Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

96 Soal (Uraian) Shalat Beserta Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Shalat

33. Apakah rambut tidak boleh menempel sajadah?

Jawaban: 
Jika rambut menutupi seluruh dahi, maka menurut mazhab Syafii sujudnya batal. Namun, jika hanya menutupi sebagian dan membiarkan sebagian dahi terbuka, maka sujudnya dianggap sah.


34. Apa doa setelah wudhu?

Jawaban: 
Doa Setelah Wudhu Singkat dan Artinya (Arab, Latin, Terjemah) Teks latin: Asyhadu allaa ilaahah illallaah wahdahuu laa syariika lahuu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhuu wa rosuuluh. Allaahummaj'alnii minat tawwaabiina waj'alnii minal mutathahhiriina, waj'alnii min 'ibadikash shaalihiin


35. Syarat sahnya shalat ada berapa?

Jawaban: 
Syekh Sa'id bin 'Ali Wahf al-Qahthani dalam kitabnya “Shalatul Mu'min” mengemukakan bahwa terdapat 7 syarat sah salat.


36. I tidal itu apa?

Jawaban: 
Mengutip penuturan Syekh Nawawi dalam kitab Kasyifatus Saja, mendefinisikan i'tidal sebagai kembalinya orang yang salat pada posisi sebelum ia melakukan ruku. Penerapan gerakan ini berlaku bagi orang yang salat dalam keadaan berdiri, atau pada posisi duduk.


37. Apa dasar hukumnya wajib shalat?

Jawaban: 
Shalat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dan harus dilaksanakan berdasarkan ketetapan Al-Qur'an, sunnah, dan ijma'. Muhammad SAW secara langsung yang diperintahkan oleh Allah di “sidratulmuntaha” sewaktu isra' dan mi'raj.


38. Apa itu rukuk dengan tumaninah?

Jawaban: 
🔖karena termasuk dalam rukun shalat. 💟 Thuma'ninah menurut mazhab Hanafi adalah diam sebentar sekedar membaca tasbih,


39. Apa dosa meninggalkan shalat subuh?

Jawaban: 
Jika meninggalkan sholat: 1). Shubuh : Maka Allah akan menenggelamkannya kedalam Neraka Jahanam selama 60 tahun. Jadi kurang lebih 60.000 tahun jika mengikuti hitungan di dunia.


40. Orang yang tidak shalat akan masuk neraka apa?

Jawaban: 
Neraka Saqar Tempat Bagi Orang yang Malas Mengerjakan Sholat.


41. Apa hukum shalat di depan cermin?

Jawaban:
Boleh dan sah. Tapi kalau menurut Anda mengganggu kekhusyukan ya silakan tutup atau singkirkan saja cerminnya.


42. Apakah jam 6 atau jam 7 pagi masih bisa sholat subuh? 

Jawaban:
melaksanakan sholat shubuh jam 6 atau 7 bisa saja, tetapi tentu pahalanya tidak sama dengan orang yang berusaha bangun dan melawan kemalasannya untuk shalat subuh. Baik ketiduran tidak sengaja atau sengaja, wajib bagi muslim untuk melaksanakan shalat subuh.


43. Siapakah 3 golongan yang shalatnya tidak diterima Allah?

Jawaban:
“Ada tiga kelompok yg shalatnya tidak terangkat walau hanya sejengkal di atas kepalanya (tidak diterima oleh Allah). Orang yg mengimami sebuah kaum tetapi kaum itu membencinya. Istri yg tidur sementara suaminya sedang marah kepadanya. Dua saudara yg saling mendiamkan (memutuskan hubungan).


44. Apa saja keuntungan sholat tahajud?

Jawaban:
Ganjarannya adalah ampunan dari Allah SWT bagi orang yang mendirikan Sholat Tahajud, terutama yang salat di sepertiga malam. Di waktu tersebut, seseorang bisa menjadi khusyuk dalam meminta ampunan dari Allah SWT dan akan mendapatkan ampunan dari Dia.


45. Bacaan niat sholat tahajud 2 rakaat?

Jawaban:
Arab-latin: "Ushallii sunnata-t-tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'alla." Artinya: "Aku niat sholat sunnah tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala


46 Sepertiga malam itu jam berapa?

Jawaban:
Sepertiga malam terakhir adalah waktu sholat tahajud yang paling utama dan terbaik. Waktu ini dimulai pukul 01.00 sampai memasuki waktu sholat subuh. Di saat inilah, hamba Allah SWT yang bertaqwa akan mendekatkan diri pada Tuhannya dan memohon ampunan untuk semua dosa-dosanya.


47. Bagaimana cara menjaga diri agar tidak lalai dalam shalat?

Jawaban:
Salah satu cara agar tidak malas sholat adalah dengan mengerjakan sholat tepat pada waktunya. Biasanya menunda-nunda sholat hanya akan menyebabkan kemalasan yang berkepanjangan. Sebab menunda sholat hanya akan membuat kita semakin lupa dan lama kelamaan menjadi malas untuk sholat.


48. Siapa yang pertama kali sholat?

Jawaban:
Salat subuh pertama kali dikerjakan oleh Nabi Adam AS. Kala itu, ia melihat kegelapan malam di bumi dan merasa ketakutan. Saat cahaya fajar mulai tampak, beliau mengerjakan salat sebanyak dua rakaat.


