Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Soal (Essay) Sistem Gerak Hewan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Sistem Gerak Hewan

1. Tuliskan tentang karakteristik rangka mamalia!

Jawaban:
Kuda memiliki tulang-tulang kokoh dan kuat untuk menopang tubuhnya. Otot-ototnya yang elastis dan kuat yang terhubung dengan tulang-tulangnya, menyebabkan kuda dapat berlari sangat kencang dibandingkan mamalia yang lain. Pada saat kuda bergerak, maka kaki kuda paling belakang memberikan dorongan agar kuda dapat maju ke arah depan. Kencang atau lambatnya kuda berlari tergantung pada kuat atau lemahnya saat kaki belakang memberikan gerakan pada kaki belakangnya.


2. Jelaskan tentang sistem gerak pada hewan !

Jawaban:
Menurut jenisnya, hewan dibagi menjadi dua yaitu hewan yang bertulang belakang (Vertebrata) dan hewan yang tidak memiliki tulang belakang (Avertebrata). Sistem gerak yang terdapat pada Vertebrata dan Avertebrata memiliki fungsi yang sama yaitu berhubungan dengan bentuk rangka dan tubuh hewan, walaupun hewan tersebut berpindah tempat dengan cara yang berbeda satu sama lain.


3. Jelaskan tentang sistem gerak hewan vertebrata!

Jawaban:
Ciri utama hewan vertebrata yaitu memiliki tulang dalam atau endoskeleton yang berfungsi sebagai penopang berat badannya. Otot dan tulang saling menempel membentuk struktur endoskeleton.


4. Jelaskan tentang sistem gerak ikan!

Jawaban:
Habitat ikan yaitu hidup di air dimana air memiliki massa jenis lebih besar daripada massa jenis (berat badan ikan) ikan itu sendiri. Hal inilah yang menyebabkan ikan – ikan baik yang hidup di air tawar maupun di air laut memiliki gaya angkat yang lebih tinggi pada saat berada didalam air. Selain itu ikan juga memiliki sirip yang membuat ikan dapat berenang leluasa kesana kemari dengan lincah di dalam air dengan hanya mengeluarkan energi yang sedikit.