Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Soal (Essay) Teks Iklan

Soal (Esai/Uraian) Mengenai Teks Iklan

1. Tuliskan syarat teks iklan jika iklan di tinjau dari isi!
2. Jelaskan syarat teks iklan jika iklan di tinjau dari bahasa!
3. Tuliskan tujuan iklan!
4. Tuliskan jenis-jenis iklan berdasarkan isinya!
5. Tuliskan jenis-jenis iklan berdasarkan media!
6. Tuliskan jenis-jenis iklan berdasarkan tujuan!
7. Tuliskan kaidah kebahasaan memakai subjek orang pertama!
8. Jelaskan yang dimaksud dengan teks iklan ?
9. Tuliskan fungsi iklan !
10. Tuliskan struktur yang harus diperhatikan dalam iklan?
11. Tuliskan ciri teks iklan yang baik!
12. Tuliskan 4 unsur komunikasi iklan !
13. Berikan contoh teks iklan tentang makanan!
14. Berikan contoh iklan dialog!
15. Berikan contoh teks iklan tentang jasa!
16. Tuliskan kaidah kebahasaan menggunakan slogan!
17. Tuliskan kaidah kebahasaan menggunakan kalimat persuasif!

Jawaban:

1.
Ditinjau dari isinya, iklan harus :
a. Harus objektif dan jujur
b. Singkat, Padat, jelas dan mudah dipahami
c. Tidak menyinggung pihak yang lain
d. Menarik perhatian orang banyak

2.
Iklan harus:
a. Menggunakan kata yang tepat, menarik, logis serta sopan
b. Ungkapan yang digunakan memikat dan memiliki daya sugesti bagi khalayak
c. Bahasanya disusun untuk menonjolkan informasi yang dipentingkan
d. Teks iklan harus menuju pada sasaran

3.
a. Informing (memberi informasi)
Periklanan bisa memberitahukan pasar tentang suatu produk baru serta perubahan harga, menyusulkan kegunaan suatu produk baru menjelaskan cara kerja, dan membangun citra perusahaan.
b. Persuading (membujuk)
Periklanan bisa membentuk preferensi merek, mengubah persepsi konsumen tentang atribut produk, membujuk konsumen untuk mencoba produk atau jasa yang diiklankan dan mangajak konsumen untuk membelinya sekarang.
c. Reminding (mengingatkan)
Iklan melindungi agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen serta meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sudah ada.
d. Adding value (penambahan nilai)
Iklan memberi nilai tambah yang berupa inovasi, penyempurnaan kualitas atau mengubah persepsi konsumen. Periklanan yang efektif dapat merubah persepsi dari konsumen.
e. Assisting (mendampingi)
Fungsi periklanan adalah sebagai pendamping yang memfasilitasi upaya-upaya lain dari perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran. Sehingga perusahaan dapat lebih cepat mencapai target yang diinginkan.

4.
a. Iklan penawaran (Niaga)
Iklan yang biasa di jumpai adalah iklan penawaran atau iklan niaga. Iklan penawaran merupakan jenis-jenis iklan yang berisi tentang tawaran akan barang atau jasa kepada masyarakat luas. Contohnya: iklan makanan, minuman, pakaian, barang elektronik dan lainnya.
b. Iklan pelayanan masyarakat
Iklan ini biasanya berasal dari instansi atau lembaga. Berisi tentang suatu informasi sosialisasi atau pencerahan kepada masyarakat akan suatu isu atau topik tertentu. Contohnya: Iklan pemilu, iklan untuk hidup sehat, iklan keluarga berencana, dan lain sebagainya.
c. Iklan pengumuman atau pemberitahuan
Iklan ini bertujuan untuk menarik masyarakat tertentu saja. Isinya tentang pemberitahuan sesuatu seperti event, iklan berita duka dan lain-lain.
d. Iklan permintaan
Iklan permintaan sering dianggap sebagai iklan lowongan kerja. Hal tersebut karena iklan ini berisi tentang pihak yang mengiklankan untuk menawarkan dan mengajak masyarakat yang ingin bekerja dengan pihak pengiklan.

5.
a. Iklan media cetak
Iklan cetak adalah iklan yang dibuat dengan cara dicetak. Biasanya iklan cetak yang kerap ditemui di koran, selembaran, majalah, koran, baliho, poster, stiker dan lain sebagainya. Dalam iklan cetak terdapat ketentuan dalam membuatnya berdasarkan dimana iklan tersebut akan dipasang.
b. Iklan elektronik
Iklan ini menggunakan media elektronik dalam penyampaian dan tampilan iklannya. Iklan elektronik banyak sekali di temui, antara lain iklan televisi, radio, iklan dalam film, dan iklan dalam media sosial.

