Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

50 Soal Sosiolinguistik

Soal Pilihan Ganda Mengenai Sosiolinguistik

1. Model yang memiliki tipe ikonik, analog, dan simbolik adalah jenis model yang berdasar pada ciri....
A. waktu
B. fungsi
C. struktur
D. umum-khusus
 
2. Ilmu bahasa yang memandang bahasa sebagai tanda pikiran dan gagasan adalah model bahasa....
A. simbolik
B. struktural
C. tradisional
D. transformasi
 
3. Teori informasi yang melihat bahasa sebagai jaringan kerja trasnsaksi sosial yang menggunakan bahasa sesuai dengan peran sosial, baik dalam proses sosialisasi maupun dalam proses komunikasi yang sesungguhnya adalah model fungsional jenis....
A. teori informasi
B. antropologi
C. sosiologi
D. psikologi
 
4. Yang menjadi penyebab masalah kebahasaan di Indonesia adalah, kecuali....
A. keberagaman bahasa daerah dalam jumlah yang sangat besar
B. kondisi bangsa Indonesia yang majemuk
C. kerumitan pembakuan bahasa
D. terjadinya kontak bahasa
 
5. Contoh berikut merupakan bentuk adopsi berlebihan....
A. digital
B. ngetop
C. skoring
D. sewindu
 
6. Contoh berikut merupakan bentuk importasi berlebihan....
A. trisula
B. performa
C. manggung
D. dasawarsa
 
7. Akibat negatif importasi berlebihan adalah, kecuali....
A. salah arti
B. alienasi bahasa
C. kerancuan struktural
D. kerancuan kognitif
 
8. Alasan pengangkatan bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia karena bahasa Melayu....
A. telah menjadi bahasa perhubungan antarsuku
B. milik golongan mayoritas masyarakat secara sosial dan politik
C. lebih banyak digunakan dalam komunikasi dibandingkan dengan bahasa Jawa dan Sunda
D. mempunyai akar bahasa sama dengan bahasa Jawa yang dominan digunakan pada waktu itu
 
9. Fungsi bahasa nasional adalah....
A. bahasa resmi kenegaraan
B. bahasa pengantar dalam dunia pendidikan
C. alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya
D. alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi
 
10. Fungsi bahasa asing adalah, kecuali....
A. alat perhubungan antarbangsa
B. alat perhubungan di dalam keluarga dan masyarakat daerah
C. alat pembantu pengembangan bahasa Indonesia manenjadi bahasa modern
D. alat pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi modern untuk pembangunan nasional
 
11. Kalimat berikut yang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah....
A. Bagi laki-laki dan perempuan yang sudah besar tidak boleh menonton film itu.
B. Kebijaksanaan yang diterapkan di sekolah kami sangat kaku.
C. Ibu setiap minggu selalu belanja di pasar swalayan.
D. Pikirannya Bapak selalu dipenuhi dengan masalah pekerjaan
 
12. Kalimat berikut menggunakan kosakata yang mendapatkan makna baru adalah....
A. Penelitian kami menggunakan studi lintas ilmu
B. Kesukaannya setiap malam hanya berteman dengan miras
C. Semakin besar hadiah yang dijanjikan semakin banyak petaruh yang datang
D. Tadi malam tetangga sebelah rumah kami tertangkap suaminya karena mempunyai pil
 
13. Kalimat berikut yang menggunakan kosakata bentukan baru....
A. Di desa kami sering terjadi curanmor
B. Ternyata simpulan Anda yang benar
C. Saya akan menjenguk nenek senyampang lewat depan rumahnya
D. Operasi kilat yang dilakukan kemarin banyak ditemukan senpi rakitan
 
14. Contoh kalimat berikut yang menggunakan kata serapan dari bahasa Sanskerta adalah....
A. Setiap hari bapak berjibaku mencari uang
B. Adik digembleng ayah agar jiwanya kuat
C. Ibu melilih mie godog untuk makan malamnya
D. Kakek memperbaiki graha yang berada di dekat kantor lurah
 
15. Mata pelajaran bahasa Indonesia berfungsi sebagai sarana, kecuali....
A. peningkatan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Indonesia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan
B. pembinaan kesatuan dan persatuan bangsa
C. pengembangan sosial ekonomi
D. pengembangan penalaran
 
16. Syarat-syarat menjadi guru bahasa Indonesia adalah mampu, kecuali....
A. mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia yng terorganisasi secara tematis berdasarkan penguasaan bahasa Indonesianya
B. merancang tugas-tugas agar siswa-siswanya dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar
C. melaksanakan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia secara memadai
D. mengelola proses belajar-mengajar bahasa Indonesia secara integratif
 
