Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

70 Soal (Essay) Adobe Photoshop Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Adobe Photoshop


1. Apa yang ketahui tentang submenu calculations?

Jawaban:  
Calculations berfungsi mengkombinasikan dua indivual channel dari salah satu atau lebih sumber image.


2. Apa perbedaan submenu canvas size dan pixel aspect ratio?

Jawaban:  
Canvas size berfungsi mengubah ukuran bidang gambar atau canvas tanpa memperbesar image. Sedangkan Aspect ratio mengubah ukuran dan rasio pixel untuk kebutuhan video.


3. Jelaskan fungsi dari Crop dan Rotate Canvas, dan cara kerjanya!

Jawaban:  
Crop berfungsi memotong (cropping) image. Klik dan geser pointer pada canvas untuk melihat bidang yang akan di-crop. Bidang yang gelap akan terpotong, sedangkan yang terang tidak. Sedangkan Rotate Canvas mengubah sudut kemiringan bidang gambar sesuai pilihan yang tersedia, atau kita bisa memasukkan sendiri angka dan arah derajat kemiringan yang diinginkan lewat perintah Arbitrary. Disini ada pula pilihan untuk membalik (flip) image secara vertikal dan horizontal.


4. Jelaskan perbedaan submenu Trap, Trim dan Reveall All pada menu image!

Jawaban:  
a. Trap berfungsi memperbaiki kesalahan alignment pada image.
b. Reveall all berfungsi melakukan reval pada image
c. Trim berfungsi memotong image hingga pixel terluar. Hasilnya adalah pinggiran image yang kita kerjakan akan sangat menempel ke garis batas canvas.


5. Jelaskan perbedaan print with prieview, print dan dan print one copy pada menu file photoshop!

Jawaban:  
a. Print with berfungsi mencetak dengan fasilitas preview. Preview akan mencegah kesalahan pencetakan dengan menampilkan image yang akan tercetak pada kertas. Dengan print preview kita dapat mengatur margin kiri, kanan, atas, dan bawah kertas agar didapat posisi dan layout terbaik.
b. Print berfungsi mencetak image pada kertas. Shortcut default yang disediakan Photoshop adalah Ctrl+P. Prosesnya hampir sama dengan melakukan printing pada program-program lainnya.
c. Print Once Copy berfungsi mencetak tanpa harus menampilkan kotak dialog. Berguna jika kita merasa kotak dialog terlalu bertele-tele dan membosankan. Photoshop akan segera mencetak dengan pengaturan terakhir atau pengaturan default jika kita belum mengubah parameter apapun dalam kotak dialog print.


6. Apa yang Anda ketahui tentang fungsi revert, place dan online service pada menu file Photoshop?

Jawaban:  
a. Revert berfungsi melakukan restore sebagian maupun keseluruhan image ke kondisi save terakhir. Terkadang fungsi revert sangat berguna, terutama saat kita tidak bekerja dengan mempergunakan history window.
b. Place digunakan untuk menempatkan sebuah artwork pada layer image yang sedang aktif
c. Online Service digunakan untuk mengirim image dari Photoshop ke remote service providers


7. Apa fungsi submenu Automate dan Scripts pada menu File Photoshop?

Jawaban:  
Automate berfungsi meringkas beberapa tasks yang kompleks ke dalam satu jendela. Sedangkan Scripts berfungsi menjalankan script yang tersedia pada Photoshop.


8. Apa fungsi dari page setup pada menu File Photoshop?

Jawaban:  
Page setup berfungsi melakukan pengaturan halaman untuk dicetak. Opsi yang tersedia, antara lain ukuran kertas, ukuran image yang akan tercetak pada kertas, dan lain-lain.


9. Jelaskan perbedaan submenu Paste dan Paste Info pada menu Edit Photoshop?

Jawaban:  
Paste berfungsi menampilkan hasil copy atau cut pada suatu layer yang berbeda. Sedangkan Paste Info menampilkan hasil copy atau cut pada suatu layer yang ada, bukan pada layer yang baru.


10. Jelaskan fungsi submenu Fill dan Stroke Photoshop!

Jawaban:  
a. Fill berfungsi mengisi bidang warna, pattern, atau history. Warna dapat dipilih sesuai keinginan atau dengan menggunakan warna yang terdapat pada foreground dan background color. Pattern dapat dibuat sendiri dengan perintah Define Pattern, atau memilih satu dari sekian banyak pattern yang tersedia. Kita bahkan dapat mendownload file-file yang berisikan pattern untuk Photoshop di internet dengan gratis.
b. Stroke berfungsi mewarnai tepian seleksi atau path. Pada path kita dapat memilih untuk menyimulasikan tekanan pensil. Ini membuat hasil stroke kita terlihat dinamis karena garis yang ditarik tidak melulu datar, melainkan menyempit di setiap ujung, menyerupai ketika kita menggambar secara secara manual dengan menggunakan pena atau pensil. Ketebalan warna garis dapat diubah, begitu pula dengan posisi garis apakah di dalam, atau diluar seleksi/path.


11. Jelaskan fungsi dari submenu Jump To, pada menu File?

Jawaban:  
Jump To berfungsi berganti jendela dengan Adobe Image Ready. Jika kita bekerja dengan mempergunakan sekaligus Adobe Photoshop dan Image Ready, ini akan sangat menolong kita untuk menghemat waktu dan tenaga.


12. Apa yang anda ketahui tentang submenu Exit, pada menu file photoshop?

Jawaban:  
Exit berfungsi untuk keluar dari Adobe Photoshop. Shortcut default photoshopnya adalah Ctrl+Q. Pastikan kita telah menyimpan semua image sebelum keluar dari Adobe Photoshop karena bukan hanya menutup image, Photoshop juga akan menutup jendela utamanya.


