Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal (Essay) Teks Berita Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai/Uraian) Materi Teks Berita

1. Jelaskan Struktur teks berita tentang orientasi berita !

2. Jelaskan unsur aktual dalam pembuatan berita!

3. Terangkan unsur faktual dalam pembuatan berita!

4. Uraikan unsur penting dalam pembuatan berita!

5. Apa itu unsur menarik dalam pembuatan berita!

6. Tulis dan jelaskan 7 sifat berita!

7. Jelaskan pengertian dari berita!

8. Tuliskan hal-hal yang perlu diperhatikan saat mendengarkan pembacaan berita!

9. Tuliskan dan jelaskan unsur 5W + 1H dalam berita!

10. Mengapa kita harus kritis dalam menerima berita?

11. Jelaskan struktur teks berita tentang peristiwa !

12. Jelaskan struktur teks berita sumber peristiwa !

13. Tuliskan contoh teks berita singkat tentang banjir!

14. Tuliskan contoh teks berita tentang pendidikan!

15. Tuliskan contoh teks berita tentang kebakaran!

Jawaban:

1. Orientasi berita berisikan bagian paragraf pembuka dari sebuah informasi yang akan diberikan. Sehingga sebagai pembuka untuk menggiring masyarakat masuk ke informasi atau berita secara lebih detail

2. Mengandung unsur terkini, terbaru, terhangat, baru saja atau sedang terjadi. Pengertian terbaru, bisa merupakan fakta terbaru yang ditemukan dari suatu peristiwa lama, atau peristiwa yang baru saja terjadi.

3. Dalam unsur faktual, kejadian benar-benar merupakan suatu kenyataan, bukan suatu rekayasa, khayalan atau karangan. Fakta dalam sebuah berita muncul dan diperoleh dari sebuah kejadian nyata, pendapat ataupun pernyataan.

4. Ada dua hal dalam berita dinilai penting. Pertama tokoh yang terlibat dalam pemberitaan adalah tokoh penting atau memiliki kapasitas yang telah diakui oleh masyarakat. Kedua, materi berita menyangkut kepentingan orang banyak dan mempengaruhi kondisi masyarakat.

5. Menimbulkan rasa ingin tahu, dan ketertarikan dari masyarakat untuk menyimak isi berita tersebut. Peristiwa yang menarik dan diminati oleh masyarakat biasanya bersifat menghibur, aneh, memiliki unsur kedekatan, mengandung nilai kemanusiaan, mengandung unsur seks, kriminalitas dan konflik.

6.
a. Aktual (baru)
hal-hal yang baru lebih memiliki nilai berita dibandingkan dengan hal-hal yang terjadi sudah lama.
b. Jarak (jauh/dekat)
khalayak lebih tertarik terhadap kejadian yang terjadi sekitar mereka dibandingkan dengan kejadian di tempat yang lebih jauh.
c. Penting
Sesuatu menjadi berita saat dianggap penting, karena berpengaruh pada kehidupan langsung, contoh: UU larangan merokok.
d. Akibat
Sesuatu menjadi berita karena memiliki dampak yang besar, contoh: penangkapan gembong pengedar narkoba
e. Pertentangan/konflik
Situasi yang dramatik dan penuh misteri tergolong peristiwa yang mengandung konflik. Dengan adanya konflik, seseorang ingin mengetahui akhir dari peristiwa yang diberikan.
f. Kemajuan atau penemuan.
Inovasi baru atau perubahan dan penemuan sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak akan menjadi sebuah berita yang menarik.
g. Emosi
Segala sesuatu yang apabila dikabarkan akan membuat marah, sedih, kecewa juga akan menjadi perhatian masyarakat. Contohnya: pemberitaan tentang penganiayaan terhadap anak kandung sendiri.

7. Berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak.

8.
a. mencatat pokok-pokok informasi tersebut;
b. menentukan fakta dan opini;
c. mengajukan pertanyaan;
d. menyampaikan informasi dan menyimpulkannya

9.
a. Apa yang terjadi dalam berita tersebut?
b. Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu?
c. Kapan peristiwa itu terjadi?
d. Di mana peristiwa itu terjadi?
e. Mengapa peristiwa itu bisa terjadi?
f. Bagaimana peristiwa itu terjadi?

10. Agar kita tidak salah dalam memperoleh informasi

11. Peristiwa adalah bagian dari struktur yang akan mengungkapkan semua fakta yang memang perlu untuk diinformasikan. Dalam bagian ini juga berbagai pertanyaan 5W+1H akan terjawab secara detail dan menjadi bagian inti dalam teks tersebut

12. Sumber Berita juga menjadi bagian yang tidak boleh diabaikan dalam sebuah teks berita. Terkait sumber berita ini bisa berupa lokasi peristiwa, saksi mata atau lainnya dan memang tidak harus berada di akhir teks tetapi bisa juga masuk ke dalam inti teks berita. Sehingga bagian ini penting tetapi fleksibel karena bisa ditempatkan dimana saja

13. Banjir di Rangkasbitung
Banjir merendam pemukiman warga dan sejumlah bangunan sekolah di Lebak, Banten, Selasa sore. Para siswa harus menanggalkan alas kaki untuk berangkat ke sekolah.
Guyuran hujan deras selama 3 hari. membuat aktivitas warga dan para siswa terganggu, Salah satunya di Sekolah Menengah Negeri 1 Rangkasbitung, Lebak, Banten.
Banjir setinggi 30 hingga 50 cm membuat siswa harus berjalan menerjang genangan menuju sekolah tanpa alas kaki, meski demikian para siswa tetap semangat belajar.
Hingga tadi malam hujan masih mengguyur wilayah Rangkasbitung, Lebak Banten, warga berharap sistem saluran air segera diperbaiki

14. Potret Pendidikan di Daerah Terpencil
Anak anak SD di desa Mekar Jaya, Kabupaten Muara enim jika pasca turun hujan harus berjuang lebih keras dalam menuntut ilmu, mereka harus berjalan kaki tanpa menggunakan sepatu dalam kondisi lumpur dan becek dengan jarak tempuh mencapai 5 km untuk belajar di sekolah dan menggapai cita cita mereka.
Selain akses jalan yang rusak, kondisi sekolah juga sangat mengkhawatirkan. minimnya pelajar di wilayah desa tersebut ditambah bangunan kelas dalam kondisi rusak, membuat sejumlah siswa sekolah dasar negeri 12 ini terpaksa digabung dengan siswa kelas lain.
Hingga kini, sarana dan prasarana sangat minim, seperti kelas yang rusak dan perpustakaan yang kurang buku, selain itu sekolah ini hanya mempunyai tenaga pengajar 8 orang.
Menurut pihak sekolah, mereka sudah sering melaporkan kondisi sekolahnya ke dinas pendidikan kabupaten empat lawang, namun sampai saat ini belum ada perhatian sedikitpun dari pemerintah setempat.

15. Kebakaran di Pusat Perbelanjaan
Pusat perbelanjaan terbesar di kota Tegal, Rita Supermall pada Minggu siang terbakar, kebakaran sempat membuat panik ratusan pengunjung dan karyawan pusat perbelanjaan. Kobaran api yang melalap Rita Supermall di jalur pantura Tegal, Jawa tengah. Pertama kali muncul dari tempat karaoke keluarga yang berada di lantai 2. Api dengan cepat membakar ruang karoke hingga merembet ke ruangan lain.
Mengetahui adanya kebakaran, ratusan pengunjung dan karyawan pusat perbelanjaan panik menyelamatkan diri, dugaan sementara kebakaran dipicu hubungan pendek arus listrik di tempat karaoke.
Sebanyak 4 mobil pemadam kebakaran dan sebuah mobil meriam air pun dikerahkan ke lokasi. Api baru bisa dipadamkan satu jam kemudian, dan akibat peristiwa ini jalur pantura dari Arah semarang menuju Jakarta sempat macet. (SCTV)