Skip to main content

6 Soal (Essay) Ciri Khusus Makhluk Hidup Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai/Uraian) Materi Ciri Khusus Makhluk Hidup

1. Jelaskan ciri-ciri dari Kelelawar!

2. Jelaskan ciri-ciri dari Kaktus!

3. Jelaskan ciri-ciri dari lidah buaya!

4. Jelaskan ciri-ciri dari tumbuhan pemakan serangga!

5. Tuliskan 3 bentuk adaptasi yang dilakukan oleh tumbuhan!

6. Tuliskan hewan-hewan yang memiliki kemampuan beradaptasi secara khusus!

Jawaban:

1. Kelelawar paling sering ditemukan di gua-gua yang gelap atau di perpohonan. Kelelawar dikenal sebagai hewan noktural dan satu-satunya jenis mamalia yang dapat terbang. Hewan noktural adalah sebutan untuk hewan yang aktif di malam hari. Ketika matahari terbenam, kelelawar dari habitatnya untuk mencari makanan. Makanan kelelawar antara lain buah-buahan, serbuk sari bunga dan serangga kecil. Meskipun keadaan gelap, kelelawar mampu mengetahui letak makanan, yaitu dengan mengandalkan suara dan pendengarannya. Ketika terbang, kelelawar mengeluarkan suara berfrekuensi tinggi. Jika mengenai permukaan benda, gelombang suara itu akan dipantulkan kembali dan ditangkap oleh telinga kelelawar yang lebar. Melalui pantulan suara itu, kelelawar dapat mengetahui letak makanan dan keadaan di sekitarnya. Kemampuan ini disebut ekolokasi.

2. Hanya sedikit jenis tumbuhan yang mampu bertahan di lingkungan gurun. Suhu yang panas di siang hari dan curah hujan yang sedikit menyebabkan tanah terlalu kering untuk tumbuhan. Tumbuhan sukulen seperti kaktus mampu bertahan hidupa di tanah yang kering. Tumbuhan sukulen adalah tumbuhan yang mampu menyimpan air dalam tubuhnya untuk jangka waktu panjang. Batang kaktus yang tebal mampu menyimpan air. Air itu berasal dari akar yang menyebar luas di bawah permukan tanah. Akar kaktus mampu menyerap air hujan sebanyak mungkin. Air kemudian diangkut ke batang untuk disimpan. Meskipun durinya berbentuk duri, kaktus tetap melakukan fotosintesis. Batang kaktus yang berwarna hijau mengandung klorofil. Hal itu menyebabkan proses fotosintesis dapat tetap berlangsung.

3. Tumbuhan ini juga mampu bertahan du lingkungan yang kering dan panas. Lidah Buaya termasuk tumbuhan sekulen yang menyimpan air di bagian daun. Jika bagian daunnya dibelah, bagian tengahnya tampak berlendir. Seperti batang kaktus, daun lidah buaya juga dilindungi oleh lapisan lilin untuk mempertahankan diri di lingkungan yang kering. Jika menyentuh pinggiran daun lidah buaya? terasa tajam bukan? pinggiran daun yang berduri menghindarkan lidah buaya dari gangguan hewan di sekitarnya.

4. Tumbuhan pemakan serangga dapat tumbuh dengan subur meskipun tumbuh di tanah yang kadungan nutriennya rendah. Nutrien adalah zat yang mendorong pertumbuhan tumbuhan. Nutrien biasanya diserap tumbuhan dari udara dan tanah du sekitar tumbuhan. Jika tumbuhan kekurangan ke kurangan nutrien dari tanahm pertumbuhannya menjadi kurang subur. Tumbuhan pemakan serangga ini memenuhi kebutuhan nutriennya dengan menjebak dan memakan serangga. Tumbuhan pemakan serangga menjebak mangsanya dengan warna tumbuhan dengan mencolok. Tumbuhan ini juga menghasilkan cairan yang baunya menarik perhatian serangga.

5. Bentuk-bentuk adaptasi yang dilakukan oleh tumbuhan adalah sebagai berikut :
a. Pohon jati menggugurkan daunnya ketika musim kemarau untuk mengurangi penguapan
b. Putri malu mengatupkan daunnya ketika disentuh
c. Teratai memiliki batang berongga untuk dapat terapung di air
d. Kaktus memiliki daun yang berbentuk duri untuk mengurangi penguapan
e. Mawar memiliki batang berduri untuk melindungi dirinya.

