Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

73 Soal (Essay) Bioteknologi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Bioteknologi

1. Tuliskan Manfaat Bioteknologi Pada Bidang Kesehatan/Kedokteran!

Jawaban:
Manfaat Bioteknologi Pada Bidang Kesehatan/Kedokteran
a. Penemuan baru hormon insulin.
b. Transflantasi organ
c. Penemuan baru antibiotik penicillin.
d. Penemuan baru beraneka macam vaksin.
e. Teknologi transfer gen


2. Tuliskan Manfaat Bioteknologi Pada Permasalahan Lingkungan!

Jawaban:
Manfaat Bioteknologi Pada Permasalahan Lingkungan
a. Untuk mengatasi pencemaran pada suatu wilayah, maka prinsip biteknologi yang menawarkan teknologi produksi berbagai limbah industri menggunakan teknologi yaitu bioremediasi.
b. Untuk mencegah atau juga mengurangi pencemaran, bioteknologi kemudian dipakai untuk menemukan hasilkan energi yang ramah lingkungan contohnya seperti energi biogas, bioetanol dan biodiesel.


3. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Bioteknologi biru ?

Jawaban:
Bioteknologi biru adalah cabang ilmu yang dapat mengendalikan proses yang terjadi pada sekitar lingkungan akuatik.


4. Tuliskan contoh bioteknologi dalam pengolahan susu!

Jawaban:
Dalam pengolahan susu
a. Yoghurt
Pada saat proses pembuatan yoghurt, susu dipermentasikan terlebih dahulu, lalu sebagian lemak yang ada dibuang. Kemudian jenis mikroorganisme yang berperan pada pembuatan yoghurt yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococus thermophillus.
b. Keju
Pada saat proses pembuatan keju memanfaatkan sebuah bakteri asam laktat, jenis mikroorganismenya yaitu Lactobacillus dan Streptococcus. Bakteri atau mikroorganisme berfungsi dalam mempermentasikan laktosa yang ada pada susu menjadi asam laktat.
c. Mentega
Pada saat proses pembuatan mentega memakai jenis mikroorganismenya yaitu Streptococcus lactis dan Lectonosto ceremoris. Mikroorganismenya berfungsi sebagai membentuk proses pengasaman. Kemudian susu akan diberi cita rasa dan lemak mentega yang ada akan dipisahkan


5. Tuliskan Manfaat Bioteknologi Pada Bidang Pangan!

Jawaban:
Manfaat Bioteknologi Pada Bidang Pangan
a. Proses permentasi menggunakan bakteri Lactobacillus Bullgaricus dan Streptococcus thermophillus. Bakteri tersebut akan menghasilkan sebuah renin, sehingga protein pada susu menjadi menggumpal dan membuat susu menjadi berbagai cairan dan padatan akan menjadi Keju.
b. Pada bakteri Lactobacillus Bullgaricus dan Streptococcus thermophillus yang dipakai dalam mengubah laktosa yang ada pada susu menjadi asam laknat sehingga akan membuat menjadi Yogurt.
c. Kecap adalah salah satu produksi pada hasil Bioteknologi yang dibuat dari kacang kedelai yang telah dilakukan fermentasi dengan tambahan jamur Aspergillus wentii.
d. Tempe adalah salah satu hasil bioteknologi memakai teknik fermentasi dari kedelai menggunakan tambahan jamur Rhizopus Oryzae dan Rhizopus Oligosparus yang ada pada biji kedelai.


6. Tuliskan Manfaat Bioteknologi Pada Bidang Sosial!

Jawaban:
Manfaat Bioteknologi Pada Bidang Sosial
a. Dipakai dalam Teknologi untuk tes DNA, untuk mengidentifikasi seseorang yang mengalami korban kecelakaan tidak dapat dilakukan identifikasi lagi secara fisiknya.
b. Memastikan hubungan kekerabatan
c. Mengetahui identitas pelaku kejahatan


7. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Bioteknologi ?

