Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

43 Soal (Essay) Pengantar Antropologi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai/Uraian) Materi Pengantar Antropologi

1. Apa yang dimaksud antropologi psikologi?

2. Bagaimana antropologi mengkaji tentang ekonomi?

3. Apa itu Antropologi pembangunan?

4. Mengapa politik harus menggunakan pendekatan antropologi?

5. Apa yang dimaksud dengan antropologi kependudukan?

6. Apa yang dimaksud dengan antropologi pendidikan?

7. Apa yang dimaksud dengan tujuan akademis serta tujuan praktis dari antropologi budaya?

8. Apa saja yang menjadi ruang lingkup kajian antropologi secara keilmuan di akademik?

9. Apa perbedaan antropologi hukum dan hukum adat?

10. Bagaimana hukum ditafsirkan dalam perspektif antropologi?

11. Mengapa antropologi penting digunakan dalam kajian administrasi publik?

12. Jelaskan apa yang dimaksud dengan antropologi terapan?

13. Apa yang dimaksud dengan antropologi politik?

14. Berdasarkan fase perkembangannya Kapankah Antropologi berdiri sebagai ilmu yang sifatnya akademis?

15. Mengapa ahli antropologi harus meminjam teori evolusi untuk menjelaskan perkembangan sosial budaya masyarakat?

16. Apakah antropologi hukum sama dengan ilmu antropologi?

17. Apa yang dimaksud dengan ilmu antropologi?

18. Antropologi bekerja sebagai apa?

19. Apa Hubungan antropologi dengan kesehatan?

20. Apa yang dimaksud dengan antropologi perkotaan?

21. Mengapa ilmu antropologi bersifat praktis?

22. Apa persamaan sosiologi dan antropologi?

23. Apa yang dimaksud dengan antropologi sosial?

24. Apa yang menjadi objek kajian dalam ilmu Antropologi Hukum?

25. Mengapa objek kajian antropologi adalah manusia jelaskan?

26. Apa yang dimaksud dengan antropologi spesialisasi?

27. Bagaimana awal perkembangan ilmu antropologi di Indonesia?

28. Pendekatan manakah yang cocok digunakan dalam penelitian antropologi?

29. Bagaimana penelitian dalam antropologi?

30. Langkah langkah penelitian dalam antropologi?

31. Apa yang dimaksud dengan antropologi budaya?

32. Apa saja yang termasuk antropologi budaya?

33. Apa yang dimaksud dengan Preshistori?

34. Apa saja yang termasuk antropologi fisik?

35. Objek kajian antropologi meliputi apa saja?

36. Mengapa antropologi hukum tidak bersifat etnosentris?

37. Apa hubungan psikologi sosial sosiologi dan antropologi?

38. Apa perbedaan antara sosiologi dengan antropologi?

39. Sebutkan dan jelaskan metode apa saja yang dapat digunakan untuk mengkaji permasalahan dalam ilmu antropologi?

40. Apa peran dan fungsi antropologi dalam masyarakat?

41. Mengapa ahli antropologi meminjam teori evolusi dari ilmu biologi?

42. Apa yang dimaksud dengan Somatologi?

43. Antropologi dibagi menjadi berapa?

Kunci Jawaban:

1. Antropologi psikologis adalah cabang dari antropologi yang bersifat interdisipliner dan mengkaji interaksi kebudayaan dan proses mental.

2. Antropologi ekonomi adalah interdisiplin dari cabang ilmu antropologi yang membahas kaitan antara sejarah, nilai sosial-budaya, dan geografi dari suatu masyarakat terhadap aktivitas atau fenomena ekonomi yang terjadi di dalam masyarakat tersebut.

3. Salah satu bidang yang menjadi fokus kajian antropologi adalah pembangunan. Dalam perspektif antropologi, pembangunan adalah bagian dari kebudayaan. ... Dengan demikian berdasarkan pemahaman antropologi, pembangunan berorientasi dan bertujuan untuk membangun masyarakat dan peradaban umat manusia.

