

2. Seorang siswa sedang bersiap-siap untuk pergi kesekolah. Ketika ia melihat jam, waktu telah menunjukan pukul 6.45 WIB. Melihat waktu yang mendesak, anak itu terburu-buru untuk segera berangkat ke sekolah. Anak itu menaiki sepedanya dengan kecepatan tinggi, ketika ia hendak berbelok ia tidak dapat untuk menjaga keseimbangan akibatnya anak itu jatuh. Setelah ditolong oleh warga setempat ternyata anak itu tidak sadar dan kepalanya mengeluarkan darah cukup banyak dan terjadi keretakan pada kepala. Dari kasus tersebut siswa tersebut mengalami gangguan pada sistem apa saja....
A. Sistem muskulusceletal
B. Sistem syaraf
C. Sistem kardiovaskuler
D. Benar semua

Jawaban: 
D. Benar semua
  

3. Hormon apa yang berperan dalam pembentukan kalsium....
A. Progesteron
B. Testosteron
C. Aldosteron
D. Estrogen

Jawaban:  
D. Estrogen
  

4. Pertandingan sepak bola antar Universitas dilaksanakan pada siang hari dengan suhu yang cukup menyengat. Seorang pemain bola bernama Andik berusia 20 tahun mengalami cidera pada bagian kaki yang cukup serius. Kaki Andik mengalami pembengkakan, untuk mengurangi pembengkakan tersebut maka dilakukan balutan pada kaki Andik. Setelah beberapa menit ternyata cedera pada kaki Andik semakin membengkak, dan warna kulit menjadi pucat kebiru-biruan , dan Andik mengeluh kesakitan. Dari kasus tersebut kemungkinan apa yang dapat membuat cedera pada kaki Andik semakin parah....
A. Balutan cedera terlalu kencang
B. Cedera karena infeksi
C. Andik salah minum obat
D. Dibuat berjalan

Jawaban:  
A. Balutan cedera terlalu kencang
  

5. Rudi adalah seorang mahasiswa dari Universitas di Jember. Dia berusia 18 tahun. Saat ini dia sedang dirawat di salah satu Rumah Sakit swasta di kota Jember. Rudi dirawat dirumah sakit tersebut karena kaki Rudi mengalami kebakaran yang cukup serius sampai penampang tulang pada kaki Rudi terlihat. Dari kasus tersebut, sistem apa saja yang terganggu?
A. Sistem integumen
B. Sistem musculosceletal
C. Sistem kardiovaskuler
D. Jawaban a dan b benar

Jawaban:  
D. Jawaban a dan b benar


6. Disebut apa bagian yang mendekati batang tubuh ….
A. Anterior
B. Superficial
C. Superior
D. Proxima

Jawaban:
D. Proxima


7. Andi adlah seorang anak yang dapat dianggap pintar karena ia selalu mendapatkan IP yang memuaskan selama ini, tetapi semenjak ibunya meninggal, Andi selalu terlihat murung dan selalu menyendiri, sehingga itu membuat prestasi Andi menurun dan membuat pikirannya kacau. Hingga suatu hari tiba-tiba Andi loncat dari lantai 2 kampusnya. Dan setelah itu, dilihat ternyata Andi mengalami patah tulang pada kakinya, terjadinya penurunan kesadaran hingga ia tidak sadarkan diri. Hal apa yang dialami anak tersebut saat itu . . .
A. Nyeri
B. Merasa tidak aman
C. Ketakutan
D. Salah semua

Jawaban: 
D. Salah semua
  

8. Dina kemarin mengunjungi kakeknya yang berusia 50 tahun yang bertempat tinggal di sebuah desa kecil di pinggiran kota jember, naasnya saat menjemput dina di stasiun kakek dina mengalami kecelakaan, kakek dina yang mengendarai sepeda motor bertabrakan dengan pengendara sepeda motor lain dari arah yang berlawanan. Kakek dina pingsan, terlihat saat kejadian tubuh kakek dina terpental hingga 5 meter dari lokasi awal kejadian. Karena saat itu jam sibuk pulang kerja, maka banyak kendaraan yang lalu lalang, pada saat terpental itu terlihat kedua kaki dari kakek dina tertabrak truk yang melaju dengan kencang. Setelah beberapa saat setibanya di rumah sakit, kakek dina sadar. Dan ketika hendak duduk ia merasakan kakinya tidak dapat digerakkan. Setelah dianalisa dokter mengatakan bahwa kakek dina akan mengalami kelumpuhan sementara.
Berdasarkan kasus diatas sistem apakah yang terganggu....
A. Sistem musculoskeletal dan sistem saraf
B. Sistem kardiovaskular
C. Sistem saraf saja
D. Sistem musculoskeletal saja

Jawaban: 
A. Sistem musculoskeletal dan sistem saraf
   

9. Mata memandang lurus ke depan¸ kedua lengan tergantung di samping badan dengan telapak tangan menghadap ke depan, disebut apa…..
A. Anatomi tubuh
B. Posisi anatomi
C. Bidang tubuh
D. Sikap anatomi

