Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

41 Soal (Essay) Sistem Informasi Akuntansi Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Sistem Informasi Akuntansi

1. Tolong jelaskan apa yang dimaksut dengan dokumen transaksi serta jelaskan fungsi dan kegunaannya!

Jawaban:
Dokumen transaksi atau bukti transaksi atau bisa juga disebut bukti akuntansi adalah dokumen-dokumen dasar transaksi (baik yang dibuat sendiri maupun yang berasal dari pihak luar) yang digunakan sebagai sumber pencatatan atau penyusunan laporan keuangan oleh suatu unit usaha. Bentuk bukti transaksi keuangan dapat dibedakan menjadi dua yaitu:
a. Bukti transaksi intern, yaitu bukti transaksi yang berasal dan dilakukan di dalam lingkungan perusahaan itu sendiri.
b. Bukti transaksi ekstern, yaitu bukti transaksi yang melibatkan pihak luar perusahaan.
Fungsi dan kegunaan Dokumen Transaksi
a. Alat komunikasi
b. Bukti dari apa yang kita kerjakan / lakukan.
c. Data pendukung apabila ada masalah.
d· Data pendukung untuk sebuah proses


2. Tolong jelaskan dan sebutkan hal-hal atau tahap-tahap yang dilakukan dalam perencanaan dokumen!

Jawaban:
a. Pertimbangan Umum
Pertimbangan bobot dan kualitas sesuai dengan pemakaian dokumen
Formating dan ukuran standar untuk keperluan pengarsipan, penjilitan dan pengiriman
Warna kertas yang berbeda untuk tembusan dokumen agar mudah pendistribusiannya
Ringkasan tata cara pengisian dokumen
b. Bagian pembuka atas dokumen
Nama dokumen di tempat paling atas dan dicetak tebal
Cantumkan nomor urut dokumen
Dokumen untuk pihak eksternal nama dan alamat perusahaan dicantumkan pada bagian atas dokumen
c. Bagian isi
Informasi yang logis dikumpulkan menjadi satu
Sediakan ruang yang cukup untuk merekam data barang yang dipesan
Urutkan data sesuai urutan standar
d. Bagian bawah
Sediakan ruang yang cukup untuk mencantumkan disposisi tanda tangan atau persetujuan mencantumkan nilai total transaksi dan menjelaskan distribusi dokumen


3. Tolong jelaskan apa yang dimaksud aplikasi siklus pendapatan? berikan contohnya!

Jawaban:
Siklus pendapatan memproduksi transaksi yang mencatat empat pristiwa ekonomi : permintaan barang dan jasa oleh pelanggan, pengiriman barang atau jasanya, permintaan pembayaran dan tanda terima pembayaran.
Contohnya:
a. Aplikasi entri pesanan
b. Aplikasi pengiriman
c. Aplikasi penyusunan rekening
d. Aplikasi tanda tangan terima kas


4. Tolong sebutkan dan jelaskan jenis jenis kode rekening!

Jawaban:
a. Squential code (code urut) yaitu kode yang dibuat urut karena dokumen atau objek yang diberi kode akan dikontrol dan diawasi berdasarkan urutannya contoh: kode urut cek:
b. Block code (kode blok) disebut kode blok karena kode diklarifikasikan ke dalam beberapa blok dan setiap blok di gunakan untuk memberi kode sekelompok objek tertentu
Jenis kode rekening :
- Kode grup dalam kode grup setiap angka mempresentasikan objek tertentu contoh 1 = aktiva, 11 = aktiva lancar.
- Kode kombinasi adalah kode yang dibuat dengan mengkombinasikan huruf dan angka contoh AL = 1= aktiva lancar


5. Ada 3 cara yang dilakukan untuk pendekatan dokumen dalam transaksi, tolong sebutkan dan jelaskan bedanya!

Jawaban:
a. Sistem Flowchart
Merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan.
b. Data Flow Diagram
adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem.
c. Entity Relationship Diagram (ERD)
Merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi


6. Tolong gambarkan 4 simbol yang ada untuk data flow diagram (DFD)!

Jawaban:
DFD Symbols
DFD meliputi 4 simbol: proses, sources/sinks, data stores, data flow lines


7. Bagaimana cara pengambilan keputusan dalam SIA?

Jawaban:
Ada lima langkah dalam proses pengambilan keputusan:
1. Identifikasi dan Diagnosa masalah
2. Pengumpulan dan Analisis data yang relevan
3. Pengembangan dan Evaluasi alternative alternative
4. Pemilihan Alternatif terbaik
5. Implementasi keputusan dan Evaluasi terhadap hasil-hasil


8. Bagaimana cara penjualan dan pemasaran e-Business?

Jawaban:
Cara penjualan dan pemasaran e-business dapat didorong dengan aktivitas promosi online melalui internet. Cara ini dapat membantu untuk meningkatkan penjualan, karena semakin sering dipromosi maka makin besar kemungkinan untuk orang mengetahui apa yang ditawarkan dan sangat memungkinkan terjadinya penjualan. Ada beberapa media online yang dapat digunakan untuk penjualan dan pemasaran yaitu : Iklan, Forum Online, Facebook Commerce, dan lain-lain.


9. Apa yang dimaksud dengan pengendalian internal?

Jawaban:
Pengendalian intern ialah suatu proses yang dipengaruhi oleh dewan komisaris, manajemen, dan personil satuan usaha lainnya, yang dirancang untuk mendapat keyakinan memadai tentang pencapaian tujuan dalam hal-hal berikut: keandalan pelaporan keuangan, kesesuaian dengan undang-undang, dan peraturan yang berlaku, efektifitas dan efisiensi operasi.


