Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Soal (Essay) Jaringan Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Jaringan dan Jawaban


1. Apa yang dimaksud dengan jaringan pengikat ?

Jawaban:
Jaringan pengikat ini terdiri atas sel – sel parenkim, jaringan ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan, tempat melekatnya jaringan lain, serta tempat pertukaran gas.


2. Jelaskan tentang jaringan penunjang !

Jawaban:
Jaringan penunjang biasanya merupakan kumpulan sel, dimana yang mengalami penebalan pada dinding selnya sehingga akan menjadi lebih kuat.


3. Apa yang dimaksud dengan jaringan pengangkut?

Jawaban:
Jaringan pengangkut pada tumbuhan ini terdiri atas xilem dan floem, dimana masing – masing memiliki fungsi yang berbeda namun berkaitan.


4. Tuliskan fungsi xilem!

Jawaban:
Jaringan xilem sendiri berfungsi untuk mengangkut air dan garam – garam mineral dari akar ke daun, sedangkan jaringan floem berfungsi untuk mengangkut zat makanan hasil fotosintesis dimana dari daun akan menyebar ke seluruh tubuh tanaman.


5. Apa yang dimaksud dengan jaringan epitel ?

Jawaban:
Jaringan epitel ini terdiri atas selapis sel maupun beberapa sel, dimana saling berhubungan erat satu sama lain, dengan begitu tidak ada ruang antarsel tersebut. Jaringan epitel ini mempunyai fungsi untuk melindungi jaringan yang ada di sebelah dalamnya, seperti: jaringan pada dinding alveoli paru-paru dengan dinding pembuluh darah.


6. Jelaskan tentang jaringan ikat !

Jawaban:
Jaringan ikat merupakan sebuah jaringan penunjang ataupun penopang tubuh yang utama, serta menjadi pengikat jaringan satu terhadap jaringan lainnya. Jaringan ikat berada pada jaringan kornea mata, jantung, ginjal, paru – paru, serta tulang rawan.

Soal (Esai) Bab Jaringan Lengkap Jawaban


7. Jaringan penunjang ini dibedakan menjadi jaringan kolenkim dan sklerenkim, dimana masing – masing memiliki fungsi yang berbeda. Tuliskan masing-masing fungsinya?

Jawaban:
Jaringan kolenkim berfungsi untuk menunjang gerak tumbuhan, sedangkan jaringan sklerenkim berfungsi untuk penguat tubuh pada tumbuhan tersebut.


8. Jaringan otot ini dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:

Jawaban:
Otot polos, otot lurik, dan otot jantung.


9. Apa yang dimaksud dengan jaringan ?

Jawaban:
Jaringan adalah sel yang mempunyai bentuk serta fungsi yang sama, akan membentuk sebuah jaringan, jaringan pada tumbuhan, hewan dan manusia berbeda.


10. Apa yang dimaksud dengan jaringan otot ?

Jawaban:
Jaringan otot ini tersusun atas sel – sel otot, dimana saling sambung menyambung sehingga membentuk serabut – serabut otot yang bisa berkontraksi serta berelaksasi.


11. Apa yang dimaksud dengan jaringan darah ?

Jawaban:
Jaringan darah ini berisi plasma darah, dimana dengan cairan yang mengandung sel – sel lepas maupun bebas. Jaringan darah ini berfungsi mengedarkan oksigen dan zat makanan.


12. Jelaskan tentang jaringan saraf !

Jawaban:
Jaringan saraf sendiri tersusun atas sel – sel yang disebut neuron, jaringan saraf ini tersebar di seluruh bagian tubuh manusia maupun hewan.

Pertanyaan Tentang Jaringan + Kunci Jawaban


13. Apa yang dimaksud dengan jaringan rangka ?

Jawaban:
Jaringan rangka ini dikenal juga dengan jaringan tulang, dimana jaringan ini berfungsi untuk menyokong berdirinya tubuh, melindungi tubuh, serta menjadi alat gerak pasif.


14. Jaringan apa saja yang menyusun suatu organ lambung ?

Jawaban:
1. Jaringan epitel.
2. Jaringan pengikat (connective tissue).
3. Jaringan otot (contractille tissue).
4. Jaringan saraf (conductive).


15. Jelaskan tentang jaringan meristem !

Jawaban:
Jaringan meristem merupakan sebuah kumpulan sel – sel pembentuk kulit terluar pada tumbuhan, dimana berfungsi untuk melindungi bagian dalam terhadap adanya kerusakan mekanis serta kekeringan


16. Apa yang dimaksud dengan jaringan mesofil?

Jawaban:
Jaringan mesofil ialah sebuah jaringan yang mengandung kloroplas, dimana yang berfungsi membuat makanan terhadap proses fotosintesis.


17. Jelaskan tentang jaringan parenkim !  

Jawaban:
Jaringan parenkim merupakan sebuah jaringan yang berfungsi mengisi rongga di antara alat tubuh.