Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal (Essay) Paragraf

Soal (Esai/Uraian) Mengenai Paragraf

1. Terangkan mengenai paragraf campuran!
2. Jelaskan tentang paragraf narasi !
3. Apa itu paragraf deskiripsi ?
4. Tuliskan perihal paragraf eksposisi !
5. Tuliskan ciri-ciri paragraf campuran!
6. Jelaskan perbedaan antara paragraf argumentatif pola deduktif dan paragraf argumentatif pola induktif!
7. Jelaskan perbedaan antara paragraf argumentatif dan paragraf persuasif!
8. Tulislah paragraf persuasif dengan topik “Banyak pelajar yang putus sekolah karena narkoba”!
9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan paragraf induktif dan berilah contohnya!
10. Tuliskan fungsi paragraf!
11. Tuliskan jenis paragraf berdasarkan fungsi!
12. Tuliskan jenis paragraf berdasarkan letak gagasan utama!
13. Tuliskan jenis paragraf berdasarkan isinya!
14. Tuliskan ciri-ciri paragraf?
15. Jelaskan pengertian paragraf?

Kunci Jawaban:

1. Paragraf campuran merupakan jenis paragraf yang memiliki kalimat utama di awal dan akhir paragraf. Jenis paragraf ini dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok diikuti kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri dengan kalimat utama lagi sebagai penjelas.

2. Paragraf narasi adalah jenis paragraf yang bertujuan menceritakan suatu kejadian atau peristiwa. Ciri-ciri dari paragraf narasi adalah ada kejadian, ada pelaku, dan ada waktu kejadian. Cerita dalam paragraf narasi dituliskan secara runtut dan urut.

3. Paragraf deskiripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek dengan kata-kata yang mampu merangsang indra pembaca. Jenis paragraf ini bertujuan menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan. Objek yang dideskripsikan dapat berupa orang, benda, atau tempat.

4. Paragraf eksposisi adalah paragraf yang bertujuan untuk memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan suatu topik kepada pembaca. Tujuan dari paragraf ini adalah memberikan informasi sehingga memperluas pengetahuan pembaca.

5. Ciri-Ciri Paragraf Campuran
Kalimat topik (ide pokok) pada awal kalimat diisi dengan pernyataan bersifat umum.
Pada bagian tengah diisi dengan kalimat-kalimat penjelas.
Pada bagian akhir diisi dengan pengulangan ide pokok untuk memperjelas informasi.
Umumnya kalimat akhir berisi sebuah kesimpulan.

6. Dalam paragraf deduktif, ide-ide yang telah dirumuskan dalam kalimat diatur dengan ide yang bersifat umum (premis mayor). Ide-ide tersebut diletakkan pada bagian awal dan diikuti dengan ide yang bersifat lebih khusus. Penataan ini dapat direalisasikan dengan menampilkan kalimat topik (yang berupa pernyataan) lebih dahulu pada awal paragraf, kemudian dilanjutkan dengan kalimat penjelas.
Sedangkan paragraf induktif, penataan ini diperoleh dengan cara menyusun ide-ide khusus dan diikuti dengan ide yang umum. Ide-ide khusus ditampilkan pada bagian awal paragraf, kemudian disimpulkan dengan ide yang lebih umum. Ide yang lebih umum itu biasanya berupa kalimat simpulan dan diikuti oleh suatu pernyataan pembenaran.

7. Paragraf argumentatif adalah paragraf yang mengemukakan alasan, contoh, dan bukti-bukti yang kuat dan meyakinkan. Sedangkan paragraf persuasif merupakan paragraf yang berisi imbauan atau ajakan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu seperti yang diharapkan penulisnya.

