Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

42 Quiz Materi Pertumbuhan Ekonomi Lengkap Jawaban

Soal (Esai) Materi Pertumbuhan Ekonomi

29. Jelaskan Faktor-Faktor Pertumbuhan Ekonomi berdasarkan Tingkat Inflasi!

Jawaban:
Salah satu gejala yang mampu memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi adalah inflasi. Inflasi adalah suatu kondisi laju peredaran mata uang yang tidak terkendali. Terjadinya peningkatan harga sangat berdampak pada produktivitas bahan baku karena membuat peningkatan biaya operasional perusahaan dalam hal memasok bahan mentah. Selain itu, inflasi juga akan berdampak pada gaji karyawan. Setidaknya, terdapat dua jenis inflasi yang mampu memberikan dampak langsung pada bisnis suatu perusahaan, yaitu cost-push inflation dan demand-pull inflation. Cost-push inflation adalah adanya kenaikan pada harga produk karena adanya peningkatan permintaan, sedangkan demand-pull inflation adalah adanya kenaikan permintaan masyarakat yang membuat harga produk barang dan jasa menjadi naik.


30. Jelaskan Faktor-Faktor Pertumbuhan Ekonomi berdasarkan Tingkat Suku Bunga!

Jawaban:
Tingkat suku bunga yang ada pada suatu negara juga mampu mempengaruhi pertumbuhan ekonominya. Pertumbuhan tersebut cenderung akan membuat tingkat suku bunga meningkat karena adanya peningkatan pendapatan yang terjadi di masyarakat. Suku bunga yang tinggi akan berpengaruh buruk pada suatu perusahaan yang biasanya digunakan untuk modal pinjaman dalam meningkatkan kualitas perusahaan. Selain itu, terjadinya suku bunga yang tinggi juga akan berpengaruh pada penurunan investasi, dan hal ini tentu akan berdampak buruk pada saham perusahaan. Kenapa? Karena umumnya pihak investor lebih menyukai tabungan konvensional daripada harus menginvestasikan uangnya ke perusahaan.


31. Apa yang dimaksud barang modal sebagai salah satu faktor penentu pertumbuhan ekonomi?

Jawaban:
Barang modal sangat berperan dalam kegiatan ekonomi, yaitu digunakan sebagai dorongan untuk mengadakan investasi atau peningkatan penanaman modal. ... Memang modal itu penting, tetapi bukan merupakan faktor satu-satunya yang menentukan pertumbuhan ekonomi.


32. Apakah barang modal mempengaruhi pertumbuhan ekonomi?

Jawaban:
Sumber daya modal berupa barang-barang modal sangat penting bagi perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi karena barang-barang modal juga dapat meningkatkan produktifitas. Laju pertumbuhannya untuk mengukur kemajuan ekonomi sebagai hasil pembangunan nasional.


33. Apakah peran teknologi dan modal dalam pembangunan ekonomi?

Jawaban:
Peran teknologi dan modal dalam pembangunan adalah sebagai alat lancarnya pembangunan suatu negara apabila tidak ada modal dan teknologi yang canggih maka pembangunan suatu negara tidak akan berjalan mulus.


34. Jelaskan Teori Pertumbuhan Ekonomi berdasarkan Teori Neoklasik!

Jawaban:

Teori Neoklasik atau dikenal juga sebagai model pertumbuhan ekonomi Solow-Swan sebab mulanya diperkenalkan Adam Smith, kemudian dikemukakan Kembali oleh Robert Solow dan T. W. Swan. Teori ini menyatakan terdapat tiga faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi diantaranya modal, tenaga kerja, dan perkembangan teknologi. Teori ini juga meyakini bahwa peningkatan jumlah tenaga kerja dapat meningkatkan pendapatan per kapita. Namun, tanpa adanya teknologi modern yang berkembang, peningkatan tersebut tidak akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi secara nasional.


35. Jelaskan Teori Pertumbuhan Ekonomi berdasarkan Teori Klasik!

Jawaban:
Teori Klasik telah berkembang mulai dari abad ke-18 Pencetusnya adalah tokoh terkemuka bernama Adam Smith yang menyatakan bahwa perekonomian penduduk dalam suatu negara akan meraih titik tertingginya saat menggunakan sistem liberal yang terdiri dari dua unsur utama yaitu pertumbuhan penduduk dan outputnya. Konsep ini kemudian disanggah oleh David Ricardo yang menyatakan bahwa pertumbuhan penduduk tidak memberikan pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sebaliknya, hanya akan membuat tenaga kerja produktif bertambah sehingga berdampak pula pada turunnya upah pekerja. Teori ekonomi klasik lahir sebagai tonggak pertama daam pemikiran ilmu ekonomi yang digunakan sebagai suatu disiplin ilmu. Teori tersebut muncul karena adanya kelemahan dan kekurangan dari teori ekonomi sebelumnya yang dapat kamu pelajari pada buku Teori Segitiga Ekonomi oleh Muhammad Arfah Rahman.


