Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

70 Soal Keperawatan Medikal Bedah Beserta Jawaban

Kumpulan Soal Pilihan Ganda Materi Keperawatan Medikal Bedah


1. Seorang perempuan berusia 55 tahun, dirawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan sering lapar, badan kurus, sering buang air kecil, haus, lemas, pandangan kabur, dan kebas pada ekstremitas bawah. Hasil pemeriksaan berat badan turun dari 55 kg menjadi 47 kg, kulit kering. Kadar gula darah sewaktu 310 mg/dl. Apakah masalah keperawatan utama pada kasus diatas?
A. Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan
B. Ketidakseimbangan nutrisi lebih dari kebutuhan
C. Perubahan persepsi sensori; penglihatan
D. Perubahan persepsi sensori; perabaan

Jawaban:   
A. Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan
  

2. Seorang perempuan berumur 50 tahun mengalami sakit perut sejak 3 hari yang lalu dan kadang disertai kembung. Setelah tiba di RS dilakukan pemeriksaan fisik dengan hasil skala nyeri 7 keringat dingin, pucat, mual, TD 130/100 mmhg, Nadi 110 x/mnt, pernafasan 28 x/mnt suhu 37,5 C. Klien mempunyai riwayat gastritis. Apakah prioritas masalah keperawatan pada kasus di atas ?
A. Nyeri
B. Ansietas
C. Hipertermi
D. Resiko Infeksi

Jawaban:   
A. Nyeri
  

3. Seorang perempuan usia 32 tahun dirawat diruang penyakit dalam sejak 2 bulan, klien mengeluh adanya luka di kaki kanan dan bernanah, awalnya karena gatal dan sering digaruk. Hasil pemeriksaan luka dibagian punggung kaki dengan luas 20 cm, kondisi klien lemah, GDS 350 mg/dl, ada demam dengan suhu 37oc, Nadi 100x/menit, pernafasan 20x/menit, TD 100/70 mmhg. Apakah masalah keperawatan prioritas pada kasus diatas?
A. Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan
B. Resiko kekurangan volume cairan.
C. Kerusakan integritas kulit
D. Penurunan curah jantung

Jawaban:   
C. Kerusakan integritas kulit
  

4. Seorang Laki-laki berusia 60 tahun, dirawat di ruang ICCU dengan diagnosa medis Gagal Jantung Kongestif. Pada pengkajian ditemukan adanya keluhan sesak nafas, kepala pusing dan lelah. Kedua tungkai teraba dingin dan edema. Tekanan darah 90/70 mmhg, frekuensi nadi 110 x/mnt dan teraba lemah, suhu tubuh 36,5 C, frekuensi pernafasan 28 x/mnt. Pasien merasa sangat cemas dengan keadaannya. Apa penyebab timbulnya keluhan sesak nafas pada Tn. K ?
A. Adanya penyempitan spasme
B. Adanya penumpukan cairan di paru
C. Adanya pembengkakan pada laring
D. Adanya perlekatan paru

Jawaban:   
B. Adanya penumpukan cairan di paru
  

5. Seorang Laki-laki berusia 30 tahun dirawat di ruang penyakit dalamdengan keluhan nyeri pada ulu hati sejak sehari yang lalu, skala nyeri 8. Pasien terlihat meringis menahan nyeri. Pasien memiliki riwayat gastritis sejak 1 tahun yang lalu. Dari data pengkajian didapatkan tekanan darah 140/90 mmhg, frekuensi nadi 98 x/menit, frekuensi pernafasan 28 x/menit dan suhu 36 C. Apakah intervensi keperawatan kolaboratif yang tepat diberikan pada kasus diatas?
A. Ajarkan tehnik imajinasi terbimbing
B. Anjurkan pasien untuk istirahat
C. Pemberian antasida
D. Hindari lingkungan yang berisik

Jawaban:   
C. Pemberian antasida
  

6. Seorang Remaja berusia 22 tahun dirawat di ruang bedah dengan keluhan nyeri pada perut kanan bawah sejak kemarin, muntah dan demam. Nyeri dirasakan terus menerus dengan skala nyeri 7, klien juga tidak ada nafsu makan. Dari hasil pemeriksaan didapatkan nyeri tekan pada titikmc.Burney, dan tanda rovsing (+). Dokter mendiagnosa apendicitis akut dan harus segera dilaksanakan pembedahan. Apakah diagnosa keperawatan utama yang paling tepat ditegakkan pada kasus diatas?
A. Nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh
B. Resiko kurang volume cairan
C. Gangguan rasa nyaman
D. Nyeri akut

