Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Soal (Essay) Mikrobiologi Lingkungan Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Mikrobiologi Lingkungan dan Jawaban


1. Jelaskan pengertian dari biogeokimia !

Jawaban:
Biogeokimia adalah mempelajari peranan mikroorganisme dalam siklus materi, kontrol lingkungan pada pertambangan dan fiksasi nitrogen yang mengalami gangguan serius


2. Apa yang kamu ketahui tentang mikrobiologi lingkungan ?

Jawaban:
Mikrobiologi lingkungan adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari interaksi antara mikroorganisme, bumi, dan atmosfer. Mikrobiologi lingkungan membahas antara lain mikrobiologi tanah dan udara, mikrobiologi limbah, dan mikrobiologi akuatik. Mikrobiologi lingkungan diterapkan pada bidang pertanian, industri, perikanan, kesehatan, dan lain sebagainya.


3. Jelaskan hubungan antar mikrobe dalam ekosistem !

Jawaban:
Mikrobe organisme yang menghuni suatu ekosistem mempertunjukan beberapa macam tipe asosiasi dan interaksi antara spesies beberapa di antara bersifat netral (artinya spesies-spesies yang besangkutan tidak terpengaruh), beberapa bersifat menguntungkan atau positif bagi suatu anggota atau lebih yang lain bersifat merugikan atau negatif bagi suatu anggota atau lebih. Istilah umum simbiosis di gunakan untuk menamakan hubungan yang ada bila dua atau lebih organisme hidup bersama. Tipe-tipe simbiosis dapat di gambarkan sebagai berikut:
a. Netralisme: anggota–anggota asosiasis tidak terpengaruh meskipun tumbuh di dalam lingkungan.
b. Mutualisme kedua anggota asosiasi memperoleh keuntungan.
c. Komenkalisme: salah satu anggota asosiasi menerima keuntungan yaitu dapat tumbuh lebih cepat, dapat mencapai populasi total yang besar, dan pada umumnya tumbuh lebih baik anggota yang lain tidak terpengaruh.
d. Anatagonisme, kompetisi, atau paratisisme: salah satu anggota yang lain mendapat keuntungan.


4. Jelaskan kegiatan biokimiawi mikroorganisme didalam tanah !

Jawaban:
Peranan terpenting mikroorganisme tanah ialah fungsinya yang membawa perubahan kimiawi pada substansi-substansi didalam tanah, terutama pengubahan persenyawaan organik yang mengandung karbon, nitrogen, sulfur, dan fosfor menjadi persenyawaan anorganik. Proses ini disebut mineralisasi, didalamnya terlibat sejumlah besar perubahan kimiawi serta berperanan bermacam-macam spesies mikrobe. Rangkaian peristiwanya dapat digambarkan sebagai suatu proses siklik yang dapat diawali misalnya dengan suatu unsur seperti nitrogen, yang mengalami sederetan perubahan dari persenyawaan anorganik menjadi organik. Kemudian nitrogen itu dibebaskan dari protein, dan proses tersebut berulang kembali. Salah satu proses siklik semacam itu yang dipahami paling baik ialah yang menggambarkan transformasi nitrogen beserta persenyawaannya.


5. Apa yang dimaksud dengan mikroorganisme simbiotik ?

Jawaban:
Mikroorganisme simbiotik, yaitu yang hidup pada akar tanaman kacang-kacangan.

Soal (Esai) Materi Mikrobiologi Lingkungan Lengkap Jawaban

6. Jelaskan tentang daur nitrogen !

Jawaban:
Daur ini menarik minat besar para ahli mikroboilogi tanah dan ahli-ahli lain yang berkecimpung dibidang pertanian karena peranannya yang penting didalam nutrisi hasil tanaman. Nitrat merupakan bentuk nitrogen yang dapat diambil oleh tanaman. Melalui serangkaian reaksi mikrobial, persenyawaan nitrogen organik, juga nitrogen gas dari atmosfir, diubah menjadi nitrat. Rangkaian perubahan ini, dari nitrogen bebas diatmosfir menjadi persenyawaan organik yang sederhana dan yang kompleks didalam jaringan tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme, serta pelepasan nitrogen pada akhirnya kembali menjadi nitrogen atmosfer.


7. Jelaskan tentang fiksasi (penambatan) nitrogen. !

Jawaban:
Proses ini merupakan salah satu dari banyak proses biokimiawi didalam tanah yang memainkan salah satu peranan paling penting, yaitu mengubah nitrogen atmosfer (N2 atau nitrogen bebas) menjadi nitrogen dalam persenyawan (nitrogen tertambat).


