Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Latihan Soal (Esai) Sumber Sejarah Lengkap Jawaban

Soal (Uraian/Essay) Bab Sumber Sejarah
  1. Jelaskan pengertian dari sumber benda 
  2. Tuliskan contoh dari sumber benda!
  3. Tuliskan kedudukan dari sumber sejarah!
  4. Apa yang dimaksud sumber primer? Jelaskan!
  5. Jelaskan yang dimaksud dengan sumber tertulis!
  6. Jelaskan yang dimaksud dengan sumber lisan!
  7. Tuliskan yang termasuk sumber lisan!
  8. Jelaskan mengapa dokumen pemerintah dapat dijadikan sebagai sumber penelitian sejarah?
  9. Jelaskan mengapa notulen rapat dapat dijadikan sebagai sumber penelitian sejarah?
  10. Jelaskan mengapa surat-surat, catatan atau buku harian, dan memoar dapat dijadikan sebagai sumber penelitian sejarah?
  11. Jelaskan mengapa surat kabar dapat dijadikan sebagai sumber penelitian sejarah?
  12. Jelaskan mengapa autiobiografi dapat dijadikan sebagai sumber penelitian sejarah?
  13. Jelaskan mengapa cerita roman dapat dijadikan sebagai sumber penelitian sejarah
  14. Apa yang anda ketahui tentang sumber sejarah sekunder?
  15. Tuliskan contoh  tentang sumber sejarah sekunder!
  16. Jelaskan yang dimaksud dengan sumber sejarah!
  17. Tuliskan yang termasuk sumber tertulis!
  18. Jelaskan yang dimaksud dengan sumber sejarah menurut Moh Ali!
  19. Jelaskan yang dimaksud dengan sumber sejarah menurut Muh Yamin!
  20. Tuliskan dua jenis sumber sejarah!
Jawaban:
  1. Sumber benda adalah benda-benda peninggalan masa lampau
  2. Contoh sumber benda seperti
    a. Bangunan
    b. Kapak
    c. Gerabah
    d. Perhiasan
    e. Patung
    f. Candi
    g. Gereja
    h. Masjid
    i. Kapak
    j. Gerabah
    k. Perhiasan
    l. Manik-manik
    m. Candi
    n. Patung.
  3. Sumber sejarah mempunyai kedudukan yang amat penting dalam penelitian sejarah. Contohnya bahan dokumentar mempunyai kedudukan.
    a. Membentuk dan memperbaiki alat konseptual
    b. Menyarankan hipotesis baru
    c. Memberi fakta
    d. Mengawasi fenomena
  4. Sumber primer adalah sumber yang menyaksikan, mendengar sendiri, atau mengalami sendiri suatu peristiwa. Sumber primer ini terbagi menjadi dua, yaitu:
    a. Strictly primary sources (sumber primer yang kuat), yaitu sumber yang berasal dari para pelaku atau para saksi yang menyaksikan langsung suatu peristiwa.
    b. Less strictly primary sources (sumber primer kurang kuat), yaitu sumber yang hidup satu zaman dengan suatu peristiwa, tetapi tidak memiliki hubungan langsung dengan peristiwa tersebut
  5. Sumber sejarah yang diperoleh melalui peninggalan-peninggalan tertulis, catatan peristiwa yang terjadi di masa lampau
  6. Keterangan langsung dari para pelaku atau saksi mata dari peristiwa yang terjadi di masa lampau
  7. Misalnya, seorang anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang pernah ikut Serangan Umum menceritakan peristiwa yang dialami kepada orang lain, apa yang dialami dan dilihat serta yang dilakukannya merupakan penuturan lisan (sumber lisan) yang dapat dipakai untuk bahan penelitian sejarah. Dapat juga berupa penuturan masyarakat di sekitar kota Yogyakarta saat 1 Maret 1949 yang ikut menyaksikan Serangan Umum tersebut, penuturannya juga dapat dikategorikan sebagai sumber lisan
  8. Di dalam dokumen pemerintah biasanya dimuat keputusankeputusan berita-berita, laporan-laporan pemerintah tentang peristiwa-peristiwa, laporan tahunan, data statistik, pernyataan pemerintah dan sebagainya.