8. Banyak pelajar yang putus sekolah karena narkoba, sebenarnya bukan hal yang baru. Pengunaan narkoba dikalangan pelajar pada dasarnya disebabkan mereka mempunyai banyak waktu luang yang tidak disalurkan dengan positif dan kurangnya pengetahuan tentang bahaya narkoba. Hal ini sesuai dengan sifat remaja yang selalu ingin mencoba sesuatu yang baru. Mereka memerlukan bimbingan untuk penyaluran waktu luangnya itu. Dalam hal ini sekolah mempunyai peran yang penting untuk membimbingnya. Sekolah harus mengarahkan mereka untuk melakukan kegiatan yang lebih berguna, seperti memberikan penyuluhan tentang bahayanya penggunaan narkoba, olahraga, musik, bakti sosial, tulis menulis, kegiatan keagamaan, dan sebagainya.
Dengan adanya kegiatan itu, berarti sekolah telah menyalurkan waktu luang siswa sehingga tidak sempat berbuat yang negatif. Oleh karena itu, untuk memecahkan masalah banyak pelajar yang putus sekolah karena narkoba, dapat disusun program kegiatan penyaluran waktu luang siswa selain kegiatan belajar-mengajar.

9. Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf, mengemukakan pendapat yang bersifat umum ke khusus
contoh :
Ujian semester akhir mata kuliah pengembangan sistem informasi (PSI) telah usai, kini hasil ujian mahasiswa sistem informasi semester dua dibagikan. Dalam deretan daftar mahasiswa yaitu Heri, Cepi Cahyana, Ujang Suherman dan Dadan mendapatkan nilai yang cukup memuaskan yaitu mendapatkan nilai A.
Sedangkan untuk mahasiswa lain kebanyakan hanya mendapatkan nilai B dan hanya satu orang nilai C. Namun, dalam ujian mata kuliah PSI juga ada dua orang yang tidak mengikuti sehingga tidak mendapatkan nilai. Dari keseluruhan nilai mata kuliah pengembangan sistem informasi (PSI) dapat disimpulkan bahwa mahasiswa cukup bagus dalam mengerjakan soal terutama dalam menganalisis sebuah sistem.

10. Paragraf mempunyai berbagai macam fungsi, diantara beberapa fungsi paragraf diantaranya adalah;
a. Paragraf dalam sebuah kalimat dapat menjadi pengantar sebuah ide-ide, isi kalimat dan kalimat penutup pada tulisan yang dibuat oleh penulis.
b. Mencurahkan suatu perasan dan pemikiran penulis dalam sebuah karya atau kalimat dalam bentuk tulisan yang dibuat secara logis dan dapat diterima oleh pembaca.
c. Paragraf dapat membantu pembaca untuk memahami segala sesuatu mengenai isi dan topik dalam sebuah tulisan
d. Memudahkan penulis untuk menyusun ide-ide tentang tulisan yang akan dibuatnya.
e. Dapat membantu penulis dalam mengembangkan gagasan-gagasan atau ide dari segala sesuatu yang berhubungan dengan topik yang ingin ditulis menjadi sebuah karya tulis.

11.
a. Paragraf Pembuka
Dalam sebuah karangan (kecuali karangan ilmiah). Paragraf pembuka umumnya ditulis untuk memancing rasa keingintahuan pembaca terhadap isi artikel secara keseluruhan.
b. Paragraf Isi
Paragraf ini berisi bagian-bagian pokok dalam suatu karangan.
c. Paragraf Penutup
Paragraf ini biasanya berisi kesimpulan, saran, harapan, ringkasan dan penekanan kembali hal-hal penting yang terdapat dalam setiap karangan.
d. Paragraf Penghubung
Paragraf ini fungsinya adalah untuk mengubungkan antara paragraf satu ke paragraf lainnya atau karangan satu ke karangan lainnya.

12.
a. Paragraf Deduktif
Paragraf deduktif adalah paragraf yang letak gagasan utamanya terletak di awal paragraf.
b. Paragraf Induktif
Paragraf Induktif adalah paragraf yang letak gagasan utamanya berada di akhir paragraf
c. Paragraf Ineratif
Paragraf ineratif adalah paragraf yang letak gagasan utamanya berada ditengah paragraf
d. Paragraf Campuran
Paragraf campuran adalah paragraf yang letak gagasan utamanya berada di awal dan juga akhir paragraf.