6. Hewan-hewan yang memiliki kemampuan beradaptasi secara khusus adalah sebagai berikut:
a. Mimikri adalah kemampuan bunglon untuk mengubah warna kulitnya sesuai dengan tempat yang dihinggapinya
b. Ekolokasi adalah kemampuan kelelawar dalam mendengar dengan sangat tajam
c. Autotomi adalah kemampuan cicak untuk memutuskan ekornya

Popular posts from this blog

59 Soal Teks Eksplanasi

Soal Pilihan Ganda Mengenai Teks Eksplanasi 1. Karakteristik atau ciri dari teks eksplanasi ialah … a. Isinya memuat fakta b. Muatannya didasarkan pada pendapat / opini c. Adanya langkah prosedur d. Memuat unsur kekonyolan e. Terdapat unsur persuasif di dalamnya 2. Teks eksplanasi ditulis untuk menjawab pertanyaan …. a. apa dan siapa b. kapan dan dimana c. bagaimana dan mengapa d. berapa dan bagaimana e. siapa dan mengapa 3. Berikut ini ciri-ciri teks eksplanasi, kecuali …. a. struktur terdiri atas pernyataan umum, deretan penjelas, dan penutup b. memuat informasi sesungguhnya/fakta c. memuat informasi yang bersifat keilmuan d. menjelaskan suatu kondisi atau fenomena e. berisi langkah-langkah kerja 4. Kutipan berikut untuk nomor 4 dan 5 Korean Pop atau yang disebut K-Pop adalah jenis musik populer yang berasl dari Korea Selatan. Demam K-Pop pun kini sudah mendunia, termasuk di Indonesia. Demam K-Pop di Indonesia dilatarbelakangi fenomena Piala Dunia Korea – Jepang 2002 yang berakhir de

33 Soal Media Promosi

Soal Pilihan Ganda Mengenai Media Promosi 1. Contoh penggunaan katalog antara lain digunakan oleh a. Detik b. Alfamart c. Okezone d. Liputan 2. Semacam booklet (buku kecil) yang tak berjilid... a. Brosur b. Radio c. Website d. Pamflet 3. Media komunikasi massa yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa dan berbentuk cetakan... a. Majalah b. Ebook c. Booklet d. Koran 4. Suatu media informasi dan promosi yang sering digunakan oleh para perusahaan dalam memasarkan sebuah produk, biasanya spanduk terdapat pada tepi jalan raya atau diwarung-warung... a. Majalah b. Ebook c. Booklet d. Spanduk 5. Berikut kelebihan dari media promosi banner, kecuali... a. Iklan banner dapat memberikan di atas rata-rata iklan lainnya. b. Pertumbuhan penggunaan blocker iklan mencegah pengguna melihat iklan c. Iklan banner adalah alat branding yang sangat baik. d. Iklan banner dapat membawa traffic bertarget yang tertarik dengan penawaran Anda.

33 Soal Pengolahan dan Kewirausahaan Makanan Asli Khas Daerah (Orisinil) Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Pengolahan dan Kewirausahaan Makanan Asli Khas Daerah (Orisinil) 1. Bahan pembuatan makanan asli khas daerah Nusantara yang orisinil dari bahan hewani contohnya sebagai berikut, kecuali …. A. ikan B. telur C. kacang D. daging sapi E. kepiting 2. Kandungan makanan asli khas daerah berupa karbohidrat, protein, dan lemak berfungsi sebagai sumber …. A. energi B. zat pembangun C. zat pegganti sel yang rusak D. zat pengatur E. zat perintis 3. Tahu yang berasal dari asli daerah jawa barat, dikenal dengan nama tahu …. A. pong B. sutra C. sumedang, misihu D. jepang E. bacem 4. Perhatikan gambar dibawah ini! Gambar semur jengkol tersebut adalah makanan asli khas daerah …. A. Maluku B. batak C. Bali D. Betawi E. Makassar 5. Masakan dengan memakai sayur mayor mentah merupakan khas dari daerah … A. jawa tengah B. jawa timur C. jawa barat D. bali E. ambon 6. Berikut beberapa teknik dalam mengolah makanan khas daerah nusatara, kecuali …. A. menggoreng B. mengukus C. ove