Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

40 Quiz Muskuloskeletal Lengkap Jawaban

Soal PG Materi Muskuloskeletal


28. Di sebuah sekolah pada jam istirahat terlihat seorang siswa yang sedang berkejar-kejaran dengan temannya.Saat berlari di lantai 2,Ia tiba-tiba terpeleset dan jatuh menuruni sebuah anak tangga.Siswa tersebut tampak meringis kesakitan sambil memegangi pergelangan kakinya.Pada betisnya juga nampak ada sebuah titik berwarna merah kehitaman. Apa yang terjadi pada pergelangan kaki siswa tersebut?
a. Fraktur terbuka
b. Sutura
c. Dislokasi dan perdarahan tumpul
d. Luka lecet

Jawaban: 
c. Dislokasi dan perdarahan tumpul
  

29. Pada suatu pagi,terlihat seorang pria berumur 55 tahun sedang jogging. Di sebuah tikungan, tiba-tiba Ia berhenti karena punggung dan kakinya terasa nyeri. Tulang punggung manusia tersusun atas ...
a. Vertebra servikalis(7 ruas),Vertebra torakalis(12 ruas) dan Vertebra lumbalis(5 ruas)
b. Vertebra sakralis(5 ruas),Vertebra lumbalis(7 ruas) dan Vertebra koksigialis(4 ruas)
c. Vertebra torakalis(7 ruas),Vertebra lumbalis(4 ruas) dan Vertebra sakralis(5 ruas)
d. Verrtebra servikalis(5 ruas),Vertebra sakralis(7 ruas) dan Vertebra lumbalis(12 ruas)

Jawaban: 
a. Vertebra servikalis(7 ruas),Vertebra torakalis(12 ruas) dan Vertebra lumbalis(5 ruas)
  

30. Seorang ibu rumah tangga umur 35 tahun , mengeluh kram-kram pada kedua tangan terutama pada malam hari, dialami sekitar 1 bulan yang lalu. Sudah beberapa kali datang ke tukang urut namun keluhan tak kunjung sembuh. Jika dianalisa kasus tersebut di atas maka letak gangguan yang di alami oleh ibu tersebut ada pada :
a. Otot
b. Tulang
c. Saraf
d. Sambungan saraf dan tulang

Jawaban: 
d. Sambungan saraf dan tulang
  

31. Seorang pemuda yang bernama Mafud yang berumur 15 tahun mengalami kecelakaan sepeda kayuh di pegunungan, terlihat mahfud mengalami luka lecet di daerah dengkul dan siku, masalah yang akan terjadi pada mahfud adalah:
a. Dislokasi
b. Fraktur
c. Gangguan kenyamanan
d. Hilangnya kesadaran

Jawaban: 
c. Gangguan kenyamanan
   

32. Seorang laki-laki dinyatakan bahwa ia adalah pecandu minuman alkohol.
Pada suatu hari ia mengikuti parti disuatu tempat, dan ia juga mengkonsumsi alkohol dengan banyak sekali. Setelah acara selesai, dia pulang dengan mengendarai mobilnya yang disertai dengan keadaan mabok. Dalam perjalanan dia seperti berhalusinasi, sehingga dengan tidak sadar dia membelokkan mobilnya hingga menabrak trotoar dan akhirnya menabrak pohon dengan keras. Dilihat keadaanya sudah parah, dengan adanya luka kulit di bagian kepala, di bagian pipi mengalami patah tulang, keluarnya darah pada hidung, bebarap bagian tubuhnya mengalami memard dan bengkak, serta pasien tidak sadarkan diri. Dalam kejadian tersebut, tulang kerangka apa yang sesuai dengan kejadian ini . . .
a. Tulang pendek
b. Tulang pipih
c. Tulang pipa
d. Tulang beraturan

Jawaban: 
b. Tulang pipih
  

33. Dio adalah seorang anak berusia 7 tahun. Pada hari minggu kemarin, ia bermain sepak bola bersama teman-teman sebayanya di lapangan kelurahan sebelah rumahnya. Dio mendaji penjaga gawang dari permainan tersebut. Tanpa di duga, sesuatu hal yang tidak di inginkan terjadi. Pada saat Dio ingin menangkap bola yang datang ke arah gawangnya ia tersandung oleh gundukan rumput yang ada di sekitar gawang sehingga menyebabkan ia jatuh dan bagian dengkul kaki kirinya membengkak. Hal ini menyebabkan kaki sebelah kiri Dio tidak bisa digunakan untuk berjalan. Dan apabila ia ingin berjalan ia harus menjinjit karena sakit. Dari kasus tersebut, dapat diketahui bahwa jenis sendi apakah yang tidak dapat digerakkan oleh?
a. Sendi luncur
b. Sendi peluru
c. Sendi putar
d. Sendi engsel

