Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

22 Soal (Essay) Teks Biografi Beserta Jawaban

Soal (Esai/Uraian) Materi Teks Biografi

1. Apa yang membedakan teks biografi dengan teks lainnya ?

2. Langkah awal menyusun teks biografi adalah?

3. Dalam teks biografi berisi informasi informasi apa saja?

4. Apakah teks biografi dapat digolongkan ke dalam teks narasi faktual?

5. Jelaskan apakah teks biografi termasuk ke dalam cerita ulang dan apa manfaatnya?

6. Apakah yang dimaksud orientasi dalam teks biografi?

7. Apakah teks biografi termasuk teks eksplanasi?

8. Apa yang dimaksud reorientasi dalam teks biografi?

9. Jelaskan perbedaan antara biografi singkat dengan biografi panjang!

10. Mengapa saat ini penyajian biografi ditulis secara kronologis!

11. Jelaskan pengertian biografi berdasarkan kata dasarnya!

12. Apa struktur teks biografi?

13. Unsur kebahasaan apa saja yang terdapat dalam teks biografi?

14. Apakah kata majemuk termasuk unsur unsur kebahasaan dalam teks biografi?

15. Mengapa teks biografi termasuk teks narasi?

16. Tuliskan ciri-ciri dari teks biografi!

17. Siapa saja yang dapat diceritakan dalam teks biografi? Jelaskan dengan bahasamu sendiri dengan singkat!

18. Jelaskan tentang jenis-jenis biografi!

19. Tuliskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan teks biografi !

20. Tuliskan manfaat yang diambil dari sebuah biografi!

21. Bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan biografi?

22. Tuliskan berbagai unsur kebahasaan yang ada dalam teks biografi!

Kunci Jawaban:

1. Teks biografi berisi Riwayat hidup seseorang dan berdasarkan fakta, sedangkan Teks yang lain tidak berdasar kpd riwayat hidup seseorang

2. Langkah-Langkah Menulis Teks Biografi
1. Menentukan tokoh/seseorang yang akan ditulis kisah hidupnya (dibiografikan).
2. Membuat kerangka teks untuk membuat teks biografi.
3.Kumpulkan semua informasi tentang tokoh yang akan ditulis. Kalian dapat mendapatkan informasi secara langsung, yakni melalui wawancara. Jika tokoh tersebut sudah meninggal, maka hubungilah sanak saudaranya untuk dimintai informasi. Wawancarailah orang yang benar-benar dekat dengan tokoh saat masih hidup.
4. Kumpulkan data pendukung yang akurat. Data tersebut dapat diperoleh dari buku, artikel, media massa, media elektronik, yang mengulas tentang tokoh. Dengan demikian, kalian akan mengetahui pendapat orang lain tentang tokoh dengan sudut pandang yang berbeda.
5. Perhatikan dengan baik data dan informasi yang pantas dan tidak pantas untuk dituliskan dalam biografi. Hal ini perlu diperhatikan oleh kalian karena jika tidak berhati-hati, kalian dapat mencemarkan nama baik seseorang. Pencemaran nama baik tersebut dapat terjadi jika informasi atau data yang ditulis dalam biografi tidak sesuai dengan diri tokoh.
6. Tulislah biografi dengan memahami informasi dan data yang sudah tersedia.

3. Teks biografi memuat informasi berdasarkan fakta pada tokoh yang diceritakan dalam bentuk narasi. - Memuat sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah-masalah sampai pada akhirnya sukses, sehingga patut menjadi teladan. -Memiliki struktur yang jelas.

4. Teks cerita ulang biografi termasuk ke dalam jenis teks cerita ulang faktual (factual recount) karena teks tersebut mengisahkan atau menceritakan kembali kejadian di masa lalu berdasarkan pengalaman orang lain.

5. Karena teks biografi menceritakan kembali pengalaman masa lalu secara kronologis dengan tujuan untuk memberi informasi, atau menghibur pembacanya, atau bisa keduanya.

