Skip to main content

25 Soal (Essay) Kalimat Tanya

Soal (Esai/Uraian) Mengenai Kalimat Tanya

1. Apakah jawaban untuk pertanyaan yang menggunakan kata tanya siapa?
2. Bagaimana cara menjawab pertanyaan dengan kata tanya apa?
3. Berilah tiga contoh kalimat yang menggunakan kata tanya siapa?
4. Informasi yang didapat dari kata tanya kapan adalah?
5. Contoh kalimat menggunakan kata bagaimana?
6. Kata tanya yang berkaitan dengan tempat di mana peristiwa terjadi yaitu menggunakan kata tanya?
7. Bagaimana intonasi pada kalimat tanya yang membutuhkan jawaban yang jelas?
8. Contoh kalimat dari kata dimana?
9. Sebutkan penggunaan kata tanya bagaimana?
10. Kata tanya apa digunakan untuk?
11. Fungsi partikel kah dalam kalimat tanya?
12. Kata tanya apa saja yang bisa digunakan untuk menggali informasi dari sebuah bacaan?
13. Bagaimana intonasi pada kalimat tanya yang hanya membutuhkan jawaban ya atau tidak?
14. Apa perbedaan antara bagaimana dan mengapa?
15. Apa yang dimaksud dengan kalimat tanya retorik?
16. Apa kata yang digunakan untuk membuat kalimat tanya?
17. Kalimat tanya diakhiri tanda apa?
18. Tuliskan macam-macam kalimat tanya!
19. Tuliskan ciri-ciri kalimat tanya!
20. Apa yang dimaksud dengan kalimat tanya?
21. Bagaimana cara membuat kalimat tanya?
22. Apa tujuan dari kata tanya?
23. Kata tanya apa siapa bagaimana kapan?
24. Apa kata yang digunakan untuk membuat kalimat tanya?
25. Contoh kalimat tanya dimana?

Jawaban:

1. Siapa itu biasanya dipakai untuk menanyakan seseorang atau nama seseorang jadi jawaban dari kata tanya siapa itu tergantung dari cerita diatas nya atau cerita dari pertanyaan tsb

2. Caranya ialah dengan mengambil kata setelah kata tanya bagaimana. Seperti anda yang sekarang bertanya dengan diawali dengan kata tanya bagaimana. Saya menjawabnya dengan mendahulukan kata setelah kata bagaimana

3.
1)Siapa kah yang meletakkan ini disini?
2)Siapa yang membuat kerusuhan disini?
3)Siapa kah yang membuat ini?

4. Jawaban dari pertanyaan yang menggunakan kata tanya “kapan” adalah waktu kejadian terjadinya sebuah peristiwa atau kejadian yang dapat berupa jam, hari, tanggal, bulan atau tahun.

5. Berikut adalah contoh kalimat tanya yang menggunakan kata tanya bagaimana. Ceritakan, bagaimana semua ini bisa terjadi? Bagaimana mungkin kau tak melihat kejadian yang terjadi di dalam rumahmu? Lalu, bagaimana kelanjutan ceritanya?

6. Menanyakan tempat terjadinya peristiwa menggunakan kata tanya Dimana. Jika menanyakan tentang alasan atau sebab timbulnya masalah atau peristiwa menggunakan kata tanya Mengapa.

7. Kalimat tanya yang membutuhkan jawaban ya atau tidak memiliki intonasi menaik pada bagian​ akhir dari kalimat tanya. Jika kalimat tanya yang membutuhkan jawaban panjang, memiliki intonasi menurun pada bagian akhir dari kalimat tanya.

8. Di bawah ini adalah contoh kalimat tanya yang menggunakan kata dimana : Dimana rumah Bapak Kepala Sekolah ? Tahukah kamu dimana ia menyembunyikan barang tadi yang dibawanya ? ... Rumah angker yang kau bicara di sekolah tadi, berada dimana ?

9. Kata tanya "bagaimana" digunakan untuk menanyakan cara, perbuatan, terjadinya sesuatu (lazimnya diikuti kata cara).

10. Apa; untuk menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan isi atau pokok bahasan. Siapa; untuk menanyakan orang-orang atau pihak yang terlibat. Mengapa; untuk menanyakan sebab atau alasan terjadinya sesuatu. Kapan; untuk menanyakan waktu terjadinya sebuah peristiwa.