Jawaban: 
d. Sendi engsel
  

34. Seorang pria berusia tiga puluh tahun, ia adalah seorang atlet nasional di bidang lari marathon. Namun sejak lima tahun terakhir ia mengalami cedera yang mengakibatkan salah satu kakinya tidak dapat digerakkan sama sekali. Diagnosa dokter menyebutkan bahwa ia mengalami gangguan otot pada area kakinya. Gangguan pada Otot apakah yang menyebabkan kakinya tidak bisa berjalan lagi?
a. Otot lurik
b. Otot polos
c. Otot jantung
d. Otot polos dan otot jantung

Jawaban: 
a. Otot lurik
  

35. Manakah yang termasuk struktur lapisan tulang…
a. Humerus
b. Periosteum
c. Osteoblas
d. b dan c benar

Jawaban: 
d. b dan c benar
  

36. Ifa adalah Seorang mahasiswi yang rajin dan juga baik hati. Namun pada kemarin ia bangun kesiangan, akibatnya ia berangkat kuliah dengan terburu-buru. Tanpa menghiraukan keadaan lalu lintas yang ramai, akhirnya ia mengalami kecelakaan yang menyebabkan lengan kanannya patah, sehingga ia tidak dapat melakukan pekerjaan yang seharusnya dapat ia lakukan seperti menulis. Tulang apakah yang mengalami cedera pada kasis Ifa?
a. Scapula
b. Clavicula
c. Ulna dan hasta
d. Femur

Jawaban: 
c. Ulna dan hasta
  

37. Bu Sarah adalah seorang wanita lansia dengan umur 50 tahun, beliau mengalami perubahan pada tulang belakangnya yaitu miring bahu, nyeri punggung, postur membungkuk, perut buncit kelainan apa yang dialami oleh bu Sarah ?
a. Skleroderma
b. Tumor
c. Dislokasi
d. Osteorosis

Jawaban: 
d. Osteorosis
  

38. Bajuri memanjat pohon Rambutan untuk mengambil Rambutan yang sudah memerah di depan halaman rumahnya. Namun setelah sampai pada puncak, Bajuri menginjak batang yang lemah, kemudian jatuh dengan posisi tengkurap. Setelah ditolong oleh ayahnya, ternyata pergelangan tangannya tidak dapat digerakkan. Hipotes sementara apa yang terjadi pada Bajuri ?
a. Tulang karpus dengan tulang radius dan tulang ulna mengalami dislokasi
b. Tulang radius dengan tulang ulna mengalami dislokasi
c. Tulang radius dengan tulang karpus mengalami dislokasi
d. Tulang karpus mengalami dislokasi

Jawaban: 
a. Tulang karpus dengan tulang radius dan tulang ulna mengalami dislokasi
  

39. Andi adalah sekolah di SMA kelas 2 yang mengalami kecelakaan lalu lintas. Sampai di bawa ke rumah sakit, dia masih tidak sadarkan diri. Setelah itu dia mencoba menggerakkan lengan bawahnya, namun tidak bisa. Menurut kejadian di atas, mengapa lengan bawahnya tidak dapat digerakkan ?
a. Karena terjadi gangguan pada otot triseps lengan atas
b. Karena terjadi gangguan pada otot brakialis
c. Karena terjadi gangguan pada otot ankoneus
d. Karena terjadi gangguan pada otot maseter

Jawaban: 
a. Karena terjadi gangguan pada otot triseps lengan atas
  

40. Doni berusia 10 tahun dia jatuh dari tangga, sehingga tidak dapat melakukan gerakan fleksi plantar. Dari kasus di atas, apakah yng menyebabkan Doni tidak dapat melakukan gerakan fleksi plantar ?
a. Otot tibialis posterior mengalami gangguan, sehingga tidak dapat melakukan gerakan fleksi plantar
b. Otot popliteus mengalami gangguan, sehingga tidak dapat melakukan gerakan fleksi plantar
c. Otot plantaris mengalami gangguan, sehingga tidak dapat melakukan gerakan fleksi plantar
d. Otot peroneus longus mengalami gangguan, sehingga tidak dapat melakukan gerakan fleksi plantar

Jawaban:
a. Otot tibialis posterior mengalami gangguan, sehingga tidak dapat melakukan gerakan fleksi plantar