Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Latihan Soal (Esai) Aspek Sosial Penggunaan Komputer Lengkap Jawaban

Soal (Essay/Uraian) Bab Aspek Sosial Penggunaan Komputer
  1. Jabarkan yang dimaksud dengan unauthorized access!
  2. Terangkan pengertian cyber espionage!
  3. Fungsi dari e-commerce ?
  4. Tuliskan beberapa cara mengatasi ketertinggalan penggunaan teknologi terhadap murid-murid di perdesaan!
  5. Uraikan yang Anda ketahui tentang penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam kesehatan!
  6. Tuliskan yang Anda ketahui tentang cara cyber crime yang sering dilakukan!
  7. Jabarkan fungsi Pemblokiran yang digunakan dalam penanganan cyber crime!
  8. Tuliskan beberapa faktor yang bisa mendorong pencegahan tindakan cyber crime secara umum!
  9. Uraikan secara singkat awal mula Cyber Crime!
  10. Terangkan dampak virus yang menyerang komputer pada tahun 1988!
  11. Uraikan pengertian carding!
  12. Uraikan yang Anda ketahui tentang cyber crime!
  13. Jabarkan pengertian cyber typosquatting!
  14. Jelaskan yang dimaksud dengan cyber squatting!
  15. Terangkan pengertian cyber crime menurut Parker!
  16. Tuliskan cyber crime menurut Wahid dan Labib!
  17. Tuliskan yang Anda ketahui tentang jenis-jenis cyber crime!
  18. Tuliskan berbagai upaya pencegahan hingga penanggulangan cyber crime yang dilakukan pemerintah RI!
  19. Jelaskan yang anda ketahui tentang manfaat penggunaan komputer di sektor pendidikan dan pembelajaran!
  20. Tuliskan yang Anda ketahui tentang penggunaan e-government!
  21. Tuliskan yang Anda ketahui tentang peranan komputer di masyarakat!
  22. Jabarkan yang Anda ketahui tentang peranan komputer dalam bidang jasa pengiriman!
  23. Tuliskan dampak positif penggunaan teknologi komputer!
  24. Terangkan fungsi BSSN!
  25. Bagaimana pemerintah dalam melakukan pengamanan anak di dunia maya?
  26. Jelaskan penertian cyber crime dalam arti luas!
Jawaban:
  1. Unauthorized access membuka atau masuk kea kun orang lain tanpa ijin dan dengansengaja merupakan suatu tindakan kejahatan di dunia maya. Akun yang telah dibobol pelaku sangat mungkin membuat pemiliknya mengalami kerugian, misalnya membuat pemilik akun kehilangan data penting atau menggunakan akun untuk aksi kejahatan, misalnya menipu orang lain dengan memakai nama pemilik akun
  2. Cyber crime sejenis cyber espionage identic dengan kejahatan di dunia maya yang memanfaatkan jaringan internet untuk masuk ke sistem jaringan komputer pihak lain untuk memata-matai.
  3. Untuk penjualan barang dengan proses pembayaran online
  4. Beberapa cara mengatasi ketertinggalan penggunaan teknologi terhadap murid-murid di perdesaan, antara lain sebagai berikut
    a. Di setiap sekolah akan ditempatkan satu atau beberapa guru yang cukup berkompeten dalam penggunaan teknologi
    b. Menciptakan suatu hubungan kerja sama yang baik antara orang tua murid, guru, dan murid
    c. Pemerintah setempat melakukan sosialisasi kepada masyarakat desa (guru, murid, dan orang tua murid) tentang perkenalan teknologi, penggunaan teknologi, manfaat teknologi, dan sebagainya
    d. Sekolah atau dengan bantuan pemerintah setempat menyediakan dana untuk penyediaan komputer dan pemasangan jaringan internet
    e. Sekolah menyetujui akan penggunaan teknologi di sekolah-sekolah
  5. Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien
  6. Beberapa cara kerja cyber crime yang sering dilakukan adalah sebagai berikut
    a. DDoS (Distributed denial of service attacks)
    b. Destructive devices
    c. Password cracker
    d. Sniffing
    e. Spoofing
  7. Upaya ini dilakukan pemerintah untuk melindungi anak-anak atau remaja indonesia terpapar konten negatif seperti situs porno dan berita hoax. Pemerintah dapat menggunakan sistem penyaringan seperti Trust positif, DNS Nawala dan sistem whitelist nusantara yang menyediakan rekomendasi situs-situs positif