8. Apa yang dimaksud dengan mikroorganisme non simbiotik ?

Jawaban:
Mikroorganisme non simbiotik, yaitu yang hidup bebas dan mandiri didalam tanah.


9. Jelaskan pengertian dari aeromicrobiology !

Jawaban:
Aeromicrobiology adalah mengumpulkan data dan mendeteksi patogen yang ditransmisikan udara serta pergerakan mikroorganisme tersebut dalam aerosol


10. Tuliskan peranan dan pengolahan mikroorganisme dalam kehidupan !

Jawaban:
Adapun beberapa peranan suatu mikroorganisme di dalam kehidupan maupun cara pengelolahannya adalah sebagai berikut:

1. Mikroorganisme yang telah direkayasa dapat digunakan menggantikan untuk suatu proses produksi sehingga hanya menghasilkan polutan sedikit. Beberapa contohnya adalah produksi enzim,vitamin, karbohidrat, dan lipida yang menggunakan mikroorganisme akan menghasilkan limbah produksi lebih sedikit jika dibandingkan dengan produksi enzim, vitamin, karbohidrat, lipida yang menggunakan tumbuhan. Penggunaan Bacillus thuringiensis sebagai bioinsektisida dan penggunaan Bacillus subtilis sebagai pupuk bio-fosfor.

2. Miroorganisme yang telah direkayasa dapat digunakan sebagai organisme pembersihan (biocliner). Mikroorganisme yang telah direkayasa dapat digunakan sebagai organisme pembersih (bio-cliner) jenis-jenis polutan (limbah) yang digunakan dapat digunakan dapat menghasilkan bahan yang lebih bernilai ekonomis seperti:

a. Produksi biogas

Limbah-limbah dari rumah tangga, pertanian, dan industry yang diurai oleh bakteri kelompok metanogen dapat menghasilkan biogas yang sebagian besar merupakan metana. Biogas metana dapat terjadi dari penguraian limbah organik yang mengandung protein dan karbohidrat. Secara lebih ringkas, dapat dinyatakan bahwa bakteri yang berperan dalam perombakan bahan organik dalam produksi biogas ada dua macam yaitu: bakteri pembentuk asam dan merombak bahan organik dan menghasilkan asam lemak. Proses ini dilakukan oleh bakteri-bakteri Pseudomonas, Flavobacterium, Alkaligenes, Escherichia, Aerobacter. Selanjutnya asam lemak ini akan dirombak oleh bakteri metan, dan menghasilkan gas bio (sebagaian besar menghasilkan metan) bakteri-bakteri tersebut adalah Methanobacterium, Methanosarcina, dan Methanococcus. Di samping itu juga ada kelompok bakteri lain yang memanfaatkan unsur-unsur sulfur (S) dan membentuk H2S yaitu bakteri Desulvovibrio.

b. Untuk Mengatasi Limbah Minyak Bumi.

Bakteri juga telah dimanfaatkan untuk mengatasi limbah minyak bumi di daerah kilang minyak (terutama kilang minyak lepas pantai). Atau pada kecelakaan kapal pengangkut minyak bumi. Golongan Pseudomonas, seperti Pseudomonas putida mampu mengkonsumsi hidrokarbon yang merupakan bagian utama penguraian hidrokarbon terdapat pada plasmid. Bakteri yang mengandung plasmid rekombinan kultur dalam jerami dan dikeringkan. Jerami berrongga yang telah berisi kultur bakteri kering dapat disimpan dan dikeringkan dapat disimpan dan digunakan jika diperlukan. Pada jerami akan menyerap minyak dan bakteri akan menguraikan tumpahan minyak itu menjadi senyawa yang tidak berbahya dan tidak menimbulkan polusi.

c. Untuk Mengatasi Limbah Logam Berat.

Limbah pabrik yang banyak mengandung lsogsm berat dapat dibersihkan oleh mikroorganisme yang dapat menggunakan logam berat sebagai nutrient atau hanya menyerap (imobilisasi) logam berat. Mikroorganisme yang dapat digunnakan diantarany adalah Thiobacilus ferrooxidas dan Bacilus subtilis. Thiobacilus ferrooxidas mendapatkan energy dari senyawa organic seperti bahan yang berguna asam fumarat dan besi sulfat. Bacilus subtilis memiliki kemampuan mengikat logam berat seperti Pb, Cd, Cu, Ni, Zn, Al, dan fe dalam bentuk nitrat.

d. Pengolahan Limbah Yang Kaya Akan Protein.

Limbah-limbah yang kaya protein jika terdekomposisi oleh bakteri decomposer akan menghasilkan nitrat, nitrit, dan ammonia. Ketig hasil dekomposisi ini dapat mengakibatkan lingkukan dan kesehatan.