Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal (Essay) Fotosintesis Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Fotosintesis dan Jawaban


1. Tuliskan langkah langkah Percobaan yang dilakukan oleh Sachs!

Jawaban:
a. Daun diisolasi dari cahaya matahari
b. Daun dimasukkan kedalam air panas untuk mematikan sel-sel daun
c. Daun dimasukkan kedalam alkohol yang dipanaskan untuk melarutkan klorofil
d. Daun ditetesi Iodium untuk membuktikan adanya karbohidrat, jika larutan ditetesi iodium berubah menjadi warna biru larutan tersebut positif mengandun karbohidrat


2. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis diantaranya, dan jelaskan?

Jawaban:
1. Faktor Internal
Faktor internal yang dimaksudkan disini adalah faktor yang berasal dari tanaman itu sendiri. Dimana, terdapat berbagai macam jenis tumbuh-tumbuhan yang hidup di berbagai macam keadaan, dari situlah reaksi dari fotosintesisnya akan berbeda-beda pula. Selain itu, faktor keturunan juga akan mempengaruhi proses fotosintesis dari tumbuhan tersebut. Contohnya disini adalah jenis tumbuhan albino yang tidak dapat memproduksi klorofil, sehingga tidak dapat melakukan proses fotosintesis. Ada pula hal-hal lain yang juga mempengaruhi seperti:
a. usia daun
b. kelengkapan organ tumbuhan
c. jumlah daun
d. translokasi karbohidrat

2. Faktor Eksternal
Selain faktor internal, terdapat pula faktor eksternal yang mempengaruhi proses fotosintesis, diantaranya adalah:
a. Ketersediaan Air
Air yang merupakan salah satu bahan utama dari fotosintesis ini harus tersedia dalam tanah yang ditanami tumbuhan tersebut. Semakin banyak kandungan air dalam tanah, maka semakin baik pula hasil dari fotosintesis tersebut, begitu pula sebaliknya.

b. Suhu
Fotosintesis merupakan reaksi yang sangat bergantung pada kinerja enzim, dimana enzim akan bekerja optimal pada suhu 23-30 derajat celcius. Apabila suhu disekitar sampai minus dari 5 derajat Celcius atau bahkan lebih dari 50 derajat Celcius, maka fotosintesis tidak akan menghasilkan hasil yang maksimal. 

c. Kandungan CO2
Untuk dapat melakukan fotosintesis, tumbuhan harus menyerap CO2 paling sedikit 0,03 persen dari jumlah yang ada. Akan tetapi, semakin banyak CO2 yang diserap maka semakin baik pula reaksi yang ditunjukkan dan juga hasil yang diperoleh.

d. Kandungan O2

Selain memerlukan CO2, proses fotosintesis juga memerlukan O2 untuk digunakan sebagai energi oleh tumbuhan tersebut. Apabila kandungan O2 di sekitar tempat fotosintesis rendah, maka hasilnya tidak akan maksimal, hal ini dikarenakan O2 yang sedikit dapat menghambat sistem respirasi pada tumbuhan.


3. Tuliskan macam-macam reaksi fotosintesis serta penjelasannya!

Jawaban:
1. Reaksi Terang
Reaksi terang adalah reaksi fotosintesis yang membutuhkan bantuan dari cahaya matahari, bisanya reaksi ini berlangsung di ruang terbuka yang terkena cahaya matahari secara langsung. Reaksi terang berlangsung dalam membran tilakoid yang terdapat pada ruang kloroplas. Dalam reaksi ini, klorofil akan bertugas sebagai penyerap cahaya matahari yang dimanfaatkan untuk mengubah molekul air menjadi oksigen dan hidrogen dalam bentuk ATP. Reaksi terang ini dapat disebut sebagai fotolis. Pada reaksi ini, cahaya matahari.

2. Reaksi Gelap
Jika pada reaksi terang sangat bergantung pada intensitas cahaya, maka pada reaksi gelap merupakan kebalikannya. Pada reaksi gelap ini tidak bergantung pada cahaya matahari, akan tetapi reaksi gelap ini tidak akan terjadi apabila tumbuhan tersebut tidak menjalankan reaksit terang terlebih dahulu. Jika pada reaksi terang berlangsung dalam membran tilakoid, maka pada reaksi gelap berlangsung di bagian stroma kloroplas. Proses yang terjadi pada reaksi gelap sangatlah kompleks sama seperti reaksi terang dan adapaun tujuan utama dari reaksi gelap ini adalah untuk mengolah karbon dioksida untuk dijadikan glukosa.


4. Tuliskan fungsi fotosintesis serta penjelasannya!

Jawaban:
Adapun fungsi tujuan dari tumbuhan yang melakukan fotosintesis diantaranya adalah:

1. Memproduksi Glukosa
Fungsi dari fotosintesis yang pertama adalah untuk membuat zat makanan dalam bentuk glukosa, dimana glukosa ini nantinya akan dijadikan sebagai bahan bakar dasar untuk diolah lagi menjadi zat makanan yang lain seperti protein dan juga lemak yang ada didalam tumbuhan. Zat-zat olahan tersebut nantinya juga akan memberikan manfaat bagi manusia ataupun hewan untuk dikonsumsi.

