Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Soal (Essay) Sistem Saraf Hewan Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Sistem Saraf Hewan dan Jawaban


1. Bagaimana dengan otak kecil burung? Jelaskan!

Jawaban:
Sebagai pengatur keseimbangan burung pada saat terbang


2. Apa fungsi bintik mata (stigma) pada cacing tanah?

Jawaban:
Membedakan antara gelap dan terang


3. Apa itu sistem saraf pada hewan ?

Jawaban:
Sistem Saraf Hewan merupakan sebuah sistem organ dalam hewan yang terdiri dari serabut saraf yang terdiri dari sel-sel pada saraf yang saling berhubungan.


4. Jelaskan tentang sistem saraf pada reptilia !

Jawaban:
Sistem saraf reptil terdiri dari sebuah sistem saraf tepi dan sistem saraf pusat. Di dalam sebuah bagian otak besar, flap penciuman, yang termasuk dalam pusat penciuman, berkembang secara baik, hingga dalam indera penciuman menjadi lebih tajam.


5. Bagaimana sistem saraf pada burung ?

Jawaban:
Sistem saraf burung terdiri dari sistem saraf pusat dan saraf tepi. Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang. Sistem saraf tepi terdiri dari serabut saraf yang berasal dari otak dan serabut saraf yang berasal dari daerah di antara vertebra. Otak burung terdiri dalam otak depan, otak tengah, sumsum tulang lanjut, dan otak belakang.


6. Jelaskan tentang sistem saraf pada mamalia !

Jawaban:
Sistem saraf hewan (Avertebrata dan Vertebrata), dalam sebuah bagian terhadap otak hewan Mamalia terdiri dari otak tengah, otak depan, dan otak belakang yang dapat berkembang secara baik. Selain itu, mamalia mempunyai sebuah sumsum tulang belakang (spinal cord) dan sumsum tulang belakang.


7. Bagaimana sistem saraf pada amfibi ?

Jawaban:
Sistem saraf hewan (vertebrata dan invertebrata). Contoh amfibi merupakan sebuah katak. Sistem saraf terhadap hewan katak terdiri dari sistem saraf tepi dan sistem saraf pusat. Hewan itu mempunyai otak tengah, otak depan, sumsum tingkat lanjut, dan otak belakang yang akan membentuk dalam sebuah sistem saraf pusat, sedangkan pada serabut saraf yang muncul di antara tulang belakang membentuk sistem saraf perifer. Otak besar dapat mengembangkan dalam memanjang dalam bentuk oval.

Soal (Esai) Bab Sistem Saraf Hewan Lengkap Jawaban


8. Sistem saraf pada cacing disebut apa?

Jawaban:
Susunan saraf tangga tali


9. Bagaimana halnya sistem serangga?

Jawaban:
Sama dengan cacing, yaitu susunan saraf tangga tali


10. Tuliskan macam-macam ganglion pada sistem saraf tangga tali!

Jawaban:
Ganglion kepala, ganglion bawah kerongkongan, ganglion ruas-ruas badan?


11. Apakah fungsi antena pada belalang?

Jawaban:
Sebagai alat peraba dan pembau


12. Jelaskan tentang sistem saraf pada ikan !

Jawaban:
Sistem saraf ikan terdiri atas sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Sistem saraf pusat terdiri atas otak dan sumsum tulang belakang. Otak ikan terdiri atas otak depan, otak tengah, otak kecil, dan sumsum lanjutan. Sistem saraf tepi térdiri atas serabut saraf otak dan serabut saraf dari sumsum tulang belakang. Otak depan berhubungan dengan saraf pencium dan hidung, sedangkan otak tengah berhubungan dengan saraf penglihat.


13. Bagaimana sistem saraf pada cacing ?

Jawaban:
Hewan cacing (Vermes) memiliki sistem saraf berbentuk seperti tangga tali yang memanjang dan arah kepala ke arah belakang atau ekor. Pada sistem saraf tangga tali terdapat berkas saraf yang membentuk simpul-simpul saraf di bagian-bagian tertentu yang disebut ganglion atau ganglia (jamak). Cacing pipih, misalnya planaria, memiliki susunan saraf berupa dua buab ganglia di daerah kepala. Selanjutnya di setiap ganglion terdapat seberkas saraf memanjang (longitudinal) ke bagian ekor. Tiap-tiap berkas saraf bercabang- cabang lagi membentuk cabang-cabang yang lebih kecil sehingga dapat menjangkau seluruh bagian tubuh.


14. Jelaskan tentang sistem saraf pada serangga !

Jawaban:
Salah satu contoh serangga adalah belalang. Hewan tersebut memiliki sistem saraf tangga tali yang mirip dengan sistem saraf cacing tanah. Sistem saraf pada belalang terdiri atas ganglion kepala, ganglion bawah kerongkongan, dan ganglion ruas badan. Ganglion kepala merupakan dua buah ganglion terbesar yang terletak di bagian kepala sebelah atas. Di dalam ganglion kepala ini terdapat saraf penglihatan dan mata dan saraf peraba dan antena. Ganglion bawah kerongkongan berhubungan dengan ganglion kepala melalui dua buah serabut saraf yang masing-masing terdapat di sebelah kanan dan sebelah kiri kerongkongan. Ganglion bawah kerongkongan dihubungkan dengan ganglion ruas badan oleh dua buah serabut saraf.

Pertanyaan Tentang Sistem Saraf Hewan + Kunci  Jawaban


15. Bagaimana sistem saraf pada ubur-ubur dan hydra sp. ?

Jawaban:
Ubur-ubur dan Hydra sp. belum memiliki sistem saraf. Sel- sel saraf ubur-ubur dan Hydra sp. menyebar secara merata keseluruh tubuh dan berhubungan satu dengan yang lain membentuk suatu anyaman. Sel-sel saraf motorik berakhir pada serabut otot, sedangkan sel saraf sensorik berakhir pada permukaan tubuh. Hubungan sel-sel saraf dan otot memungkiiikan hewan tersebut memberikan reaksi terhadap berbagai rangsangan dan luar tubuh, seperti sentuhan, cahaya, dan keberadaan makanan.


16. Jelaskan tentang sistem saraf pada hewan bersel satu!

Jawaban:
Hewan bersel satu (Protozoa), misalnya Amoeba sp. dan Paramaeciurn sp., tidak memiliki sistem saraf. Akan tetapi, hewan tersebut memiliki kemampuan untuk menerima dan mereaksi rangsang. Ingat, salah satu cirimakhluk hidup adalah iritabilitas. Apabila Amoeba sp. mendapat rangsangan cahaya yang kuat, ia akan bergerak menjauh. Sebaliknya, apabila mendapat rangsangan cahaya yang lembut ia akan bergerak mendekat. Paramaecium sp. sebagai hewan berambut getar memiliki serabut-serabut saraf yang berakhir pada tumpukan rambut getar (silia). Serabut saraftersebut berfungsi sebagai pengatur gerakan silia. Ubur-ubur Hydra sp., dan hewan bersel satu belum memiliki sistem saraf khusus.


17. Apakah fungsi serabut-serabut saraf pada paramecium?

Jawaban:
Mengatur gerakan silianya


18. Otak tengah katak berkembang dan tumbuh menjadi gelembung tempat berakhirnya saraf apa?

Jawaban:
Saraf penglihat


19. Pada reptil, otak mana yang berkembang baik?

Jawaban:
Otak besar


20. Otak tengah burung berkembang membentuk dua gelembung, apa fungsinya?

Jawaban:
Sebagai indra penglihatan