49. Shalat apa yang paling istimewa?

Jawaban:
Ibadah salat tahajud dianggap sebagai ibadah salat sunnah yang paling istimewa.


50. Kenapa wanita harus shalat di rumah?

Jawaban:
Para ulama menganjurkan perempuan muslim lebih baik melaksanakan sholat di rumahnya daripada di masjid. Ada sebab mengapa sholat perempuan lebih baik di rumah, karena mereka akan aman dan jauh dari fitnah. Hal tersebut didasarkan pada zaman Nabi.


51. Siapa yang lebih berhak menjadi imam?

Jawaban:
Disebutkan dalam Kitab Al-Fiqh 'Ala Al-Madzahib Al-Arba'ah karya Syaikh Abdurrahman Al-Juzairi, mazhab Syafi'i menganjurkan orang yang paling berhak menjadi imam adalah pemimpin wilayahnya, selanjutnya imam rawatib (imam tetap yang ditunjuk mengimami salat di masjid), kemudian baru penduduk asli.


52. Apakah boleh shalat di dalam mobil?

Jawaban:
Kita dikatakan boleh untuk melaksanakan tata cara sholat di kendaraan jika telah memenuhi uzur atau halangan yang dibenarkan dalam Islam. Di antaranya adalah tidak memungkinkannya untuk turun dari kendaraan selama di perjalanan.


53. Siapa saja yang tidak wajib melaksanakan shalat?

Jawaban:
Golongan yang Tidak Wajib Ibadah Shalat
1. Bukan Beragama Islam
2. Tidak Berakal Sehat
3. Belum Memasuki Usia Dewasa (Baligh)
4. Haid atau Nifas
5. Belum Menerima Syiar Islam


54. Bolehkah telapak tangan tertutup mukena saat shalat?

Jawaban:
Artinya, jika tangan perempuan tertutup mukena saat sujud adalah sah sebab tidak masuk anggota yang terbuka. Hal ini juga berlaku bagi laki-laki.


55. Bagaimana jika tidak bisa sujud?

Jawaban:
Bagi yang tidak mampu untuk rukuk dan sujud, maka boleh dengan membungkukkan badan dengan gerakan sujud lebih rendah dari rukuk. Jika mampu untuk rukuk namun tidak mampu untuk sujud saja maka tetap rukuk dan sujud dengan membungkuk.


56. Bolehkah wanita salat tanpa mukena?

Jawaban:
Pada dasarnya tidak ada ketentuan baku mengenai jenis pakaian yang digunakan oleh Muslimah saat sholat, asalkan pakaian tersebut dapat menutupi aurat maka dibolehkan dan dianggap sah.


57. Adakah anak rambut itu aurat?

Jawaban:
Setelah mengetahui definisi dan batasan wajah dari ulama fikih, kita bisa mengerti bahwa anak rambut yang tumbuh di dahi bahkan menjalar sampai alis bukanlah aurat dalam shalat karena ia sudah masuk kategori wajah sebagaimana janggut yang tumbuh di dagu.


58. Jika lupa rakaat harus apa?

Jawaban:
Para ulama sepakat, apabila lupa dan ragu jumlah rakaat ketika sholat maka harus menggantikannya dengan sujud sahwi. Sujud ini dilakukan sesudah tasyahud dan sholawat nabi dan sebelum salam, demikian menurut pendapat ulama mazhab Syafi'i.


59. Apakah menangis itu membatalkan wudhu?

Jawaban:
Sementara terkait pertanyaan menangis membatalkan wudhu tidak ada dalilnya. Namun, saat kita melaksanakan wudhu berarti kita sudah siap melakukan ibadah salat. Alangkah lebih baik, apabila kita menunaikan ibadah salat dengan hati gembira, alih alih bersedih.


60. Apakah memakai celana pendek membatalkan wudhu?

Jawaban: 
Alhamdulillah. , wudhu'nya sah. Sebab membuka aurat dan mengenakan celana pendek bukanlah pembatal wudhu'.


61. Bagaimana jika bacaan Al Fatihah salah?

Jawaban: 
Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan bahwa kesalahan membaca Al-Fatihah yang tidak mengubah makna ayat, maka hukumnya makruh, namun jika disengaja menjadi haram, tetapi tidak membatalkan salatnya.


62. Apa arti rukun dalam salat?

Jawaban:
Rukun shalat adalah setiap perbuatan dan perkataan yang akan membentuk hakikat shalat. Apabila salah satu rukun ini tak ada atau ditinggalkan, shalat tersebut secara syar'i tidak dianggap alias tidak sah dan tidak bisa digantikan dengan sujud sahwi.


63. Hukum sholat ada berapa?

Jawaban:
Hukum salat secara umum terbagi menjadi dua yaitu wajib dan sunah. Salat yang wajib dikerjakan disebut salat fardu, sedangkan yang sunah untuk dikerjakan disebut salat sunah.


64. Apa bacaan doa i tidal?

Jawaban:
Sami Allahu liman hamidah. Artinya: "Allah mendengar orang-orang yang memuji-Nya." Rabbana lakal-hamdu mil'us-samaawaati wa mil-ul-ardhi wa mil'u maa syi'ta min sya'in ba'du.