  8. Secara umum, beberapa faktor yang bisa mendorong pencegahan tindakan cyber crime antara lain melakukan edukasi kepada masyarakat pelaku IT untuk lebih waspada terhadap cyber crime (educate user), memperkuat keamanan sistem dan patuhi aturan dari pemerintah yang berlaku serta menggunakan security pihak ketiga sehingga keamanan lebih terjamin. Di samping itu juga menggunakan perspektif peretas agar mengetahui tindakan yang perlu dilakukan untuk mengamankan sistem (Use hacker perspective)
  9. Kejahatan dunia maya mulai muncul sejak tahun 1988 yang pada masa tersebut dinamakan sebagai cyber attack. Pelaku cyber attack pada saat itu menciptakan worm/virus untuk menyerang komputer
  10. Dampaknya adalah terputusnya koneksi internet ke komputer di seluruh dunia, bahkan ada yang mengalami mati total dengan jumlah sekitar 10%
  11. Cyber crime jenis ini identic dengan bentuk kejahatan di dunia maya dimana pelakunya berbelanja dengan menggunakan nomor dan identitas kartu kredit milik orang lain
  12. Pengertian cyber crime adalah suatu aktifitas kejahatan di dunia maya dengan memanfaatkan jaringan komputer sebagai alat dan jaringan internet sebagai medianya. Cyber crime atau kejahatn dunia maya dapat dilakukan dengan berbagai cara dan beragam tujuan. Kejahatan dunia maya ini umumnya dilakukan oleh pihak yang mngerti dan menguasai bidang teknologi informasi. Penertian cyber crime dalam arti sempit adalah semua tindakan illegal yang ditujukan untuk menyerap sistem keamanan komputer dan data yang diproses oleh semua sistem komputer adapun pengertian cyber crime dapat arti luas adalah suatu tindakan illegal yang dilakukan melalui jaringan komputer dan internet untuk mendapatkan keuntungan dengan merugikan pihak lain
  13. Cyber typosquatting identic dengan kejahatan dimana pelakunya meniru atau mengklon situs wesbsite pihak lain dengan tujuan untuk melakukan penipuan atau berita bohong kepada masyarakat
  14. Cyber squatting sebagai sebuah perilaku kejahatan di dunia maya pelakunya mendaftarkan domain dengan nama suatu perusahaan lalu manjualnya kepada perusahaan tersebut dengan harga tinggi
  15. Suatu tindakan atau kejadian yang berkaitan dengan teknologi komputer. Dimana seseorang mendapatkan keuntungan dengan merugikan pihak lain
  16. Semua jenis pemakaian jaringan komputer untuk tujuan criminal dengan penyalahgunaan kemudahan teknologi digital
  17. Jenis-jenis cyber crime adalah sebagai berikut
    a. Akses illegal (unauthorized accse)
    b. Carding (penyalahgunaan kartu kredit)
    c. Cyber espionage (memata-matai)
    d. Cyber typo squatting
    e. Cybersquatting
    f. Data forgery (pemalsuan data)
    g. Data theft (pencurian data)
    i. Illegal contents (menyebabkan konten illegal)
  18. Berbagai upaya pencegahan hingga penanggulangan cyber crime, di antaranya sebagai berikut
    a. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)
    Pemerintah RI pada tahun 2017 membentuk sebuah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk mencegah terjadinya cyber crime yang memiliki 8 fungsi berkaitan dengan presedur identifikasi, deteksi, proteksi, dan penanggulangan e-commerce, persandian, diplomasi cyber, pusat manajemen cyber crime, pemulihan penanggulangan kerentanan, serta insiden dan/atau serangan syber
    b. Fokus SDM
    Pemerintah menyelenggarakan berbagai program yang focus kepada pembenahaan SDM yang terlatih seperti pelatihanan agen perubahan informatika (Internet CAKAP dan relawan TIK) serta penyelenggaraan kompetisi yang berbasis teknologi
    c. Pemblokiran
    upaya ini dilakukan pemerintah untuk melindungi anak-anak remaja Indonesia terpapar konten negatif. Pemerintah dapat menggunakan sisitem, penyeringan seperti True Positif, DNS Nawala, dan Sistem Whitelist Nusantara yang menyediakanrekomendasi situs-situs positif
    d. Undang-undang ITE
    Sebagai pendekatan hukum terhadap keamanan cyber, Indonesia telah memiliki undang-undang informasi dan Transaksi Elektronik untuk mencegah terjadinya cyber crime, namun UU ini masih harus dievaluasi kembali karena banyak pasal yang kurang relevan.
