Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

78 Soal (Essay) Sistem Indera Hewan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Sistem Indera Hewan 

1. Jelaskan tentang indra pada protozoa !

Jawaban:
Pada umumnya, protozoa memiliki kepekaan terhadap rangsangan yang berupa zat kimia. Hal ini terbukti dan bergeraknya Amoeba sp. apabila menemukan makanan. Selain itu, Amoeba sp. juga peka terhadap rangsang sentuhan dan cahaya. Sentuhan dan cahaya yang kuat akan merangsang Amoeba sp. untuk bergerak menjauh. Euglena sp. yang merupakan hewan bersel satu, berbulu cambuk, dan berkiorofil akan bergerak ke arah datangnya cahaya. Respon ini penting untuk membantu berlangsungnya fotosintesis. Akan tetapi, Euglena sp. akan menjauh apabila mendapat cahaya secara langsung.


2. Bagaimana sistem indra pada mamalia ?

Jawaban:
Pada umumnya semua jenis indra yang dimiliki oleh manusia juga dimiliki oleh mamalia. Mamalia memiliki lima macam alat indra. Masing-masing alat indra tersebut juga berkembang dan berfungsi dengan baik. Beberapa jenis mamalia, bahkan memiliki alat indra dengan kepekaan yang sangat kuat terhadap rangsangan


3. Apa keistimewaan mata belalang?

Jawaban:
Mempunyai 2 mata, yaitu mata tunggal dan mata majemuk


4. Apakah fungsi antena pada belalang?

Jawaban:
Sebagai indera pendengar dan keseimbangan


5. Apakah fungsi gurat sisi pada ikan?

Jawaban:
Sebagai alat keseimbangan


6. Apakah fungsi membran niktitans pada katak?

Jawaban:
Menjaga agar mata tetap lembab di darat dan melindungi mata dari gesekan ketika berada di air


7. Bagaimana sistem indra pada ikan ?

Jawaban:
Indra ikan yang berkembang dengan baik adalah indra penglihat, pencium, dan pendengar. Indra penglihat ikan terletak di kedua sisi kepalanya. Bola mata ikan tidak dilindungi oleh kelopak, tetapi dilindungi oleh selaput tipis yang tembus cahaya. Ikan dapat melihat dengan jelas di dalam air karena baik air maupun kornea ikan membiaskan cahaya pada sudut yang sama.


8. Jelaskan tentang indra pada cacing!

Jawaban:
Indra cacing tanah yang berkembang cukup baik adalah indra penerima rangsang cahaya. Indra tersebut terdapat di seluruh permukaan tubuh dan hanya berfungsi untuk membedakan gelap dan terang, tidak dapat membedakan warna. Indra penerima rangsang cahaya pada cacing tanah tersusun oleh sel-sel yang peka cahaya. Sel-sel tersebut terletak pada permukaan tubuh cacing terutama di bagian punggung (dorsal)


9. Jelaskan tentang indra pada burung !

Jawaban:
Indra penglihat dan indra keseimbangan burung berkembang dengan baik. Kedua macam indra tersebut memungkinkan burung dapat terbang lurus, menukik, atau membelok dengan cepat. Indra keseimbangan burung terletak di dalam rongga telinga dan berhubungan dengan otak kecil. Otak kecil burung berukuran besar karena berkembang dengan baik sebagai pusat keseimbangan tubuh burung pada saat terbang. Sebagian besar burung memiliki indra penglihat yang sangat membantu burung untuk mendapatkan makanan, untuk menemukan musuh, maupun untuk terbang. Mata burung mampu berakomodasi dengan cara mengubah bentuk lensa matanya. Pada saat burung melihat benda yang jauh, lensa mata burung akan memipih. Sebaliknya, pada saat burung melihat benda yang dekat, lensa mata burung akan mencembung.


10. Jelaskan bagaimana akomodasi amfibi!

Jawaban:
Hanya dapat melihat pada jarak tertentu karena akomodasi matanya mengubah kedudukan lensa ke arah belakang


11. Dimana letak indera pembau reptil?

Jawaban:
Pada langit-langit rongga mulutnya


12. Dimana letak indera pembau buaya?

Jawaban:
Terletak di hidungnya


13. Jelaskan mata burung malam dan burung elang!

Jawaban:
Pada burung elang, retinyanya mengandung lebih banyak sel-sel kerucut, sedangkan pada burung malam retinanya mengandung lebih banyak sel-sel batang