2. Menghasilkan O2 dan Mengurangi CO2
Proses fotosintesis yang membutuhkan karbon dioksida ini ternyata dapat membantu mengurangi kadar karbon dioksida yang ada di lingkungan sekitar kita. Dan seperti yang telah kita ketahui bahwa hasil dari proses fotosintesis salah satunya adalah oksigen. Oksigen merupakan kebutuhan utama manusia, tanpa adanya oksigen atau udara yang bersih, maka manusia tidak akan bertahan hidup.

3. Menghasilkan Batubara
Fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan selama dia masih hidup ini ternyata dapat membuat sisa-sisa tumbuhan yang tertimbun di tanah selama bertahun-tahun ini menjadi batubara. Hal ini merupakan sangat pentin dalam kehidupan saat ini, mengingat batubara memiliki fungsi dan manfaat yang beragam. Maka dari itu sebaiknya kita berusaha untuk melestarikan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar kita.


5. Tuliskan Hasil dalam reaksi terang!

Jawaban:
Hasil dari reaksi terang adalah
a. Hidrogen dalam bentuk NADPH2
b. Karbondioksida
c. Energi dalam bentuk ATP untuk sintesa protein


6. Tuliskan tahapan Reaksi Gelap!

Jawaban:
Reaksi Gelap ( berlangsung pada Kloroplas yang disebut dengan Stomata) Reaksi gelap dikenal sebagai siklus Calvin. Reaksi gelap meliputi serangkaian tahapan Reaksi yaitu
a. Reaksi fiksasi CO2 oleh senyawa RBP (riboluse biphosphat)
b. Reaksi Penggabungan CO2 dengan molekul hidrogen
c. Reaksi pembentukan gula.
d. Pada akhirnya terbentuk kembali senyawa RBT. Selanjutnya molekul molekul glukosa akan terangkai menjadi senyawa amilum.

Soal (Esai) Materi Fotosintesis Lengkap Jawaban


7. Daun merupakan organ tumbuhan utama tempat berlangsungnya fotosintesis. Tepatnya fotosintesis berlangsung di dalam organel sel yaitu kloroplas. Sebenarnya apa yang terjadi dalam kloroplas saat berlangsungnya fotosintesis?

Jawaban:
Pada kloroplas terjadi transformasi energi, yaitu dari energi cahaya sebagai energi kinetik berubah menjadi energi kimia sebagai energi potensial, berupa ikatan senyawa organik pada glukosa.


8. Tuliskan syarat utama agar daun dapat menjalankan fungsinya sebagai organ fotosintesis adalah!

Jawaban:
a. Terdiri atas sel-sel yang teratur agar cahaya matahari bisa diterima dengan baik
b. Terdapat stomata dan ruang antarsel agar aliran atau pertukaran udara berlangsung dengan baik
c. Adanya jaringan epidermis sebagai pelindung sel-sel penyusun daun
d. Adanya jaringan pengangkut
e. Adanya jaringan pendukung


9. Dalam fotosintesis terjadi dua tahap reaksi yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Dalam reaksi Terang terjadi 2 tahapan Reaksi sebutkan?

Jawaban:
a. Tahap pertama adalah Reaksi Penguraian (H2O)
cahaya matahari yang ditangkap oleh klorofil digunakan untak memecahkan air menjadi hidrogen dan oksigen. Peristiwa ini disebut fotolisis (reaksi terang). H2 yang terlepas akan diikat oleh NADP(Nikotiamida Adenin Dinukleotida Phosphat) sebagai aseptor (penerima elektron) dan terbentuklah NADPH2, sedang O2 tetap dalam keadaan bebas.
b. Tahap kedua adalah reaksi pembentukan ATP dalam sistem sitokrom Kloroplas
Elektron yang dibebaskan dari hidrogen kemudian secara berantai dipindahkan dalam sitokrom kloroplas untuk membentuk ATP. Yang akan digunakan dalam reaksi gelap


10. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses fotosintesis?

Jawaban:
a. Faktor luar adalah faktor yang mempenaruhi dari luar tubuh tumbuhan. Yaitu Konsentrasi karbondioksida, Intensitas cahaya, air, suhu dan ketersediaan unsur.
b. Faktor dalam adalah faktor yang berasal dari dalam tubuh tumbuhan, misalnya Struktur daun dan penimbunan sejumlah besar hasil fotosintesis dalam kloroplas


11. Apa Tujuan percobaan Fotosintesis yang dilakukan oleh Jan Ingenhouzs?

Jawaban:
Tujuan dari percobaan Jan Ingenhouzs adalah untuk membuktikan bahwa proses fotosintesis menghasilkan gas Oksigen