Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

96 Soal (Esai) Shalat Lengkap Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Shalat

65. Apa nama shalat yang tidak ada rukun sujud?

Jawaban:
Sholat jenazah adalah sholat yang dimulai tanpa adzan dan iqomat, tidak ada ruku' juga sujud, akan tetapi hendaknya sebelumnya kita mengetahui rukun-rukun shalat jenazah


66. Setelah sujud baca apa?

Jawaban:
Arab-latin: Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa'nii warzuqnii wahdinii wa'aafinii wa'fu 'annii.


67. Apa nama setelah ruku?

Jawaban:
Setelah ruku, seseorang melakukan gerakan itidal, yaitu gerakan bangun dari ruku, berdiri dan membaca doa bangun dari ruku atau itidal.


68. Habis sujud apa?

Jawaban:
Duduk di antara dua sujud merupakan duduk pertama setelah melaksanakan sujud pertama yang dilanjutkan dengan sujud kedua. Gerakan ini menjadi salah satu gerakan wajib dalam salat wajib dan sunah.


69. Apa boleh sholat di atas tempat tidur?

Jawaban:
Tidak masalah melakukan shalat di tempat yang tinggi seperti di atas ranjang atau semisal itu dengan syarat tempat tersebut suci, selama mapan di tempat tersebut, maksudnya tidak seperti berayun di atas kasur sehingga mengganggu dan memberikan was-was bagi orang yang shalat


70. Apa hukum bekas kamar mandi jadi tempat shalat?

Jawaban:
Dari beberapa hadits di atas, setidaknya terdapat enam tempat yang dilarang untuk dijadikan sebagai tempat sholat, yaitu: 
(1) tempat sampah, 
(2) tempat penyembelihan hewan, 
(3) kuburan, 
(4) jalanan, 
(5) kamar mandi, dan 
(6) kandang unta.


71. Bolehkah tidak membaca qunut saat shalat subuh?

Jawaban:
“Qunut salat subuh disunahkan berdasarkan hadis shahih dari Anas bahwa Rasulullah SAW selalu qunut sampai beliau meninggal. Hadis riwayat Hakim Abu Abdullah dalam kitab Arba'in. Ia mengatakan, itu hadis shahih.” NU mengatakan tidak membaca doa qunut tak akan membatalkan salat.


72. Dosa apa saja yang shalatnya tidak diterima selama 40 hari?

Jawaban:
Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: "Orang yang minum khamr, tidak diterima sholatnya 40 hari. Siapa yang bertaubat, maka Allah SWT memberi taubat untuknya.


73. Jika tidak bisa tidur apakah boleh sholat tahajud?

Jawaban:
Bila melaksanakan sholat malam dengan memahaminya sebagai qiyamul lail maka dapat dikerjakan tanpa didahului tidur terlebih dahulu.


74. Apa niat shalat taubat?

Jawaban:
Latin : Ushollii sunnatat taubati rok'ataini lillaahi ta'aalaa. Artinya : Aku berniat melakukan sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta'ala.”


75. Sholat apa jika kita sedang sedih?

Jawaban:
Melalui shalat istikharah, kita akan menenangkan hati dalam memutuskan pilihan dalam hidup menurut petunjuk Allah swt. Sebagai manusia, kita menyadari bahwa diri ini lemah di hadapan Allah SWT.


76. Bagaimana jika tidak sengaja berbicara saat shalat?

Jawaban:
Menurut Imam Abu Hanifah bahwa hukum berbicara di dalam shalat, baik sengaja maupun tidak sengaja atau lupa, dapat membatalkan shalat. Menjawab salam dengan sengaja pada saat shalat juga membatalkan shalat, Shalat juga dianggap batal karena berdehem dengan mengeluarkan dua huruf tanpa udzur.


77. Bagaimana cara menjawab salam ketika shalat?

Jawaban:
Seperti yang kita ketahui bahwa menjawab salam itu hukum wajib kifayah, selama tidak ada keterangan yang melarang menjawab salam tersebut. Ketika sedang salat pun kita diwajibkan menjawab salam, meskipun tidak dengan ucapan sebagaimana mestinya, melainkan dengan menggunakan bahasa isyarat.


78. Kenapa sholat subuh itu berat?

Jawaban:
Pasalnya orang munafik sangat berat untuk melakukan kedua sholat tersebut. Hal ini lantaran sholat subuh dan sholat isya dikerjakan pada waktu-waktu yang sangat susah dan berat. Misalnya saja sholat subuh yang dikerjakan pada waktu fajar di mana banyak orang yang masih terlelap dalam tidurnya.


79. Bolehkah perempuan ke masjid?

Jawaban:
Perempuan dibolehkan untuk shalat di masjid setelah mendapatkan izin dari suaminya atau walinya dengan memperhatikan adab-adab yang diajarkan Rasulullah. Ini bertujuan untuk menjaga (baik laki-laki maupun perempuan) dari terjerumus kepada dosa.


80. Apakah boleh sholat di rumah mengikuti imam di masjid?

Jawaban:
Shalat di rumah di belakang imam yang berada di masjid tidak sah, kecualinya jika makmumnya berada di masjid, atau dia berada luar masjid namun shafnya bersambung. Misalnya jika masjidnya penuh dengan orang shalat, sehingga sebagian jamaah shalat di luar masjid. Maka shalat seperti itu sah.


