Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal (Esai) Pengetahuan Dasar Geografi Lengkap Jawaban

Latihan Soal (Essay/Uraian) Bab Pengetahuan Dasar Geografi
  1. Jelaskan pengertian konsep aglomerasi dan berikan contoh bentuk aglomerasi yang ada di perkotaan!
  2. Berikan contoh kajian geografi dengan menggunakan pendekatan keruangan, pendekatan ekologi, dan pendekatan kompleks wilayah!
  3. Jelaskan yang dimaksud dengan geosfer! Berikan contoh gejala maupun fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan geosfer!
  4. Tuliskan dan jelaskan empat prinsip geografi!
  5. Jelaskan ilmu geografi memerlukan ilmu penunjang lainnya!
Jawaban:
  1. Konsep aglomerasi menjelaskan mengapa suatu fenomena geografi cenderung mengelompok. Contohnya, penduduk di perkotaan cenderung tinggal secara mengelompok pada tingkat sosial yang sejenis, seperti permukiman elit atau mewah, permukiman khusus pedagang, kompleks perumahan pegawai negeri, atau permukiman kumuh.
  2. a. Contoh kajian geografi dengan menggunakan pendekatan keruangan:
    Pada musim hujan, Jakarta mengalami bencana banjir. Hal ini dikarenakan tidak ada tanah yang dapat dijadikan tempat peresepan air, lahan digunakan untuk pemukiman, kantor, dan jalan. Selain itu, penduduknya membuang sampah di saluran air.
    b. Contoh kajian geografi yang menggunakan pendekatan ekologi
    Daerah Jakarta banjir karena hutan di daerah Boor/puncak telah rusak akibat penggundulan hutan.
    c. Contoh kajian geografi yang menggunakan pendekatan kompleks wilayah
    Untuk mengatasi banjir di Jakarta, Pemda DKI Jakarta bekerja sama dengan Pemda daerah sekitarnya (Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) untuk memperbaiki DAS dan menggalakkan penghijauan.
  3. Geosfer merupakan lingkup kajian geografi yang terdiri atas komponen utama, yaitu atmosfer, litosfer, biosfer, hidrosfer, dan antroposfer, dengan menekankan antroposfer sebagai makhluk yang paling berperan dalam biosfer. Contohnya, dalam mengkaji masalah banjir, geografi tidak hanya melihat luas genangan, kedalaman, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia; tetapi juga dikaji bagaimana latar belakang timbulnya banjir, bagaimana penggunaan lahan di daerah hulu, penggarapan lahan, kemiringan lerengnya, intensitas hujan dan faktor sosial budaya penduduk di daerah hulu sungai seperti jumlah dan kepadatan penduduk, pemilikan lahan, cara penggarapan lahan, tingkat pendidikan, pendapatan, dan kebiasaan-kebiasaan lainnya dalam memanfaatkan lingkungan. Kemudian juga dilihat bagaimana peranan daerah hilir sebagai daerah limpasan air seperti lebar dan kedalaman sungai, pengunaan lahan, serta faktor sosial budaya ekonomi penduduknya di sekitar sungai.
  4. a. Prinsip persebaran
    Geografi menganut prinsip persebaran karena adanya persebaran fenomena geografi, baik yang menyangkut kondisi fisik maupun sosial yang tidak merata di muka bumi ini.
    b. Prinsip interrelasi
    Prinsip interrelasi menyatakan bahwa terdapat hubungan antara gejala geografi yang satu dengan gejala geografi yang lain di muka bumi, seperti hubungan antara gejala fisik dengan gejala fisik, antara gejala fisik dengan gejala sosial, dan atara gejala sosial dengan gejala sosial.
    c. Prinsip deskripsi
    Prinsip deskripsi merupakan cara pemaparan hasil pengkajian studi geografi terhadap gejala, fenomena atau masalah yang ada, yang digunakan untuk menjelaskan karakteristik gejala geografi yang dipelajari hubungan antargejala, dan distribusi keruangannya.
    d. Prinsip korologi
    prinsip korologi menganut keterpaduan antara ketiga prinsip sebelumnya, yaitu dengan mengkaji persebaran, interrelasi, dan deskripsi suatu wilayah.
  5. Dalam mempelajari ilmu geografi diperlukan bantuan ilmu-ilmu lain, tujuannya agar mendapatkan hasil yang maksimal.