Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

50 Soal Sosiologi Pedesaan Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Sosiologi Pedesaan
  1. Salah satu yang melatarbelakangi munculnya sosiologi pedesaan karena hubungannya dengan masalah humanity. Hal ini dikarenakan karena .....
    A. faktor isolasi fisik
    B. kehadiran sosiologi pedesaan merupakan refleksi dari ketimpangan masyarakat AS pada awal-awal perkembangan industrinya
    C. sosiologi pedesaan lahir dan mengalami perkembangan yang mantap sebagai disiplin ilmu di Amerika Serikat, sedangkan sosiologi pertanian lahir dan mengalami perkembangan di Eropa khususnya Jerman
    D. sosiologi pedesaaan lahir lebih dulu daripada sosiologi pertanian
  2. The culture of cities yang ditulis oleh Lewis Mumford menyatakan bahwa kota sebagai pusat dari kebudayaan, kebudayaan yang dimaksud adalah .....
    A. kegiatan cocok tanam adalah merupakan revolusi kebudayaan dalam kehidupan manusia
    B. sistem cocok tanam yang paling sederhana dan tua yang dilakukan di tepi sungai
    C. bagi kota, desa bukan saja sebagai penyangga kebutuhan pangannya, melainka juga menjadi landasan awal terjadinya akumulasi kebudayaan
    D. bentuk kebudayaan kapak persegi yang digunakan nenek moyang
  3. Koentjaraningrat dalam bukunya masyarakat desa di Indonesia, masa ini mengungkapkan asumsi bahwa keberadaan sawah di luar Jawa Bali bersifat enclave, yang dimaksud dengan enclave adalah :
    A. tempat yang kecil dan terpencil di tengah lingkungan yang berbeda, seperti sebuah oase di tengah padang pasir. Istilah ini sering untuk menggambarkan apapun yang mengandung pengertian semacam itu
    B. sistem mata pencaharian manusia pada masa sebelum mengenal cocok tanam, secara lebih rinci terdiri dari hunting, fishing dan meramu
    C. suatu istilah untuk menggambarkan masyarakat manusia dalam beberapa tahap perkembangannya, dari tahap ketika belum mengenal cocok tanam, tahap agraris,sampai tahap keindustrian
    D. tingkat kehandalan dari suatu alat ukur sejauhmana alat tertentu dapat dipercaya ketepatannya untuk mengukur obyek yang diteliti
  4. Aktivitas bercocok tanam juga merupakan simbol lahirnya fenomena desa, maksudnya adalah ....
    A. istilah untuk menggambarkan proses perkembangan masyarakat manusia dari tingkat perkembangan yang bersahaja ke tingkat yang kompleks
    B. sesuatu yang dapat dijadikan petunjuk atau keterangan
    C. kelompok yang diantara anggotanya terdapat hubungan yang intim dan serba informal. Kelompok ini juga dicirikan oleh adanya hubungan yang langsung, berhadapan muka dengan muka satu sama lain
    D. desa dalam pengertian pokoknya berarti tempat menetap dan bermukim dari
    sekelompok orang yang memiliki ketergantungan terhadap suatu tempat
  5. Pada intinya teori evolusi Darwin memberikan rumusan:
    A. menjelaskan proses perubahan evolusioner dari Kera menjadi manusia
    B. suatu istilah yang dikemukakan oleh Emile Durkheim untuk menggambarkan solidarita dalam suatu kelompok sosial atau masyarakat yang tercipta oleh kesamaan-kesamaan antara para anggotanya
    C. suatu istilah yang dikemukakan oleh Emile Durkheim untuk menggambarkan solidaritas dalam masyarakat yang tercipta oleh perbedaan-perbedaan tetapi saling tergantung satu sama lain,
    D. kelompok yang diantara anggotanya terdapat hubungan formal, tidak akrab, sebagaimana hubungan-hubungan yang terjadi di lembaga-lembaga formal
  6. Model Trikotomi yang dikemukakan oleh Max Weber yakni
    A. teologi – metafisik – positif
    B. karisma – tradisi – rasional
    C. bersahaja – kompleks
    D. Biadab – barbarian – beradab
  7. Desa menurut tujuan sosial psikologis adalah :
    A. Sebagai suatu lingkungan yang penduduknya hidup dari pertanian
    B. Suatu lingkungan yang penduduknya memiliki hubungan yang saling akrab dan serba informal satu sama lain
    C. Suatu lingkungan yang penduduknya kurang dari 2500 orang
    D. Ikatan antara orang-orang didasarkan atas hubungan darah atau kekerabatan
  8. Roucek dan warren dalam bukunya Sociology an introduction mengemukakan bahwa salah satu cirri khas masyarakat desa adalah faktor geografis karena mempunyai arti penting sebagai suatu prinsip terbentuknya organisasi/asosiasi karena:
    A. Berbeda dengan orang kota yang pengelompokkannya berdasarkan atas kepentingan, pengelompokkan orang desa lebih berdasarkan atas kedaerahan
    B. Perasaan setia antara sesama warga suatu masyarakat atau kelompok sosial lainnya
    C. Pemilahan antara dua hal atau konsep yang bertentangan atau berseberangan satu sama lain
