Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Soal (Essay) Jaringan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Jaringan

1. Apa yang dimaksud dengan jaringan pengikat ?

Jawaban:
Jaringan pengikat ini terdiri atas sel – sel parenkim, jaringan ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan, tempat melekatnya jaringan lain, serta tempat pertukaran gas.


2. Jelaskan tentang jaringan penunjang !

Jawaban:
Jaringan penunjang biasanya merupakan kumpulan sel, dimana yang mengalami penebalan pada dinding selnya sehingga akan menjadi lebih kuat.


3. Apa yang dimaksud dengan jaringan pengangkut?

Jawaban:
Jaringan pengangkut pada tumbuhan ini terdiri atas xilem dan floem, dimana masing – masing memiliki fungsi yang berbeda namun berkaitan.


4. Tuliskan fungsi xilem!

Jawaban:
Jaringan xilem sendiri berfungsi untuk mengangkut air dan garam – garam mineral dari akar ke daun, sedangkan jaringan floem berfungsi untuk mengangkut zat makanan hasil fotosintesis dimana dari daun akan menyebar ke seluruh tubuh tanaman.


5. Apa yang dimaksud dengan jaringan epitel ?

Jawaban:
Jaringan epitel ini terdiri atas selapis sel maupun beberapa sel, dimana saling berhubungan erat satu sama lain, dengan begitu tidak ada ruang antarsel tersebut. Jaringan epitel ini mempunyai fungsi untuk melindungi jaringan yang ada di sebelah dalamnya, seperti: jaringan pada dinding alveoli paru-paru dengan dinding pembuluh darah.


6. Jelaskan tentang jaringan ikat !

Jawaban:
Jaringan ikat merupakan sebuah jaringan penunjang ataupun penopang tubuh yang utama, serta menjadi pengikat jaringan satu terhadap jaringan lainnya. Jaringan ikat berada pada jaringan kornea mata, jantung, ginjal, paru – paru, serta tulang rawan.