Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

50 Soal Filsafat Sosial Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Filsafat Sosial
  1. Konsep kesusilaan mengalami perubahan, dari kebajikan militer sebagai tolak ukur keutamaan beruba menjadi sesuatu yang kurang bermanfaat. Konsep kesusilaan menurut Spencer ini diperngaruhi oleh….
    A. teori Marx
    B. teori Comte
    C. teori Hegel
    D. teori Darwin
  2. Menurut William Dilthey , ada perbedaan yang tajam antara ilmu alam dan ilmu sosial yang tampak pada obyek dan metodenya. Secara metodis ilmu sosial berdasar pada....
    A. ekspresi manusia
    B. benda-benda fisik
    C. kausalitas dan erklaren
    D. dorongan mental dan verstehen
  3. Pada abad ke-19 Pemikiran Comte sangat berpengaruh, sebab itu kepercayaan terhadap metode dan nilai-nilai ilmiah dianggap sebagai hukum kemajuan manusia, kemudian abad itu disebut…
    A. abad positivisme
    B. abad ilmiah
    C. abad modern
    D. abad pertengahan
  4. Dalam pengembangan pemaknaan posmodern, dekonstruksi diterapkan dalam masalah gender untuk mempertanyakan dominasi laki-laki, atau dengan kata lain sebagai upaya....
    A. interogasi dan keharmonisan
    B. evaluasi dan penjungkirbalikan
    C. kekacauan dan keteraturan
    D. pembelaan kaum perempuan
  5. Sanggahan Antonio terhadap padangan posmodernisme Seidman, tampak pada narasi yang dianggapnya juga homogenisasi totalitas, kecualiyaitu....
    A. nasional
    B. masyarakat kota
    C. jagad raya
    D. regional
  6. Fenomena sosial, dalam teori sosiologi esensialis, dipandang sebagai ekspresi esensi-esensi daripada
    A. produk kondisi alam tertentu
    B. produk kapital ekonomi
    C. produk teknologi informatik
    D. produk kondisi sosial tertentu
  7. Prinsip dasar posmodernisme menolak ide-ide modern tentang foto, seperti orisinalitas dan autentisitas, hal ini menjelaskan juga penolakan....
    A. karya-karya manusia
    B. kebenaran imaginatif
    C. realitas representasi
    D. realitas kebenaran
  8. Berpijak dari pemikiran Derrida, karakteristik posstrukturalisme dapat ditandai dengan kecenderungan, hal-hal berikut kecuali....
    A. sangat filosofis
    B. sangat politis
    C. sangat empiris
    D. sangat abstrak
  9. Giddens menolak pendapat L yotard yang menyatakan bahwa posmodern itu lenyapnya kekuatan ilmu pengetahuan dan rasio. Menurutnya, sekarang adalah perluasan dan globalisasi kapitalisme, sehingga Giddens tidak menerima....
    A. istilah multikultural
    B. istilah kapitalisme lanjut
    C. istilah modernitas
    D. istilah posmodernitas
  10. Masyarakat posindustri masih tetap memiliki ciri-ciri modernitas. Menurut analisis Bell, masyarakat terbagi ke dalam tiga bidang, kecuali yaitu....
    A. agama
    B. struktur sosial
    C. kebudayaan
    D. pemerintahan
  11. Giddens memahami modernitas bersifat multidimensional dan perpaduan berbagai logika. Pemikiran sosiologinya terhadap proses itu adalah untuk....
    A. perubahan sosial di era posmodern
    B. perubahan sosial menuju peradaban tertinggi
    C. melakukan transforamsi ke menuju posmodernitas
    D. melakukan tranformasi ke arah lebih baik
  12. Ketidakpercayaan posmodernitas terhadap fundasionalisme yang dominan, sebab dalam modernitas dituntut adanya, hal-hal berikut kecuali....
