Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Soal (Essay) Sistem Saraf Hewan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Sistem Saraf Hewan

1. Bagaimana dengan otak kecil burung? Jelaskan!

Jawaban:
Sebagai pengatur keseimbangan burung pada saat terbang


2. Apa fungsi bintik mata (stigma) pada cacing tanah?

Jawaban:
Membedakan antara gelap dan terang


3. Apa itu sistem saraf pada hewan ?

Jawaban:
Sistem Saraf Hewan merupakan sebuah sistem organ dalam hewan yang terdiri dari serabut saraf yang terdiri dari sel-sel pada saraf yang saling berhubungan.


4. Jelaskan tentang sistem saraf pada reptilia !

Jawaban:
Sistem saraf reptil terdiri dari sebuah sistem saraf tepi dan sistem saraf pusat. Di dalam sebuah bagian otak besar, flap penciuman, yang termasuk dalam pusat penciuman, berkembang secara baik, hingga dalam indera penciuman menjadi lebih tajam.


5. Bagaimana sistem saraf pada burung ?

Jawaban:
Sistem saraf burung terdiri dari sistem saraf pusat dan saraf tepi. Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang. Sistem saraf tepi terdiri dari serabut saraf yang berasal dari otak dan serabut saraf yang berasal dari daerah di antara vertebra. Otak burung terdiri dalam otak depan, otak tengah, sumsum tulang lanjut, dan otak belakang.


6. Jelaskan tentang sistem saraf pada mamalia !

Jawaban:
Sistem saraf hewan (Avertebrata dan Vertebrata), dalam sebuah bagian terhadap otak hewan Mamalia terdiri dari otak tengah, otak depan, dan otak belakang yang dapat berkembang secara baik. Selain itu, mamalia mempunyai sebuah sumsum tulang belakang (spinal cord) dan sumsum tulang belakang.


7. Bagaimana sistem saraf pada amfibi ?

Jawaban:
Sistem saraf hewan (vertebrata dan invertebrata). Contoh amfibi merupakan sebuah katak. Sistem saraf terhadap hewan katak terdiri dari sistem saraf tepi dan sistem saraf pusat. Hewan itu mempunyai otak tengah, otak depan, sumsum tingkat lanjut, dan otak belakang yang akan membentuk dalam sebuah sistem saraf pusat, sedangkan pada serabut saraf yang muncul di antara tulang belakang membentuk sistem saraf perifer. Otak besar dapat mengembangkan dalam memanjang dalam bentuk oval.