Skip to main content

7 Soal (Essay) Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay/Uraian) Materi Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat

1. Tuliskan hal-hal yang dapat mencemari air sungai!

2. Jelaskan pengertian lingkungan sehat !

3. Jelaskan pengertian lingkungan yang tidak sehat !

4. Tuliskan ciri-ciri lingkungan yang sehat !

5. Apa yang dimaksud dengan repair !

6. Tuliskan cara menanggulangi pencemaran (polusi) lingkungan !

7. Tuliskan cara menciptakan lingkungan yang sehat !

Jawaban:

1. Hal-hal yang dapat mencemari air sungai diantaranya adalah sebagai berikut :
a. Membuang sampah ke sungai
b. Mengalirkan air limbah pabrik ke sungai
c. Menangkap ikan dengan racun

2. Lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang udara, air, dan tanahnya bersih dan terbebas dari pencemaran dan polusi.

3. Lingkungan yang tidak sehat adalah lingkungan yang banyak terdapat polusi atau pencemaran, baik udaranya, airnya, dan tanahnya.

4. Ciri-ciri lingkungan yang sehat:
1. Udaranya bersih, segar, sejuk, bebas dari asap polusi yang berasal kendaraan bermotor, pembakaran sampah, dan sebagainya.
2. Airnya tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa. Air sungai maupun air sumurnya jernih, sejuk, dan segar.
3. Tanahnya subur. Tanaman dan pepohonan tumbuh dengan subur.
4. Jalanan bersih dari sampah dan kotoran. Tidak ada air kubangan yang menggenang.
5. Hewan-hewan peliharaan tumbuh dengan sehat dan bebas dari penyakit.

5. Repair adalah memperbaiki barang-barang yang sudah rusak agar bisa digunakan kembali. Contoh memperbaiki sepeda, HP, televisi yang sudah rusak agar bisa digunakan kembali.

6. Pencemaran lingkungan di antaranya adalah pencemaran lingkungan air, tanah, udara, dan pencemaran suara.
Adapun cara menanggulanginya diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Menanam banyak pepohonan agar udara menjadi lebih sejuk dan segar
2. Tidak membakar sampah sembarangan
3. Tidak merokok di tempat umum, apalagi di dekat anak-anak atau bayi
4. Mengurangi menggunakan kendaraan bermotor saat bepergian jarak dekat, misal ke warung sebelah rumah jalan kaki saja.
5. Membuang sampah pada tempatnya, tidak membuang sampah sembarangan di sungai atau selokan yang bisa mengakibatkan banjir dan pencemaran air sungai.
6. Jangan membuang limbah rumah tangga ke sungai
7. Mengurangi penggunaan pupuk kimia yang berlebihan ke tanah. Juga tidak membuan benda-benda yang mengandung zat kimia berbahaya di tanah.

7. Berikut ini ialah cara menciptakan lingkungan yang sehat yang bisa kita laksanakan bersama – sama :
a. Membuang sampah di tempatnya
b. Menjaga kebersihan lingkungan
c. Mendirikan tempat untuk pembuangan akhir sampah
d. Mendaur ulang sampah
e. Membuat saluran air dan sarana MCK
f. Saluran limbah
g. Menanam tumbuhan hijau

Popular posts from this blog

59 Soal Teks Eksplanasi

Soal Pilihan Ganda Mengenai Teks Eksplanasi 1. Karakteristik atau ciri dari teks eksplanasi ialah … a. Isinya memuat fakta b. Muatannya didasarkan pada pendapat / opini c. Adanya langkah prosedur d. Memuat unsur kekonyolan e. Terdapat unsur persuasif di dalamnya 2. Teks eksplanasi ditulis untuk menjawab pertanyaan …. a. apa dan siapa b. kapan dan dimana c. bagaimana dan mengapa d. berapa dan bagaimana e. siapa dan mengapa 3. Berikut ini ciri-ciri teks eksplanasi, kecuali …. a. struktur terdiri atas pernyataan umum, deretan penjelas, dan penutup b. memuat informasi sesungguhnya/fakta c. memuat informasi yang bersifat keilmuan d. menjelaskan suatu kondisi atau fenomena e. berisi langkah-langkah kerja 4. Kutipan berikut untuk nomor 4 dan 5 Korean Pop atau yang disebut K-Pop adalah jenis musik populer yang berasl dari Korea Selatan. Demam K-Pop pun kini sudah mendunia, termasuk di Indonesia. Demam K-Pop di Indonesia dilatarbelakangi fenomena Piala Dunia Korea – Jepang 2002 yang berakhir de

33 Soal Media Promosi

Soal Pilihan Ganda Mengenai Media Promosi 1. Contoh penggunaan katalog antara lain digunakan oleh a. Detik b. Alfamart c. Okezone d. Liputan 2. Semacam booklet (buku kecil) yang tak berjilid... a. Brosur b. Radio c. Website d. Pamflet 3. Media komunikasi massa yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa dan berbentuk cetakan... a. Majalah b. Ebook c. Booklet d. Koran 4. Suatu media informasi dan promosi yang sering digunakan oleh para perusahaan dalam memasarkan sebuah produk, biasanya spanduk terdapat pada tepi jalan raya atau diwarung-warung... a. Majalah b. Ebook c. Booklet d. Spanduk 5. Berikut kelebihan dari media promosi banner, kecuali... a. Iklan banner dapat memberikan di atas rata-rata iklan lainnya. b. Pertumbuhan penggunaan blocker iklan mencegah pengguna melihat iklan c. Iklan banner adalah alat branding yang sangat baik. d. Iklan banner dapat membawa traffic bertarget yang tertarik dengan penawaran Anda.

33 Soal Pengolahan dan Kewirausahaan Makanan Asli Khas Daerah (Orisinil) Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Pengolahan dan Kewirausahaan Makanan Asli Khas Daerah (Orisinil) 1. Bahan pembuatan makanan asli khas daerah Nusantara yang orisinil dari bahan hewani contohnya sebagai berikut, kecuali …. A. ikan B. telur C. kacang D. daging sapi E. kepiting 2. Kandungan makanan asli khas daerah berupa karbohidrat, protein, dan lemak berfungsi sebagai sumber …. A. energi B. zat pembangun C. zat pegganti sel yang rusak D. zat pengatur E. zat perintis 3. Tahu yang berasal dari asli daerah jawa barat, dikenal dengan nama tahu …. A. pong B. sutra C. sumedang, misihu D. jepang E. bacem 4. Perhatikan gambar dibawah ini! Gambar semur jengkol tersebut adalah makanan asli khas daerah …. A. Maluku B. batak C. Bali D. Betawi E. Makassar 5. Masakan dengan memakai sayur mayor mentah merupakan khas dari daerah … A. jawa tengah B. jawa timur C. jawa barat D. bali E. ambon 6. Berikut beberapa teknik dalam mengolah makanan khas daerah nusatara, kecuali …. A. menggoreng B. mengukus C. ove