Skip to main content

5 Soal (Essay) Mikrobiologi Lingkungan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai/Uraian) Materi Mikrobiologi Lingkungan

1. Jelaskan pengertian dari biogeokimia !

2. Apa yang kamu ketahui tentang mikrobiologi lingkungan ?

3. Jelaskan hubungan antar mikrobe dalam ekosistem !

4. Jelaskan kegiatan biokimiawi mikroorganisme didalam tanah !

5. Apa yang dimaksud dengan mikroorganisme simbiotik ?

Jawaban:

1. Biogeokimia adalah mempelajari peranan mikroorganisme dalam siklus materi, kontrol lingkungan pada pertambangan dan fiksasi nitrogen yang mengalami gangguan serius

2. Mikrobiologi lingkungan adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari interaksi antara mikroorganisme, bumi, dan atmosfer. Mikrobiologi lingkungan membahas antara lain mikrobiologi tanah dan udara, mikrobiologi limbah, dan mikrobiologi akuatik. Mikrobiologi lingkungan diterapkan pada bidang pertanian, industri, perikanan, kesehatan, dan lain sebagainya.

3. Mikrobe organisme yang menghuni suatu ekosistem mempertunjukan beberapa macam tipe asosiasi dan interaksi antara spesies beberapa di antara bersifat netral (artinya spesies-spesies yang besangkutan tidak terpengaruh), beberapa bersifat menguntungkan atau positif bagi suatu anggota atau lebih yang lain bersifat merugikan atau negatif bagi suatu anggota atau lebih. Istilah umum simbiosis di gunakan untuk menamakan hubungan yang ada bila dua atau lebih organisme hidup bersama. Tipe-tipe simbiosis dapat di gambarkan sebagai berikut:
a. Netralisme: anggota–anggota asosiasis tidak terpengaruh meskipun tumbuh di dalam lingkungan.
b. Mutualisme kedua anggota asosiasi memperoleh keuntungan.
c. Komenkalisme: salah satu anggota asosiasi menerima keuntungan yaitu dapat tumbuh lebih cepat, dapat mencapai populasi total yang besar, dan pada umumnya tumbuh lebih baik anggota yang lain tidak terpengaruh.
d. Anatagonisme, kompetisi, atau paratisisme: salah satu anggota yang lain mendapat keuntungan.

4. Peranan terpenting mikroorganisme tanah ialah fungsinya yang membawa perubahan kimiawi pada substansi-substansi didalam tanah, terutama pengubahan persenyawaan organik yang mengandung karbon, nitrogen, sulfur, dan fosfor menjadi persenyawaan anorganik. Proses ini disebut mineralisasi, didalamnya terlibat sejumlah besar perubahan kimiawi serta berperanan bermacam-macam spesies mikrobe. Rangkaian peristiwanya dapat digambarkan sebagai suatu proses siklik yang dapat diawali misalnya dengan suatu unsur seperti nitrogen, yang mengalami sederetan perubahan dari persenyawaan anorganik menjadi organik. Kemudian nitrogen itu dibebaskan dari protein, dan proses tersebut berulang kembali. Salah satu proses siklik semacam itu yang dipahami paling baik ialah yang menggambarkan transformasi nitrogen beserta persenyawaannya.

5. Mikroorganisme simbiotik, yaitu yang hidup pada akar tanaman kacang-kacangan.

Popular posts from this blog

59 Soal Teks Eksplanasi

Soal Pilihan Ganda Mengenai Teks Eksplanasi 1. Karakteristik atau ciri dari teks eksplanasi ialah … a. Isinya memuat fakta b. Muatannya didasarkan pada pendapat / opini c. Adanya langkah prosedur d. Memuat unsur kekonyolan e. Terdapat unsur persuasif di dalamnya 2. Teks eksplanasi ditulis untuk menjawab pertanyaan …. a. apa dan siapa b. kapan dan dimana c. bagaimana dan mengapa d. berapa dan bagaimana e. siapa dan mengapa 3. Berikut ini ciri-ciri teks eksplanasi, kecuali …. a. struktur terdiri atas pernyataan umum, deretan penjelas, dan penutup b. memuat informasi sesungguhnya/fakta c. memuat informasi yang bersifat keilmuan d. menjelaskan suatu kondisi atau fenomena e. berisi langkah-langkah kerja 4. Kutipan berikut untuk nomor 4 dan 5 Korean Pop atau yang disebut K-Pop adalah jenis musik populer yang berasl dari Korea Selatan. Demam K-Pop pun kini sudah mendunia, termasuk di Indonesia. Demam K-Pop di Indonesia dilatarbelakangi fenomena Piala Dunia Korea – Jepang 2002 yang berakhir de

33 Soal Media Promosi

Soal Pilihan Ganda Mengenai Media Promosi 1. Contoh penggunaan katalog antara lain digunakan oleh a. Detik b. Alfamart c. Okezone d. Liputan 2. Semacam booklet (buku kecil) yang tak berjilid... a. Brosur b. Radio c. Website d. Pamflet 3. Media komunikasi massa yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa dan berbentuk cetakan... a. Majalah b. Ebook c. Booklet d. Koran 4. Suatu media informasi dan promosi yang sering digunakan oleh para perusahaan dalam memasarkan sebuah produk, biasanya spanduk terdapat pada tepi jalan raya atau diwarung-warung... a. Majalah b. Ebook c. Booklet d. Spanduk 5. Berikut kelebihan dari media promosi banner, kecuali... a. Iklan banner dapat memberikan di atas rata-rata iklan lainnya. b. Pertumbuhan penggunaan blocker iklan mencegah pengguna melihat iklan c. Iklan banner adalah alat branding yang sangat baik. d. Iklan banner dapat membawa traffic bertarget yang tertarik dengan penawaran Anda.

33 Soal Pengolahan dan Kewirausahaan Makanan Asli Khas Daerah (Orisinil) Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Pengolahan dan Kewirausahaan Makanan Asli Khas Daerah (Orisinil) 1. Bahan pembuatan makanan asli khas daerah Nusantara yang orisinil dari bahan hewani contohnya sebagai berikut, kecuali …. A. ikan B. telur C. kacang D. daging sapi E. kepiting 2. Kandungan makanan asli khas daerah berupa karbohidrat, protein, dan lemak berfungsi sebagai sumber …. A. energi B. zat pembangun C. zat pegganti sel yang rusak D. zat pengatur E. zat perintis 3. Tahu yang berasal dari asli daerah jawa barat, dikenal dengan nama tahu …. A. pong B. sutra C. sumedang, misihu D. jepang E. bacem 4. Perhatikan gambar dibawah ini! Gambar semur jengkol tersebut adalah makanan asli khas daerah …. A. Maluku B. batak C. Bali D. Betawi E. Makassar 5. Masakan dengan memakai sayur mayor mentah merupakan khas dari daerah … A. jawa tengah B. jawa timur C. jawa barat D. bali E. ambon 6. Berikut beberapa teknik dalam mengolah makanan khas daerah nusatara, kecuali …. A. menggoreng B. mengukus C. ove