6. Yang di maksud orientasi adalah tentang pengenalan tokoh tersebut dengan kenyataan yang ada atau fakta

7. Bukan, karena teks biografi menceritakan perjalanan hidup seseorang yang dapat memotivasi pembacanya. Sedangkan teks eksplanasi ilmiah adalah teks yang menjelaskan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam

8. Reorientasi, komentar pribadi penulis terhadap cerita yang ditulisnya.

9. Untuk biografi singkat hanya menjelaskan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang serta peran pentingnya. Adapun untuk biografi panjang meliputi berbagai informasi bersifat penting, tetapi dikisahkan lebih detail serta dituliskan dengan gaya cerita yang baik.

10. Penyajian biografi saat ini, biasanya ditulis secara kronologis. Berdasarkan hal tersebut berarti teks biografi termasuk teks naratif yang tergolong pada teks marko. Sebagai teks makro, teks biografi memiliki struktur teks yang tidak harus sama, bergantung pada bagaimana penulis menyampaikan gambaran tentang tokoh dan pristiwa yang dialaminya.

11. Biografi berasala dari bahasa Yunani, bios berarti hidup dan graphien berarti tulis. Berdasarkan kata dasarnya tersebut, biografi dapat diartikan sebagai sebuah tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang.

12. Terdapat 3 struktur teks biografi yang harus diterapkan yaitu orientasi, kejadian penting, serta reorientasi. Bagian ini berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya untuk membantu pendengar maupun pembaca.

13. Biografi merupakan riwayat hidup seseorang atau tokoh yang ditulis oleh orang lain. Dalam sebuah teks biografi terdapat beberapa unsur kebahasaan yang membangun teks tersebut. Unsur-unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks biografi antara lain kata hubung, rujukan kata, waktu, aktivitas dan tempat, dan kata kerja.

14. Berikut ini termasuk unsur-unsur kebahasaan dalam teks biografi, kecuali kata majemuk. Unsur kebahasaan dengan standar tertentu membuat teks biografi menjadi enak untuk dibaca. Teks biografi dibuat berdasarkan fakta dari pengalaman hidup seseorang dalam tokoh narasi tersebut.

15. Teks biografi adalah teks yang didalamnya menceritakan kehidupan atau pengalaman seseorang biasanya seorang tokoh terkenal, oleh karena itu dikatakan teks narasi.

16.
a. Biografi memiliki struktur yang terdiri atas orientasi, peristiwa atau masalah, serta reorientasi.
b. Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk narasi.
c. Fakualnya (fakta) berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang dicertakan dalam tokoh biografi tersebut.

17. Biografi dapat mengisahkan tentang kehidupan seseorang tokoh penting atau terkenal maupun tidak terkenal. Namun, kebanyakan biografi bercerita tentang tokoh sejarah, tokoh idola, dan sebagainya.

18. Penulisan biografi dapat berbentuk hanya beberapa baris kalimat, bahkan dalam bentuk buku. Untuk jenis biografi singkat hanya menjelaskan tentang fakta-fakta daru kehidupan seseorang serta peran pentingnya, tetapi dikisahkan lebih detail serta dituliskan dengan gaya cerita yang baik.

19.
a. Mengandung keaslian (autentik) sesuai dengan peristiwa sebenarnya dilengkapi bukti yang akurat.
b. Memberikan gambaran utuh tentang kepriadian tokoh dengan cara menguraikan secara seimbang antara kelebihan dan kekurangannya, meliputi prestasi yang pernah diraih, pengorbanan yang dilakukan, jasa yang pernah disumbangkan kepada bangsa dan negara, juga kebiasaan kurang baik yang dimiliki.
c. Disajikan dalam bentuk wacana yang indah berupa gabungan antara narasi dan deksripsi.
d. Menggunakan pola penulisan utuh dan berkesinambungan meskipun di dalamnya terdiri atas bagian-bagian cerita yang terpisah.

20. Manfaat biografi yaitu dapat meneladani sikap dan perilaku tokoh, mempelajari makna hidup, dan mencontoh keberhasilan hidup tokoh.

21.
a. Bahan utama berupa benda-benda, seperti buku harian, suarat-surat, kliping koran, dan sebagainya.
b. Bahan pendukung berupa biografi lain, buku referensi atau sejarah yang memaparkan peranan orangdalam biogarfi tersebut, dan sebagainya.

22. Unsur- unsur kebahasaan yang ada dalam teks biografi, antara lain kata hubung, rujukan kata, waktu, aktivitas, tempat, dan kata kerja.