10. Bagaimana pengaruh e-Business dalam perusahaan?

Jawaban:
• Pembeli dan dalam konteks Inbound Logistic.
Dunia internet dapat meningkatkanaktifitas pembeli dengan cara mempermudah perusahaan dalam mengidentifikasicalon pemasok dan membandingkan harganya. Data mengenai pembelian yangdilakukan disub unit organisasi yang berbeda sekarang ini dapat disentralisasikan,sehingga dapat memungkinkan organisasi untuk menetapkan pembelian totaldiseluruh dunia atas berbagai produknya.
• Operasi internal perusahaan, sumber daya manusia, dan infrastuktur perusahaan.Teknologi komunikasi tingkat lanjut dapat secara signifikan dapat meningkatkaneffisiensi operasi internal perusahaan. Peningkatan akses keinformasi dapat secarasignifikan meningkatkan perencanaan perusahaan. Pada sumber daya manusia,aktifitas ini dapat mendukung untuk effisiensi dan efektifitas dalam semua aktifitasutama.
• Outbound Logistic. Merupakan akses yang tepat waktu dan akurat atas informasi rincitentang pengiriman barang yang memungkinkan penjual mengurangi biaya tranportasimelalui cara pengiriman gabungan kepara pelanggannya yang lokasinya berdekatansatu dengan yang lainnya. Jika informasi yang lebih tepat waktu tentang penjualan,maka dapat membantu pabrik mengoptimalkan jumlah persediaan yang ditanggung.
• Penjualan dan Pemasaran. Organisasi/perusahaan dapat menciptakan katalogelektronik diwebsite mereka untuk mengotomatisasikan proses input pesanan penjualan. Kehandalan ini tidak hanya memungkinkan para pelanggan menyampaikan pesanan saat mereka menginginkannya saja, tetapi juga dapat secara signifikanmengurangi jumlah staff dengan cara meniadakan/menghilangkan telepon, surat-menyurat dan/atau pengiriman fax.
• Pelayanan dan dukungan Purnajual. Dalam e-business dapat secara signifikan meningkatkan kualitas dukungan purnajual ke semua para pelanggannya


11. Tuliskan model-model e-Business dan jelaskan!

Jawaban:
Model-Model e-Business :
1. B2C (Business to Consumers). Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan organisasi.
2. B2B (Business to Business). Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar organisasi).
3. C2C (Consumer-to-consumer). Interaksi dimana konsumen menjual produk secara langsung kepada konsumen lainnya. Biasanya individu mengiklankan produk, jasa, pengetahuan, maupun keahliannya disalah satu situs lelang atau classified ads.
4. C2B (Consumer-to-business). Interaksi yang meliputi individu yang menjual produk atau jasa kepada organisasi, serta individu yang mencari penjual, berinteraksi dengan penjual tersebut, dan melakukan transaksi.
5. Non-business electronic commerce, terdiri atas institusi non bisnis seperti lembaga pendidikan, organisasi nirlaba, organisasi keagamaan, organisasi sosial, dan instansi pemerintah. Contohnya, www.bappenas.go.id, www.bps.go.id, www.komnas.go.id, www.bppt.go.id. Umumnya organisasi non bisnis menggunakan berbagai tipe e-commerce atau e-business untuk keperluan menekan biaya atau meningkatkan layanan pelanggan dan operasi.
6. Intrabusiness (organizational) electronic commerce meliputi semua aktivitas internal organisasi yang biasanya dilakukan melalui internet dan meliputi pertukaran barang, jasa atau informasi.


12. Apa yang dimaksud dengan proses bisnis?

Jawaban:
Proses Bisnis adalah umpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang menghasilkan produk atau layanan (demi meraih tujuan tertentu).


13. Apa yang dimaksud dengan model Data REA? dan sebutkan jenis-jenis entitas!

Jawaban:
a. Model REA adalah sebuah framework akuntansi untuk memodelkan resources, events, dan agents yang penting dalam suatu organisasi dan membuat garis hubungan/keterkaitan diantara ketiganya. Tidak seperti dalam sistem akuntansi tradisional, sistem REA membolehkan baik data akuntansi dan nonakuntansi untuk diidentifikasi, diambil, dan disimpan dalam database yang terpusat.
b. Jenis-jenis Entitas
1. Sumber daya yang di dapat dan di pergunakan oleh organisasi
Sumber daya adalah hal-hal yang memiliki nilai ekonomi bagi organisasi
2. Kegiatan atau aktivitas bisnis yang di lakukan oleh organisasi
Merupakan berbagai aktivitas bisnis yang informasinya ingin di kumpulkan perusahaan untuk tujuan perencanaan dan pengendalian.
3. Pelaku yang terlibat dalam kegiatan tersebut
Pelaku adalah orang-orang dan organisasi yang terlibat dalam kegiatan yang informasinya ingin di dapatkan untuk tujuan perencanaan, pengendalian, dan evaluasi.


14. Tolong jelaskan bentuk pokok SIA?

Jawaban:
a. Mengumpulkan dan memproses data tentang kegiatan organisasi bisnis secara efisiensi dan efektif.
b. Menghasilkan informasi yang berguna untuk pembuatan keputusan.
c. Melakukan penguasaan yang memadai