4. Untuk dapat memahami latar belakang dan adat-istiadat tradisional dari suku bangsa itulah, maka metode analisis antropologi menjadi penting bagi seorang ahli ilmu politik, untuk mendapat pengertian mengenai tingkah laku dari partai politik yang sedang dipelajarinya.

5. Antropologi kependudukan (demografi) adalah spesialisasi dalam demografi yang menggunakan teori dan metode antropologis untuk memberikan pemahaman demografis yang lebih baik tentang fenomena dalam populasi saat ini dan masa lalu.

6. Antropologi pendidikan berupaya menemukan pola budaya belajar masyarakat pedesaan dan perkotaan yang dapat menciptakan perubahan sosial. Demikian juga mengenai perwujudan kebudayaan para pengambil kebijakan pendidikan yang berorientasi pada perubahan sosial budaya mendapat perhatian.

7. Tujuan akademis: untuk mencapai pengertian tentang makhluk manusia pada umumnya dengan mempelajari berbagai bentuk fisiknya, masyarakat dan kebudayaannya, Tujuan praktis: mempelajari manusia di berbagai masyarakat suku bangsa di dunia guna membangun masyarakat itu sendiri.

8. Ruang lingkup dan kajian antropologi memfokuskan kepada lima masalah di bawah ini, yaitu: masalah sejarah asal dan perkembangan manusia dilihat dari ciri-ciri tubuhnya secara evolusi yang dipandang dari segi biologi; masalah sejarah terjadinya berbagai ragam manusia dari segi ciri-ciri fisiknya.

9. Perbedaan: • Hukum adat yang diutamakan adalah identifikasi dari adat yang mempunyai konsekuensi hukum. Sedangkan Antropologi Hukum, disamping mempelajari norma hukum juga ditelaah berbagai jenis pedoman perilaku serta hubungan di antara aneka norma itu dengan nilai-nilai budaya yang dianut dalam suatu masyarakat.

10. Dalam perspektif antropologi, hukum adalah bagian integral dari kebudayaan secara keseluruhan, dan karena itu hukum dipelajari sebagai produk dari interaksi sosial yang dipengaruhi oleh aspek-aspek kebudayaan yang lain, seperti politik, ekonomi, ideologi, religi, dan lain lain.

11. dengan kata lain, antropologi mempengaruhi sistem administrasi negara di sebuah negara. Ilmu antropologi itu sendiri mempelajari budaya yang ada di dalam suatu masyarakat. Dengan demikian, budaya di dalam masyarakat tersebut akan mempengaruhi sistem administrasi negara.

12. Antropologi Terapan adalah penggunaan ilmu antropologi untuk menganalisis dan mencari solusi dari masalah riil. Antropolog yang menerapkan ilmu antropologi untuk keperluan tindakan langsung atau untuk membantu ranah kebijakan regulasi dapat disebut sebagai antropolog terapan.

13. Antropologi politik adalah penggunaan metode pendekatan antrapologi untuk mengkaji masalah politik. Antropologi politik menyoroti pergerakan tingkah laku dan kebudayaan yang berorientasi kepada proses, menuju sintesis baru dengan menggunakan analisa struktur yang telah diperbarui.

14. Antropologi menjadi sebuah subjek akademis yang berdiri sendiri pada abad kesembilan belas, sebagian besar memusatkan perhatian pada penelitian sifat-sifat fisik, bahasa dan budaya masyarakat yang belum beradab.

15. Dalam materi inisiasi 2 dikatakan bahwa: “dalam menjelaskan perkembangan sosial budaya masyarakat, ahli antropologi meminjam teori evolusi dari disiplin ilmu biologi”. ... Karena semua bentuk kehidupan dan jenis-jenis makhluk hidup yang ada dimuka bumi akan mengalami proses evolusi.