11. Partikel kah dan berfungsi Menegaskan/mementingkan bentuk dasar yang dilekatinya.

12. Kata tanya untuk informasi dalam bacaan adalah kapan.

13. Kalimat tanya yang membutuhkan jawaban ya atau tidak memiliki intonasi menaik pada bagian​ akhir dari kalimat tanya. Jika kalimat tanya yang membutuhkan jawaban panjang, memiliki intonasi menurun pada bagian akhir dari kalimat tanya.

14. Perbedaan Mengapa dan Bagaimana : Mengapa : Digunakan untuk menanyakan sebab. Contoh : Mengapa kamu melakukan hal itu? Bagaimana : Digunakan untuk menanyakan cara/proses. Contoh : Bagaimana kita bisa menjadi siswa berprestasi?

15. Retoris adalah salah satu jenis majas dalam Bahasa Indonesia. ... Retoris adalah majas yang berupa pertanyaan yang sebenarnya tidak perlu dijawab. Karena jawaban atau maksud si penanya sudah terkandung dalam pertanyaan tersebut.

16. Kalimat tanya dicirikan oleh empat hal, yaitu sebagai berikut. Penggunaan kata tanya: apa, siapa, di mana, bagaimana, mengapa, dan lain-lain.

17. Tanda(?) digunakan untuk mengakhiri sebuah kalimat tanya

18.
a. Kalimat tanya biasa
b. Kalimat tanya tersamar
c. Kalimat tanya retorik
d. Kalimat tanya klarifikasi/konfirmasi

19. Ciri-ciri kalimat tanya, antara lain sebagai berikut:
Selalu diakhiri dengan tanda baca, yaitu tanda tanya (?).
Pada umumnya diawali dengan kata-kata tanya seperti apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana.
Sering juga disertai dengan imbuhan –kah, dan partikel kan. Contohnya: apakah?, di manakah?, kapankah?, ya kan?.
Kalimat tanya yang tidak menggunakan kata (5W+1H) di awal kalimat menggunakan partikel –kan, atau –iya kan pada bagian akhir kalimat dan dipisahkan dengan tanda koma (,).
Memiliki dua macam intonasi, yaitu pada kalimat tanya yang membutuhkan jawaban ya atau tidak memiliki intonasi menaik pada bagian akhir kalimat. Adapun kalimat tanya yang membutuhkan respons jawaban panjang memiliki intonasi menurun pada bagian akhir kalimat.

20. Kalimat tanya merupakan kalimat yang mengandung makna sebuah pertanyaan. Arti Kalimat tanya adalah kalimat yang berisi pertanyaan kepada pihak lain untuk memperoleh jawaban dari pihak yang ditanya. Ciri-ciri kalimat tanya yaitu menggunakan intonasi naik, menggunakan kata tanya, dapat menggunakan partikel tanya.

21. Adapun ciri-ciri kalimat tanya yang diantaranya yaitu:
Selalu diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda tanya (?).
Untuk kalimat tanya yang jawabannya singkat, biasanya intonasi di akhir kalimat agak meninggi. ...
Sering menggunakan partikel “-kah”, contohnya “apakah”, “siapakah”, dimanakah”, dll.

22. Berfungsi : untuk menanyakan keadaan atau kejelasan tentang sesuatu hal, cara atau proses pengerjaan sesuatu. Jawaban dari pertanyaan yang menggunakan kata tanya “bagaimana” adalah penjelasan tentang keadaan, cara atau proses terhadap sesuatu hal yang ditanyakan.

23. Kapan kita bisa berjumpa kembali?
Kapan kau akan membayar semua utangmu itu?
Kapan acara seminar itu akan diadakan?
Sejak kapan perusahaan itu berdiri?

