Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

48 Soal Bermain dan Permainan Anak Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Bermain dan Permainan Anak 
  1. Kemampuan untuk mengombinasikan fungsi dua buah benda, kemudian dimainkan dapat  dilakukan anak pada usia....
    a. 16 bulan
    b. 24 bulan
    c. 1 tahun
    d. >2 tahun 
  2. Salah satu bentuk permainan simbolik adalah ....
    a. Galah asin
    b. Monopoli
    c. Cilukba
    d. Power rangers
  3. Berikut ini yang bukan merupakan perilaku bermain dalam drama atau sosiodrama adalah ....
    a. Adanya interaksi
    b. Kemampuan meniru
    c. Komunikasi verbal
    d. Tebak kata
  4. Berikut ini bukan merupakan organ bicara, yaitu....
    a. Mulut
    b. Kerongkongan
    c. Tenggorokan
    d. Lidah
  5. Salah satu contoh alat main yang dapat mengasah kemampuan berpikir anak secara konvergen, yaitu ....
    a. Balok
    b. Boneka
    c. Pasir
    d. Air
  6. Berikut ini yang bukan manfaat alat main pengekspresikan diri adalah ....
    a. Membangun personalitas diri
    b. Merespons secara imajinatif
    c. Menentukan fungsi alat
    d. Meniru peran dan ekspresi
  7. Berikut ini yang bukan dasar pengklarifikasian sarana bermain adalah .... 
    a. Penampilan fisik
    b. Peran dalam kegiatan belaajar
    c. Bergerak tidaknya saat digunakan
    d. Habis tidaknya saat digunakan
  8. Apabila ingin memberikan pengajaran anak mengenai moral dan nilai-nilai kemanusiaan maka alat peraga yang dapat dimanfaatkan ialah ....
    a. Minitoys
    b. Film
    c. Gambar
    d. Buku
  9. Contoh prasarana yang terdapat di lembaga PAUD, yaitu ....
    a. Parkir, lapangan, toilet
    b. Gudang, toilet, media
    c. Guru, ruang, masjid
    d. Masjid, media, lapangan
  10. Salah satu tujuan pengelolaan yang ingin dicapai dalam tahap penyadaran adalah ....
    a. Menyusun tugas pengelola
    b. Mengenalkan lingkup lingkungan
    c. Menjelaskan permasalahan
    d. Membersihkan lingkungan
  11. Saat ini anak-anak lebih menyukai permainan impor yang membanjiri negara kita karena  permainan impor tampaknya ....
    a. Mahal dan sederhana
    b. Lebih menarik, atraktif, dan menghibur
    c. Susah didapat
    d. Warnanya cenderung gelap
  12. Permainan tradisional selalu melahirkan nuansa suka cita, fungsi positif ini dapat terlihat dari ....
    a. Wajah ceria anak saat melakukan permainan
    b. Banyaknya jumlah anak yang bermain
    c. Ramainya penonton yang menyaksikan permainan
    d. Banyaknya jumlah alat dan bahan yang digunakan
  13. Gerak menjadi hal yang sangat kreatif bila dipadukan dengan musik yang diinterpretasikan anak menurut caranya masing-masing adalah pernyataan tentang gerak ....
    a. Aristoteles
    b. Piaget
    c. Vygotsky
    d. Erikson
  14. Berikut adalah beberapa kriteria lagu yang baik untuk anak usia dini, kecuali ....
    a. Sesuai dengan dunia anak
    b. Menggunakan bahasa yang sederhana
    c. Wilayah nada mencapai 3 oktaf
    d. Tema lagu sesuai dengan minat dan kurikulum
  15. Musik yang memiliki ciri utamanya adanya improvisasi aturan dan gaya yang dipilih, adalah musik ....
    a. Blues
    b. Rock
    c. Pop
    d. Jazz
  16. Langkah awal dalam pemanfaatan gerak dan lagu pada kegiatan bermain anak usia dini 
    adalah .... 
    a. Menjelaskan asal-muasal lagu dan gerakan yang digunakan
    b. Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan
    c. Memperhatikan kondisi psikologis anak
    d. Merancang gerakan jauh sebelum diterapkan
  17. Berikut bukan merupakan perencanaan kegiatan bernyanyi yaitu ....
    a. Penetapan metode
    b. Penetapan tujuan
    c. Penetapan jenis vokal
    d. Penetapan materi
  18. Prinsip yang mengutamakan pembelajaran dan menuntut pemikiran kritis adalah ....
    a. Lingkungan kondusif
    b. Tematik
    c. Kreatif dan inovatif
    d. Keterampilan hidup
  19. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi lingkungan adalah ....