16. Antropologi Hukum sebagai Ilmu mempelajari perilaku manusia dengan segala aspeknya yang terkait dengan norma-norma hukum tertulis dan tidka tertulis secara empiris. ... Dengan kata lain, Antropologi Hukum adalah Antropologi yang mempelajari Hukum sebagai salah satu aspek dari kebudayaan

17. Antropologi berasal dari bahasa Yunani anthropos yang berarti manusia dan logos yang berarti wacana (bernalar, berakal) atau disebut ilmu. Secara etimologis, antropologi berarti ilmu yang mempelajari manusia. Menurut Kamus Oxford, antropologi adalah studi tentang masyarakat dan budaya manusia dan perkembangannya.

18. Dalam sebuah perusahaan, lulusan Antropologi mendapat jatah di bidang penelitian dan pengembangan. Tugasnya tak lain adalah untuk meneliti suatu data, lalu menganalisis data tersebut untuk mendapatkan informasi secara detail. Informasi yang diperoleh digunakan sebagai bahan bagi menyelesaikan suatu masalah

19. Antropologi kesehatan merupakan bagian dari antropologi sosial dan kebudayaan yang mempelajari bagaimana kebudayaan dan masyarakat mempengaruhi masalah-masalah kesehatan, pemeliharaan kesehatan dan masalah terkait lainnya.

20. Antropologi Perkotaan berasal dari dua istilah atau konsep, yaitu antropologi dan perkotaan. Makna dari istilah atau konsep antropologi perkotaan adalah pendekatan- pendekatan antropologi mengenai berbagai problematika kehidupan manusia sebagai kesatuan sosieti (masyarakat) maupun komuniti di wilayah perkotaan.

21. Karena ilmu ini adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.Jadi ilmu ini Anda ilmu yang paling mudah dipelajari dan dipahami (praktis)

22. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan sosial yang disebabkan oleh proses sosial yang konkrit (politik/hukum, ekonomi, gaya hidup, dll), sedangkan antropologi adalah ilmu yang mempelajari budaya dan makna sosial yang lebih abstrak

23. Antropologi sosial adalah cabang ilmu antropologi yang mempelajari hubungan antara orang-orang dalam suatu kelompok masyarakat. Perintis cabang ilmu ini adalah James George Frazer pada awal abad ke-20 Masehi

24. Kajian Antropologi adalah menggali norma-norma dan nilai-nilai dalam masyarakat. Antropologi Hukum tugasnya adalah memberikan telaah atau memberikan pemahaman tentang hukum-hukum yang non state law (Non Undang-Undang).

25. Objek dari antropologi adalah manusia di dalam masyarakat suku bangsa, kebudayaan dan prilakunya. Ilmu pengetahuan antropologi memiliki tujuan untuk mempelajari manusia dalam bermasyarakat suku bangsa, berperilaku dan berkebudayaan untuk membangun masyarakat itu sendiri.

26. Antropologo spesialisasi adalah antropologi yang berkembang karena adanya perubahan-perubahan dalam masyarakat yang menuntut pendekatan antropologi kependudukan, antropologi pendidikan, antopologi perkotaan, antropologi pedesaan, dan antroplogi kesehatan.

27.
 Di Indonesia, antropologi berkembang seiring dengan kolonisasi bangsa-bangsa Eropa ke Hindia. Watak khas suatu bangsa dan potensi kekayaan alamnya dilaporkan secara tertulis oleh para pejabat kolonial. ... Melalui jasa Koentjaraningrat, antropologi menjadi alat penting guna merumuskan kebudayaan nasional.

28. Pendekatan yang digunakan dalam antropologi menggunakan pendekatan kuantitatif (positivistik) dan kualitatif (naturalistik). ... Kajian (penelitian) agama dengan pendekatan antropologi berusaha mempelajari tentang manusia dan masyarakat terkait dengan agama dan pendekatan budaya.

29. Metode penelitian antropologi dibagi menjadi dua yaitu kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif ekspioratoris dan induktif. ... ·Dari segi pengumpulkan data, penelitian kualitatif berasal dari wawancara dan observasi, sedangkan penelitian kuantitatif berasal dari kuesioner.

