Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

22 Soal (Essay) Analisis Data Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Analisis Data


1. Tuliskan program utilitas yang digunakan oleh DBA!

Jawaban:  
Beberapa program utilitas yang digunakan DBA diantaranya sebagai berikut.
a. Loading Routines untuk membangun versi utama dari basis data
b. Reorganization Routines untuk mengatur/mengorganisasikan kembali basis data
c. Journaling Routines untuk mencatat semua operasi pemakaian basis data.
d. Recovery Routines untuk menempatkan kembali data sebelum terjadinya kerusakan.
e. Statistical Analysis Routines untuk membantu memonitor kehandalan sistem.


2. Terangkan perbedaan antara generalisasi dan analogi dalam sebuah hasil hasil pengamatan!

Jawaban:  
Generalisasi adalah proses berpikir berdasarkan hasil pengamatan atas sejumlah gejala dan fakta dengan sifat-sifat tertentu mengenai semua atau sebagaian dari gejala serupa itu. Adapun, analogi merupakan cara menarik kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan terhadap sejumlah gejala khusus yang bersamaan. Hubungan sebab akibat adalah hubungan ketergantungan antara gejala-gejala yang mengikuti pola sebab-akibat, akibat-sebab, dan akibat-akibat.


3. Mengapa fakta dapat dikatakan sebagai unsur dasar penalaran ilmiah?

Jawaban:  
Jumlah fakta tak terbatas sifatnya pun beraneka ragam. Banyak diantara fakta-fakta itu saling berkaitan, baik secara fungsional maupun dalam hubungan sebab akibat. Hubungan itu kadang-kadang sangat erat atau dalam suatu rangkaian yang rumit sehingga sulit untuk mengenalinya. Guna memahami fakta-fakta yang sangat banyak itu, terlebih dahulu kita perlu mengenali fakta-fakta itu secara sendiri-sendiri. Ini berarti bahwa kita harus mengetahui ciri-ciri sejumlah fakta dengan melihat perbedaan-perbedaan serta persamaan-persamaan yang terdapat diantara fakta-fakta itu. Dengan demikian, mungkin juga dapat dikenali hubungan yang terdapat diantaranya. Pengenalan hubungan tersebut kerap kali mengalami kesulitan, sehingga kadang-kadang harus dilakukan melalui penelitian.


4. Jelaskan yang dimaksud koding secara tekstual!

Jawaban:  
Keseluruhan material atau data yang sudah berupa teks di-manage berdasarkan tema tertentu yang relevan dengan fokus penelitian. Proses pengklasifikasian teks sesuai tema disebut analis tematik. Pada tahap data tekstual direduksi atau diseleksi sesuai kebutuhan penelitian. Koding adalah proses pengidentifikasian tema dari hasil transkrip yang sudah dibaca. Data yang di-koding diberi lebel untuk kemudahan analisis. Perlu diingat bahwa proses koding merupakan proses yang intensif, tidak linear dan sekali jalan langsung jadi. Perlu pemeriksaan terhadap maisng-masing naskah transkip secara hati-hati dan berulang. Setelah data tertentu dipecah menjadi bagian-bagian sesuai tema dan diberi label, tak jarang analis melihat kembali naskah transkrip tersebut untuk diperiksa lagi. Analis atau peneliti juga memeriksa rangkaian hasil koding antar transkip dan mencari hubungan antara teks yang berbeda label. Dengan demikian, proses koding adalah proses silang dan bolak-balik dari transkip ke hasil koding, ke label, ke transkip lain dan seterusnya sampai tidak ada data yang relevan yang tersisa.


5. Tuliskan hubungan antara manajemen data dengan penelitian kualitatif!

Jawaban:  
Penelitian kualitatif biasanya menggunakan wawancara dan observasi partisipatoris sebagai instrument pengumpulan datanya. Hal ini menjadikan data kualitatif bisanya berupa teks atau narasi tekstual, tak terkecuali riset kualitatif yang mengaplikasikan analis wacana sebagai metode penelitiannya. Analis wacana dan riset kualitatif lainnya menggunakan teks sebagai unit analisis. Data selain teks harus dikonversi terlebih dahulu menjadi teks. Proses ini dinamakan dengan transkripsi. Hasil wawancara yang berupa rekaman audio atau video perlu di transkrip guna keperluan analisis. Proses transkripsi menjadi bagian awal dan krusial dalam tahap manajemen data penelitian kualitatif. Selain transkrip, proses yang lumrah dilakoni yaitu translasi. Tentu saja jika data tekstual memerlukan translasi.


6. Uraikan permbangan teknologi informasi (IT) pada dua dasa warsa terakhir!

Jawaban:  
Perkembangan teknologi yang emmanfaatkan Teknologi Informasi (IT) dirasa sangat pesat terutama pada dua dasa warsa terakhir. Perkembangan yang sangat cepat tidak bisa dilepaskan dari perangkat lunak yang berjalan diatas hardware. Tidak ada alasan yang membuat keamanan pada sistem aplikasi dirasa tidak penting. Hampir semua sistem yang dikendalikan oleh perangkat lunak, atau ketika aplikasi menjadi pengendali utamanya, memiliki potensi ancaman dari berbagai celah keamanan. Mulai dari aplikasi yang mengandalkan jaringan internet untuk berjalan lancer, aplikasi pengelola komunikasi dan sumber daya yang bisa dikendalikan darimana saja, aplikasi sekali pakai yang butuh akan perlindungan source code. Software Engineers sangat berperan besar dalam pengembangan software ini diharapkan peka terhadap hal-hal rawan dan menghasilkan sistem yang memiliki ketahanan yang bisa dipercaya, tentu saja dengan tidak melupakan tujuan utama dari pembuatan program.


7. Tuliskan hubungan antara elemen dalam sistem pengolahan data dengan bahasa pemrograman!

Jawaban:  
Bahasa pemograman atau sering diistilahkan bahasa komputer adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa ini memberi peluang kepada seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.


8. Terangkan pengertian data dalam ruang lingkup sistem pengolahan data!

Jawaban:  
Data adalah kumpulan fakta atau kejadian yang digunakan sebagai penyelesaian masalah dalam bentuk informasi. Data juga berlaku sebagai kumpulan fakta yang mewakili suatu objek, misalnya manusia, barang dan sebagainya yang direkam ke dalam bentuk huruf, angka, symbol, teks, bunyi, gambar, ataupun kombinasinya.