Jawaban: 
D. Sikap anatomi
  

10. Dua orang mahasiswa PSIK, berinisial F dan Z baru saja menyelesaikan perkuliahan. Karena buru-buru saat menuruni tangga, mereka jatuh dari lantai 2 ke lantai 1. F mengalami luka yang cukup serius, kepalanya mengeluarkan banyak darah, dan peregelangan tangannya menjadi tidak bisa digerakkan. Sedangkan Z, mengalami pembengkakan pada pergelangan kakinya, hingga ia tidakdapat berjalan karena nyeri yang berlebihan tersebut. Saat itu, teman dari dua mahasiswa tersebut lewat dan mengetahui kejadian itu. Karena baru saja mempelajari sistem musculoskeletal mereka kemudian membuat hipotesa awal, sembari mengantarkan dua mahasiswa tersebut ke salah satu rumah sakit swasta di Jember. Apa hipotesa awal yang muncul dari mahasiswa yang mengantarkan ke dua korban terhadap kasus yang menimpa Z….
A. Mahasiswa Z mengalami fraktur
B. Mahasiswa Z mengalami dislokasi
C. Mahasiswa Z mengalami terkilir
D. Mahasiswa Z mengalami arthritis

Jawaban: 
D. Mahasiswa Z mengalami arthritis
  

11. Pada suatu malam di suatu jalan raya terlihat kendaraan yang sangat padat.Dari kejauhan,tepatnya di perempatan jalan nampak sekumpulan pemuda gank motor sedang asyik mengendarai motornya dengan kecepatan tinggi.Saat berbelok ke arah jalan yang padat merayap tersebut,nampak seorang pemuda dari gank itu kehilangan kendali motornya.Akibatnya,Ia menabrak pembatas jalan dengan keras sehingga mengakibatkan tulang lengan atasnya patah dan terlihat dari luar.Selain itu,pemuda tersebut juga mengalami perdarahan hebat. Akibat dari kecelakaan itu,gangguan/kelainan apakah yang terjadi pada pemuda tersebut?
A. Fraktur tertutup pada lengan atas
B. Gangguan sistem muskuloskeletal,yakni Fraktur terbuka pada lengan atas dan gangguan sistem kardiovaskuler,karena terjadi perdarahan hebat
C. Perdarahan hebat
D. Hematoma

Jawaban: 
B. Gangguan sistem muskuloskeletal,yakni Fraktur terbuka pada lengan atas dan gangguan sistem kardiovaskuler,karena terjadi perdarahan hebat
  

12. Panjang¸memiliki nukleus tunggal¸umumnya membentuk bagian otot yang mengelilingi dinding suatu lument¸terdapat di berbagai bagian system organ (seperti dinding aluran cernadinding arteri) ¸ dipengaruhi araf otonom .Itu ciri-ciri dari apa….
A. Otot rangka
B. Otot skelet
C. Otot jantung
D. Otot polos

Jawaban: 
D. Otot polos


13. Di sebuah sekolah pada jam istirahat terlihat seorang siswa yang sedang berkejar-kejaran dengan temannya.Saat berlari di lantai 2,Ia tiba-tiba terpeleset dan jatuh menuruni sebuah anak tangga.Siswa tersebut tampak meringis kesakitan sambil memegangi pergelangan kakinya.Pada betisnya juga nampak ada sebuah titik berwarna merah kehitaman. Apa yang terjadi pada pergelangan kaki siswa tersebut?
A. Fraktur terbuka
B. Sutura
C. Dislokasi dan perdarahan tumpul
D. Luka lecet

Jawaban: 
C. Dislokasi dan perdarahan tumpul
  

14. Pada suatu pagi,terlihat seorang pria berumur 55 tahun sedang jogging. Di sebuah tikungan, tiba-tiba Ia berhenti karena punggung dan kakinya terasa nyeri. Tulang punggung manusia tersusun atas ...
A. Vertebra servikalis(7 ruas),Vertebra torakalis(12 ruas) dan Vertebra lumbalis(5 ruas)
B. Vertebra sakralis(5 ruas),Vertebra lumbalis(7 ruas) dan Vertebra koksigialis(4 ruas)
C. Vertebra torakalis(7 ruas),Vertebra lumbalis(4 ruas) dan Vertebra sakralis(5 ruas)
D. Verrtebra servikalis(5 ruas),Vertebra sakralis(7 ruas) dan Vertebra lumbalis(12 ruas)

Jawaban: 
A. Vertebra servikalis(7 ruas),Vertebra torakalis(12 ruas) dan Vertebra lumbalis(5 ruas)
  

15. Seorang ibu rumah tangga umur 35 tahun , mengeluh kram-kram pada kedua tangan terutama pada malam hari, dialami sekitar 1 bulan yang lalu. Sudah beberapa kali datang ke tukang urut namun keluhan tak kunjung sembuh. Jika dianalisa kasus tersebut di atas maka letak gangguan yang di alami oleh ibu tersebut ada pada :
A. Otot
B. Tulang
C. Saraf
D. Sambungan saraf dan tulang

Jawaban: 
D. Sambungan saraf dan tulang