Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

76 Soal (Essay) Sistem Saraf Manusia Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Sistem Saraf Manusia

1. Apa fungsi neurilema?

Jawaban:
Fungsi neurilrma adalah dalam regenerasi akson dalam regenerasi akson dan dendrit jika urat saraf putus?


2. Jelaskan yang dimaksud dengan sum-sum tulang belakang (spinal cord) !

Jawaban:
Sum-sum tulang belakang merupakan kelanjutan dari medula oblongata. Bagian ini terus berlanjut kebelakang sampai tulang belakang. Panjang sum-sum tulang belakang sekitar 42 cm sampai 43 cm. Sum-sum tulang belakang dilindungi oleh rongga tulang belakang dan dilapisi oleh meninges. Terdapat 31 pasang saraf spinal cord yang terbagi atas 8 di serviks, 12 di thoracic, 5 di lumbar, 5 di sacral, dan 1 di coccygeal.


3. Jelaskan tentang sistem limbik !

Jawaban:
Sistem limbik terletak di otak tengah, yaitu pada celebral cortex, thalamus, dan hypothalamus. Komponen limbik antara lain hipotalamus, thalamus, amigdala, hipocampus dan korteks limbik. Sistem limbik berfungsi menghasilkan perasaan, mengatur produksi hormon, memelihara homeostasis, rasa haus, rasa lapar, dorongan seks, pusat rasa senang, metabolisme dan juga memori jangka panjang.


4. Apa itu sistem saraf tepi ?

Jawaban:
Sistem saraf tepi merupakan kumpulan saraf yang merupakan lanjutan dari otak dan spinal cord. Sel-sel saraf ini membawa impuls dari dan ke saraf pusat.


5. Tuliskan jenis saraf tepi !

Jawaban:
Berdasarkan impuls saraf yang dibawa sistem saraf tepi dibagi menjadi sistem saraf aferen (membawa impuls ke saraf pusat) dan eferen (yang membawa impuls ke efektor). Sedangkan, berdasarkan asalnya sistem saraf tepi dibagi menjadi saraf sum-sum tulang belakang (spinal) dan saraf otak (cranial)


6. Beberapa urat saraf bersatu membentuk jaringan urat saraf yang disebut pleksus. Ada 3 buah pleksus yaitu sebagai berikut:

Jawaban:
a. Pleksus cervicalis merupakan gabungan urat saraf leher yang mempengaruhi bagian leher, bahu, dan
b. Pleksus brachialis mempengaruhi bagian
c. Pleksus Jumbo sakralis yang mempengaruhi bagian pinggul dan kaki.


7. Apa itu Sistem syaraf simpatik dan parasimpatik?

Jawaban:
Sistem syaraf parasimpatik disebut dengan cholinergic karena diaktivasi oleh acetylcholin yang dihasilkan oleh post ganglion. Sedangkan systen syaraf simpatik disebut adrenergic karena umumnya postganglionig meleparkan norepineprin. Sistem syaraf parasimpatik umumnya disebut sebagai “housekeeping system’ yang menyebabkan organ (jantung, organ pencernaan, dll) dalam dapat bekerja secara normal (homeostatis). Sistem syaraf simpatik bekerja dalam keadaan stress sehingga disebut dengan “fight or flight” system. Kondisi stress ini ditandai dengan peningkatan detak jantung, tekanan darah, dilatasi bronchioles pada paru dan lain sebagainya.


8. Apa fungsi saraf kita?

Jawaban:
Saraf adalah pengatur pekerjaan (koordinator) alat tubuh dan penyelenggara hubungan dengan keadaan luar (komunikasi)


9. Apa yang dimaksud sinapsis?

Jawaban:
Sinapsis adalah pertemuan kedua ujung neurit dan dendrit yang bercabang-cabang


10. Disebut apakah sel saraf motorik?

Jawaban:
Sel saraf penggerak


11. Apa fungsi sel saraf penghubung?

Jawaban:
Meneruskan rangsang dari sel saraf sensorik ke sel saraf motorik


12. Otak dibagi menjadi 3 bagian, tuliskan!
Otak besar, otak kecil, dan sumsum lanjutan.

Jawaban:


13. Apa pengertian dari sistem saraf ?

Jawaban:
Sistem saraf adalah suatu struktur yang terdiri dari komponen-komponen sel saraf (neuron). Sistem saraf bersama-sama dengan sistem hormon, berfungsi untuk memelihara fungsi tubuh.