    A. kesatuan bahasa ilmiah
    B. penjelasan narasi-narasi kecil
    C. kesatuan metode ilmu pengetahuan
    D. teori adalah penggambaran realitas
  13. Pandangan kaum postmodernisme terhadap modernisme, tampak di dalam konsep the One dan the others. Jika the Onedimaknai sebagai sesuatu yang dominan, yang penting, yang sentral dan yang dikagumi, maka the otherdimaknai sebagai, hal-hal berikut kecualisesuatu yang ....
    A. rasional
    B. berbeda
    C. dangkal
    D. marginal
  14. Studi perempuan dianalisis di dalam metodologi feminis, menurut Reinharzt, dengan sepuluh tema, antara lain....
    A. feminisme adalah metode penelitian
    B. bukan penelitian multidisipliner
    C. menampilkan keberagaman manusia
    D. bukan penelitian partisipatif
  15. Fakta institusional merupakan fakta yang ada sebagai....
    A. cultural studies
    B. etika etnografis
    C. produk konstruksi budaya
    D. produk konstruksi politik
  16. Istilah posmodern mengandung suatu konsep yang berbeda dengan arah gerakan anti-otoritarian dan anti-kapitalisme, yang disebut...
    A. posmodern lanjut
    B. posmodern kritis
    C. anti-modern
    D. tidak anti-modern
  17. Barry Smart adalah tokoh yang menyatakan bahwa postmodernisme sebagai perspektif alternatif,
    yang dapat digunakan untuk ....
    A memayungi berbagai aliaran yang satu sama lain tidak selalu berkaitan
    B. memahami dan penyelesaian masalah secara baru
    C. diterapkan di bidang-bidang tertentu, teknologi informasi
    D. mengatasi kekurangan neoliberalisme dan demokrasi
  18. Globalisasi sebagai fenomena sosial, menurut Turner , merupakan perubahan besar dalam masyarakat akibat dari internasionalisasi dan universalisasi yang disebabkan oleh....
    A. kebudayaan Barat yang hegemonik
    B. kebudayaan posmodernisme yang menguasai teknologi
    C. dominasi Barat atas kebudayaan universal
    D. dominasi Barat dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
  19. Ketika memperdebatkan dimensi budaya dan artistik dari posmodernisme, Jameson membongkar....
    A. tembok penghalang konsumsi budaya
    B. sistem kapitalis multinasional
    C. ledakan-ledakan pertumbuhan budaya
    D. komponen dalam hyperspace
  20. Pada awal fokus studi perempuan menganalisis fenomena perempuan di berbagai Negara, suku, ras yang mengalami....
    A. kolonialisasi laki-laki
    B. penderitaan psikologis
    C. marginanalisasi dan subordinasi
    D. kuasa dalam pengambilan politik
  21. Ada tiga faktor yang mendukung terciptanya aktivitas feminis, salah satunya...
    A. berkembangnya pemikiran posmodern
    B. dari pengalaman prasangka dan diskriminasi kaum perempuan menjadi tuntutan upah dan
    pendidikan yang lebih tinggi
    C. kemarahan aktivis perempuan yang terhimpun dalam gerakan antirasis
    D. kemarahan aktivis perempuan yang terhimpun dalam penegakan hak-hak manusia
  22. Kritik terhadap positivisme merupakan dasar mengangkat perspektif perempuan dalam wilayah ilmu pengetahuan dan sebagai pengakuan adanya....
