Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

28 Soal (Essay) Sistem Regulasi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Sistem Regulasi

1. Tuliskan jalur perjalanan rangsang pada gerak biasa!

Jawaban:
Gerak Biasa
Rangsang » reseptor »saraf sensorik » otak » saraf motorik » efektor » gerakan.


2. Apakah fungsi dari neuron intermediet?

Jawaban:
Sel saraf intermediet disebut juga sel saraf asosiasi. Sel ini dapat ditemukan di dalam sistem saraf pusat dan berfungsi menghubungkan sel saraf motor dengan sel saraf sensori atau berhubungan dengan sel saraf lainnya yang ada di dalam sistem saraf pusat. Sel saraf intermediet menerima impuls dari reseptor sensori atau sel saraf asosiasi lainnya. Kelompok-kelompok serabut saraf, akson dan dendrit bergabung dalam satu selubung dan membentuk urat saraf. Sedangkan badan sel saraf berkumpul membentuk ganglion atau simpul saraf.


3. Tuliskan empat lobus dari otak besar dan fungsinya!

Jawaban:
A. Lobus oksipital
Lobus oksipital, ditemukan di belakang pada otak Anda, berperan dalam memproses informasi visual. Hal ini dapat berhubungan dengan oculus, kata Latin untuk mata.

B. Lobus temporal
Lobus temporal, satu di setiap belahan dekat dengan tempat telinga Anda. Fungsinya dalam pengolahan pendengaran. Namun, mungkin juga terlibat dalam emosi, belajar, dan pengucapan / belajar bahasa baru. Jika mendengar dalam tempo keras, mungkin kita akan menutup telinga, sehingga menghalangi suara dari mendapatkan ke lobus temporal.

C. Lobus frontal
Lobus frontal memungkinkan kita untuk memecahkan tugas yang kompleks, menjalani gerakan sukarela bagian tubuh, kemampuan untuk membentuk kalimat lengkap, dan berfungsi untuk ciri-ciri kepribadian kita.

D. Lobus parietalis
Lobus parietalis berfungsi dalam sensasi umum dan perasaan.
Sepanjang otak besar kita menemukan daerah ditinggikan disebut gyri (gyrus untuk tunggal). Mereka membantu untuk memisahkan lobus berdasarkan peran fungsional dan meningkatkan ukuran keseluruhan dari otak besar.


4. Tuliskan dan Jelaskan bagian-bagian sel saraf!

Jawaban:
1. dendrit(menerima dan mengantarkan rangsangan ke badan sel)
2. badan sel(menerima rangsangan dari dendrit dan meneruskannya ke neurit)
3. inti sel(pengatur kegiatan sel saraf)
4. neurit/akson(meneruskan rangsangan dari badan sel saraf ke sel saraf lainnya)
5. selubung mielin(melindungi neurit dan mencegah.
6. sel schwann(mempercepat jalannya impuls, membantu menyediakan makanan untuk neurit, dan membantu regenerasi neurit)
7. nodus ranvier(pelindung akson dan membungkusnya)
8. oligodendrosit(membentuk selubung mielin yang sama pada sistem saraf pusat dan sebagai sel penyokong)
9. sinapsis(mengirimkan impuls dari akson ke dendrit di sel saraf lain)


5. Apakah yang dimaksud dengan jembatan Varol?

Jawaban:
Jembatan Varol merupakan serabut saraf yang menghubungkan otak kecil bagian kiri dan kanan, serta menghubungkan otak besar dengan sumsum tulang belakang. Jembatan Varol berfungsi menghantarkan rangsang dari kedua bagian serebelum.


6. Kelenjar hipofisis terdiri dari tiga lobus, sebutkan macam-macam hormon yang dihasilkan tiap lobus pada kelenjar hipofisis!?

Jawaban:
A. Bagian depan (lobus anterior)
Menghasilkan hormon berikut ini:
– Hormone somatotropin/Growth Hormon
(STH/GH) yang berfungsi mempengaruhi pertumbuhan. Kekurangan pada anak-anak menyebabkan kretinisme. Kelebihan pada saat anak-anak menyebabkan gigantisme, bila terjadi pada masa dewasa menyebabkan akromegali.

– Tiroid Stimulating Hormone (TSH)
Merangsang tiroid untuk mengekskresikan tiroksin.

B. Bagian belakang (lobus posterior)
menghasilkan hormon berikut ini.
Oksitosin berfungsi menstimulasi kontraksi otot polos pada rahim wanita selama proses melahirkan.Hormon ADH (Antidiuretik Hormon). Menurunkan volume urine dan meningkatkan tekanan darah dengan cara menyempitkan pembuluh darah.Pitresin atau Vasopresin mempertinggi tekanan darah.


7. Hormon apa saja yang dihasilkan bagian Medika adrenal? Jelaskan fungsinya masing-masing!

Jawaban:
A. Hormon Aldosteron
Hormon ini dihasilkan oleh bagian korteks. Fungsi utama dari hormone ini adalah untuk mengatur banyaknya kalium dan natrium yang dilewatkan ke urin. hormon ini juga dapat menyempitkan pembuluh darah oleh peningkatan natrium dan retensi air sehingga dapat meningkatkan tekanan darah.

B. Hormon hidrokortison dan Kortikosteron
Hormon hidrokortison berfungsi sebagai pengatur metabolism karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan hormone kortikosteron berfungsi sebagai agen kekebalan tubuh.

C. Hormon Adrogenik Steroid
Hormon ini adalah bagian dari hormone seks pria yang berperan penting dalam perkembangan karakteristik laki-laki dan perkembangan organ seks laki-laki selama fase embrio.

D. Hormon Epinefrin dan Norepinefrin
berfungsi untuk merespon kondisi stress fisik atau mental.


8. Tuliskan secara skematis mekanisme pendengaran!

Jawaban:
Getaran ditangkap oleh daun telinga—>disalurkan melalui lubang telinga—> menggetarkan gendang telinga—> menggetarkan tulang2 pendengaran ( maleus–> incus–> stapes) –> menggetarkan oval window—> menggetarkan perylimph yang terdapat pada cochlea–> menggetarkan membran cochlea–> menggetarkan endolymph—> menggetarkan silia2 pndengaran –> menghasilkan aksi potensial ke syaraf vestiblo cochlear–> ke otak —> persepsi suara–> disampaikan ke telinga.


9. Apakah fungsi dari rumah siput?

Jawaban:
Koklea (Rumah Siput) adalah organ berbentuk tabung berisikan cairan yang melengkung mengelilingi tulang dan ujungnya berbentuk seperti kerucut sehingga menyerupai bentuk rumah siput. Koklea merupakan organ yang terletak pada telinga dalam.


10. Tuliskan dan jelaskan macam-macam reseptor pada kulit!

Jawaban:
1. Korpuskula Paccini, perasa tekanan kuat.
2. Korpuskula Merkel, perasa sentuhan dan tekanan ringan
3. Korpuskula Krause, perasa dingin
4. Korpuskula Meissner, peraba.
5. Korpuskula Ruffini, perasa panas.