Skip to main content

15 Soal (Essay) Keanekaragaman Hayati Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai/Uraian) Materi Keanekaragaman Hayati

1. Jelaskan ciri utama keunikan keanekaragaman Jenis! Berilah Contohnya!

2. Contoh dari keanekaragaman tingkat jenis antara lain:

3. Jelaskan manfaat keanekaragaman hayati pada tingkat ekosistem!

4. Apakah penyebab terjadinya keanekaragaman gen?

5. Jelaskan nilai ekologis keanekaragaman hayati!

6. Mengapa keanekaragaman hayati perlu dilestarikan?

7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati!

8. Mengapa dapat timbul keanekaragaman genetik? Jelaskan!

9. Secara biogeografi, Indonesia dapat dibagi menjadi tiga kawasan, yaitu kawasan oriental, Australian, dan kawasan peralihan. Tuliskan daerah yang termasuk dalam kawasan-kawasan tersebut!

10. Apa penyebab keunikan biodiversitas Indonesia? Tuliskan!

11. Faktor apa yang paling besar pengaruhnya terhadap keanekaragaman tingkat ekosistem?

12. Jelaskan pembagian wilayah penyebaran fauna Indonesia berdasarkan Wallace!

13. Tuliskan lima contoh flora dan fauna endemik Indonesia!

14. Menurut Wallace, Indonesia dibagi menjadi tiga zona. Sebutkan tiga zona tersebut, bersama contoh hewannya.

15. Mengapa terjadi keanekaragaman tingkat ekosistem?

Jawaban:

1. Ciri utama keunikan
Keanekaragaman jenis adalah dari spesies atau jenis yang beraneka ragam tersebut berasal dari benua atau marga yang sama, dapat juga berasal dari famili atau keluarga yang sama. Penampakan fisik dari spesies atau jenis yang termasuk dalam keankaragaman tingkat jenis ini juga relatif sama meskipun terdapat perbedaan yang menjadi ciri khas pada setiap spesies.

2. 
a. Felix tigris dengan Felix domestica
b. kacang tanah dengan kacang kapri
c. cabai dan paprika
d. tomat dan kentang

3
A. Ekosistem sungai
untuk pengairan, tempat hidup beberapa jenis makhluk hidup seperti ikan dan beberapa jenis tumbuhan
B. Ekosistem terumbu karang
Tempat hidup berbagai jenis Ikan, bisa juga untuk wisata air
C. Ekosistem Hutan Bakau
Mencegah Abrasi dan juga tempat tinggal Berbagai jenis ikan

4. Keanekaragaman gen terjadi karena adanya variasi dalam spesies. Variasi dalam spesies ini disebut varietas. banyaknya susunan variasi genetik pada makhluk hidup berpengaruh pada genotipe (sifat) dan fenotipe (kemampuan luar) suatu makhluk hidup. Variasi makhluk hidup di dalam suatu spesies dapat terjadi karena dua hal, yaitu faktor bawaan dan lingkungan. Faktor bawaan merupakan gabungan sifat dari dua induk sehingga terbentuk kombinasi sifat pada anaknya.

5. Nilai ekologis, artinya keanekaragaman hayati memiliki peranan dalam mempertahankan keberlanjutan ekosistem. Contoh: keberadaan terumbu karang mendukung kelangsungan hidup ikan dan hewan air, hutan hujan tropis merupakan paru-paru bumi dan dapat menjaga kestabilan iklim global.

6. Dengan adanya keanekaragaman hayati banyak manfaat yang akan didapatkan, contohnya dalam hal pangan akan banyak jenis tumbuhan dan hewan yang bisa dipilih untuk menjadi makanan, lalu fungsi tumbuh-tumbuhan sebagai bahan pembuat obat-obatan yang baik untuk pengobatan, dan keanekaragaman hayati sebagai sumber ilmu maka akan banyak bahan penelitian yang bisa digunakan.

7. Keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman jenis makhluk hidup baik yang ada di daratan maupun di perairan. Dalam hal ini termasuk keanekaragaman spesies, varietas, genetik, dan ekosistem.