6.
a. Iklan komersial (bisnis)
Iklan komersial ini dipasang dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi karena iklan utamanya adalah untuk meningkatkan penjualan. Terdapat tiga bagian dalam iklan komersial, yaitu:
- Iklan konsumen, adalah jenis iklan yang ditunjukan langsung kepada konsumen.
- Iklan bisnis, merupakan jenis iklan yang ditunjukan kepada seorang pengelola baik perorangan, instansi atau koordinasi perusahaan yang kemudian pengelola tersebut yang menjual produk atau jasa kepada konsumen.
- Iklan profesional, merupakan iklan jenis bisnis yang ditunjukan kepada para pembisnis profesional yang dapat mengelola dengan baik iklan yang di ajukan kepada para pembisnis.
b. Iklan non-komersial
Iklan non-komersial tidak menitik beratkan pada keutungan materiil atau ekonomi. Iklan non-komersial justru bertujuan untuk mendapatkan keuntungan sosial. Yaitu agar masyarakat mendapatkan tambahan wawasan, kesadaran diri dan merubah perlaku dan sikap masyarakat terhadap masalah yang ditampilkan pada iklan tersebut.

7. Biasanya, teks iklan akan menggunakan subjek orang pertama atau tunggal / jamak Seperti aku, saya, dan kami, untuk mengganti instansi pemasang iklan. Subjek yang dipakai di teks iklan itu ialah subjek orang pertama jamak, yaitu kami.

8. Teks iklan merupakan media komunikasi yang efektif untuk menyampaikan informasi kepada target audience dengan tujuan agar mempengaruhi, mempromosikan, mengingatkan, menginformasikan, melarang membujuk dan merayu target audience tersebut.

9. Terdapat beberapa fungsi dari teks iklan, Diantaranya :
a. Sebagai persuasi / upaya pendekatan, mengingatkan dan mengarahkan konsumen untuk membeli)
b. Sebagai media informasi (menyampaikan produk baru) 2.
c. Sebagai pengingat yakni mengingatkan konsumen tentang sutau produk agar selalu menggunakan produk tersebut.

10. Tiga struktur teks iklan seperti berikut ini:
a. Judul
Yakni bagian yang harus diletakkan dibagian paling atas agar dilihat pertama kali oleh orang, namun tidak semua iklan mencantumkan judul.
b. Nama Produk/Jasa,
Yakni bagian yang di dalamnya berisi tentang nama produk atau jasa yang ditawarkan.
c. Deskripsi
Yakni bagian yang memberikan pejelasan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat, ditulis semenarik mungkin dan cara mendapat produk tersebut, alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

11. Ciri – ciri iklan yang baik yakni sebagai berikut:
a. Memiliki sasaran yang tepat/jelas, Dengan menentukan target konsumen karena ada target utama dan target kedua, ini juga akan menentukan media pasang iklan dan penetapan target konsumen tergantung pada kualitas,harga,distribusi(jangkauan pemasaran)
b. Fokus terhadap hal yang ingin di komunikasikan dari produk dan jasa yang di iklankan
c. Memiliki daya tarik tertentu hingga konsumen yang di sasarnya tidak berhenti untuk memperhatikan isi iklan, Selain mengunakan kata kata menarik,daya tarik iklan muncul dari desain layout yang menarik.
d. Sajikan iklan yang menarik , Karena jika suatu iklan kurang menarik itu akan mempengaruhi pembaca sehing pembaca tersebut berhenti membaca
e. Komunikasi iklan
f. Memilih slogan dengan kata – kata padat dan berisi yang merupakan gambaran terhadap headline yang mana konsumen dapat membaca lebih detail.

12. 4 Unsur komunikasi iklan:
a. Pengirim iklan ialah produsen atau dalam bisnis periklanan di wakili oleh biro iklan
b. Isi iklan yang terdapat dalam iklan ada headline yakni kalimat singkat tidak lebih dari 10 kata dan di harapkan konsumen langsung dapat banyak informasi mengenai produk dan jasa body copy yakni adalah informasi tambahan bila konsumen tertarik.
c. Media komunikasi tempat iklan di sajikan baik itu di media elektronik, media cetak atau media yang lainnya antara lain media internet yang penetrasinya di indonesia masih kurang, billboard dan lain sebagainya.
d. Penerima iklan konsumen yang menjadi sasaran produk barang atau jasa.

13. Cryspy cracker, makanan yang tidak kenal usia, cracker yang terbuat dari mentega, telur, garam, dan keju ini sangat renyah ketika dimasukkan kemulut, Jadi belilah cryspy cracker agar tidak penasaran dengan rasanya di supermarket terdekat.

14. Resepsionis : Ada yang bisa di bantu pak?
Tamu : Iya mas , saya mau cek kode booking.
Resepsionis : Baik pak, atas nama siapa?
Tamu: Bapak Bokir.
Resepsionis: Maaf kode booking untuk bapak bokir tidak ada..
Tamu: Hmmm pakai bantuan traveloka aja deh.

15. Tambal ban, anda telfon kami datang. Tidak sampai 15 menit ban motor anda yang bocor akan kami tambal. Hubungi 081239xxxx.

16. Slogan ialah kalimat yang mudah diingat, menarik, dan mencolok. Slogan biasanya berupa susunan kata tertentu yang memberi penjelasan secara singkat terhadap suatu produk atau jasa sehingga mudah diingat.

17. Kalimat ini bertujuan meyakinkan serta membujuk pembaca agar menerima gagasan penulis terhadap sesuatu. Ada beberapa kalimat persuasif di iklan produk tersebut.