    A. relasi antara kuasa dan pengetahuan yang inheren dalam ilmu pengetahuan
    B. relasi antara politik dan pengetahuan yang inheren dalam ilmu pengetahuan
    C. justifikasi ilmu pengetahuan bagi kuam laki-laki
    D. kebijaksanaan dan keselarasan ilmu pengetahuan
  23. Epistemologi feminis perlu dikembangkan, menurut Harding, dengan penelitian interdisipliner, yaitu.
    A. kajian epistemologis untuk eksplorasi fondasi-fondasi pengetahuan dalam relasi ontologis
    B. kajian komunitas dekonstruksionis untuk menemukan kebenaran laporannya tentang batas
    bahasa dan struktur retoris
    C. penelitian yang adil didukung oleh politik reformis konservatif
    D. penelitian terhadap penggunaan ilmu-ilmu sosial, biologi dan teknologi
  24. Kaum positivisme logis meyakini bahwa konsep masyarakat perlu dipahami secara ilmiah. Konsepsi ini menempatkan metodologi ilmu harus digunakan di dalam ilmu sosial, karena...
    A. sebagai prinsip pengembangan masyarakat yang diharapkan
    B. sebagai prinsip ilmu pengetahuan alam
    C. prinsip ilmu sosial
    D. prinsip ilmu kemanusiaan
  25. Positivisme logis hanya menganut satu bentuk pengetahuan, yakni pengalaman yang dikemukakan dalam bahasa logis dan matematis. Bagi GoƩlob Frege, matematika adalah bagian dari....
    A. bahasa dan berproyeksi pada kemampuan berkomunikasi secara jelas
    B. bahasa dan berproyeksi pada kemampuan berpikir secara jelas
    C. logika dan berproyeksi pada kemampuan menghitung secara jelas
    D. logika dan berproyeksi pada kemampuan berpikir secara jelas
  26. Ibnu Khaldun mengemukakan teori bahwa “kekuasaan yang dimiliki para sultan bukan kekuasaan yang diperoleh dari Tuhan” . Dalam konteks positivisme Comte teori sosial Ibnu Khaldun itu disebut dengan....
    A. sosiologi politik
    B. sosiologi ilmiah
    C. teori sosial politik
    D. teori politik
  27. Para sosiolog secara ambisius berusaha keras untuk membangun sosiologi yang otonom. Otonom
    dalam aliran positivisme maksudnya adalah....
    A. menyatu dengan ilmu-ilmu yang lain
    B. tidak menerapkan metode empiris-kuantitatif di dalam riset
    C. terpisah dari ilmu-ilmu yang lain dan menerapkan metode empiris-kuantitatif di dalam riset
    D. menyatu dengan ilmu-ilmu yang lain dan tidak menerapkan metode empiris-kuantitaif di dalam riset
  28. Konsep agama dapat dijelaskan oleh Emile Durkheim dengan menjelaskan sumber agama, yakni masyarakat, karena....
    A. agama sumber hidup masyarakat
    B. agama mengatur kehidupan masyarakat
    C. masyarakat sendiri yang menentukan yang sakral dan yang suci
    D. masyarakat sendiri yang menentukan yang sakral dan yang profan
  29. Konsep sukses yang dikemukakan oleh Human ini dapat dijadikan sebagai kerangka teori umum dalam behaviorisme, yaitu....
    A. makin dekat jarak waktu antara perilaku dan hadiah, makin kecil kemungkinan orang mengulang perilaku
    B. makin lama jarak waktu antara perilaku dan hadiah, makin kecil kemungkinan orang mengulang perilaku
    C. pemberian hadiah yang teratur menimbulkan pengulangan
    D. makin sering hadiah diterima, makin sering tindakan dilakukan
  30. Paradigma positivisme memilki dua prinsip pembuktian suatu teori, proposisi, atau hipotesa, yang sangat berbeda, yaitu: verifikasi dan falsifikasi. Penerapan falsifikasi di dalam ilmu alam menjelaskan....
    A. upaya untuk membuktikan kebenaran suatu teori, proposisi, atau hipotesis
    B. upaya untuk membuktikan kesalahan suatu teori, proposisi, atau hipotesis
    C. upaya untuk menemukan kesalahan suatu teori, proposisi, atau hipotesis
    D. upaya untuk menemukan kebenaran suatu teori, proposisi, atau hipotesis
  31. Thomas Kuhn dan Paul Feyerabend menolak bahwa ilmu pengetahuan adalah satu-satunya realitas kebenaran yang diterima....
