Skip to main content

16 Soal (Essay) Ekosistem Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai/Uraian) Materi Ekosistem


1. Jelaskan yang dimaksud dengan komponen biotik ?

2. Tuliskan komponen-komponen serta proses yang terjadi di dalam ekosistem!

3. Jelaskan yang dimaksud dengan heterotof (konsumen) ?

4. Secara fungsional proses yang terjadi di dalam ekosistem adalah sebagai berikut:

5. Jelaskan yang dimaksud dengan dekomposer (pengurai) ?

6. Berikan contoh produsen di ekosistem perairan dan ekosistem darat!

7. Jelaskan yang dimaksud dengan komponen abiotik ?

8. Jelaskan mengapa bila satu komponen ekosistem berubah maka keseimbangan ekosistem juga berubah!

9. Jelaskan yang dimaksud dengan ekosistem alami ?

10. Jelaskan apa peran sinar matahari bagi kehidupan dalam suatu ekosistem!

11. Jelaskan yang dimaksud dengan ekosistem buatan ?

12. Jelaskan yang dimaksud dengan kars (batu gamping /gua) ?

13. Prediksikan apa yang akan terjadi jika produsen dalam suatu ekosistem punah? Jelaskan alasanmu!

14. Jelaskan yang dimaksud dengan ekosistem perairan (akuatik)

15. Jelaskan yang dimaksud dengan perairan air tawar ?

16. Jelaskan yang dimaksud dengan perairan air laut ?

Jawaban:

1. Komponen biotik adalah Suatu komponen ekosistem yang berupa benda hidup (organisme) Contoh komponen biotik : heterotrof (konsumen) dan pengurai (dekomposer).

2. Secara strukturan, ekosistem terdiri dari enam komponen yaitu:
a. Bahan anorganik yang meliputi C, N, CO2, H2O, dll. Bahan-bahan tersebut akan mengalami daur ulang.
b. Bahan organik yang meliputi karbohidrat, lemak, protein, dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut merupakan penghubung antara komponen biotik dan abiotik.
c. Kondisi iklim yang meliputi faktor-faktor iklik, seperti angin, curah hujan, dan suhu.
d. Produsen yang meliputi organisme-organisme autotrof. Organisme-organisme tersebut mampu mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik.
e. Makrokonsumen yang meliputi organisme-organisme heterotrof tingkat tinggi seperti kambing, ular, serangga, dan udang. Organisme-organisme tersebut hidup bergantung pada organisme lain, dan dan memakan materi organik.
f. Mikrokonsumen (Dekomposer/Pengurai) yang meliputi organisme-organisme heterotrof tingkat rendah, saprotof, dan ormotrof, tertama bakteri dan fungi. Organisme-organisme tersebut berperan dalam pemecahan materi organik yang berupa sampah dan bangkai, menguraikannya sehingga terurai menjadi bahan anorganik.

3. Komponen heterotrof adalah Suatu organisme yang mengunakan bahan organik, yang telah disediakan oleh suatu organisme lain sebagai makanannya. Komponen ini memanfaatkan makanan yang dimakannya lebih kecil, dan disebut dengan komponen makro atau fagotrof.

4.
a. Aliran energi
b. Rantai makanan
c. Pola keragaman berdasarkan ruang dan waktu
d. Daur ulang biogeokimiawi
e. Perkembangan dan evolusi
f. Pengendalian atau sibernetika

5. Dekomposer (pengurai) adalah Suatu organisme yang mengurai sebuah bahan organik, yang berasal dari organisme yang sudah mati. Dekomposer (pengurai) memanfaatkan makanan yang dimakannya dalam jumlah yang besar, dan disebut dengan makro atau sapotrof.

6.
Contoh produsen di ekosistem perairan yaitu:
a. Tumbuhan air
b. Fitoplankton
Contoh produsen di ekosistem darat yaitu:
a. Rumput
b. Tumbuhan padi
c. Pohon yang besar seperti pohon mangga, pohon pisang, pohon jati, dan pohon jambu.

7. Komponen abiotik adalah Suatu komponen ekosistem yang terdiri berupa benda mati atau benda tak hidup (non hayati). Contoh komponen abiotik : suhu, air, garam, tanah, cahaya matahari, dan iklim.

8. Karena antarkomponen ekosistem memiliki saling ketergantungan antara komponen yang satu dengan yang lainnya.

9. Ekosistem alami adalah Suatu hubungan timbal balik, yang terjadi pada suatu wilayah & suatu kejadian tertentu tanpa adanya campur tangan manusia.

10. Matahari merupakan sumber energi utama bagi kehidupan yang terdapat dalam ekosistem, membantu proses fotosintesis pada tumbuhan, sebagai penerangan, dan menjaga suhu bumi agar tetap hangat supaya kehidupan di bumi tetap berjalan.

11. Ekosistem buatan adalah sebuah hubungan timbal balik yang terjadi pada suatu wilayah dan suatu kejadian tertentu merupakan hasil campur tangan manusia untuk memenuhi hasrat dan kebutuhannya.