  19. Di sektor pendidikan dan pembelajaran, hadirnya komputer di meja belajar anak dapat menjadikan minat belajar anak menurun. Jika anak tidak ada control atau dibiarkan saja anak bisa menggunakan program komputer yang justru tidak mendidik bahkan membuat anak malas dan kecanduan sehingga enggan belajar. Sebaliknya komputer dapat memberikan rangsangan positif dalam meningkatkan motivasi belajar anak, tentunya ini dituntut peran guru/orang tua dalam mengontol anak menggunakan komputer
  20. E-government dapat digunakan sebagi berikut
    a. Mempercepat pengumpulan informasi dan pelaporan sehingga menjadi lebih efisien dan efektif
    b. Mendorong proses demokrasi
    c. Meningkatkan hubungan pemerintah dengan masyarakat dunia usaha, dan dengan pemerintah lain
    d. Meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat dan mempercepat proses-proses yang ada di pemerintah sehingga meminimaliskan birokrasi yang panjang
    e. Meningkatkan transparansi (keterbukaan) dalam pemerintah
  21. Beberapa peran komputer di masyarakat antara lain sebagai berikut.
    a. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam kesehatan
    b. Peranan komputer dalam bidang perbankan
    c. Peranan komputer dalam bidang sosial budaya
    d. Peranan komputer dalam bidang dunia usaha
    e. Peranan komputer dalam bidang industri perekaman
    f. Peranan komputer dalam bidang jasa pengiriman
    g. Peranan komputer dalam bidang olah raga
    h. Peranan komputer dalam bidang pemerintahan e-government (electronic government)
    i. Peranan komputer dalam dunia pendidikan 
  22. Peralatan TIK digunakan untuk memudahkan proses penyampaian informasi serta komunikasi secara tepat, cepat, akurat. Efisiensi waktu, dan terjamin keamanannya.
    Manfaat komputer dalam jasa pengiriman adalah sebagia berikut
    a. Dalam jasa pengiriman berupa barang menudahkan perusahaan dalam layanan jasa pengiriman untuk melakukan pengadministrasian bagi barang yang akan dikirimnya. Serta untuk konsument merasakan aman atas barang yang dikirimnya, karena dapat dilacak secara real time (online)
    b. Dalam melakukan penyampaian pesan lebih cepat dana man dengan memanfaatkan fasilitas internet seperti e-mail dan chattimg
  23. Beberapa dampak positif penggunaan teknologi komputer antara lain sebagai berikut
    a. Dapat membantu penggunanya untuk menjalin komunikasi jarak jauh
    b. Dapat mempermudah penggunannya untuk menjalin komunikasi dengan teman-teman yang jauh dan juga bisa menyampaikan suatu berita yang cepat dan praktis tanpa harus menunggu beberapa hari.
    c. Dapat menambah pengetahuan dari berbagai macam hal yang tak bisa kita dapatkan dari televisi majalah atau buku
    d. Dengan teknologi komputer, kita bisa mengetahui berita-berita yang update setiap harinya. Sehingga siapapun dapat mengakses berita dengan cepat
    e. Komputer cenderung mengisolasi. Pembelajaran melalui perantara mesin (komputer, video, TV, disket, dan sebagainya) dapat memudahkan pengetahuan kognitif bagi peserta didik. Tetepi pembelajaran melalui mesin ternyata telah mengisolasi peserta didik/pendidik secara sosial, karena seseorang hanya berinteraksi dengan mesin yang jelas-jelas mesin tidak memiliki perasaan. Kebanyakan berinteraksi/menggunakan perantara mesin menyebabkan menurunnya kemampuan sosial yang dimiliki seseorang
    f. Teknologi komputer mempermudah penggunanya dalam mencari informasi yag terkecil sekalipun yang tidak bisa terjemah oleh buku atau memakan waktu yang lama. Dengan menggunakan komputer apayang kita inginkan dapat kita peroleh dengan cepat.
  24. Badan siber dan Sand Negara (BSSN) yang baru saja dibentuk bisa menjadi bahan sosialisasi kepada masyarakat dalam penenggulangan cyber crime dan badan aduan masyarakat terkait serangan-serangan malware
  25. Kepolisian Republik Indonesia juga telah meluncurkan program pengamanan anak di dunia maya (save children on the internet) guna mencegah anak terpapar konten-konten negatif yang ada di internet.
  26. Pengertian cyber crime dalam arti luas adalah semua tindakan illegal yang dilakukan melalui jaringan komputer dan internet untuk mendapatkan keuntungan dengan merugikan pihak lain