Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

38 Pertanyaan Tentang Sistem Informasi Manajemen dan Jawaban

Soal (Essay) Materi Sistem Informasi Manajemen


14. Mengapa perusahaan besar harus memiliki sistem informasi kolaborasi ? Dari pandangan karyawan dan manager.

Jawaban:
Sistem informasi kolaborasi:
a. Dari pandangan karyawan
Dapat membantu kinerja karyawan, karena dengan adnaya sistem informasi kolaborasi karyawan akan lebih mudah kinerjanya diperusahaan. Mempermudah hubungan antar karyawan, misalkan satu karyawan dengan karyawan yang lain jarak lokasinya jauh walaupun masih dalam satu perusahaan, sehingga kolaborasinya atau kerja samanya akan menjadi lebih efektif dan efisien serta menghemat waktu kerjanya.
b. Dari pandangan manager
Membantu kinerja manager, manager bertugas untuk mengawasi kinerja karyawannya, sehingga saat terdapat kendala (masalah) dalam pekerjaannya, manager bisa langsung membenahi kinerja karyawannya. Memperluas jaringan komunikasi bisnisnya, maksudnya adalah manager itu perlu banyak komunikasi atau kerja sama denggan manager di divisi yang lain, supaya lebih efektif dan efisien dalam pengembangan bisnisnya dan melancarkan bisnis di perusahaannya.


15. Mengapa informasi menjadi sumber daya utama bagi suatu organisasi?

Jawaban:
Karena, informasi ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh suatu organisasi. Sehingga informasi merupakan salah satu sumber daya utama dalam suatu organisasi yang digunakan oleh manager untuk mengendalikan maupun mengontrol perusahaan dalam mencapai tujuan bersama dan dengan adanya informasi maka suatu organisasi dapat bergerak dengan baik. Informasi menjadi sumber utama dalam mengambil keputusan (decision ) serta langkah apa yang perlu dilakukan selanjutnya,


16. Jelaskan bagaimana hubungan sistem informasi manajemen dan fungsi manajemen?

Jawaban:
Hubungannya menuai sinergi yaitu serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan. Kegiatan utama dari Semua sistem informasi, yaitu menerima data sebagai masukan (input), kemudian memprosesnya dengan melakukan penghitungan, penggabungan unsur data, pemutakhiran dan lain-lain, akhirnya memperoleh informasi sebagai keluarannya (output).serta fungsi dari manajemen itu sendiri merupakan berbagai jenis tugas ataupun kegiatan manajemen yang mempunyai peranan khas dan bersifat saling menunjang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Dan ada 4 fungsi utama dalam manajemen
a. Perencanaan (Planning)
b. Pengorganisasian (Organizing)
c. Pengarahan (Actuating/Directing)
d. Pengawasan (Controlling)


17. Apakah yang dimaksud dengan sistem?

Jawaban:
Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, Sistem adalah kumpulan atau grup dari subsistem atau bagian atau komponen apapun baik phisik atau pun non phisik yang saling berubungan satu sama lain dan bekerja sama secara haronis untuk mencapai suatu tujuan tertentu.


18. Coba anda jelaskan dan beri alasan apabila suatu sistem memiliki 7 buah subsistem dan salah satu sistemnya tidak dapat berfungsi, apakah sistem tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan?

Jawaban:
Tentunya tidak akan berjalan sesuai dengan target karena sebuah sistem akan berjalan dengan sempurna. Seyogyanya jika semua subsistemnya berfungsi, dan bila mana salah satu saja subsistem ada yang tidak berfungsi maka harapan yang akan dicapai tidak akan sesuai dengan tujuan tersebut.


19. Tuliskan ciri/kriteria informasi berkualitas?

Jawaban:
Ciri-ciri informasi yang berkualitas:
a. Akurasi
Informasi yang dihasilkan benar-benar akurat, data yang dimasukkan dan proses yang digunakan didalam sistem harus benar sesuai dengan kenyataan atau proses harus sesuai dengan perumusan-perumusan yang sesai.
b. Relevansi
Informasi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi, data yang digunakan untuk diproses seharusnya ada hubungannya dengan masalahnya sehingga informasi yang diberikan bisa sesuai dengan masalah yang dihadapai.
c. Ketepatan waktu
Informasi yang dihasilkan tepat waktu, kalau saat ini kita membutuhkan suatu informasi maka informasi yang kita butuhkan itulah yang kita dapatkan. Informasi tidak datang waktu yang dah lewat atau sebelumnya.
d. Kelengkapan
Informasi yang dihasilkan lengkap, informasi yang dihasilan harus lengkap jadi tidak ada kekurangan sedikitpun tentang informasi yang dicari.


