Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Soal (Essay) Ekonomi Publik Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Ekonomi Publik

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ekonomi publik?

Jawaban:
Ekonomi Publik dahulu disebut dengan Ilmu Keuangan Negara, merupakan satu cabang ilmu ekonomi yang menganalisis peranan pemerintah dalam perekonomian, dan dampak kebijakan pemerintah dalam bidang fiskal terhadapsuatu perekonomian.


2. Apa saja yang dibahas dalam ekonomi publik?

Jawaban:
Ilmu ekonomi publik merupakan ilmu yang membahas kebijakan pemerintah di bidang ekonomi. Aspek yang dibahas dalam ekonomi publik yaitu anggaran pemerintah (APBN dan APBD), utang negara, pajak, dan retribusi.


3. Mata Kuliah Ekonomi Publik mempelajari tentang apa?

Jawaban:
Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan peran dan fungsi pemerintah dalam perekonomian. Pembahasan mata ajar ini mencakup konsep dasar efisiensi ekonomi, definisi dan cakupanmarket failure, pengenalan teori barang publik, konsep dasar pajak, dan penilaian pengeluaran pemerintah.


4. Mengapa ekonomi publik penting?

Jawaban:
Ekonomi publik sangat penting untuk dapat menjelaskan peranan penting negara dalam kebijakan alokasi sumber daya, distribusi pendapatan dan kesejahteraan rakyat. ... Juga dijelaskan indikator kinerja ekonomi publik yang sudah tentu berbeda dengan indikator kinerja ekonomi swasta.


5. Mengapa pemerintah menentukan harga barang publik?

Jawaban:
Kebijakan ini diambil untuk tujuan agar masyarakat tidak resah karena tingkat harga tinggi; juga untuk mendorong industri dan jasa; agar produksi sektor pertanian tidak merosot, pemerintah dapat menerapkan kebijakan subsidi input (misalnya harga pupuk, obat-obatan), dan penyuluhan yang intensif.


6. Mengapa barang publik disediakan oleh pemerintah?

Jawaban:
Pemerintah menyediakan barang publik untuk kesejahteraan atau memberikan manfaat bagi semua warga negara. Mereka tersedia umum dan tidak diperuntukkan khusus untuk kelompok masyarakat tertentu. Ketika seorang individu menggunakannya, itu tidak menghentikan orang lain untuk mendapatkan manfaat yang sama


7. Mengapa pihak swasta kurang berminat menghasilkan barang publik tersebut?

Jawaban:
Biasanya sektor swasta (private sector) tidak tertarik untuk memproduksi barang publik. Alasannya sederhana, karena pihak yang tidak terbebani biaya berhak untuk ikut menikmati manfaat dari barang publik tersebut.


8. Apakah pendidikan merupakan barang publik?

Jawaban:
Pada sisi lain pendidikan di sekolah dasar khususnya, dan pendidikan pada umumnya menjadi barang publik (public goods). Artinya, sebagai barang publik, pendidikan harus menjadi kewajiban pemerintah. Implikasinya adalah pemerintah tidak hanya berpikir efisiensi dalam penyelenggaraan pendidikan.