    A. secara rasional dan sebagai kemajuan ilmu sosial budaya
    B. secara rasional dan sebagai kemajuan ilmu pengetahuan
    C. secara nalar dan sebagai kebenaran abadi
    D. secara nalar dan sebagai kebenaran ilmiah
  32. Asumsi epistemologi yang bersifat transaksional menciptakan bentuk metodologi yang bersifat dialogis, hermeneutis fenomenologis, paradigma ilmiah ini disebut dengan paradigm . . . .
    A. positivisme
    B. pospositivisme
    C. teori kritis
    D. konstruktivisme
  33. Ekperimen merupakan salah satu metode yang digunakan di dalam penelitian perilaku sosial, metod ini berfungsi untuk membuat ....
    A. penilaian dan pengukuran dengan tingkat prestasi yang tinggi terhadap perubahan perilaku
    manusia yang ditimbulkan dengan tidak sengaja
    B. penilaian dan pengukuran dengan tingkat prestasi yang tinggi terhadap perubahan perilaku
    manusia yang ditimbulkan dengan sengaja
    C. kontrol dengan ketat kondisi subjek dan lingkungan di sekitarnya
    D. kemungkinan tingkah laku yang tidak diulang
  34. Asumsi paradigma teori kritis berpengaruh pada penggunaan metode yang lebih bersifat....
    A. dialogis dan subyektif
    B. dialogis dan hermeneutis fenomenologis
    C. empiris eksperimental
    D. kritis dan konstruktif
  35. Untuk memahami fenomenologi, harus mengerti ide dunia tunggal, objektif dan absolut, yang merupakan sikap alamiah. Sikap ini sungguh-sungguh menolak....
    A. persamaan dalam metode
    B. persamaan dalam setiap pengetahuan
    C. perbedaan dalam setiap pengetahuan
    D. perbedaan dalam kebenaran khusus
  36. Pada dasarnya, menurut Husserl, intensionalitas adalah suatu tindakan yang berusaha memberi
    makna objek. Tindakan itu jelas merupakan ciri kesadaran manusia yang bersifat...
    A. rasional
    B. unik
    C. imanen
    D. transenden
  37. Yang menjadi landasan historis sosiologi fenomenologis, pertama menurut Immanuel Kant, adalah pengetahuan tentang fenomena yang terbagi menjadi dua: bentuk dan isi. Pembagian itu memproduksi tindakan pengenalan manusia. Ide Kant itu disebut....
    A. bentuk dan isionalisme
    B. konsep formalisme
    C. rasionalisme Kant
    D. teori fenomenalisme
  38. Sebagai etnolog dan historian budaya, Vierkandt menjelaskan sosiologi dalam konteks cultural area. Konteks itu menjelaskan adanya hubungan antara sosiologi, ilmu pengetahuan dan budaya sama dengan....
    A. hubungan antara matematika, biologi dan alam
    B. hubungan antara matematika, fisika dan teknologi
    C. hubungan dunia biologis, sejarah dan alam
    D. hubungan dunia biologis, fisika dan teknologi
  39. Di dalam kehidupan sosial interaksi saya dan orang lain berada dalam situasi face to face, artinya....
    A. bentuk hubungan dengan orang lain dalam tingkatan jauh
    B. bentuk hubungan dengan orang lain dalam tingkatan konflik
    C. subjektivitas orang lain melewati saya melalui gejala yang maksimum
    D. subjektivitas orang lain menjauhi saya melalui gejala yang maksimum
  40. Teori kritis mendasarkan pada teori pengetahuan yang mampu mengatasi pertentangan dan sekaligus menggabungkan rasionalisme dan empirisme dalam filsafat yang disebut....