17. Bahasa daerah perlu dibina dan dilestarikan sebab....
A. untuk mengembangkan serta memperkaya perbendaharaan kata bahasa Indonesia
B. alat komunikasi yang membantu bahasa Indonesia
C. sebagai muatan lokal di sekolah-sekolah
D. bahasa-bahasa itu perlu dihormati

18. Yang merupakan contoh kolokial....
A. Selamat jalan Bro.
B. Udah gue siapin tuh tempat lu.
C. Hati-hati, orang itu bawa beceng.
D. Saya siap untuk diuji besok Prof

19. Yang merupakan contoh argot.....
A. Gemuk benar barang yang kamu dapatkan
B. Saya tidak akan merokok lagi Dok
C. Di mana cimeng tadi disimpan?
D. Gue jalan dulu ya.

20. Yang merupakan contoh jargon adalah....
A. Tadi aku ketemu kacamata di depan rumahmu.
B. Mobilmu sudah disporing ya?
C. Wah, baumu kayak taek.
D. Gadis itu malpinas.

21. Menurut M.A.K. Halliday, melayani pengelolaan lingkungan yang menyebabkan peristiwa-peristiwa tertentu terjadi merupakan fungsi....
A. regulasi
B. interaksi
C. instrumental
D. representasi

22. Fungsi bahasa yang cenderung mengacu pada peranan khusus bahasa yang bersangkutan dalam kehidupan bermasyarakat merupakan fungsi....
A. kemasyarakatan
B. kebudayaan
C. perorangan
D. pendidikan

23. Pernyataan bilingualisme bukanlah fenomena sistem bahasa melainkan pertuturan atau praktik penggunaan bahasa secara bergantian merupakan hakikat bilingualisme menurut....
A. Mackey
B. Dell Hymes
C. M.A.K. Halliday
D. Roman Jacobson

24. Ibu Tini adalah seorang guru di salah satu SMA di Jakarta. Walaupun Ia sudah lama menetap di Jakarta , Ia selalu berdoa dalam bahasa Jawa. Begitu pula Jika Ia menghitung. Hal tersebut disebabkan....
A. bahasa ibu penuturnya sama
B. bahasa pertama penuturnya sama
C. bahasa kedua penuturnya tidak sama
D. tingkat penguasaan bahasanya tidak sama

25. Yang merupakan contoh penggunaan variasi bahasa rendah adalah....
A. siaran berita
B. editorial surat kabar
C. pembicaraan di depan umum
D. pembicaraan antaranggota keluarga

26. Sebagai seorang anak dari keluarga Jawa yang tinggal di Jakarta, Wini belajar bahasa Jawa dan bahasa Indonesia secara bersamaan. Pada saat mengajak berkomunikasi, ayah, ibu, dan nenek Wini selalu menggunakan bahasa Jawa dan bahasa Iindonesia secara bergantian. Dari ilustrasi tersebut terlihat tipe hubungan....
A. disglosia dan bilingualisme
B. biligualisme tanpa diglosia
C. diglosia tanpa bilingualisme
D. tanpa bilingualisme dan tanpa diglosia

27. Yang merupakan contoh alih kode intrabahasa adalah....
A. Orang tua: Lu mau pergi kemana?
Anak : Gue mau kondangan
B. Orang tua: Itu rumah Siapa?
Anak : Eta mah imahna nenek (itu rumah nenek)
C. Orang tua : Aku menyang sawah disik. (saya pergi ke sawah dulu)
Anak : Bapak bade tindak sawah ruminyin? (bapak mau pergi ke sawah dulu?)
D. Orang tua : Saya hendak membeli rumah itu.
Anak : Berapa harganya Pak?

28. Yang merupakan contoh alih kode antarbahasa adalah....
A. Evi : Lu emangnye mau ke mane?
Ita : Aku hendak ke rumah pamanku di desa.
B. Susan: Di mana Dik, kamu meletakkan tas kakak tadi?
Sisi : Di atas meja belajar kakak.
C. Evan : Wis tak kandani kok yo kelalen terus. (sudah saya beri tahu kok lupa terus)
Tri : Nuwun sewu Pak, kula kesupen. (maaf Pak, saya lupa)
D. Lisa : Gue pergi dulu ye.
Tuti : Iya deh, lu pegi sana.