13. Berikut ini adalah jenis paragraf ditinjau dari isinya:
1. Paragraf Eksposisi
Paragraf eksposisi adalah paragraf yang isinya bertujuan untuk memberikan penjelasan atau pengertian secara singkat dan padat.
Contohnya: kegiatan dalam merayakan ulang tahun TNI ke 72 tanggal 5 Oktober 2017 di lapangan blang padang banda aceh. Semua warga banda aceh turut hadir menyaksikan serangkaian acara ulang tahun TNI ke 72 dengan berbagai ragam acara seperti : Drumband, Tari Saman dan acara lainnya.
2. Paragraf Deskripsi
Paragraf ini adalah suatu kalimat yang memaparkan isi gambaran pada suatu keadaan atau sebuah peristiwa yang bentuk tulisan sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar dan merasakan serta mengalami peristiwa tersebut.
Contohnya: saat brownis coklat buatan ibuku dihidangkan untukku, wangi brownis coklatnya langsung tercium enak oleh hidungku. Saat aku mencoba memakannya, bentuk dan rasa manisnya langsung membuat lidahku bergoyang. Sungguh, ibuku sangat pandai sekali membuat brownis coklat ini.
3. Paragraf Persuasi
Paragraf persuasi adalah paragraf yang dimana isinya dapat mempengaruhi atau membujuk pembaca untuk tertarik dengan gagasan atau ajakan yang dibuat.
Contohnya: membaca memang merupakan faktor penting dalam menguasai berbagai ilmu pengetahuan. sebab seseorang tak memiliki niat untuk membaca pasti tidak banyak memiliki tingkat pengetahuan. Karena ilmu pengetahuan biasanya bersumber dari buku.
Misalnya anak yang pandai dalam pelajaran, biasanya dia akan menjadi kutu buku. Bagi siapa saja yang tidak memiliki niat untuk membaca pasti pengetahuannya tidak luas dan terbatas. Oleh karena itu membaca menjadi hal yang penting dan biasakanlah membaca buku.
4. Paragraf Argumentasi
Paragraf ini adalah suatu kalimat paragraf dimana isinya dapat menyakinkan pembaca sehingga memperoleh dan menerima gagasan dalam sebuah karya yang ditulis oleh penulis.
Contohnya: membaca memang merupakan faktor penting dalam menguasai berbagai ilmu pengetahuan. Seorang penasihat hukum pasti selalu membaca buku-buku yang terkait dengan hukum, sebab jika tidak membaca buku hukum pasti ia akan merasa kesulitan dan tidak tahu apa saja pasal-pasal yang tertera dibuku hukum.
Seorang mahasiswa, tidak mau membaca buku maka akan mengalami kesulitan dalam menjawab soal-soal dari dosen.
5. Paragraf Narasi
Paragraf ini adalah suatu kalimat paragraf dimana isinya menceritakan suatu peristiwa atau sebuah masalah, sehingga membuat pembaca menjadi tehibur atau terharu.
Contohnya: beberapa hari yang lalu kami pergi ke sebuah pusat wisata yang berada di Jakarta. Kami pergi dengan 2 mobil pribadi. Mobil kami melaju cukup cepat secara beriringan dengan mobil lainnya. Perjalanan menjadi sangat menyenangkan, semua orang tampak gembira. Cahaya sinar matahari menyinari kami sehingga membuat pemandangan dari dalam kacamata mobil cukup indah.

14. Paragraf memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
a. Pada kalimat pertama atau utama paragraf harus masuk agak kedalam dengan beberapa ketukan spasi. Ketukan spasi dalam paragraf sekitar lima ketukan, biasanya ketukan lima spasi ini digunakan untuk jenis kalimat atau karangan yang biasa.
b. Paragraf biasanya digunakan sebagai pikiran utama dalam sebuah kalimat atau topik yang telah ditentukan oleh penulis.
c. Kalimat topik dan kalimat pengembang dalam paragraf memiliki fungsi dalam penulisan dimana fungsi tersebut dapat menjelaskan atau menerangkan pikiran utama dari penulis dalam menuliskan sebuah karya atau karangan dalam sebuah kalimat topik.
d. Selain itu pada poin keempat paragraf juga memakai sebuah kalimat penjelas dalam tulisan dimana kalimat penjelas tersebut berisikan tentang kedetailan dari kalimat topik. Paragraf memang bukan kumpulan dari kalimat topik, tetapi paragraf disini berisi beberapa kalimat penjelas dan hanya satu kalimat topik.

15. Paragraf adalah kumpulan kalimat yang biasanya mempunyai satu ide pokok dan cara penulisannya sedikit menjorok ke bagian dalam atau menggunakan garis baru. Nama lain dari paragraf adalah alinea