81. Bolehkah lewat di depan sutrah?

Jawaban:
Tidak ada perbedaan di antara para ulama bahwa lewat di depan sutrah hukumnya tidak mengapa dan lewat di tengah-tengah antara orang yang shalat dengan sutrahnya hukumnya tidak boleh dan orang yang melakukannya berdosa (Mausu'ah Fiqhiyyah Kuwaitiyyah, 24/184).


82. Apakah boleh garuk saat sholat?

Jawaban:
Adapun garuk-garuk lebih dari tiga kali jika memang dibutuhkan maka hal itu tidak membatalkan salat. Berbeda dengan sengaja melakukan banyak gerak yang tidak dibutuhkan, maka hal itu dimakruhkan karena akan mengurangi kesempurnaan salat.


83. Bolehkah shalat sambil duduk di kursi?

Jawaban:
Sholat posisi duduk juga bisa dilakukan di atas kursi. Dalam hal ini, orang yang masih mampu melakukan rukuk dan sujud sempurna, maka harus melakukan gerakan tersebut sebagaimana mestinya


84. Apa hukumnya shalat sambil duduk?

Jawaban:
Tidak sah sholat fardhu yang dikerjakan sambil duduk dalam kondisi mampu berdiri. Berdasarkan firman Allah swt (2):238... "Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu'. Dan sabda Nabi saw kepada Imran bin Husain : "Kerjakanlah shalat dengan berdiri. Jika kamu tidak mampu maka kerjakanlah dengan posisi duduk.


85. Bolehkah perempuan sholat tidak pakai celana dalam?

Jawaban:
Hukum shalat tidak memakai celana dalam bagi wanita adalah boleh saja. Syaratnya adalah selama aurat wanita tertutup dengan sempurna menggunakan mukena.


86. Bolehkah sholat pakai jilbab?

Jawaban:
Pada dasarnya tidak ada ketentuan baku mengenai jenis pakaian yang dikenakan muslimah saat salat. Asalkan pakaian tersebut dapat menutup aurat sesuai standar yang dijelaskan ulama, maka boleh dan sah.


87. Doa apa yang dibaca sebelum salam?

Jawaban:
Ini bacaan doa sebelum salam. Bacaan Doa Sebelum Salam Latin: Allaahumma inni a uudzubika min adzaabil qabri wa min adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamati wa min fitnatil masiihid ddajjaal.


88. Apakah darah nyamuk dapat membatalkan wudhu?

Jawaban:
Jika Anda terkena darah nyamuk setelah anda berwudhu, anda tidak perlu mengulangi wudhu anda lagi karena wudhu anda tidak batal. Para ulama berpendapat bahwa darah nyamuk, darah lalat ataupun darah kutu tidak membatalkan wudhu, karena bangkainya suci dan termasuk najis yang dimaafkan.


89. Bolehkah wudhu saat tidak pakai baju?

Jawaban:
Berwudhu dalam keadaan telanjang bulat alias tanpa busana hukumnya adalah sah


90. Apakah sah wudhu jika tidak hafal bacaan?

Jawaban:
Jika seseorang tidak mengerti bacaan dan tata cara berwudhu maka ibadahnya tidak akan sah. Wudhu merupakan syarat sah wajibnya sebuah ibadah, terutama sholat.


91. Sebelum baca Al-Fatihah baca apa dulu?

Jawaban:
Doa iftitah hanya dibaca pada rakaat pertama saja. Doa iftitah dibaca setelah Takbiratul Ihram dan sebelum membaca surat Al-Fatihah.


92. Tumaninah itu apa?

Jawaban:
Pengertian tuma'ninah dalam shalat adalah tenang yang merupakan sebuah syarat untuk mencapai kekhusyuan dalam shalat. Sesuai dengan Pesan Rasulullah SAW : ”Kalau kamu berdiri ketika shalat, maka berdirilah dengan tuma'ninah. Kalau kamu ruku, rukulah dengan tuma'ninah. Kemudian berbuatlah demikian dalam shalatmu”.


93. Apa doa ketika rukuk?

Jawaban:
Bacaan latin: Subhaana robbiyal 'adziimi wabihamdih (sebanyak 3 kali.) Artinya: "Maha suci Tuhan yang Maha Agung serta memujilah aku kepada-Nya."


94. Lupa duduk diantara dua sujud apakah sah?

Jawaban:
Kalau dia lupa duduk antara dua sujud dan teringat ketika hendak berdiri rakaat berikutnya maka ia wajib untuk segera kembali duduk, kemudian mengerjakan amalan-amalan berikutnya seperti sujud kedua. Setelah itu, bangkit untuk mengerjakan rakaat berikutnya.


95. Doa qunut dibaca pada saat apa?

Jawaban:
Doa qunut saat sholat subuh dibaca ketika memasuki rakaat kedua, yakni pada saat masih berada di posisi berdiri setelah membaca bacaan i'tidal. Tepatnya, pada saat berdiri setelah rukuk dan sebelum sujud pertama.


96. Bagaimana bacaan doa iftitah?

Jawaban:
Teks Latin : Alloohu akbar Kabiroo Wal hamdu lillaahi Katsiiroo, Wa Subhaanalloohi Bukrotan Wa'asyiilaa. Innii Wajjahtu Wajhiya Lilladzii Fathoros Samaawaati Wal Ardho Haniifan Musliman Wa maa Anaa Minal Musyrikiin. Inna Syolaatii Wa Nusukii Wa Mahyaa ya Wa Mamaatii Lillaahi Robbil 'Aalamiina.