Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal (Essay) Parasitologi Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Parasitologi dan Jawaban


1. Jelaskan tentang hiperparasitisme !

Jawaban:
Hiperparasitisme, yaitu kondisi berupa infestasi oleh parasit yang jumlahnya kelewat batas. Di sini satu individu inang ditempati parasit dari satu jenis yang jumlahnya jauh lebih besar dari biasanya. Contoh, seekor ayam muda berumur 4 bulan menderita infestasi cacing Ascaridia galli yang berjumlah sekitar 1.000 ekor, dapat disebut kasus hiperparasitisme.


2. Jelaskan tentang poliparasitisme !

Jawaban:
Poliparasitisme, yaitu kondisi berupa infestasi oleh bermacam-macam jenis parasit dalam satu individu (inang). Contoh, di Indonesia poliparasitisme pada manusia biasanya disebabkan oleh malaria, skistosomiasis, filariasis dan cacing-cacing gastrointestinal.


3. Apa yang dimaksud dengan parasitologi ?

Jawaban:
Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang organisme parasit


4. Ada 2 jenis lingkungan yang harus dipertimbangkan parasit agar tingkat kelulus hidupan parasit menjadi tinggi. Tuliskan!

Jawaban:
Hal yang pertama, adalah lingkungan mikro dan kedua adalah lingkungan makro. Lingkungan mikro adalah kondisi pada dan atau di dalam tubuh inang yang merupakan habitat bagi parasit, dan lingkungan makro berupa kondisi di luar tubuh inang yang merupakan habitat bagi inang. Di dalam lingkungan mikro, parasit harus mampu melakukan adaptasi terlebih dahulu dengan mengatasi atau menghindari reaksi inang yang mencoba melawan dan menghancurkannya. Lingkungan mikro ini dapat berupa lapisan terluar dari sel inang (membran sel inang) atau di luar sel inang atau juga di dalam cairan tubuh ataupun di dalam suatu matriks yang merupakan bahan penyusun jaringan dan organ inang.


5. Apa yang dimaksud dengan parasitisme ?

Jawaban:
Hubungan majemuk antara parasit dengan satu atau lebih inang dan lingkungannya.

Soal (Esai) Bab Parasitologi Lengkap Jawaban


6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan parasit fakultatif !

Jawaban:
Parasit fakultatif yaitu organisme yang normalnya tidak bersifat parasitis namun secara kebetulan dapat menjadi parasitis dalam organisme lain dalam waktu terbatas.


7. Apa yang dimaksud dengan parasit adaptif ?

Jawaban:
Parasit adaptif adalah organisme yang mempunyai kemampuan hidup baik sebagai tahap hidup bebas atau sebagai organisme parasitis.


8. Jelaskan apa yang dimaksud pemangsaan !

Jawaban:
Pemangsaan adalah perbuatan yang selain berakibat merugikan juga menimbulkan kerusakan pada pihak lain secara langsung, bahkan dapat sampai berakibat matinya organisme lain.


9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan parasit intraseluler !
Parasit yang tinggal sementara atau menetap pada lapisan terluar dari sel inang (membran sel inang)


10. Apa yang dimaksud dengan parasit ektraseluler ?

Jawaban:
Parasit yang tinggal sementara atau menetap di luar sel inang atau juga di dalam cairan tubuh ataupun di dalam suatu matriks yang merupakan bahan penyusun jaringan dan organ inang, mempunyai ukuran tubuh berkisar dari ukuran mikroskopis sampai makroskopis.

Pertanyaan Tentang Parasitologi + Kunci Jawaban


11. Jelaskan tentang hubungan majemuk suatu parasit !

Jawaban:
Hubungan majemuk ini menyebabkan suatu parasit disebut sebagai parasit obligat, parasit temporer, parasit fakultatif, dan parasit adaptif.


12. Apa yang dimaksud dengan parasit obligat ?

Jawaban:
Parasit obligat adalah organisme yang seluruh atau sebagian besar daur hidupnya bersifat parasitis.


13. Apa yang dimaksud dengan parasit temporer ?

Jawaban:
Parasit temporer merupakan organisme yang parasitis untuk periode waktu tertentu, baik pada periode waktu makan atau reproduksi.


14. Tuliskan contoh nama-nama spesies parasit !

Jawaban:
Contoh nama-nama spesies parasit !
a. Filaria conjunctiva
"Filaria" berasal dari kata "filum" dari bahasa latin, yang berarti benang. "Conjunctiva" berasal dari bahasa latin, yang berarti membran yang berbatasan dengan kelopak mata dan menutup bagian depan bola mata. Jadi, menunjukkan bahwa Filaria conjunctiva adalah: cacing yang berbentuk benang dan berlokasi pada conjunctiva.

b. Fasciola hepatica
"Fasciola" berarti sabuk, berasal dari bahasa latin. "Hepatica" berasal dari kata "hepaticos" dari bahasa Greek yang berarti hati. Jadi, Fasciola hepatica berarti cacing yang berbentuk seperti sabuk dan terdapat di dalam hati.

c. Cysticercus bovis
"Cysticercus" berasal dari kata cystis, yang berarti kantung, "cercos" berarti ekor, dari bahasa Greek. "Bovis" dari kata bovinus yang berarti sapi, dari bahasa latin. Jadi, Cysticercus bovis adalah organisme hidup yang berbentuk gelembung berekor dan terdapat dalam daging sapi.


15. Jelaskan tentang superparasitisme !

Jawaban:
Superparasitisme, yaitu parasit yang berparasit pada parasit lain. Contoh: Cotylurus flabelliformis adalah cacing daun bentuk primitif yang berparasit Parasit Inang Kematian parasit dalam usus halus itik