Jawaban:
D. Nyeri akut
  

7. Kasus (vignete)
Seorang laki-laki berusia 53 tahun dirawat d iruang bangsal penyakit dalam dengan riwayat asma bronchial sejak 3 tahun yang lalu. Saat dikajipasienmengeluh sesak nafas, batuk dengan dahak kental dan lengket susah dikeluarkan. Apakah tindakan keperawatan yang tepat untuk kasus diatas?
A. Mengajarkan cara batuk efektif
B. Memberikan penjelasan tentang penyakit klien.
C. Berikan penjelasan tentang tanda tanda penyakit.
D. Menganjurkan klien untuk sering minum air dingin

Jawaban:  
A. Mengajarkan cara batuk efektif
  

8. Seorang laki-laki berusia 63 tahundirawat di bangsal penyakit dalam, saatperawat mengobservasi pernafasan diperoleh data bahwa pasien terlihatgelisah, terdapat retraksi otot bantu nafas, nafas cuping hidung. Hasil pemeriksaan tanda-tanda vital diperoleh tekanan darah: 140/100 mmhg, frekuensi nadi: 90 kali/menit, frekuensi pernafasan: 32 kali/menit, suhu tubuh: 380C. Setelah kolaborasi dengan dokter, diputuskan klien diberiterapi oksigen 6L/menit.
A. Nasal kanul
B. Masker venturi
C. Masker sederhana
D. Rebreathing Masker (RM)

Jawaban:  
C. Masker sederhana


9. Seorang perempuan 61 tahun datang ke poliklinik rumah sakit melaporkan sering nyeri saat berkemih, kadang keluar darah, setelah dilakukan USG, diduga menderita batu ginjal. Hasil LAB dalam batas normal kecuali Ca2+ dan oksalat. RR 20X/menit, TD 160/100 mmhg, HR 80X/menit. Apakah faktor resiko terbentuknya batu ginjal berdasarkan kasus diatas ?
A. Hypoalbuminemia
B. Hypopospatemia
C. Uricemia
D. Hypercalsemia

Jawaban:   
D. Hypercalsemia
  

10. Seorang perempuan berusia 34 tahun datang ke puskesmas melaporkan sering berkemih, sedikit sedikit, dan tidak tuntas. Keadaan ini di laporkan sejak 1 bulan yang lalu setelah kecelakaan sepeda motor. Setiap hari merasa tidak nyaman karena urin keluar tidak dapat di kontrol. Apakah masalah keperawatan utama kasus diatas?
A. Gangguan pola eliminasi urin
B. Gangguan rasa nyaman
C. Gangguan pola tidur
D. Kerusakan integritas kulit

Jawaban: 
A. Gangguan pola eliminasi urin
  

11. Seorang laki-laki usia 39 tahun dirawat di bangsal dengan glomerulonefritis. Mengeluh nyeri bagian pinggang, udema periobita setiap bangun tidur, kadang merasa sesak saat aktifitas. Perawat A mengambil darah untuk dilakukan pemeriksaan rutin. RR 20X/menit, TD 160/90 mmhg, HR 70X/menit. Apakah jenis pemeriksaan LAB yang tepat sesuai kondisi diatas?
A. Tekanan Pa CO2
B. Jumlah HC03
C. Ureum / Kreatinin
D. Alkali pospatase

Jawaban:  
C. Ureum / Kreatinin
  

12. Apa yang dimaksud dengan "prosedur steril" dalam perawatan medikal bedah?
A) Prosedur yang dilakukan tanpa menggunakan alat steril
B) Prosedur yang dilakukan dengan menggunakan alat yang sudah digunakan sebelumnya
C) Prosedur yang dilakukan dengan menjaga kebersihan dan mencegah infeksi
D) Prosedur yang hanya dilakukan oleh dokter

Jawaban: 
C) Prosedur yang dilakukan dengan menjaga kebersihan dan mencegah infeksi