36. Jelaskan Teori Pertumbuhan Ekonomi berdasarkan Teori Historis!

Jawaban:
Teori ini dikembangkan oleh sejumlah ahli ekonomi diantaranya Karl Bucher, Werner Sombart, dan Frederich List dengan pandangannya yang berbeda-beda, namun sama-sama berpusat pada kegiatan ekonomi masyarakat. Menurut Karl hubungan antara produsen dan konsumen mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional, hubungan ini sendiri terjadi dalam kota, kemasyarakatan, tingkatan rumah tangga tertutup, hingga dunia. Sementara Werner Sombart mengelompokkan peran masyarakat dalam pertumbuhan ekonomi, dari tahapan perekonomian tertutup, tahapan pertumbuhan industri, hingga tahapan kapitalis.


37. Jelaskan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi berdasarkan Akumulasi Modal!

Jawaban:
Akumulasi modal sebagai persediaan faktor produksi yang dapat direproduksi. Akumulasi modal sebagai proses penambahan stok modal fisik buatan manusia berupa peralatan, mesin dan bangunan. Apabila stok modal naik dalam waktu tertentu, maka disebut juga akumulasi modal atau pembentukan modal. Kaitan antara Akumulasi Modal dan pertumbuhan ekonomi sendiri secara agregat dapat mengukur akumulasi modal dari angka pembentukan modal bruto (investasi bruto) dikurangi depresiasi yang keduanya berada dalam cakupan komponen Produk Domestik Bruto (PDB).Dalam model pertumbuhan ekonomi Harod-Domar meningkatnya tingkat tabungan memungkinkan lebih banyak investasi yang kemudian berpengaruh kepada tingkat pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dalam jangka menengah dan pendek.


38. Jelaskan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi berdasarkan Tenaga Manajerial dan Organisasi Produksi!

Jawaban:
Organisasi produksi sebagai salah satu bagian penting dalam proses pertumbuhan ekonomi yang kemudian berkaitan erat dengan penggunaan faktor produksi dalam berbagai kegiatan perekonomian. Organisasi produksi juga dilaksanakan dan diatur oleh tenaga manajerial dalam berbagai kegiatan sehari-hari.


39. Jelaskan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi berdasarkan Politik dan Administrasi Pemerintah!

Jawaban:
Struktur politik dan administrasi yang lemah merupakan penghambat besar bagi pembangunan ekonomi suatu negara. Politik yang berada dalam kondisi yang tidak stabil serta pemerintahan yang korup tentunya akan sangat menghambat kemajuan ekonomi. Selain itu Aspek sosial kehidupan masyarakat seperti tingkah laku, sikap, motivasi kerja, pandangan masyarakat, atau kelembagaan masyarakat, Tertib hukum dan susunan serta peraturan dan pelaksanaan hukum perundang-undangan yang keliru juga menjadi faktor penghambat kemajuan ekonomi. Sehingga tidak mendukung terlaksananya pertumbuhan ekonomi. Karenanya hukum sudah seharusnya dilaksanakan secara konsekuen dan tertib.


40. Apa tujuan dari pertumbuhan ekonomi?

Jawaban:
Jika pertumbuhan ekonomi suatu negara sudah tercapai maka suatu negara akan mengalami kemakmuran dari segi ekonomi. Kemakmuran ini menjadi penopang kehidupan dalam menjalankan suatu negara. ... Dengan adanya pertumbuhan ekonomi, nilai ekspor semakin tinggi pula maka devisa negara kita akan meningkat.


41. Bagaimana pandangan Harrod Domar terhadap pentingnya investasi dalam pertumbuhan ekonomi?

Jawaban:
Salah satu teori dari Harrod Domar menjelaskan bahwa kegiatan melakukan investasi dianggap menjadi salah satu faktor penting terhadap 2 peran untuk membawa pengaruh terhadap perekonomian. ... Kedua investasi bisa memperbesar kapasitas produksi ekonomi dengan cara meningkatkan stok modal.


42. Bagaimana peranan tabungan dan investasi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara?

Jawaban:
Tabungan merupakan faktor penting dalam menentukan pertumbuhan ekonomi. Jika tingkat tabungan masyarakat itu tinggi maka dana yang tersimpan akan meningkat pula. Dana tersebut dapat dialokasikan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui penamanam modal atau investasi.