    a. Merangsang antusias anak
    b. Memfasilitasi multisensori
    c. Memberi ruang beraktivitas
    d. Memengaruhi kecerdasan anak
  20. Hal yang harus diperhatikan dalam penciptaan lingkungan bermain dan belajar bagi UAD  adalah ....
    a. Didesain arsitek profesional
    b. Alat permainan lengkap
    c. Adanya pemisah ruang
    d. Penjadwalan kegiatan anak
  21. Perkembangan bahasa dapat diasah melalui beberapa jenis permainan di antaranya ....
    a. Lotto, puzzle, huruf, ronce
    b. Buku cerita, gambar domino, poster alfabet
    c. Lotto, gambar domino, krayon
    d. Poster, alfabet, ronce, gambar domino
  22. Apabila kebutuhan alat bermain bersifat sementara dan temporer maka alternatif pengadaan yang dapar dilakukan dengan cara ....
    a. Hibah
    b. Penukaran
    c. Penyewaan
    d. Pembelian
  23. Berikut merupakan pedoman membeli alat bermain, kecuali....
    a. Kapasitas
    b. Pembuat
    c. Jaminan
    d. Diskon
  24. Salah satu alasan mendasar pemeliharaan alat bermain adalah ....
    a. Kemenarikan
    b. Keawetan
    c. Keamanan
    d. Keberfungsian
  25. Memelihara kelengkapan sekrup pada saat bermain dan memelihara kebersihan merupakan tugas pemeliharaan yang dilakukan .... 
    a. Penjaga
    b. Guru
    c. Anak
    d. Kepala
  26. Berikut ini merupakan alasan dari pemanfaatan bahan bekas dan bahan alam, kecuali ....
    a. Mengarahkan anak menjadi pribadi mandiri
    b. Mengajarkan anak menjadi manusia konsumtif
    c. Membimbing anak dalam upaya pelestarian lingkungan
    d. Mendukung anak dalam pengembangan kreativitas
  27. Salah satu perkembangan AUD yang dapat diasah melalui media bermain yang terbuat 
    dari bahan bekas dan bahan alam adalah, kecuali kemampuan ....
    a. Berhitung
    b. Mengingat
    c. Membaca
    d. Mengukur
  28. Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan APE adalah ....
    a. Monoton
    b. Konsisten
    c. Sekali pakai
    d. Konstruktif
  29. APE yang berfungsi untuk meningkat konsep-konsep adalah ....
    a. Jembatan, kubus, dan kartu
    b. Kartu, biji, dan jembatan
    c. Timbangan, tongkat, dan kerucut
    d. Kartu, timbangan, dan kubus
  30. Permainan adalah bagian mutlak dari kehidupan anak dan permainan merupakan bagian  integral dari proses pembentukan kepribadian anak. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ....
    a. John von Neumann
    b. Carl Bucher
    c. Hans Daeng 
    d. Oskar Morgenstern
  31. Berikut ini adalah manfaat permainan bagi perkembangan anak, kecuali....
    a. Memberikan pengalaman bergerak
    b. Merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak
    c. Menyalurkan kelebihan tenaga
    d. Melatih anak menjadi profesional
  32. Permainan yang mengandung unsur khayalan atau imajinasi bagi pemainnya, termasuk 
    jenis permainan ....
