Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal (Essay) Analisis Data Demografi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian/Esai) Materi Analisis Data Demografi

1. Apa yang dimaksud dengan segmentasi geografi?
2. Mengapa terjadi transisi demografi?
3. Apa penyebab bonus demografi?
4. Apa keuntungan bonus demografi bagi Indonesia?
5. Bagaimana cara mengatasi bonus demografi?
6. Apa syarat agar sebuah negara berhasil menghadapi bonus demografi?
7. Apa akibat dari pertumbuhan penduduk yang cepat?
8. Kapan bonus demografi terjadi di Indonesia?
9. Apa dampak bonus demografi terhadap pembangunan?
10. Apa pentingnya sumber data bagi pembangunan?
11. Apakah yang dimaksud sumber data penduduk?
12. Apa yang dimaksud dengan segmentasi psikografis?
13. Apa yang dimaksud dengan fertilitas?
14. Apa yang dimaksud dengan mortalitas?
15. Apa perbedaan demografi dan kependudukan?
16. Apa manfaat dari analisis demografi?

Jawaban:

1. Segmentasi Geografis
Segmentasi ini membagi pasar menjadi beberapa unit geografis yang berbeda, seperti negara, negara bagian, daerah, kabupaten, kota, atau lingkungan

2. Transisi demografi adalah istilah yang mengacu kepada transisi dari tingkat kelahiran dan kematian yang tinggi menjadi rendah karena ekonomi suatu negara atau wilayah berkembang dari ekonomi pra-industrial menjadi ekonomi yang terindustrialisasi.

3. “Penyebab utama bonus demografi itu adalah keberhasilan pemerintah dalam menurunkan kelahiran. ... Puncak Bonus Demografi adalah ketika penduduk usia produktif (15-64) mencapai 2/3 dari total jumlah penduduk.

4. Indonesia sebagai negara berkembang dengan jumlah penduduk besar sangat beruntung mendapat bonus demografi. Keuntungan paling utama dari bonus demografi adalah ketersediaan tenaga kerja usia produktif sebagai modal utama dalam pembangunan. ... Banyaknya penduduk produktif sangat berdampak dalam bidang sosial-ekonomi.

5. Cara mengatasi bonus demografi
a. Meningkatkan kualitas penduduk.
b. Pemerintah harus memperluas kesempatan kerja.
c. Mensosialisasikan kepada penduduk tentang dampak positif dan dampak negatif.
d. Melindungi sumber daya alam yang ada.

6. Fasli yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengingatkan ada persyaratan agar Indonesia bisa menikmati bonus demografi yakni peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan keterampilan, pengendalian laju pertambahan ...

7. Pertumbuhan penduduk yang tinggi jika tidak diimbangi dengan peningkatan kapasitas ekonomi maka akan menurunkan kesejahteraan penduduk suatu negara. ... Dampak ledakan penduduk antara lain semakin tingginya angka pengangguran, kriminalitas, dan memburuknya kondisi sosial lainnya

8. Indonesia akan mengalami bonus demografi pada 2030-2040 Diprediksi Indonesia akan mengalami masa bonus demografi, yakni jumlah penduduk usia produktif (berusia 15-64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif (berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun).

9. Dampak bonus demografi terhadap pembangunan adalah menjadikan peluang bagi Indonesia untuk memakmurkan masyarakat serta memajukan kesejahteraan apabila masyarakat usia produkttif memberikan konstribusi terhadap pembangunan negara dan memiliki kualitas sumber daya yang dapat menunjang untuk pembangunan negara.

10. Sumber data kependudukan penting bagi pembangunan adalah karena dengan adanya sumber data kependudukan kita dapat mengetahui pemerataan perkembangan masyarakat serta sebagai sarana informasi untuk proses pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

11. Sumber data penduduk adalah segala tampilan data dalam bentuk resmi/tidak resmi yang diterbitkan oleh badan-badan pencatatan kependudukan (pemerintah/non pemerintah). ... Tabel-tabel penduduk yang diterbitkan oleh Biro Pusat Statistik (seperti seri C, E, dan sebagainya), termasuk sumber primer.
12. Segmentasi Psikografis menurut Kotler dan Keller adalah ilmu untuk menggunakan psikologi dan demografi guna lebih memahami konsumen. Orang-orang dalam kelompok demografi yang sama biasanya memiliki profil psikografis yang sangat berbeda.

13. Fertilitas merupakan hasil reproduksi nyata dari seorang atau sekelompok wanita, sedangkan dalam pengertian demografi menyatakan banyaknya bayi yang lahir hidup.

14. Mortalitas adalah ukuran jumlah kematian (umumnya, atau karena akibat yang spesifik) pada suatu populasi, skala besar suatu populasi, per dikali satuan. ... Mortalitas berbeda dengan morbiditas yang merujuk pada jumlah individual yang memiliki penyakit selama periode waktu tertentu.

15. Analisis demografi merupakan analisis statistik terhadap jumlah, distribusi, dan komposisi penduduk, serta komponen-komponen variasinya dan perubahan. ... Studi kependudukan mempersoalkan hubungan antara variabel demografi dan variabel dari sistem lain.

16. Mempelajari kuantitas dan distribusi penduduk dalam suatu daerah tertentu. Menjelaskan pertumbuhan penduduk pada masa lampau, kecenderungannya, dan persebarannya dengan sebaik-baiknya dan dengan data yang tersedia.