Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

43 Soal (Essay) Pengantar Antropologi Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Pengantar Antropologi

1. Apa yang dimaksud antropologi psikologi?

Jawaban:
Antropologi psikologis adalah cabang dari antropologi yang bersifat interdisipliner dan mengkaji interaksi kebudayaan dan proses mental.


2. Bagaimana antropologi mengkaji tentang ekonomi?

Jawaban:
Antropologi ekonomi adalah interdisiplin dari cabang ilmu antropologi yang membahas kaitan antara sejarah, nilai sosial-budaya, dan geografi dari suatu masyarakat terhadap aktivitas atau fenomena ekonomi yang terjadi di dalam masyarakat tersebut.


3. Apa itu Antropologi pembangunan?

Jawaban:
Salah satu bidang yang menjadi fokus kajian antropologi adalah pembangunan. Dalam perspektif antropologi, pembangunan adalah bagian dari kebudayaan. ... Dengan demikian berdasarkan pemahaman antropologi, pembangunan berorientasi dan bertujuan untuk membangun masyarakat dan peradaban umat manusia.


4. Mengapa politik harus menggunakan pendekatan antropologi?

Jawaban:
Untuk dapat memahami latar belakang dan adat-istiadat tradisional dari suku bangsa itulah, maka metode analisis antropologi menjadi penting bagi seorang ahli ilmu politik, untuk mendapat pengertian mengenai tingkah laku dari partai politik yang sedang dipelajarinya.


5. Apa yang dimaksud dengan antropologi kependudukan?

Jawaban:
Antropologi kependudukan (demografi) adalah spesialisasi dalam demografi yang menggunakan teori dan metode antropologis untuk memberikan pemahaman demografis yang lebih baik tentang fenomena dalam populasi saat ini dan masa lalu.


6. Apa yang dimaksud dengan antropologi pendidikan?

Jawaban:
Antropologi pendidikan berupaya menemukan pola budaya belajar masyarakat pedesaan dan perkotaan yang dapat menciptakan perubahan sosial. Demikian juga mengenai perwujudan kebudayaan para pengambil kebijakan pendidikan yang berorientasi pada perubahan sosial budaya mendapat perhatian.


7. Apa yang dimaksud dengan tujuan akademis serta tujuan praktis dari antropologi budaya?

Jawaban:
Tujuan akademis: untuk mencapai pengertian tentang makhluk manusia pada umumnya dengan mempelajari berbagai bentuk fisiknya, masyarakat dan kebudayaannya, Tujuan praktis: mempelajari manusia di berbagai masyarakat suku bangsa di dunia guna membangun masyarakat itu sendiri.


8. Apa saja yang menjadi ruang lingkup kajian antropologi secara keilmuan di akademik?

Jawaban:
Ruang lingkup dan kajian antropologi memfokuskan kepada lima masalah di bawah ini, yaitu: masalah sejarah asal dan perkembangan manusia dilihat dari ciri-ciri tubuhnya secara evolusi yang dipandang dari segi biologi; masalah sejarah terjadinya berbagai ragam manusia dari segi ciri-ciri fisiknya.


9. Apa perbedaan antropologi hukum dan hukum adat?

Jawaban:
Perbedaan: • Hukum adat yang diutamakan adalah identifikasi dari adat yang mempunyai konsekuensi hukum. Sedangkan Antropologi Hukum, disamping mempelajari norma hukum juga ditelaah berbagai jenis pedoman perilaku serta hubungan di antara aneka norma itu dengan nilai-nilai budaya yang dianut dalam suatu masyarakat.


10. Bagaimana hukum ditafsirkan dalam perspektif antropologi?

Jawaban:
Dalam perspektif antropologi, hukum adalah bagian integral dari kebudayaan secara keseluruhan, dan karena itu hukum dipelajari sebagai produk dari interaksi sosial yang dipengaruhi oleh aspek-aspek kebudayaan yang lain, seperti politik, ekonomi, ideologi, religi, dan lain lain.


11. Mengapa antropologi penting digunakan dalam kajian administrasi publik?

Jawaban:
dengan kata lain, antropologi mempengaruhi sistem administrasi negara di sebuah negara. Ilmu antropologi itu sendiri mempelajari budaya yang ada di dalam suatu masyarakat. Dengan demikian, budaya di dalam masyarakat tersebut akan mempengaruhi sistem administrasi negara.


12. Jelaskan apa yang dimaksud dengan antropologi terapan?

Jawaban:
Antropologi Terapan adalah penggunaan ilmu antropologi untuk menganalisis dan mencari solusi dari masalah riil. Antropolog yang menerapkan ilmu antropologi untuk keperluan tindakan langsung atau untuk membantu ranah kebijakan regulasi dapat disebut sebagai antropolog terapan.


13. Apa yang dimaksud dengan antropologi politik?

Jawaban:
Antropologi politik adalah penggunaan metode pendekatan antrapologi untuk mengkaji masalah politik. Antropologi politik menyoroti pergerakan tingkah laku dan kebudayaan yang berorientasi kepada proses, menuju sintesis baru dengan menggunakan analisa struktur yang telah diperbarui.


14. Berdasarkan fase perkembangannya Kapankah Antropologi berdiri sebagai ilmu yang sifatnya akademis?

Jawaban:
Antropologi menjadi sebuah subjek akademis yang berdiri sendiri pada abad kesembilan belas, sebagian besar memusatkan perhatian pada penelitian sifat-sifat fisik, bahasa dan budaya masyarakat yang belum beradab.


15. Mengapa ahli antropologi harus meminjam teori evolusi untuk menjelaskan perkembangan sosial budaya masyarakat?

Jawaban:
Dalam materi inisiasi 2 dikatakan bahwa: “dalam menjelaskan perkembangan sosial budaya masyarakat, ahli antropologi meminjam teori evolusi dari disiplin ilmu biologi”. ... Karena semua bentuk kehidupan dan jenis-jenis makhluk hidup yang ada dimuka bumi akan mengalami proses evolusi.