30. Metode Antropologi
a. Menjalin rapport. 
b. Observasi. 
c. Wawancara mendalam. ...
d. Triangulasi data.

31. Antropologi budaya adalah cabang antropologi yang berfokus pada penelitian variasi kebudayaan pada manusia. ... Berbagai metode yang digunakan dalam studi antropologi budaya antara lain pengamatan partisipatif (participant observation), wawancara, dan survei.

32. Antropologi budaya adalah Ilmu yang melihat atau mempelajari manusia, berkaitan dengan materi-materi kebudayaan, seperti misalnya, alat-alat hidup, perumahan, kesenian, norma, perilaku dan lain sebagainya yang ada dalam masyarakat.

33. Prehistori adalah ilmu yang mempelajari sejarah penyebaran dan perkembangan semua kebudayaan manusia di bumi sebelum manusia mengenal tulisan. Etnolinguistik antropologi adalah ilmu yang mempelajari pelukisan tentang ciri dan tata bahasa dan beratus-ratus bahasa suku-suku bangsa yang ada di bumi.

34
. Antropologi fisik mempelajari manusia dari segi biologi misalnya, bentuk tubuh, warna rambut, warna kulit, dan lainnya. Adapun ilmu yang termasuk Antropologi fisik yaitu: Paleoantropologi : Bagian dari antropologi fisik yang menelaah tentang asal usul atau terjadinya dan perkembangan mahkluk manusia

35. Objek dari antropologi adalah manusia di dalam masyarakat suku bangsa, kebudayaan dan prilakunya. Ilmu pengetahuan antropologi memiliki tujuan untuk mempelajari manusia dalam bermasyarakat suku bangsa, berperilaku dan berkebudayaan untuk membangun masyarakat itu sendiri.

36. Aturan hukum yang dimaksud tidak hanya terbatas pada hukum normatif, tetapi juga meliputi hukum adat dan juga budaya perilaku manusianya. Meskipun merupakan pengembangan dari antropologi budaya, antropologi hukum tidak bersifat etnosentris, artinya tidak membatasi pada kebudayaan tertentu.

37. Antropologi mempunyai hubungan dengan ilmu-ilmu lainnya seperti psikologi,sosiologi karena Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etis tertentu; Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dan proses mental; Sosiologi berasal dari bahasa

38. Antropologi cenderung untuk mengkaji apa itu manusia, fisik dan kebudayaannya sedangkan Sosiologi adalah disiplin ilmu yang mengkaji tentang hubungan antara struktur sosial dengan kebudayaan masyarakat.

39. Meskipun pada masa kini, metode atau pendekatan antropologi telah mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan kehidupan manusia.
Berikut disajikan kelima metode itu.
a. Pendekatan holistik.
b. Pendekatan mikro.
c. Pendekatan semiotik. ...
d. Pendekatan komparatif. ...
e. Metode behavioristik.

40. peran dan fungsi antropologi antara lain: Melihat dengan jelas tentang manusia, baik sebagai pribadi maupun anggota kelompok masyarakat. ... Menyusun etnografi-etnografi yang memungkinkan penciptaan teori-teori tentang asal-usul kepercayaan, keluarga, perkawinan, perilaku bernegara, dan sebagainya.

41. Antropologist meminjam teori evolusi untuk menjelaskan perkembangan sosial budaya masyarakat karena sosial budaya tidak berubah secara drastis tetapi ber-evolusi melalui proses yang panjang sejak awal adanya manusia hingga sekarang yang melewati kejadian-kejadian dan sejarah-sejarah yang memberi dampak penting

42. Somatologi adalah ilmu yang memelajari keberagaman ras manusia dengan mengamati ciri-ciri fisik. Somatologi termasuk dalam cabang ilmu antropologi biologi.

43. Ilmu Antropologi dibagi ke dalam dua sub yaitu antropologi fisik dan antropologi budaya. Antropologi fisik terbagi lagi menjadi paleoantropologi dan antropologi ragawi. Sedangkan antropologi budaya terdiri dari prehistori, etnolinguistik, dan etnologi