  9. Notulen rapat adalah catatan-catatan yang berisi tentang hal-hal yang menjadi materi penting dalam pembicaraan rapat. Catatan dibuat biasanya oleh salah seorang yang ditunjuk atau ditugaskan untuk menjadi pencatat atau sekretaris. Notulen rapat memberikan informasi yang berharga dalam penelitian sejarah, apalagi bila notulen rapat yang kita temukan itu masih dalam bentuk tulisan tangan si petugas penulis. Dalam notulen rapat, biasanya terdapat materi penting yang menjadi bahasan rapat.
  10. Surat-surat dapat menjadi sumber sejarah baik surat-surat pribadi maupun surat-surat resmi yang dibuat oleh pemerintah. Surat pribadi sebagai sumber sejarah biasanya memuat hal-hal penting, seperti:
    a. Tata susila dan adat istiadat 
    b. Pokok pembicaraan tentang hubungan 
    c. Lembaga sosial. 
  11. Data yang dimuat dalam surat kabar kadang telah menunjukkan fakta, di samping juga merupakan opini, interpretasi dan pikiranpikiran spekulatif. Surat kabar berguna untuk melengkapi dokumen-dokumen lain bahkan merupakan dokumen inti untuk membantu penentuan tanggal dari sumber lain. Dalam surat kabar biasanya banyak berita yang memuat tentang hal- hal yang terjadi di masyarakat. Berita-berita tersebut merupakan sumber yang berharga bagi peneliti sejarah. Peneliti sejarah dapat menyeleksi bagian mana dari berita itu yang dapat dijadikan sumber bagi penelitiannya. Sumber tertulis ini yang banyak merekam atau mencatat kejadian- kejadian sehari-hari yang terjadi di masyarakat. Berita yang dimuat dalam surat kabar sangat beragam, ada berita ekonomi, politik, sosial dan budaya. Bagi peneliti sejarah, berita-berita tersebut dapat dijadikan sebagai sumber bahan penelitianya. Sumber yang digunakan tergantung pada tema penelitian yang ditelitinya. Berita dari yang disajikan oleh surat kabar yang satu dengan yang lainnya, kemungkinan akan menunjukkan suatu analisis yang beragam. Perbedaan ini disebabkan oleh kepentingan dari masing-masing penerbit surat kabar. Surat kabar yang diterbitkan oleh pemerintah dan nonpemerintah tentu akan memiliki perbedaan dalam menilai suatu peristiwa.
  12. Autobiografi sangat berguna bagi psikologi, karena di dalam dokumen seperti itu memuat faktor-faktor subjektif, seperti segi-segi afektif, motivasi, harapan-harapan, dan pengalaman. Autobiografi dapatpula memberikan data tentang faktor-faktor subjektif, misal nilai sosial, proses sosial, situasi sosial, dan perubahan social
  13. Karya sastra seperti roman atau novel pada dasarnya bukan hanya merupakan karya ekspresi seorang pengarang, tetapi kadang kala terungkap data keadaan sosial dari periode tertentu. Keadaan social seperi struktur sosial, kelas sosial dan lembaga-lembaga sosial, datanya bisa didapatkan dalam cerita roman. Contoh: Serat Centini, yaitu karangan yang menggambarkan kehidupan sosial dari periode awal dan pertengahan Mataram Islam.
  14. Sumber sejarah berdasarkan sekunder yaitu sumber berisi informasi atau keterangan yang diperoleh dari perantara, tetapi tidak memiliki hubungan secara langsung terhadap terjadinya peristiwa sejarah. Sumber ini disebut juga dengan sumber kedua.
  15. Contoh sumber sejarah sekunder tertulis adalah surat kabar sumber yang ditulis oleh sejarawan berdasarkan sumber primer atau sumber yang bukan merupakan kesaksian langsung pada periode sejarah yang diteliti oleh sejarawan.
  16. Sumber sejarah merupakan bahan utama atau pokok yang digunakan untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan subjek sejarah.
  17. Sumber tertulis contohnya
    a. Prasasti
    b. Babad
    c. Kronik
    d. Piagam
    e. Dokumen
    f. Arsip
    g. Laporan
    h. Surat kabar
  18. Segala sesuatu yang berwujud dan tidak berwujud serta berguna bagi penelitian sejarah sejak zaman purba sampai sekarang.
  19. Kumpulan benda kebudayaan untuk membuktikan sejarah.
  20. Sumber sejarah ada dua, yaitu:
    a. Sumber primer
    b. Sumber sekunder