8. Karena adanya keragaman komposisi atau susunan genentik dalam satu spesies

9.
a. Kawasan Oriental: Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan
b. Kawasan Peralihan : Sulawesi
c. Kawasan Australian: Maluku, Papua, dan NTT

10. Memiliki flora bertipe dan terdapat banyak flora dan fauna endemik

11. Faktor lingkungan abiotik

12. Keanekaragaman fauna Indonesia terbagi menadi hewan-hewan Indonesia bagian barat, peralihan, dan bagian timur.

13. Flora endemik, contohnya bunga bangkai dan salak. Fauna endemik, contohnya anoa dan babi rusa.

14. Zona Oriental, contohnya orang utan; zona peralihan, contohnya anoa; dan zona Australia, contohnya walabi.

15. Keanekaragaman tingkat ekosistem terjadi karena adanya keanekaragaman tingkat populasi penyusun suatu ekosistem.

Popular posts from this blog

59 Soal Teks Eksplanasi

Soal Pilihan Ganda Mengenai Teks Eksplanasi 1. Karakteristik atau ciri dari teks eksplanasi ialah … a. Isinya memuat fakta b. Muatannya didasarkan pada pendapat / opini c. Adanya langkah prosedur d. Memuat unsur kekonyolan e. Terdapat unsur persuasif di dalamnya 2. Teks eksplanasi ditulis untuk menjawab pertanyaan …. a. apa dan siapa b. kapan dan dimana c. bagaimana dan mengapa d. berapa dan bagaimana e. siapa dan mengapa 3. Berikut ini ciri-ciri teks eksplanasi, kecuali …. a. struktur terdiri atas pernyataan umum, deretan penjelas, dan penutup b. memuat informasi sesungguhnya/fakta c. memuat informasi yang bersifat keilmuan d. menjelaskan suatu kondisi atau fenomena e. berisi langkah-langkah kerja 4. Kutipan berikut untuk nomor 4 dan 5 Korean Pop atau yang disebut K-Pop adalah jenis musik populer yang berasl dari Korea Selatan. Demam K-Pop pun kini sudah mendunia, termasuk di Indonesia. Demam K-Pop di Indonesia dilatarbelakangi fenomena Piala Dunia Korea – Jepang 2002 yang berakhir de

33 Soal Media Promosi

Soal Pilihan Ganda Mengenai Media Promosi 1. Contoh penggunaan katalog antara lain digunakan oleh a. Detik b. Alfamart c. Okezone d. Liputan 2. Semacam booklet (buku kecil) yang tak berjilid... a. Brosur b. Radio c. Website d. Pamflet 3. Media komunikasi massa yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa dan berbentuk cetakan... a. Majalah b. Ebook c. Booklet d. Koran 4. Suatu media informasi dan promosi yang sering digunakan oleh para perusahaan dalam memasarkan sebuah produk, biasanya spanduk terdapat pada tepi jalan raya atau diwarung-warung... a. Majalah b. Ebook c. Booklet d. Spanduk 5. Berikut kelebihan dari media promosi banner, kecuali... a. Iklan banner dapat memberikan di atas rata-rata iklan lainnya. b. Pertumbuhan penggunaan blocker iklan mencegah pengguna melihat iklan c. Iklan banner adalah alat branding yang sangat baik. d. Iklan banner dapat membawa traffic bertarget yang tertarik dengan penawaran Anda.

33 Soal Pengolahan dan Kewirausahaan Makanan Asli Khas Daerah (Orisinil) Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Pengolahan dan Kewirausahaan Makanan Asli Khas Daerah (Orisinil) 1. Bahan pembuatan makanan asli khas daerah Nusantara yang orisinil dari bahan hewani contohnya sebagai berikut, kecuali …. A. ikan B. telur C. kacang D. daging sapi E. kepiting 2. Kandungan makanan asli khas daerah berupa karbohidrat, protein, dan lemak berfungsi sebagai sumber …. A. energi B. zat pembangun C. zat pegganti sel yang rusak D. zat pengatur E. zat perintis 3. Tahu yang berasal dari asli daerah jawa barat, dikenal dengan nama tahu …. A. pong B. sutra C. sumedang, misihu D. jepang E. bacem 4. Perhatikan gambar dibawah ini! Gambar semur jengkol tersebut adalah makanan asli khas daerah …. A. Maluku B. batak C. Bali D. Betawi E. Makassar 5. Masakan dengan memakai sayur mayor mentah merupakan khas dari daerah … A. jawa tengah B. jawa timur C. jawa barat D. bali E. ambon 6. Berikut beberapa teknik dalam mengolah makanan khas daerah nusatara, kecuali …. A. menggoreng B. mengukus C. ove