    a. Fantasi
    b. Konstruksi
    c. Asimilasi
    d. Fungsi
  33. Berikut ini adalah bahan-bahan alam yang dapat digunakan untuk permainan ....
    a. Biji-bijian, tanaman, binatang berkaki empat
    b. Pasir, air, batu-batuan, dan tanah liat
    c. Laut, sungai, tanaman, dan hewan
    d. Matahari, bulan, bintang, dan gejala alam
  34. Nama lain dari permainan Egrang adalah ....
    a. Jajangkungan, Jeko, dan Batungkau
    b. Caku celeweng, Galasin, dan Jamuran
    c. Oray-orayan, Lemon Nipis, dan Batungkau
    d. Sondah, Ingkling, Piccek Baju
  35. Berikut ini merupakan pernyataan yang paling tepat untuk lingkungan, yaitu....
    a. Memaksa seseorang untuk bertahan hidup
    b. Mengatur perilkau hidup seseorang
    c. Mempengaruhi kebiasaan hidup seseorang
    d. Menentukan jalan hidup seseorang
  36. Melalui aktivitas bermain anak mempelajari beberapa hal berikut, kecuali ....
    a. Memilih kegiatan yang disukai
    b. Mengontrol diri di antara teman
    c. Mengidentifikasi banyak hal
    d. Menghakimi jawaban teman
  37. Bermain merupakan kegiatan yang....
    a. Dilakukan di waktu senggang saja
    b. Memiliki aturan pasti yang tidak boleh dilanggar oleh para pemain
    c. Ada pembagian peran masing-masing yang menunjang
    d. Menyenangkan siapa pun yang melihatnya
  38. Kelebihan dan strategi melalui bercerita adalah ....
    a. Pembelajaran menyenangkan
    b. Dapat dikaitkan dengan pelajaran lain
    c. Dilakukan tanpa perlengkapan
    d. Pemanfaatan waktu lebih efektif
  39. Seseorang diindikasikan sebagai manusia kreatif apabila memiliki, kecuali ....
    a. Keterampilan dengan teknik prima
    b. Kemampuan seni
    c. Kebiasaan meniru
    d. Keterbukaan ide
  40. Anak memperoleh kemerdekaan psikologis untuk berkreasi apabila ....
    a. Terhambat oleh rasa aman
    b. Keberadaan ancaman
    c. Terbebas dari tekanan
    d. Terbatas oleh waktu
  41. Yang termasuk faktor penghambat kreativitas, yaitu ....
    a. Menghindari pertanyaan anak
    b. Membangun rasa saling percaya
    c. Mencari pendekatan dalam penyelesaian masalah
    d. Memberi kebebasan waktu pada anak
  42. Berikut ini yang merupakan kreativitas konstruktif yang dimiliki anak usia 3 yahun adalah ....
    a. Memanjat pohon
    b. Bermain balok
    c. Bermain bola
    d. Bermain boneka
  43. Asesmen diartikan sebagai ....
    a. Penghargaan
    b. Penilaian
    c. Pengembangan
    d. Pembelajaran
  44. Guru harus dapat bersikap sabar, tenang, perhatian, dan responsif. Hal tersebut berkaitan  dengan kualifikasi guru yaitu ....
    a. Kompetensi profesional
    b. Kompetensi sosial 
    c. Kompetensi pedagogik
    d. Kompetensi kepribadian
  45. Bentuk keterlibatan orang tua pada acara bersama lembaga, yaitu....
    a. Berkebun, bakti sosial, rekreasi
    b. Berkebun, seminar, kunjungan
    c. Outbond, lokakarya, memasak
    d. Bazar, seminar, perayaan hari besar
  46. Setiap anak, dalam bermain kelompok, memiliki ciri berikut, kecuali...
    a. Memiliki rasa kekompakan dalam kelompoknya
    b. Berperan aktif
    c. Taat pada aturan main yang dibuat
    d. Berpura-pura mengikuti aturan
  47. Manfaat bermain secara umum, terutama bagi orang dewasa sebagai berikut, kecuali....
    a. Mengurangi ketegangan
    b. Memelihara kebugaran dan kesehatan
    c. Sarana mendidik anak
    d. Membangun karier
  48. Di dalam bermain, anak memilih sendiri kegiatan mengidentifikasi tentang banyak hal, terdorong untuk melihat, mempertanyakan sesuatu, menemukan atau membuat jawaban, dan kemudian menguji jawaban dan pertanyaan yang mereka buat sendiri. hal ini menunjukkan, bermain membantu anak untuk....
    a. Berpikir sosial
    b. Berpikir kreatif
    c. Berpikir abstrak
    d. Berpikir ambigu
Kunci Jawaban:
  1. d. >2 tahun 
  2. d. Power rangers
  3. d. Tebak kata
  4. b. Kerongkongan
  5. b. Boneka
  6. d. Meniru peran dan ekspresi
  7. a. Penampilan fisik
  8. b. Film
  9. a. Parkir, lapangan, toilet
  10. b. Mengenalkan lingkup lingkungan
  11. b. Lebih menarik, atraktif, dan menghibur
  12. a. Wajah ceria anak saat melakukan permainan
  13. b. Piaget
  14. c. Wilayah nada mencapai 3 oktaf
  15. d. Jazz
  16. c. Memperhatikan kondisi psikologis anak
  17. c. Penetapan jenis vokal
  18. c. Kreatif dan inovatif
  19. d. Memengaruhi kecerdasan anak
  20. c. Adanya pemisah ruang
  21. b. Buku cerita, gambar domino, poster alfabet
  22. c. Penyewaan
  23. d. Diskon
  24. b. Keawetan
  25. a. Penjaga
  26. b. Mengajarkan anak menjadi manusia konsumtif
  27. d. Mengukur
  28. d. Konstruktif
  29. c. Timbangan, tongkat, dan kerucut
  30. c. Hans Daeng 
  31. d. Melatih anak menjadi profesional
  32. a. Fantasi
  33. b. Pasir, air, batu-batuan, dan tanah liat
  34. a. Jajangkungan, Jeko, dan Batungkau
  35. c. Mempengaruhi kebiasaan hidup seseorang
  36. d. Menghakimi jawaban teman
  37. d. Pemanfaatan waktu lebih efektif
  38. c. Ada pembagian peran masing-masing yang menunjang
  39. c. Kebiasaan meniru
  40. c. Terbebas dari tekanan
  41. a. Menghindari pertanyaan anak
  42. b. Bermain balok
  43. b. Penilaian
  44. d. Kompetensi kepribadian
  45. a. Berkebun, bakti sosial, rekreasi
  46. d. Berpura-pura mengikuti aturan
  47. d. Membangun karier
  48. b. Berpikir kreatif