12. Kars (Batu Gamping /Gua) adalah sebuah bentuk permukaan bumi yang terbentuk, karena terjadinya pelarutan pada batuan dan biasanya disebut sebagai gua.

13. Yang akan terjadi jika produsen dalam suatu ekosistem punah yaitu ketidak seimbangan rantai makanan, apabila rantai makanan tidak seimbang maka ekosistem tersebut juga menjadi tidak seimbang dan berakibat pada hilangnya komponen-komponen ekosistem tersebut.

14. Ekosistem perairan adalah suatu ekositem yang dimana seluruh faktor lingkungannya berupa air sebagai habitat berbagai macam organisme air. Dengan kata lain ekosistem air ini merupakan lingkungan yang didominasi oleh air sebagai habitat komponen biotik dan abiotik.

15. Perairan air tawar adalah ekosistem perairan yang memiliki kandungan kadar garamnya sangat rendah. Contohnya danau, sungai dan rawa.

16. Perairan air laut adalah ekosistem perairan pada air laut yang memiliki kandungan kadar garamnya tinggi. yaitu terdiri dari perairan laut dalam, pasir pantai perairan laut dangkal/bitarol, dan perairan pasang surut.

Popular posts from this blog

59 Soal Teks Eksplanasi

Soal Pilihan Ganda Mengenai Teks Eksplanasi 1. Karakteristik atau ciri dari teks eksplanasi ialah … a. Isinya memuat fakta b. Muatannya didasarkan pada pendapat / opini c. Adanya langkah prosedur d. Memuat unsur kekonyolan e. Terdapat unsur persuasif di dalamnya 2. Teks eksplanasi ditulis untuk menjawab pertanyaan …. a. apa dan siapa b. kapan dan dimana c. bagaimana dan mengapa d. berapa dan bagaimana e. siapa dan mengapa 3. Berikut ini ciri-ciri teks eksplanasi, kecuali …. a. struktur terdiri atas pernyataan umum, deretan penjelas, dan penutup b. memuat informasi sesungguhnya/fakta c. memuat informasi yang bersifat keilmuan d. menjelaskan suatu kondisi atau fenomena e. berisi langkah-langkah kerja 4. Kutipan berikut untuk nomor 4 dan 5 Korean Pop atau yang disebut K-Pop adalah jenis musik populer yang berasl dari Korea Selatan. Demam K-Pop pun kini sudah mendunia, termasuk di Indonesia. Demam K-Pop di Indonesia dilatarbelakangi fenomena Piala Dunia Korea – Jepang 2002 yang berakhir de

33 Soal Media Promosi

Soal Pilihan Ganda Mengenai Media Promosi 1. Contoh penggunaan katalog antara lain digunakan oleh a. Detik b. Alfamart c. Okezone d. Liputan 2. Semacam booklet (buku kecil) yang tak berjilid... a. Brosur b. Radio c. Website d. Pamflet 3. Media komunikasi massa yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa dan berbentuk cetakan... a. Majalah b. Ebook c. Booklet d. Koran 4. Suatu media informasi dan promosi yang sering digunakan oleh para perusahaan dalam memasarkan sebuah produk, biasanya spanduk terdapat pada tepi jalan raya atau diwarung-warung... a. Majalah b. Ebook c. Booklet d. Spanduk 5. Berikut kelebihan dari media promosi banner, kecuali... a. Iklan banner dapat memberikan di atas rata-rata iklan lainnya. b. Pertumbuhan penggunaan blocker iklan mencegah pengguna melihat iklan c. Iklan banner adalah alat branding yang sangat baik. d. Iklan banner dapat membawa traffic bertarget yang tertarik dengan penawaran Anda.

33 Soal Pengolahan dan Kewirausahaan Makanan Asli Khas Daerah (Orisinil) Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Pengolahan dan Kewirausahaan Makanan Asli Khas Daerah (Orisinil) 1. Bahan pembuatan makanan asli khas daerah Nusantara yang orisinil dari bahan hewani contohnya sebagai berikut, kecuali …. A. ikan B. telur C. kacang D. daging sapi E. kepiting 2. Kandungan makanan asli khas daerah berupa karbohidrat, protein, dan lemak berfungsi sebagai sumber …. A. energi B. zat pembangun C. zat pegganti sel yang rusak D. zat pengatur E. zat perintis 3. Tahu yang berasal dari asli daerah jawa barat, dikenal dengan nama tahu …. A. pong B. sutra C. sumedang, misihu D. jepang E. bacem 4. Perhatikan gambar dibawah ini! Gambar semur jengkol tersebut adalah makanan asli khas daerah …. A. Maluku B. batak C. Bali D. Betawi E. Makassar 5. Masakan dengan memakai sayur mayor mentah merupakan khas dari daerah … A. jawa tengah B. jawa timur C. jawa barat D. bali E. ambon 6. Berikut beberapa teknik dalam mengolah makanan khas daerah nusatara, kecuali …. A. menggoreng B. mengukus C. ove