Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

31 Soal (Essay) Analisis Data Demografi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Analisis Data Demografi 

1. Apa yang dimaksud dengan segmentasi geografi?

Jawaban:
Segmentasi Geografis
Segmentasi ini membagi pasar menjadi beberapa unit geografis yang berbeda, seperti negara, negara bagian, daerah, kabupaten, kota, atau lingkungan


2. Mengapa terjadi transisi demografi?

Jawaban:
Transisi demografi adalah istilah yang mengacu kepada transisi dari tingkat kelahiran dan kematian yang tinggi menjadi rendah karena ekonomi suatu negara atau wilayah berkembang dari ekonomi pra-industrial menjadi ekonomi yang terindustrialisasi.


3. Apa penyebab bonus demografi?

Jawaban:
“Penyebab utama bonus demografi itu adalah keberhasilan pemerintah dalam menurunkan kelahiran. ... Puncak Bonus Demografi adalah ketika penduduk usia produktif (15-64) mencapai 2/3 dari total jumlah penduduk.


4. Apa keuntungan bonus demografi bagi Indonesia?

Jawaban:
Indonesia sebagai negara berkembang dengan jumlah penduduk besar sangat beruntung mendapat bonus demografi. Keuntungan paling utama dari bonus demografi adalah ketersediaan tenaga kerja usia produktif sebagai modal utama dalam pembangunan. ... Banyaknya penduduk produktif sangat berdampak dalam bidang sosial-ekonomi.


5. Bagaimana cara mengatasi bonus demografi?

Jawaban:
Cara mengatasi bonus demografi
a. Meningkatkan kualitas penduduk.
b. Pemerintah harus memperluas kesempatan kerja.
c. Mensosialisasikan kepada penduduk tentang dampak positif dan dampak negatif.
d. Melindungi sumber daya alam yang ada.


6. Apa syarat agar sebuah negara berhasil menghadapi bonus demografi?

Jawaban:
Fasli yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengingatkan ada persyaratan agar Indonesia bisa menikmati bonus demografi yakni peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan keterampilan, pengendalian laju pertambahan ...


7. Apa akibat dari pertumbuhan penduduk yang cepat?

Jawaban:
Pertumbuhan penduduk yang tinggi jika tidak diimbangi dengan peningkatan kapasitas ekonomi maka akan menurunkan kesejahteraan penduduk suatu negara. ... Dampak ledakan penduduk antara lain semakin tingginya angka pengangguran, kriminalitas, dan memburuknya kondisi sosial lainnya


8. Kapan bonus demografi terjadi di Indonesia?

Jawaban:
Indonesia akan mengalami bonus demografi pada 2030-2040 Diprediksi Indonesia akan mengalami masa bonus demografi, yakni jumlah penduduk usia produktif (berusia 15-64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif (berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun).


9. Apa dampak bonus demografi terhadap pembangunan?

Jawaban:
Dampak bonus demografi terhadap pembangunan adalah menjadikan peluang bagi Indonesia untuk memakmurkan masyarakat serta memajukan kesejahteraan apabila masyarakat usia produkttif memberikan konstribusi terhadap pembangunan negara dan memiliki kualitas sumber daya yang dapat menunjang untuk pembangunan negara.


10. Apa pentingnya sumber data bagi pembangunan?

Jawaban:
Sumber data kependudukan penting bagi pembangunan adalah karena dengan adanya sumber data kependudukan kita dapat mengetahui pemerataan perkembangan masyarakat serta sebagai sarana informasi untuk proses pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.


11. Apakah yang dimaksud sumber data penduduk?

Jawaban:
Sumber data penduduk adalah segala tampilan data dalam bentuk resmi/tidak resmi yang diterbitkan oleh badan-badan pencatatan kependudukan (pemerintah/non pemerintah). ... Tabel-tabel penduduk yang diterbitkan oleh Biro Pusat Statistik (seperti seri C, E, dan sebagainya), termasuk sumber primer.