20. Coba jelaskan apa itu sistem informasi akuntansi?

Jawaban:
Sistem Informasi Akuntansi pada dasarnya merupakan integrasi dari berbagai system pengolahan transaksi. Sistem Informasi Akuntansi dapat juga didefinisikan sebagai kumpulan dari subsistem-subsistem yang saling berhubungan atau berinteraksi satu sama lain dan bekerja sama secara harmonisasi untuk mengolah data keuangan menjadi informasi keuangan yang diperlukan oleh manajemen dalam proses pengambilan keputusan di bidang keuangan.


21. Coba jelaskan mengapa dikatakan sitem informasi akuntansi sebagai bagian terbesar dari sistem informasi manajemen?

Jawaban:
Sistem Informasi Akuntansi dikatakan sebagai bagian terbesar dari Sistem Informasi Manajemen karena Sistem Informasi Akuntansi ini berada di berbagai bidang operasional manajemen organisasi. Sehingga Sisten Informasi Akuntansi dapat juga didefinisikan sebagai kumpulan dari subsistem-subsistem yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonisasi untuk mengolah data keuangan menjadi informasi keuangan yang diperlukan oleh manajemen dalam proses pengambilan keputusan di bidang keuangan tersebut.


22. Coba jelaskan apa yang termasuk peralatan input?

Jawaban:
Seperti yang kita ketahui bahwa input merupakan masukan
a. Keyboard digunakan untuk memasukkan data dalam bentuk teks (ASCII) ke komputer
b. Mouse digunakan sebagai pointer (mempercepat perpindahan lokasi kursor dibandingkan bila menggunakan keyboard
c. Scanner digunakan untuk memasukkan data dalam bentuk image (gambar)
d. Kamera digital digunakan untuk menyinpan data gambar
e. Kamera video digunakan untuk menyimpan data gambar yang dapat bergerak juga juga bersuara.


23. Bila ingin membangun software untuk sistem informasi manajemen, software apa saja yang diperlukan dan apa fungsinya?

Jawaban:
Spreadsheet, Quicken, Account Pro. Peachtree, Word dan Processor


24. Siapa sajakah yang dikelompokan sebagai SDM sistem informasi?

Jawaban:
Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan fungsi yang teramat penting dalam manajemen sekaligus paling sulit.Penggerakan SDM yang tepat dan efektif memerlukan informasi yang handal. Misalnya, informasi tentang klasifikasi jabatan, informasi tentang uraian dan analisis pekerjaan, informasi tentang standar mutu yang diterapkan dalam manajemen, dan berbagai informasi lainnya yang memungkinkan satuan kerja yang mengelola SDM dalam organisasi menyelenggarakan berbagai fungsinya dengan baik. Berikut dibawah ini merupakan peranan SDM sistem informasi:
a. Programer
b. Operator
c. Pustakawan
d. Manajer sistem informasi
e. Analisis system
f. Administrator jaringan
g. Administrator database


25. Jelaskan bagaimana system informasi telah mengubah cara mengoperasikan bisnis dengan produk dan layanannya!

Jawaban:
Dengan melakukan otomatisasi terhadap sistem yang mengalirkan informasi dari perusahaan kepada pemasoknya dan sebaliknya. Otomatisasi itu dilakukan dalam usaha untuk mengoptimalkan perencanaan, persediaan bahan baku, produksi, pengiriman produk dan jasa. Jika aliran informasi ini berlangsung dengan lancar dan cepat, maka perusahaan tidak perlu memiliki gudang sendiri untuk menyimpan bahan baku.


26. Tuliskan 3 trend terbaru sistem informasi!

Jawaban:
3 trend terbaru system informasi
a. E-commerce atau electronic commerce
b. E-bisnis
c. Enterprise information system (entis)