13. Fungsi Open pada menu file photoshop ?

Jawaban:  
Open berfungsi membuka image yang disimpan, baik dari dalam harddisk maupun media penyimpanan lainnya. Format gambar yang didukung oleh Adobe Photoshop adalah .psd, .pdf, .bmp, .jpg, .jpeg, .png, .sct, .tiff, dan masih banyak lagi. Selain itu Photoshop juga dapat melakukan import.


14. Jelaskan perbedaan antara Import dan Export pada menu File Photoshop!

Jawaban:  
Export berfungsi melakukan export file yang disupport photoshop. Secara umum dipergunakan untuk menyimpan file yang formatnya tidak terdapat pada menu Save. Sedangkan Import, berfungsi melakukan import file yang disupport Photoshop. Secara umum dipergunakan untuk membuka file yang formatnya tidak terdapat pada menu Open.


15. Apa yang Anda ketahui tentang layer properties dan layer style?

Jawaban:  
Layer properties dan layer style merupakan submenu yang ada menu layer photoshop. Layer properties berfungsi menampilkan informasi, memberinya nama, sekaligus memberikan label berwarna pada layer sehingga mudah dikenali. Sedangkan Layer style berfungsi membuat variasi efek pada layer, seperti bayangan, inner glow, dan lain-lain, serta mengubah mode opacity dan blending yang akan dipergunakan pada image. Dalam menu blending options kita akan menemukan fasilitas yang sangat menarik, seperti drop shadow untuk memberikan dan mengatur efek bayangan, bevel dan emboss yang memberikan efek emboss atau cetak timbul lengkap dengan pilihan contour dan texture. Setelah itu masih ada lagi inner glow, outer glow, satin, color overlay, dan lain-lain.


16. Apa fungsi submenu brushes, channel dan character pada menu window?

Jawaban:  
a. brushes berfungsi menampilkan jendela brushes
b. channel berfungsi menampilkan jendela channel. Jumlah layer warna yang terdapat pada layer bergantung kepada jenis warna yang akan dipergunakan. Sebagai contoh, pada CMYK akan terdapat layer warna Cyan, Magenta, Yellow, dan Black, sedangkan RGB terdapat pada layer Red, Green, dan Blue. Kita dapat melakukan channel selection, yaitu seleksi yang menggunakan channel.
c. character berfungsi menampilkan jendela character, berguna untuk mengubah setting pada pada font yang digunakan.


17. Apa yang kamu ketahui tentang menu Help di photoshop?

Jawaban:  
Menu help pada photoshop berisikan pilihan bantuan yang dikemas layaknya website dan dapat diakses dengan mudah melalui opsi contents, index, site map, how to's, dan search.


18. Jelaskan perbedaan submenu tools dan tool presets pada menu window!

Jawaban:  
Tools secara default terletak di sebelah kiri workspace. Jendela ini berisikan peralatan yang dapat kita gunakan. Submenu ini disebut juga Tools Pallete. Sedangkan tool presets digunaka untuk keperluan customizing tools.


19. Jelaskan perbedaan submenu history dan dan info pada menu window!

Jawaban:  
History menampilkan jendela history, sebagai panduan untuk melakukan undo. Sedangkan info menampilkan jendela info. Berguna untuk mengetahui nilai warna pada bagian yang ditunjuk oleh pointer.


20. Jelaskan perbedaan fungsi submenu Save dan Save as pada menu File!

Jawaban:  
Save mempunyai fungsi menyimpan image. Secara default photoshop akan menyimpan dengan ekstensi .psd, namun terdapat pula pilihan untuk menyimpan langsung dalam bentuk .jpg, .tif, .png, .gif, dan lain-lain. Sedangkan Save as pada photoshop berfungsi menyimpan image dengan format yang berbeda dari format image yang sedang dibuka, yang masih didukung oleh photoshop. Contohnya adalah format .pdf, .jpg, .bmp, .tif, dan lain-lain.


21. Jelaskan perbedaan fungsi Save a Version dan Save for Web!

Jawaban:  
Save a version hanya tersedia untuk image yang diatur oleh Adobe Version Cue. Sedangkan save for web menyimpan image untuk kebutuhan web. Menu ini dukung oleh Image Ready. Menu ini memunculkan kotak dialog dan mengoptimalkan image kita pada web.


22. Apa yang Anda ketahui tentang submenu Undo, step forward dan step backward?

Jawaban:  
a. Undo berfungsi membatalkan perintah terakhir yang dilakukan. Cara lain untuk melakukan undo adalah dengan mempergunakan History Window yang dapat dipilih dari menu Window. b. Step forward berfungsi membatalkan perintah undo, mundur selangkah demi selangkah.
c. Step backward berfungsi membatalkan perintah selangkah demi selangkah, dengan kata lain melakukan undo berkali-kali.


23. Jelaskan perbedaan submenu cut, copy dan copy merged pada menu edit?

Jawaban:  
a. Cut berfungsi memindahkan image secara otomatis. Photoshop akan melakukan copy pada image asal, paste pada tujuan, dan menghapus image yang telah dicopy tadi.
b. Copy berfungsi menyalin image pada layer baru. Kita dapat melakukan copy pada seleksi maupun layer. Hasil copy akan diletakkan pada layer yang benarbenar baru.
d. Copy merged berfungsi menyalin image pada layer yang sama, dengan kata lain hasil dari proses copy kemudian disatukan secara otomatis oleh photoshop sehingga kita tidak perlu repot melakukan merge.


24. Apa fungsi dari submenu Fade?

Jawaban:  
Fade berfungsi untuk mengubah transparansi dari suatu brush, tools, seperti eraser.