24. Kata tanya yang digunakan jenis kalimat tanya ini biasanya adalah kata tanya yang termasuk 5W+1H, yaitu What (apa), Who (siapa), Where (dimana), When (kapan), Why (mengapa), dan How (bagaimana)

25. 
Dimana rumah Bapak Kepala Sekolah ?
Tahukah kamu dimana ia menyembunyikan barang tadi yang dibawanya ?
Dimana kalian bersembunyi? ...
Sebenarnya dimana letak hati nuranimu ?
Dimana letak kesalahannya? ...
Ayah membeli jam tangan ini dimana ?
Aku harus menemuimu malam ini dimana ?

Popular posts from this blog

59 Soal Teks Eksplanasi

Soal Pilihan Ganda Mengenai Teks Eksplanasi 1. Karakteristik atau ciri dari teks eksplanasi ialah … a. Isinya memuat fakta b. Muatannya didasarkan pada pendapat / opini c. Adanya langkah prosedur d. Memuat unsur kekonyolan e. Terdapat unsur persuasif di dalamnya 2. Teks eksplanasi ditulis untuk menjawab pertanyaan …. a. apa dan siapa b. kapan dan dimana c. bagaimana dan mengapa d. berapa dan bagaimana e. siapa dan mengapa 3. Berikut ini ciri-ciri teks eksplanasi, kecuali …. a. struktur terdiri atas pernyataan umum, deretan penjelas, dan penutup b. memuat informasi sesungguhnya/fakta c. memuat informasi yang bersifat keilmuan d. menjelaskan suatu kondisi atau fenomena e. berisi langkah-langkah kerja 4. Kutipan berikut untuk nomor 4 dan 5 Korean Pop atau yang disebut K-Pop adalah jenis musik populer yang berasl dari Korea Selatan. Demam K-Pop pun kini sudah mendunia, termasuk di Indonesia. Demam K-Pop di Indonesia dilatarbelakangi fenomena Piala Dunia Korea – Jepang 2002 yang berakhir de

33 Soal Media Promosi

Soal Pilihan Ganda Mengenai Media Promosi 1. Contoh penggunaan katalog antara lain digunakan oleh a. Detik b. Alfamart c. Okezone d. Liputan 2. Semacam booklet (buku kecil) yang tak berjilid... a. Brosur b. Radio c. Website d. Pamflet 3. Media komunikasi massa yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa dan berbentuk cetakan... a. Majalah b. Ebook c. Booklet d. Koran 4. Suatu media informasi dan promosi yang sering digunakan oleh para perusahaan dalam memasarkan sebuah produk, biasanya spanduk terdapat pada tepi jalan raya atau diwarung-warung... a. Majalah b. Ebook c. Booklet d. Spanduk 5. Berikut kelebihan dari media promosi banner, kecuali... a. Iklan banner dapat memberikan di atas rata-rata iklan lainnya. b. Pertumbuhan penggunaan blocker iklan mencegah pengguna melihat iklan c. Iklan banner adalah alat branding yang sangat baik. d. Iklan banner dapat membawa traffic bertarget yang tertarik dengan penawaran Anda.

33 Soal Pengolahan dan Kewirausahaan Makanan Asli Khas Daerah (Orisinil) Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Pengolahan dan Kewirausahaan Makanan Asli Khas Daerah (Orisinil) 1. Bahan pembuatan makanan asli khas daerah Nusantara yang orisinil dari bahan hewani contohnya sebagai berikut, kecuali …. A. ikan B. telur C. kacang D. daging sapi E. kepiting 2. Kandungan makanan asli khas daerah berupa karbohidrat, protein, dan lemak berfungsi sebagai sumber …. A. energi B. zat pembangun C. zat pegganti sel yang rusak D. zat pengatur E. zat perintis 3. Tahu yang berasal dari asli daerah jawa barat, dikenal dengan nama tahu …. A. pong B. sutra C. sumedang, misihu D. jepang E. bacem 4. Perhatikan gambar dibawah ini! Gambar semur jengkol tersebut adalah makanan asli khas daerah …. A. Maluku B. batak C. Bali D. Betawi E. Makassar 5. Masakan dengan memakai sayur mayor mentah merupakan khas dari daerah … A. jawa tengah B. jawa timur C. jawa barat D. bali E. ambon 6. Berikut beberapa teknik dalam mengolah makanan khas daerah nusatara, kecuali …. A. menggoreng B. mengukus C. ove