29. Pada saat mengantarkan Kusnadi pulang, sebagai temannya, Rini mengantarkan ke halaman dan berkata: See you tomorrow. Hati-hati di jalan, jangan lupa memberi kabar kalau sudah sampai. Dari situasi tersebut, penyebab terjadinya alih kode disebabkan oleh faktor....
A. sosial
B. individu
C. kontak bahasa
D. kemampuan berbahasa

30. Berbeda dengan alih kode yang berupa peralihan ragam yang dipilih dalam suatu bahasa dalam suatu peristiwa komunikasi, sedangkan campur kode ....
A. terdapatnya serpihan-serpihan suatu bahasa yang digunakan oleh seorang penutur
B. adanya partisipan yang perlu diperhatikan kepentingannya
C. masuknya unsur serapan ke dalam bahasa lain
D. peralihan kode yang terjadi dalam satu bahasa

31. Contoh berikut yang menunjukkan terjadinya peristiwa campur kode adalah....
A. Pada saat pemilihan umum banyak opsi yang dapat dipilih
B. No way. Aku tak mau lagi berurusan dengannya
C. Rumahnya kakak baru saja terjual
D. Kayaknya aku sudah kenal dia

32. Fenomena masuknya unsur suatu bahasa pada bahasa yang lain adalah pengertian....
A. campur kode
B. interferensi
C. alih kode
D. slang

33. Contoh berikut yang mengandung gejala inferensi performansi adalah....
A. Setelah berpikir agak lama kakak dapat memilih opsi yang diinginkannya.
B. Usaha besar harus dikembangkan
C. Rumahnya kakakku besar sekali
D. Sepedanya kesenggol bus

34. Tiruan atau abstraksi dari suatu realita yang bertujuan untuk menyederhanakan dan memerikan sistem dalam dan memahami sistem atau realita tersebut adalah pengertian dari....
A. register
B. variasi
C. model
D. kode

35. Bahasa merupakan bentuk dan tingkah laku adalah konsep bahasa menurut....
A. psikolog
B. sosiolog
C. ahli bahasa
D. pakar logika

36. kajian bahasa mikrolinguistik mempelajari....
A. sistem internal bahasa
B. hubungan antara makna
C. bidang disipliner dan terapan
D. peran bahasa dalam berbagai budaya

37. Asumsi dasar yang melandasi kajian bahasa menurut pandangan yang kedua, bahasa dipandang perlu sebagai....
A. sistem tanda yang dapat menyesuaikan diri dengan aturan-aturan yang dapat membentuk tata bahasanya sendiri
B. komponen kode dan pemerian proses kombinasi perangkat simbol yang cocok untuk menciptakan pesan
C. perangkat tingkah laku yang telah ditransmisikan secara kultural atau dipakai oleh sekelompok individu
D. teori komunikasi dan logika suatu simbol sebagai suatu sistem

38. Dalil bahasa menurut pendukung pertama....
A. bahasa adalah suatu bentuk tingkah laku budaya manusia
B. bahasa itu tidak tersusun secara acak atau sembarangan
C. bahasa itu bukan sisrem tunggal
D. bahasa tidaklah tunggal

39. Tipe pemerian yang menjelaskan ciri-ciri bahasa dapat diperikan berdasarkan penggunaan bahasa adalah tipe pemerian....
A. genetik
B. deduktif
C. fungsional
D. probabilistik

40. Bidang kajian pertama dalam sosiolinguistik adalah....
A. etnografi komunikasi
B. sosiologi bahasa deskriptif
C. sosiolinguistik internasional
D. struktur bahasa dalam konteks sosial

41. Sosiolinguistik cenderung menganut paham nominalisme, sedangkan linguistik menganut paham realisme. Perbedaan tersebut merupakan fokus dari....
A. sifat bahasa
B. pendekatan
C. sistem bahasa
D. orientasi filosofis

42. Pembedaan masyarakat ke dalam kelas-kelas secara vertikal adalah pandangan dari dimensi....
A. strata sosial
B. norma sosial
C. interaksi sosial
D. pranata sosial

43. Kemampuan komunikatif yang dimiliki dan dikuasai individu pelaku tutur terhadap bahasa dan variasi bahasa biasa disebut....
A. masyarakat bahasa
B. masyarakat tutur
C. repertoar bahasa
D. struktur bahasa

44. Saling pengertian karena adanya kebersamaan dalam kode-kode linguistik merupakan awal terbentuknya masyarakat tutur dalam....
A. sosial psikologi
B. sistem pembentukan kata
C. sikap dan kepercayaan pemakai bahasa
D. kelompok-kelompok fungsional yang heterogen

45. Masyarakat tutur yang menggunakan bahasa suku dalam kehidupan mereka merupakan tipe masyarakat tutur yang didasarkan pada....
A. kelas lapisan sosial
B. perolehan dan kepandaian bahasa
C. ciri-ciri perkembangan masyarakat
D. kegiatan tutur dalam suatu masyarakat

