Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

40 Soal (Essay) Analisis Informasi Keuangan Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Analisis Informasi Keuangan

1. Contoh dari perubahan strukturan yang dapat berpengaruh terhadap trend keuangan suatu perusahaan yaitu?

Jawaban:
1. Peraturan pemerintah.
2. Perubahan kompetisi.
3. Perubahan teknologi.
4. Akuisisi dan juga marge (penggabungan perusahaan).


2. Jelaskan tentang Rasio Likuiditas!

Jawaban:
Rasio likuiditas adalah rasio yang membicarakan apakah perusahaan bisa melunasi atau membayar kewajiban jangka pendek dengan menggunakan aktiva lancarnya (likuid) atau tidak.


3. Tuliskan pengertian Rasio Solvabilitas!

Jawaban:
Rasio solvabilitas adalah rasio yang berbicara apakah suatu entitas bisa melunasi semua utangnya (solvent) atau tidak (insolvent).


4. Uraikan tentang Rasio Profitabilitas!

Jawaban:
Rasio profitabilitas adalah rasio yang berbicara tentang apakah suatu entitas bisa menghasilkan keuntungan (profitable) atau tidak.


5. Jelaskan tentang Rasio Pasar!

Jawaban:
Rasio pasar adalah sekumpulan rasio yang membicarakan tentang nilai perusahaan relative terhadap nilai buku perusahaan. Rasio ini terdiri dari Dividen Yield, Price Earning Ratio, Price to Book Value, dan 2 rasio lainnya.


6. Tuliskan pengertian Rasio Arus Kas Bebas!

Jawaban:
Adalah rasio yang membicarakan sisa perhitungan arus kas yang dihasilkan oleh perusahaan pada akhir periode keuangan atau setelah dikurangi belanja modal untuk pengembangan perusahaan.


7. Tuliskan pengertian Teknik Analisis Sumber dan Penggunaan Dana !

Jawaban:
Adalah teknik analisis yang dipakai untuk mempelajari bagaimana suatu entitas atau perusahaan dalam mengaplikasikan kebijakan investasi-nya dan mengaplikasikan kebijakan financial-nya selama periode tertentu dari kegiatan operasinya (pada umumnya 1 tahun).


8. Uraikan tentang Teknik Analisis Break Even Point !

Jawaban:
Teknik analisis break even point adalah suatu analisis untuk dapat menentukan tingkat penjualan yang harus diraih oleh suatu entitas supaya entitas tersebut tidak mengalami kerugian, namun juga belum mendapatkan keuntungan. Dengan menggunakan analisis ini akan diketahui berbagai macam tingkat keuntungan ataupun kerugian terhadap suatu tingkat penjualan.


9. Uraikan tentang Evaluation!

Jawaban:
Proses analisis dilakukan untuk menilai berbagai pencapaian atau prestasi yang sudah di capai oleh semua pihak yang mengelola perusahaan.


10. Tuliskan teknik yang dapat dipakai untuk melakukan analisis terhadap laporan keuangan!

Jawaban:
Berikut beberapa teknik yang digunakan dengan berbagai metode.
a. Teknik komparatif.
b. Teknik analisis
c. Teknik common size statement.
d. Teknik index time series.
e. Teknik rasio.
f. Teknik analisis sumber dan penggunaan dana.
g. Teknik analisis break even point.
h. Teknik analisis gross profit.
i. Teknik dupont analysis.


11. Uraikan tentang Teknik Komparatif / Perbandingan!

Jawaban:
Teknik komparatif atau teknik perbandingan adalah teknik yang digunakan untuk melakukan analisis dengan cara memperbandingkan laporan keuangan untuk 2 periode atau lebih dengan menunjukan:
a. Data absolut atau berbagai jumlah dalam satuan rupiah.
b. Kenaikan atau pun juga penurunan dalam jumlah rupiah.
c. Kenaikan atau pun juga penurunan dalam persentase.
d. Perbandingan yang dinyatakan dalam bentuk rasio.
e. Persentase total.


12. Jelaskan tentang Teknik Analisis Trend atau Tendensi!

Jawaban:
Teknik analisis trend adalah teknik yang digunakan untuk mengetahui trend atau tendensi dari kondisi keuangan perusahaan, apakah menunjukan kecenderungan tetap, naik atau bahkan menurun. Hal tersebut dilakukan dengan cara membuat plot atas rasio keuangan dari waktu ke waktu. Hal ini sangat penting dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah keadaan perusahaan sudah membaik atau memburuk dari waktu ke waktu.


13. Tuliskan pengertian Teknik Analisis Laporan dengan Persentase per Komponen (Common Size Statement)!

Jawaban:
Teknik analisis laporan dengan persentase per komponen adalah teknik analisis untuk mengetahui persentase investasi pada setiap aktiva terhadap total aktiva-nya. Selain itu juga untuk mengetahui struktur modal dan juga beban yang terjadi dihubungkan dengan jumlah penjualannya.


14. Uraikan tentang Teknik Index Time Series!

Jawaban:
Teknik index time series adalah teknik analisis terhadap informasi historis yang dibutuhkan untuk melihat berbagai trend yang mungkin terjadi. Selanjutnya bisa menganalisis apa yang terjadi dibalik angka trend – trend tersebut. Dalam metode ini berbagai macam perubahan structural yang akan berdampak terhadap angka – angka keuangan harus diperhatikan.