Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

22 Soal (Essay) Bola Basket Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Bola Basket

1. Apakah yang dimaksud gerakan Lay up dalam permainan bola basket?

Jawaban:
Lay up adalah teknik dalam memasukkan bola ke ring dengan cara mendribble lalu setelah dekat dengan ring melangkah 2 kali lalu melompat pada saat posisi berada diatas lalu tembakkan bola ke ring bisa dipantulkan ke papan bisa langsung ke ring.


2. Tuliskan tujuan dari gerakan mendribling bola dalam bola basket!

Jawaban:
Untuk menguasai bola dan mengarahkan ke ring lawan.


3. Tuliskan tujuan permainan bola basket !

Jawaban:
Tujuan permainan bola basket adalah mengumpulkan sebanyak mungkin poin dengan memasukkan bola ke ring lawan


4. Bagaimana gambaran secara umum dari lapangan permainan dari olahraga basket?

Jawaban:
Lapangan yang digunakan pada permainan bola basket bentuknya persegi panjang dengan dua standar ukuran dari National Basketball Association (28,5 meter x 15 meter) dan Federasi Bola Basket Internasional (26 meter x 14 meter). Pada lapangan tersebut terdapat 3 lingkaran dengan jari-jari 1,80 meter.


5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan chest pass!

Jawaban:
Chest pass adalah istilah dalam permainan basket yang menunjuk pada teknik melempar atau mengoper bola dari depan dada pemain yang satu ke dada pemain yang lain dengan cepat.


6. Jelaskan juga apa yang dimaksud dengan over head pass!

Jawaban:
Over head pass juga merupakan salah satu teknik mengoper atau melempar bola dalam permainan basket. Pada teknik ini bola dilempar dari atas kepala pemain.


7. Jelaskan apa yang kamu ketahui dari istilah slamdunk!

Jawaban:
Slamdunk adalah teknik populer dalam permainan basket di mana pemain memasukkan bola ke dalam ring secara langsung dengan cara menghempaskan tangan kea rah ring basket lawan. Meski gambarannya simple namun sesungguhnya teknik ini tidak bisa dimainkan semua pemain karena mengharuskan lompatan yang tinggi.


8. Tuliskan secara singkat tentang induk organisasi bola basket di Indonesia!

Jawaban:
Organisasi bola baket di Indonesia dikenal dengan nama PERBASI. Perbasi merupakan singkatan dari Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia. Organisasi ini secara resmi didirikan pada tahun 1955.