Jawaban:
Bioteknologi adalah sebuah cabang ilmu yang telah mempelajari pemanfaatan makhluk hidup seperti bakteri, fungi, virus, dan lain-lain atau produk yang ada pada makhluk hidup (enzim, alkohol) didalam proses produksinya yang akan menghasilkan barang dan jasa.


8. Tuliskan contoh bioteknologi dalam Pengolahan Kacang!

Jawaban:
Dalam Pengolahan Kacang
a. Kecap dengan tauco
Pada saat proses pembuatan Kecap yang terbuat dari kacang kedelai dan ditambahkan mikroorganisme atau jamur Aspergilus soyae dan Aspergilus wentii. Pada tauco terbuat pada bahan kacang kedelai yang telah ditambahkan mikroorganisme yaitu Aspergilus oryzae, mikroorganisme ini berfungsi untuk mengubah protein kompleks pada kacang kedelai menjadi asam amino yang dapat membuat dengan mudah dicerna oleh tubuh manusia.
b. Tempe dan oncom
Pada saat proses pembuatan tempe harus dilakukan permentasi kedelai menggunakan mikroorganisme yaitu Rhizopus sp, yang dapat mengubah protein kompleks didalam kacang kedelai menjadi asam amino. Sedangkan pada oncom dibuat dengan melakukan fermentasi bungkil kacang tanah menggunakan mikroorganisme yaitu Rhizopus oligosporus.


9. Tuliskan Manfaat Bioteknologi Pada Bidang Pertanian!

Jawaban:
Manfaat Bioteknologi Pada Bidang Pertanian!
a. Manfaat pada bidang pertanian digunakan untuk merakit berbagai varietas unggul.
b. Dipakai dalam mengatasi pembibitan yakni sebagai cara untuk menghasilkan sebuah bibit dalam jumlah besar dengan waktu cepat.
c. Mengatasi suatu permasalahan pada keterbatasan lahan, contohnya dengan membuat varietas umur genjah membuat satu lahan dapat memanen beberapa kali pada satu tahun.
d. Dipakai dalam mengendalikan hama penyakit yang ada pada tanaman.
e. Dipakai untuk upaya dalam meningkatkan dan memperbaiki pengolahan tanaman dari waktu ke waktu.


10. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Bioteknologi Putih/abu-abu ?

Jawaban:
Bioteknologi Putih/abu-abu adalah suatu bioteknologi yang diaplikasikan pada industri yaitu pengembangan, produksi senyawa baru dan juga pembuatan energi.


11. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Bioteknologi hijau ?

Jawaban:
Bioteknologi hijau adalah cabang ilmu yang mempelajari aplikasi bioteknologi pada bidang pertanian dan peternakan. Pada bidang pertanian, bioteknologi berfungsi sebagai menahan serangan hama tanaman. Pada bidang peternakan, bioteknologi dipakai dalam menghasilkan produk penting contohnya seperti kambing, sapi, domba dan ayam yang pakai untuk penghasil antibodi-protein protektif yang dapat membantu sel tubuh mengenali dan melawan pada senyawa asing.


12. Pada masa sekarang, bioteknologi telah berkembang semakin maju, terutama pada negara yang maju. Produk bioteknologi, antara lain:

Jawaban:
a. Jagung resisten hama serangga
b. Kapas resisten hama serangga
c. Pepaya resisten virus
d. Enzim pemacu produksi susu pada sapi
e. Padi mengandung vitamin A
f. Pisang mengandung vaksin hepatitis


13. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Bioteknologi Merah (Red Biotechnology) ?

Jawaban:
Bioteknologi Merah (Red Biotechnology) adalah suatu cabang ilmu bioteknologi yang mempelajari aplikasi biotekno pada bidang medis. Cakupan bioteknologi ini yaitu seluruh spektrum pada pengobatan manusia oleh tahap preventif, diagnosis, dan pengobatan.