Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal (Essay) Ciri Khusus Makhluk Hidup Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Ciri Khusus Makhluk Hidup

1. Jelaskan ciri-ciri dari Kelelawar!

Jawaban:
Kelelawar paling sering ditemukan di gua-gua yang gelap atau di perpohonan. Kelelawar dikenal sebagai hewan noktural dan satu-satunya jenis mamalia yang dapat terbang. Hewan noktural adalah sebutan untuk hewan yang aktif di malam hari. Ketika matahari terbenam, kelelawar dari habitatnya untuk mencari makanan. Makanan kelelawar antara lain buah-buahan, serbuk sari bunga dan serangga kecil. Meskipun keadaan gelap, kelelawar mampu mengetahui letak makanan, yaitu dengan mengandalkan suara dan pendengarannya. Ketika terbang, kelelawar mengeluarkan suara berfrekuensi tinggi. Jika mengenai permukaan benda, gelombang suara itu akan dipantulkan kembali dan ditangkap oleh telinga kelelawar yang lebar. Melalui pantulan suara itu, kelelawar dapat mengetahui letak makanan dan keadaan di sekitarnya. Kemampuan ini disebut ekolokasi.


2. Jelaskan ciri-ciri dari Kaktus!

Jawaban:
Hanya sedikit jenis tumbuhan yang mampu bertahan di lingkungan gurun. Suhu yang panas di siang hari dan curah hujan yang sedikit menyebabkan tanah terlalu kering untuk tumbuhan. Tumbuhan sukulen seperti kaktus mampu bertahan hidupa di tanah yang kering. Tumbuhan sukulen adalah tumbuhan yang mampu menyimpan air dalam tubuhnya untuk jangka waktu panjang. Batang kaktus yang tebal mampu menyimpan air. Air itu berasal dari akar yang menyebar luas di bawah permukan tanah. Akar kaktus mampu menyerap air hujan sebanyak mungkin. Air kemudian diangkut ke batang untuk disimpan. Meskipun durinya berbentuk duri, kaktus tetap melakukan fotosintesis. Batang kaktus yang berwarna hijau mengandung klorofil. Hal itu menyebabkan proses fotosintesis dapat tetap berlangsung.


3. Jelaskan ciri-ciri dari lidah buaya!

Jawaban:
Tumbuhan ini juga mampu bertahan du lingkungan yang kering dan panas. Lidah Buaya termasuk tumbuhan sekulen yang menyimpan air di bagian daun. Jika bagian daunnya dibelah, bagian tengahnya tampak berlendir. Seperti batang kaktus, daun lidah buaya juga dilindungi oleh lapisan lilin untuk mempertahankan diri di lingkungan yang kering. Jika menyentuh pinggiran daun lidah buaya? terasa tajam bukan? pinggiran daun yang berduri menghindarkan lidah buaya dari gangguan hewan di sekitarnya.


4. Jelaskan ciri-ciri dari tumbuhan pemakan serangga!

Jawaban:
Tumbuhan pemakan serangga dapat tumbuh dengan subur meskipun tumbuh di tanah yang kadungan nutriennya rendah. Nutrien adalah zat yang mendorong pertumbuhan tumbuhan. Nutrien biasanya diserap tumbuhan dari udara dan tanah du sekitar tumbuhan. Jika tumbuhan kekurangan ke kurangan nutrien dari tanahm pertumbuhannya menjadi kurang subur. Tumbuhan pemakan serangga ini memenuhi kebutuhan nutriennya dengan menjebak dan memakan serangga. Tumbuhan pemakan serangga menjebak mangsanya dengan warna tumbuhan dengan mencolok. Tumbuhan ini juga menghasilkan cairan yang baunya menarik perhatian serangga.