    A. epistemology teori kritis
    B. epistemolog Marx
    C. epistemologi Hegel
    D. epistemolog Kant
  41. Masyarakat modern dengan hegemoni teknologi dan sistem ekonomi mengubah subjek menjadi
    objek, sehingga terjadi apa yang dikatakan Adorno “negativitas total” , yaitu....
    A. kehilangan totalisme
    B. kehilangan individualisme
    C. k ehilangan kekuasaan objek
    D. kehilangan kebebasan subjek
  42. Perubahan radikal filsafat subjek ke filsafat komunikasi, menurut Habermas, menginterpretasikan validitas tentang....
    A. norma-norma yang diatur oleh agama
    B. norma-norma yang disepakati oleh masyarakat
    C. subjek impertaif kategoris
    D. kesadaran berkomunikasi
  43. Ada empat syarat yang sangat ditekankan oleh Jurgen Habermas dalam menjelaskan teori komunikasi salah satunya yaitu memahami dan menyelesaikan perbedaan kriteria...
    A. validitas klaim-klaim teoretis, moral-praktis dan estetis dalam dialog melalui argumen
    B. komunikasi ideal yang berpartisipasi aktif dalam diskursus dan bebas mengkritik sudut pandang yang lain
    C. situasi dialog ideal yang berjalan bebas dari paksaan, dominasi dan permainan kuasa
    D. konsensus rasional terbuka terhadap perubahan dan pertimbangan lebih lanjut
  44. Habermas menjelaskan dua dimensi refleksivitas, yaitu reflektivitas epistemologis dan refleksivitas ontologis. Refleksi ontologis itu memperhatikan tentang.....
    A. permasalahan dalam masalah sosial politik
    B. permasalahan dalam suatu konteks sosial historis
    C. persoalan bagaimana merefleksikan, mengarahkan dan mengontrol diri sendiri
    D. persoalan apakah ilmu pengetahuan itu bebas nilai atau terikat nilai dalam refleksi diri dengan
    dunia sosial
  45. Posmodernisme dan Habermas menggusur kebenaran objektif dengan kebenaran hermeneutika,
    sebab hermeneutika menghargai beberapa hal sebagai Berikut, kecuali....
    A. perbedaan, dan partikularitas
    B. objek kajian
    C. subjektivitas
    D. subjektivitas pembaca dan pendengar
  46. Gagasan Herbert Spencer mempengaruhi perkembangan sosiologi Amerika, sebab teorinya
    menjelaskan bahwa masyarakat....
    A. sedang menyukai ilmu dan produk informasi
    B. sedang menyukai ilmu dan produk lifeskill
    C. sedang menjalani proses industrialisasi
    D. sedang menjalani proses modernisasi
    jawaban anda benar
  47. Sosiolog Amerika, duBois, merefleksikan kehidupannya sendiri dalam ide ras. Kata kunci dari ide ras adalah veil(selubung), yang berarti....
    A. sekat yang jelas antara orang kulit hitam dan orang kulit kuning
    B. sekat yang tidak jelas antara orang kulit hitam dan orang kulit putih
    C. masing-masing ras dapat melihat ras lain, tapi sekaligus memisahkan ras-ras itu
    D. masing-masing ras dapat melihat ras lain, dan sekaligus menyatukan ras-ras itu
    Jawaban Anda benar
  48. Masyarakat Amerika abad ke-21 menampilkan integrasi teori mikro-makro, misal McDonalisasi pada masyarakat. Ada tiga akar teori dari integrasi mikro-makro Amerika, salah satu adalah....
    A. strukturasi menurut Bourdieu
    B. habitus menurut Giddens
    C. budaya kapitalisme akhir Jameson
    D. kolonisasi kehidupan dunia menurut Habermas
  49. Negara dalam pemikiran Thomas Aquinas adalah bentuk hidup yang tertinggi dan berada pada ranah yang bersifat kodrati. Sehingga, secara kodrati manusia diciptakan untuk merealisasikan kebajikan dan mengembangkannya sampai yang tetinggi, hal ini disebut dengan....
