Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal (Essay) Sistem Peredaran Darah Hewan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Sistem Peredaran Darah Hewan

1. Jelaskan tentang sistem peredaran darah terbuka !

Jawaban:  
Pada sistem ini darah dan cairan lainnya tidak selalu diedarkan melalui pembuluh darah. Pada saat tertentu darah meninggalkan pembuluh darah, langsung beredar ke dalam rongga-rongga tubuh dan akhirnya kembali lagi ke dalam pembuluh.


2. Bagaimana sistem peredaran darah udang ?

Jawaban: 
Darah dipompa dari jantung melalui pembuluh darah menuju bagian bawah tubuh, seperti kaki. Darah dari bagian kaki mengalir menuju insang bagian kiri dan kanan tanpa melalui pembuluh. Di insang, darah mengikat 02 dan kemudian kembali ke jantung.


3. Jelaskan tentang sistem peredaran darah mollusca !

Jawaban: 
Mollusca memiliki sistem sirkulasi yang terdiri atas jantung dan pembuluh darah sederhana. Jantung siput terletak di dalam rongga perikajdium serta terdiri atas atrium dan ventrikel. Sirkulasi darah pada siput diawali dengan darah dipompa dari jantung mengalir melalui sinus menuju jaringan tubuh. Dari jaringan tubuh, darah kembali lagi ke jantung.


4. Bagaimana sistem peredaran darah serangga ?

Jawaban:
Serangga memiliki sebuah pembuluh yang memanjang dan terletak membujur di atas saluran makanan sebagai alat sirkulasi darahnya. Sistem sirkulasinya tidak meng- angkut 02 dan C02 karena darah belalang tidak mengandung hemoglobin, tetapi mengandung hemosianin. Oksigen diedarkan ke sel-sel tubuh dengan bantuan saluran udara (trakea).
 

5. Jelaskan tentang sistem peredaran darah sistem peredaran darah tertutup !

Jawaban: 
Pada sistem peredaran darah tertutup, darah mengalir ke seluruh jaringan tubuh melalui pembuluh.