Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Soal (Essay) Sistem Pernapasan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Sistem Pernapasan

1. Jelaskan struktur dari rongga hidung dan fungsinya.!

Jawaban:
Rongga hidung terdiri atas Concha (Superior, Middle (tengah), Inferior), Vestibula dan Lubang hidung. Concha berfungsi untuk memperluas bidang permukaan dari rongga hidung. Lubang hidung berfungsi sebagai tempat masuk dan keluarnya gas O2 dan CO2 dan Vestibula berfungsi sebagai penghubung antara lubang hidung dengan Concha.


2. Tuliskan 3 bagian dari pharynx. Dengan apakah struktur masing-masing ketiga bagian berhubungan?

Jawaban:
Nasopharynx, merupakan bagian paling atas pharynx. Lokasinya dibelakang Choanae dan pada bagian atas langit-langit lembut. Oropharynx, dimulai dari uvula sampai epiglothis dan terbukanya rongga mulut langsung berhubungan ke oropharynx. Laryngopharynx, adalah bagian paling belakang dari pharynx dan dimulai dari epiglothis menuju esophagus. Ketiganya saling berhubungan dengan membentuk suatu bagian yang disebut pharynx.


3. Tuliskan fungsi dari 3 cartilago yang ada pada Pharynx!

Jawaban:
Cartilago Thyroid berfungsi sebagai pembentuk tulang Hyoid, Cartilago Circoid merupakan bagian paling banyak dari cartilago dilarynx yang bertempat pada bagian bawah (dasar) dari larynx dan cartilago lainnya yang tak berfungsi. Epiglothis adalah bentuk lain dari cartilago yang elastis lain daripada tulang rawan.


4. Apakah fungsi dari vestibular dan lipatan suara? Bagaimana suara bisa berbeda diciptakan?

Jawaban:
Vestibular berfungsi menghalangi udara yang meninggalkan paru-paru, selainitu juga dapat mencegah makanan dan minuman yang masuk ke larynx. Lipatan suara berfungsi untuk menghasilkan suara. Suara dapat diciptakan berbeda karena ada otot yang mengontrol pergerakan lipatan suara tersebut.


5. Dari larynx, berikan nama semua bagian yang menerima udara yang melewati semua bagian sampai di alveolus.!

Jawaban:
Hidung – Pharynx – Larynx – Trachea – Broncus – Paru-paru – Bronciolus – Alveolus – Udara bertukaran.


6. Apakah fungsi dari Cartilago bentuk–C pada trachea?

Jawaban:
Fungsi dari Cartilago bentuk–C pada trachea adalah menjaga trachea dan memelihara agar terbukanya jalan bagi udara.


7. Apakah yang terjadi pada banyak cartilago disistem peronggaan dari sistem respirasi jika rongga menjadi lebih kecil?

Jawaban:
Jika rongga menjadi lebih kecil terjadi pada banyak cartilago disistem peronggaan maka aliran udara yang ada akan terganggu sehingga menyebabkan susahnya pernafasan.


8. Jelaskan kenapa aliran udara menjadi lebih susah pada saat asm!

Jawaban:
Aliran udara menjadi lebih susah pada saat asma karena rongga pada trachea menjadi lebih kecil sehingga aliran darah tersumbat


9. Apakah fungsi dari epitelium silia pada pohon trakeobronkial?

Jawaban:
Epitelium silia berfungsi sebagai escalator mucuscilia yang menangkap puing-puing di udara dan mengeluarkannya dari system respirasi.


10. Tuliskan lima penyakit yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok!

Jawaban:
a. Kangker
b. Penyakit paru obstruktif kronik
c. Jantung
d. Stroke
e. Kulit keriput


11. Apa pengaruh Nikotin Terhadap sistem pernapasan?

Jawaban:
Nikotin mengandung candu sehingga mampu menyebabkan seseorang ketagian.pengaruh niikotin bagi tubuh manusia:
a) Menyebabkan kecanduan atau ketergantuan merusak jaringan otak
b) Menyebabkan darah cepat membeku
c) Mengeraskan dinding arteri.


12. Bagaimana cara mencegah tertular penyakit TBC?

Jawaban:
Cara mencegah tertularnya penyakit TBC adalah sebagai berikut:
a. Selalu berusaha mengurangi kontak dengan penderita TBC paru aktif
b. Selalu menjaga standar hidup yang baik, caranya bisa dengan mengkonsumsi makanan yang bernilai gizi tinggi. Menjaga lingkungan selalu sehat baik itu di rumah maupun di tempat kerja (kantor), dan menjaga kebugaran tubuh dengan cara menyempatkan dan meluangkan waktu untuk berolah raga.
c. Pemberian vaksin BCG, tujuannya untuk mencegah terjadinya kasus infeksi TBC yang lebih berat vaksin BCG secara rutin diberikan kepada semua balita.


13. Jelaskan mengenai penyakit faringitis!

Jawaban:
Faringitis adalah suatu penyakit peradangan yang menyerang tenggorokan atau faring kadang juga disebut sebagai radang tenggorokan.


14. Jelaskan apa yang terjadi pada tenggorokan Anda ketika Anda tidur dengan mulut terbuka, terutama bila hidung Anda terpasang sebagai hasil dari cuaca dingin!

Jawaban:
Hal ini adalah penyebab tidur mendengkur, apalagi jika tidur dengan mulut terbuka, maka saat itu, otot-otot di belakang atap mulut (soft palate), lidah, dan tenggorokan akan relaks. Jika otot-otot ini terlalu relaks, mereka akan mempersempit atau menghambat jalan pernapasan. Ketika bernapas, soft palate dan uvula akan bergetar dan membentur bagian belakang tenggorokan. Hal ini akan menimbulkan suara dengkuran. Semakin sempit saluran pernapasan, jaringan akan bergetar semakin kuat, dan bunyi dengkuran juga akan semakin keras.


15. Jelaskan apa yang mungkin terjadi pada paru-paru Anda ketika Anda berjalan jauh dalam cuaca sangat dingin saat breating cepat melalui mulut!

Jawaban:
Breathing control adalah suatu teknik bernafas dengan menggunakan paru sisi bawah dan menghindari atau meminimalkan penggunaan otot-otot bantu nafas (otot dada atas dan otot-otot bahu) sehingga diperoleh suatu kondisi yang santai (rileks).


16. Jelaskan apa yang terjadi dengan bentuk trakea ketika seseorang menelan seteguk besar makanan. mengapa ini kelebihan?

Jawaban:
Maka jika seseorang ini menelan makanan dengan jumlah yang besar, bisa saja ketika mulai masuk anak tekak, makanan ini bukannya masuk ke kerongkongan, melainkan ada yang masuk sebagian ke tenggorokan, sehingga membuat saluran tenggorokan menjadi sempit dan terganggu sehingga orang tersebut bisa tersedak.


17. Pleunsy adalah suatu peradangan pada selaput pleura. Jelaskan mengapa kondisi ini sangat menyakitkan, terutama ketika seseorang mengambil napas dalam-dalam.!

Jawaban:
Serat-serat nyeri dari paru berlokasi pada pleura. Ketika jaringan ini meradang, itu berakibat pada nyeri yang tajam pada dada yang memburuk dengan napas, atau pleurisy. Gejala-gejala lain dari pleurisy dapat termasuk batuk, kepekaan dada, dan sesak napas