    A. konsep manusia
    B. konsep negara
    C. tujuan negara
    D. tujuan etika sosial
  50. Filsafat Sosial menjelaskan hubungan moralitas dengan manusia yang terumuskan dalam konsep lex naturalis dan lex devina. Konsep lex devindijelaskan sebagai….
    A. kebajikan yang kodrati
    B. kebajikan yang adikodrati
    C. kebijaksanaan manusia yang berada di bidang-bidang teologis yang terbatas
    D. kebijaksanaan Tuhan yang berada di segala kritik
Jawaban:
  1. D. teori Darwin
  2. D. dorongan mental dan verstehen
  3. A. abad positivisme
  4. B. evaluasi dan penjungkirbalikan
  5. B. masyarakat kota
  6. D. produk kondisi sosial tertentu
  7. C. realitas representasi
  8. C. sangat empiris
  9. D. istilah posmodernitas
  10. A. agama
  11. D. melakukan tranformasi ke arah lebih baik
  12. B. penjelasan narasi-narasi kecil
  13. A. rasional
  14. C. menampilkan keberagaman manusia
  15. C. produk konstruksi budaya
  16. D. tidak anti-modern
  17. B. memahami dan penyelesaian masalah secara baru
  18. D. dominasi Barat dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
  19. A. tembok penghalang konsumsi budaya
  20. C. marginanalisasi dan subordinasi
  21. B. dari pengalaman prasangka dan diskriminasi kaum perempuan menjadi tuntutan upah dan
    pendidikan yang lebih tinggi
  22. A. relasi antara kuasa dan pengetahuan yang inheren dalam ilmu pengetahuan
  23. B. kajian komunitas dekonstruksionis untuk menemukan kebenaran laporannya tentang batas
    bahasa dan struktur retoris
  24. A. sebagai prinsip pengembangan masyarakat yang diharapkan
  25. D. logika dan berproyeksi pada kemampuan berpikir secara jelas
  26. B. sosiologi ilmiah
  27. C. terpisah dari ilmu-ilmu yang lain dan menerapkan metode empiris-kuantitatif di dalam riset
  28. D. masyarakat sendiri yang menentukan yang sakral dan yang profan
  29. B. makin lama jarak waktu antara perilaku dan hadiah, makin kecil kemungkinan orang mengulang perilaku
  30. B. upaya untuk membuktikan kesalahan suatu teori, proposisi, atau hipotesis
  31. C. secara nalar dan sebagai kebenaran abadi
  32. C. teori kritis
  33. B. penilaian dan pengukuran dengan tingkat prestasi yang tinggi terhadap perubahan perilaku
    manusia yang ditimbulkan dengan sengaja
  34. B. dialogis dan hermeneutis fenomenologis
  35. C. perbedaan dalam setiap pengetahuan
  36. D. transenden
  37. A. bentuk dan isionalisme
  38. B. hubungan antara matematika, fisika dan teknologi
  39. C. subjektivitas orang lain melewati saya melalui gejala yang maksimum
  40. D. epistemolog Kant
  41. D. kehilangan kebebasan subjek
  42. B. norma-norma yang disepakati oleh masyarakat
  43. A. validitas klaim-klaim teoretis, moral-praktis dan estetis dalam dialog melalui argumen
  44. D. persoalan apakah ilmu pengetahuan itu bebas nilai atau terikat nilai dalam refleksi diri dengan
    dunia sosial
  45. A. perbedaan, dan partikularitas
  46. C. sedang menjalani proses industrialisasi
  47. C. masing-masing ras dapat melihat ras lain, tapi sekaligus memisahkan ras-ras itu
  48. D. kolonisasi kehidupan dunia menurut Habermas
  49. C. tujuan negara
  50. D. kebijaksanaan Tuhan yang berada di segala kritik