Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Soal (Essay) Mikrobiologi Lingkungan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Mikrobiologi Lingkungan

1. Jelaskan pengertian dari biogeokimia !

Jawaban:
Biogeokimia adalah mempelajari peranan mikroorganisme dalam siklus materi, kontrol lingkungan pada pertambangan dan fiksasi nitrogen yang mengalami gangguan serius


2. Apa yang kamu ketahui tentang mikrobiologi lingkungan ?

Jawaban:
Mikrobiologi lingkungan adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari interaksi antara mikroorganisme, bumi, dan atmosfer. Mikrobiologi lingkungan membahas antara lain mikrobiologi tanah dan udara, mikrobiologi limbah, dan mikrobiologi akuatik. Mikrobiologi lingkungan diterapkan pada bidang pertanian, industri, perikanan, kesehatan, dan lain sebagainya.


3. Jelaskan hubungan antar mikrobe dalam ekosistem !

Jawaban:
Mikrobe organisme yang menghuni suatu ekosistem mempertunjukan beberapa macam tipe asosiasi dan interaksi antara spesies beberapa di antara bersifat netral (artinya spesies-spesies yang besangkutan tidak terpengaruh), beberapa bersifat menguntungkan atau positif bagi suatu anggota atau lebih yang lain bersifat merugikan atau negatif bagi suatu anggota atau lebih. Istilah umum simbiosis di gunakan untuk menamakan hubungan yang ada bila dua atau lebih organisme hidup bersama. Tipe-tipe simbiosis dapat di gambarkan sebagai berikut:
a. Netralisme: anggota–anggota asosiasis tidak terpengaruh meskipun tumbuh di dalam lingkungan.
b. Mutualisme kedua anggota asosiasi memperoleh keuntungan.
c. Komenkalisme: salah satu anggota asosiasi menerima keuntungan yaitu dapat tumbuh lebih cepat, dapat mencapai populasi total yang besar, dan pada umumnya tumbuh lebih baik anggota yang lain tidak terpengaruh.
d. Anatagonisme, kompetisi, atau paratisisme: salah satu anggota yang lain mendapat keuntungan.


4. Jelaskan kegiatan biokimiawi mikroorganisme didalam tanah !

Jawaban:
Peranan terpenting mikroorganisme tanah ialah fungsinya yang membawa perubahan kimiawi pada substansi-substansi didalam tanah, terutama pengubahan persenyawaan organik yang mengandung karbon, nitrogen, sulfur, dan fosfor menjadi persenyawaan anorganik. Proses ini disebut mineralisasi, didalamnya terlibat sejumlah besar perubahan kimiawi serta berperanan bermacam-macam spesies mikrobe. Rangkaian peristiwanya dapat digambarkan sebagai suatu proses siklik yang dapat diawali misalnya dengan suatu unsur seperti nitrogen, yang mengalami sederetan perubahan dari persenyawaan anorganik menjadi organik. Kemudian nitrogen itu dibebaskan dari protein, dan proses tersebut berulang kembali. Salah satu proses siklik semacam itu yang dipahami paling baik ialah yang menggambarkan transformasi nitrogen beserta persenyawaannya.