Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

42 Pertanyaan Tentang Pertumbuhan Ekonomi Beserta Jawaban

Soal (Essay) Materi Pertumbuhan Ekonomi

15. Dalam model Solow apakah yang menentukan tingkat pertumbuhan pendapatan per kapita pada kondisi mapan?

Jawaban:
Dalam kondisi mapan, tingkat pertumbuhan pendapatan per kapita ditentukan oleh tingkat kemajuan tekonologi secara eksogen. Kemajuan teknologi menyebabkan nilai berbagai variabel meningkat secara bersamaan dengan mantap. Hal ini disebut sebagai balance growth.


16. Apa yang dikatakan Solow Swan dalam teori neoklasik?

Jawaban:
Teori Solow-Swan merupakan teori yang menyatakan bahwa tingkat pertumbuhan output ditentukan oleh pertumbuhan eksogen yaitu kemajuan teknologi [3]. Teori ini pertama kali dikembangkan oleh Robert M.Solow yang berasal dari Amerika Serikat pada tahun 1970


17. Apa yang terjadi pada model pertumbuhan Solow Jika kita meningkatkan tingkat tabungan?

Jawaban:
Model Solow menunjukkan bahwa tingkat tabungan adalah determinan penting dari persediaan modal pada kondisi steady-state. Dengan kata lain, jika tingkat tabungan tinggi, maka perekonomian akan mempunyai persediaan modal yang besar dan tingkat ouput yang tinggi, serta sebaliknya.


18. Sebutkan tiga teori apa yang dapat menentukan lokasi pembangunan berdasarkan jumlah penduduk dan jarak?

Jawaban:
Teori yang dapat menentukan lokasi pembangunan berdasarkan jumlah penduduk dan jarak terdiri dari: Teori Grafik, Teori Gravitasi, Teori Titik Henti (Breaking Point Theory).


19. Bagaimana isi dari teori kutub pertumbuhan?

Jawaban:
KONSEP “growth pole” atau dikenal sebagai konsep “kutub pertumbuhan” yang dibangun oleh ahli ekonomi Prancis, Francois Perroux, menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi di tiap daerah tidak terjadi di sembarang tempat, melainkan di lokasi tertentu.


20. Bagaimana teori partumbuhan ekonomi yang dikemukakan oleh aliran neoklasik Harrod Domar?

Jawaban:
Teori Harrod-Domar mengemukakan bahwa terdapat #PengaruhBaik antara kegiatan investasi terhadap proses pertumbuhan ekonomi suatu negara. ... Oleh karena itu, semakin mudah proses investasi, maka semakin banyak kegiatan investasi yang dilakukan dan semakin tinggi pula pendapatan yang dihasilkan oleh negara.


21. Apa syarat yang dibutuhkan agar perekonomian dapat tumbuh dengan mantap steady growth )?

Jawaban:
Mereka berpendapat bahwa pembentukan modal perlu sebagai syarat untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang mantap (steady growth). Menurut mereka, bila pembentukan modal telah dilakukan pada suatu masa, maka pada masa berikutnya perekonomian akan sanggup memproduksi barang-barang dalam jumlah lebih besar


22. Bagaimana teori pertumbuhan ekonomi yang dikemukakan oleh Frederich List?

Jawaban:
Frederich List menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi di suatu negara didasari oleh teknik produksi atau cara memproduksi masyarakat yang melalui 4 tahapan bertingkat seperti tangga yang dikenal juga dengan "Stuffen Teorien".


23. Bagaimana sebaiknya kebijakan pemerintah untuk mengatasi pertumbuhan ekonomi yang melambat?

Jawaban:
Ini 4 cara Pemerintah Antisipasi Melambatnya Pertumbuhan Ekonomi
1. Persiapkan kebijakan preventif.
2. Jaga iklim investasi. Investasi merupakan salah satu aspek yang menunjang pertumbuhan ekonomi....
3. Menjaga APBN sebagai target.
4. Dongkrak produktivitas SDM.