46. Pak Badu tidak pernah melakukan pekerjaan rumah tangga, karena dalam keluarga Pak Badu perannya ditentukan berdasarkan pada jenis kelamin dan umur. Berdasarkan kasus dalam keluarga Pak Badu dapat dimasukkan dalam kelompok masyarakat tutur....
A. primitif
B. peralihan
C. praindustri
D. desa tradisional

47. Penyebab terjadinya variasi internal disebabkan oleh....
A. struktur sosial
B. pranata sosial
C. kemajemukan masyarakat
D. sistem bahasa yang bersangkutan

48. Perbedaan antara variasi internal dn eksternal adalah....
A. kehadiran variasi internal disebabkan oleh faktor-faktor yang ada dalam bahasa itu sendiri, sedangkan faktor eksternal berhubungan dengan faktor-faktor yang ada di luar bahasa
B. kehadiran variasi eksternal disebabkan oleh faktor-faktor yang ada dalam bahasa itu sendiri, sedangkan faktor internall berhubungan dengan faktor-faktor yang ada di sekitar bahasa
C. kehadiran variasi internal disebabkan oleh faktor-faktor yang ada dalam bahasa itu sendiri, sedangkan faktor eksternal terjadi karena pemakaian bahasa berdasarkan usia, jenis kelamin, dan asal usul pemakainya
D. kehadiran variasi internal disebabkan oleh faktor-faktor yang ada dalam bahasa itu sendiri, sedangkan faktor eksternal terjadi karena aspek-aspek dinamik penggunaan bahasa

49. Variasi bahasa yang disebut dengan idiolek adalah variasi bahasa karena...
A. status sosial
B. waktu bertutur
C. area tempat tinggal
D. bersifat perorangan

50. Yang merupakan contoh akrolek adalah....
A. Jangan keluar dulu, di luar ada plokis.
B. Gue ikut nengokin nenek lu di kampung ya?
C. Kalau tidak menurut nanti aku ambung, mau?
D. Saya selalu siap dan memonitor demonstrasi itu.

Jawaban:

1. C. struktur
2. C. tradisional
3. C. sosiologi
4. C. kerumitan pembakuan bahasa
5. D. sewindu
6. B. performa
7. A. salah arti
8. A. telah menjadi bahasa perhubungan antarsuku
9. B. bahasa pengantar dalam dunia pendidikan
10. B. alat perhubungan di dalam keluarga dan masyarakat daerah
11. C. Ibu setiap minggu selalu belanja di pasar swalayan.
12. A. Penelitian kami menggunakan studi lintas ilmu
13. B. Ternyata simpulan Anda yang benar
14. D. Kakek memperbaiki graha yang berada di dekat kantor lurah
15. C. pengembangan sosial ekonomi
16. B. merancang tugas-tugas agar siswa-siswanya dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar
17. A. untuk mengembangkan serta memperkaya perbendaharaan kata bahasa Indonesia
18. D. Saya siap untuk diuji besok Prof
19. A. Gemuk benar barang yang kamu dapatkan
20. B. Mobilmu sudah disporing ya?
21. C. instrumental
22. A. kemasyarakatan
23. A. Mackey
24. D. tingkat penguasaan bahasanya tidak sama
25. D. pembicaraan antaranggota keluarga
26. A. disglosia dan bilingualisme
27. C. Orang tua : Aku menyang sawah disik. (saya pergi ke sawah dulu)
Anak : Bapak bade tindak sawah ruminyin? (bapak mau pergi ke sawah dulu?)

28. A. Evi : Lu emangnye mau ke mane?
Ita : Aku hendak ke rumah pamanku di desa.

29. B. individu
30. A. terdapatnya serpihan-serpihan suatu bahasa yang digunakan oleh seorang penutur
31. D. Kayaknya aku sudah kenal dia
32. B. interferensi
33. C. Rumahnya kakakku besar sekali
34. C. model
35. B. sosiolog
36. A. sistem internal bahasa
37. C. perangkat tingkah laku yang telah ditransmisikan secara kultural atau dipakai oleh sekelompok individu
38. A. bahasa adalah suatu bentuk tingkah laku budaya manusia
39. C. fungsional
40. B. sosiologi bahasa deskriptif
41. D. orientasi filosofis
42. A. strata sosial
43. C. repertoar bahasa
44. B. sistem pembentukan kata
45. B. perolehan dan kepandaian bahasa
46. A. primitif
47. D. sistem bahasa yang bersangkutan
48. A. kehadiran variasi internal disebabkan oleh faktor-faktor yang ada dalam bahasa itu sendiri, sedangkan faktor eksternal berhubungan dengan faktor-faktor yang ada di luar bahasa
49. D. bersifat perorangan
50. B. Gue ikut nengokin nenek lu di kampung ya?