Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal (Essay) Sistem Hormon Manusia Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai/Uraian) Materi Sistem Hormon Manusia

1. Apa fungsi hormon gastrin?

2. Mengapa seseorang bisa memiliki penyakit diabetes (kencing manis)?

3. Apa definisi dari sistem hormon ?

4. Terdapat beberapa macam dari kelenjar endokrin beserta fungsinya yang dapat menghasilkan hormon didalam tubuh, yaitu diantaranya adalah:

5. Tuliskan fungsi hormone system !

6. Jelaskan cara kerja hormone system !

7. Tuliskan dan jelaska gangguan yang terjadi pada hormone system !

8. Jelaskan tentang kelenjar timus!

9. Apa yang menyebabkan : Gigantisme, Kretinisme, dan Diabetes

10. Mengapa kelenjar hipofisis disebut kepala kelenjar-kelenjar endokrin lainnya?

11. Apa fungsi hormon tiroksin?

Jawaban:

1. Fungsi hormon gastrin adalah merangsang pengeluaran getah lambung

2. Karena kekuranga hormon insulin.

3. Sistem Hormon merupakan salah satu bagian dari sistem koordinasi yang didalamnya bertugas untuk mengatur aktivitas yang dilakukan oleh tubuh manusia melalui sebuah hormon yang bekerja secara lambat.

4. 
1). Hipofisis, kelenjar ini berada didalam otak tepatnya berada di bawah hipothalamus. Kelenjar ini berfungsi untuk membantu didalam proses mengatur pertumbuhan, tekanan darah, produksi dan juga pembakaran energi.

2). Tiroid, kelenjar ini berada didalam leher yang berfungsi untuk mensekresikan hormon tiroid T3 & T4.

3). Paratiroid, kelenjar ini sama seperti kelenjar Tiroid yang terletak didalam leher dan berfungsi untuk mensekresikan parathormone.

4). Adrenal, kelenjar ini terletak pada kedua ginjal kita dan terdiri dari 2 bagian, yaitu korteks luar dan juga medulla dalam.

5). Pankreas, kelenjar ini memiliki dua fungsi yang terdapat didalam kelenjar endokrin dan eksokrin. Kelenjar ini berfungsi untuk menghasilkan berbagai hormon yang digunakan untuk mengendalikan metabolisme glukosa didalam tubuh.

6). Ginjal, merupakan salah satu bagian yang berfungsi untuk menghasilkan renin angiotensin yang digunakan untuk membantu mengendalikan tekanan darah.

7). Pineal, kelenjar ini terletak di dalam otak yang bekerja sebagai jam biologis didalam tubuh. Fungsi dari kelenjar ini untuk mensekresikan melatonin, dari hormon yang salah satunya untuk mengatur siklus tidur dan juga bangun.

8). Gonad, merupakan salah satu kelenjar yang didalamnya berfungsi untuk menghasilkan hormon seks didalam tubuh manusia.

5. Sistem hormon yang ada didalam tubuh manusia memiliki fungsi utama bagi tubuh yaitu untuk membantu dalam mengatur pertumbuhan, metabolisme tubuh, reproduksi dan juga tingkah laku seseorang. Sebagai salah satu subsistem maka hormon memiliki hubungan yang sangat erat dengan sistem saraf. Meskipun, memiliki hubungan erat, secara umum pengaruh yang diberikan oleh hormone dan saraf sangat berbeda.

6. Sistem hormon ini bekerja dengan cara mengikat sebuah reseptor protein yang ada didalam tubuh, baik itu di dalam sel target ataupun pada membran plasma mereka. Proses pengikatan hormon steroid ini terbentuk secara kompleks hormon dengan reseptor yang akan mempengaruhi ekspresi gen didalam inti sel target. Didalam pengikatan hormon non-steroid akan mengaktifkan messenger kedua yang akan mempengaruhi proses yang terjadi didalam sel target atau disebut Hormon steroid. Namun, bagaimana cara mereka bekerja? Sebagai salah satu hormon yang ada didalam tubuh manusia, mereka merupakan pesan yang berasal dari sistem endokrin. Hal ini lah yang membuat mereka harus merubah sesuatu yang ada di dalam sel. Hormon ini kemudian akan berjalan melalui sebuah aliran darah sampai menemukan sel target dengan reseptor yang memiliki kecocokan sehingga dapat mengikat. Ketika hormon sudah terikat dengan reseptor, hal ini lah yang menyebabkan adanya perubahan didalam sel. Nemun, persisnya bagaimana hal ini bekerja, tinggal tergantung pada apakah hormon tersebut adalah hormon steroid atau hormon non-steroid.

7. Kadar hormon yang ada didalam tubuh kita sangat perlu untuk selalu berada didalam kondisi yang normal. Apabila kadar hormon dalam tubuh terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka akan menyebabkan berbagai macam gangguan yang terjadi didalam tubuh.

Berikut ini, terdapat beberapa gangguan yang umumnya terjadi didalam Sistem Hormon, yaitu sebagai berikut:

1. Gangguan Pada Hormon Pertumbuhan

Tumor yang terdapat pada kelenjar hipofisis ini dapat menyebabkan proses pertumbuhan yang terjadi secara berlebihan pada tulang atau bagian tubuh yang lainnya.

Kondisi ini disebut juga sebagai Gigantisme dapat diatasi dengan cara mengoprasi dan mengangkat tumor tersebut.

2. Addison

Addison ini adalah salah satu penyakit yang menyebabkab kelenjar adrenal tidak mampu untuk menghasilkan sebuah kortikosteroid, sehingga hal ini akan menimbulkan beberapa gejala. Gejala-gejala tersebut akan menyebabkan seseorang yang menderita penyakit ini kelelahan, lemas, terjadinya perubahan warna kulit, dehidrasi, sakit perut, dan juga mual. Umumnya kondisi ini dapat diatasi dengan obat-obatan yang bertujuan untuk menggantikan hormon kortikosteroid.

3. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah salah satu kondisi yang terjadi apabila kadar hormon tiroid yang ada didalam darah sangat tinggi, salah satu penyebab dari kondisi ini adalah penyakit Grave, yang menyebabkan sebuah kelenjar tiroid menjadi sangat aktif. Kondisi ini ditandai dengan adanya penurunan berat badan yang sangat drastis, banyak mengeluarkan keringat, perasaan gelisah, dan juga jantung yang berdebar kencang. Situasi ini umumnya dapat diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan, radiasi, ataupun jika sudah sangat parah dapat diatasi dengan cara operasi.

8. Kelenjar timus teletak didalam toraks kira-kira setinggi bifurkasi trakea, warnanya kemerah-merahan dan terdiri dari dua lobus. Kelenjar timus hanya dijumpai pada anak-anak dibawah 18 tahun. Pada bayi baru lahir sangat kecil dan beratnya kira-kira 10 gram aau lebih sedikit. Ukurannya bertambah pada masa remaja dar 30-40 gram kemudian berkerut lagi.

9. Gigantisme disebabkan oleh kelebihan tiroksin, Kretinisme disebabkan oleh kekurangan tiroksin, Diabetes disebabkan oleh kekurangan insulin

10. Karena kegiatan-kegiatan kelenjar buntu diatur oleh kelenjar hipofisis

11. Hormon tiroksin berfungsi untuk meningkatkan metabolisme energi