24. Bagaimana teori pertumbuhan ekonomi yang dikemukakan oleh WW Rostow?

Jawaban:
Teori pertumbuhan ekonomi menurut WW. Rostow yaitu : Tahapan masyarakat tradisional dimana tingkat pertumbuhan perkapita sangat rendah karena masih mengandalkan sektor pertanian. ... Tahap lepas landas atau take off yaitu pendapatan perkapita dan pendapatan nasional meningkat karena efisiensi dan produktivitas.


25. Apa itu pertumbuhan ekonomi menurut para ahli?

Jawaban:
Menurut Sukirno (2011:331) “pertumbuhan ekonomi diartikan sebagai perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat bertambah dan kemakmuran masyarakat meningkat”. Jadi pertumbuhan ekonomi mengukur prestasi dari perkembangan suatu perekonomian dari suatu periode ..


26. Jelaskan Faktor-Faktor Pertumbuhan Ekonomi berdasarkan Sumber Daya Manusia!

Jawaban:
Sumber Daya Manusia atau yang biasa disingkat menjadi SDM adalah suatu indikator perkembangan ekonomi pada suatu bangsa. Faktor SDM mampu mempercepat dan bahkan mampu memperlambat proses pertumbuhan ekonomi. Contohnya adalah saat suatu negara mempunyai jumlah pengangguran yang meningkat terhadap penduduknya, maka negara tersebut pun dinilai mengalami kemunduran. Adanya penurunan kualitas pada sumber daya manusia ini melahirkan peningkatan jumlah pengangguran yang kemudian diperburuk dengan semakin menurunnya jumlah lapangan pekerjaan. Peningkatan jumlah pengangguran ini mampu memicu tingginya angka kemiskinan di negara tersebut. Nantinya, hal ini akan berpengaruh pada permintaan masyarakat atas barang dan jasa dari suatu perusahaan. Umumnya, para masyarakat akan lebih menghemat pendapatannya dan hanya akan berbelanja untuk memenuhi kebutuhan pokoknya saja.y


27. Jelaskan Faktor-Faktor Pertumbuhan Ekonomi berdasarkan Sumber Daya Alam!

Jawaban:
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa negara kita adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Meskipun begitu, kekayaan SDA yang kita miliki tidak diiringi dengan kualitas peningkatan SDM yang baik dalam mengelolanya. Hasilnya, negara kita menjadi sering melakukan ekspor barang mentah dan mengimpornya kembali dengan barang yang sudah jadi dengan harga yang lebih mahal. Adanya keterbatasan dalam mengelola sumber daya alam ini mewajibkan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang pengelolaan barang mentah kerap kali mengimpor bahan mentahnya dari luar negeri, sehingga membuat produk perusahaan menjadi lebih mahal daripada saat harus memperolehnya dari luar negeri. Kondisi inilah yang kerap kali menjadi dilema di negara Indonesia. Masih banyak produk-produk dalam negeri yang ternyata lebih mahal, sehingga membuat permintaannya menjadi menurun.


28. Jelaskan Faktor-Faktor Pertumbuhan Ekonomi berdasarkan Kemajuan IPTEK!

Jawaban:
Suatu negara akan dinilai maju dalam hal ekonomi jika mengalami peningkatan terkait pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologinya. Hal yang sama berlaku untuk perusahaan yang mengutamakan teknologi untuk melahirkan barang atau jasa yang lebih efisien. Adanya pemanfaatan teknologi yang sudah maju dinilai bahwa perusahaan tersebut bisa melahirkan produk yang lebih cepat serta efisien. Contohnya saja teknologi dalam hal peralatan produksi, jika digunakan secara tepat, maka akan membantu mengurangi penyerapan tenaga kerja sehingga anggaran tenaga kerja bisa dipangkas dan digunakan untuk keperluan lain. Namun, penerapan teknologi ini tentunya masih jarang atau sulit diterapkan untuk perusahaan yang sedang berkembang, karena alat berteknologi tinggi tersebut umumnya sangat mahal dan harus diimpor dari luar negeri.