    D. Wilayah dan masyarakat di luar desa yang secara administratif berada di atas desa
  9. Eksistensi desa yang bersifat otonom, bebas dari pengaruh dan pengendalian pihak luar menandakan desa berada dalam salah satu tahap evolusi politik dikemukakan oleh Elman Service yakni tahap:
    A. Band
    B. Tribe
    C. Chiefdom
    D. State
  10. Ahli yang menyatakan pendapat bahwa kebudayaan kapak persegi berasal dari Yang TseKian, Mekhong, Menam dan Salwin adalah :
    A. S.K.Sanderson
    B. Elman service
    C. Von Heine Geldern
    D. P .H. Landis
  11. Dapat diketahui bahwa dengan UU No. 5 tahun 1979, desa tetap diakui sebagai Kesatuan Hukum (adat) namun dampaknya adalah :
    A. Perkembangan suatu daerah yang semula masih ekonomis dan mengalami pertambahan penduduk akan mengakibatkan terciptanya desa-desa baru
    B. kebijakan-kebijakan pemerintah yang diberlakukan
    C. Munculnya desa-desa baru juga disebabkan oleh berubahnya status
    D. Pemerintah cenderung lebih memberi tempat bagi perkembangan kelurahan
  12. Salah satu karakteristik desa di Indonesia yang membedakan dengan negara lain yaitu:
    A. Sifat tradisional yang sangat kuat karena rendahnya tingkat teknologi dan beratnya kondisi geografis
    B. Sebagian besar Jawa T engah dan Jawa TImur (pedalaman) yang telah sekian lama memiliki teknik dan sistem pertanian sawah
    C. Daerah-daerah pedalaman dari kota-kota pantai Sumatra dan Kalimantan yang mengenal pertanian ladang
    D. rasio
  13. Yang dimaksud dengan “social differentiation” mempunyai makna yakni:
    A. Seperangkat istilah atau lambang-lambang lainnya yang dipergunakan dalam suatu disiplin ilmu pengetahuan tertentu
    B. Istilah-istilah atau lambang-lambang lainnya yang dipergunakan orang-orang dalam percakapan umum sehari-hari
    C. Perilaku yang diharapkan dari seseorang yang memiliki status tertentu
    D. Menggambarkan variasi atau kekayaan pengelompokkan yang ada dalam suatu masyarakat tanpa menempatkannya dalam susunan yang hierarkis
  14. Persamaan yang dimiliki oleh desa di Negara Barat dengan desa di Indonesia terutama di Pulau Jawa yakni :
    A. Tidak didasarkan atas hubungan geneologis melainkan hubungan kedaerahan
    B. Keduanya memiliki tipe pemukiman runddorf dan strassendorf
    C. Keduanya merupakan desa yang didiami orang mormon di Utah
    D. Keduanya memiliki pola pemukiman menyebar teratur
  15. Desa-desa di Sumatera dan Kalimantan, dimana penduduk desa tinggal, baik di dalam ataupun di luar lokasi pemukiman, menurut Landis menganut pola :
    A. Tipe mengelompok murni
    B. Tipe mengelompok tidak murni
    C. Tipe pemukiman menyebar teratur
    D. Tipe pemukiman menyebar tidak teratur
  16. Salah satu karakteristik khusus pelapisan sosial di USA yang dikemukakan oleh Smith dan Zopf dan tertuang dalam bukunya Principles of Inductive Rural Sociology :
    A. Luas sempitnya pemilikan dan penguasaan tanah
    B. Adanya pilihan laindi luar sector pertanian
    C. Komposisi rasial penduduk, di desa-desa yang didalamnya terdapat hubungan inferior-superior
    D. Sistem persewaan atau penguasaan tanah
  17. Sutardjo mengungkapkan warga baku sebagai bagian dari klasifikasi penduduk desa Jawa, hal ini dapat ditemukan dalam bukunya yang berjudul Desa, warga baku sendiri mempunyai makna :
    A. Warga desa yang mempunyai rumah dan tanah pekarangan
    B. Warga desa yang mempunyai rumah di atas pekarangan orang lain
    C. Pemuda yang belum kawin
    D. Warga desa yang memiliki tanah pertanian, rumah dan tanah pekarangan
  18. Fungsi keluarga merupakan faktor pendukung dari family control, berikut ini yang termasuk fungsi keluarga kecuali :
    A. Fungsi reproduksi
    B. Fungsi ekonomi
    C. Fungsi sosial
    D. Fungsi komunitas
  19. Desa dengan sistem satu kelas, dimana lahan pertanian menyempit karena adanya pertambahan penduduk secara significant dan agraris memegang peranan dalam perekonomiannya, hal ini dapat dijumpai di…
    A. Negara-negara berkembang
    B. Jerman
    C. Amerika Serikat
    D.Amerika Selatan
  20. Dalam implementasi revolusi hijau polarisasi dapat terjadi, yang dimaksud dengan polarisasi adalah:
    A. Sistem kelas yang memiliki cirri dasar yang sama dengan sistem kekastaan, yakn terdapat perbedaan yang tajam antara kelas atau lapisan yang ada, hanya ada dua kelas atau golongan masyarakat yang memiliki perbedaan yang tajam dan senjang
    B. Sistem stratifikasi sosial yang memiliki perbedaan yang tajam dan kaku antara pelbagai lapisan sosial yang ada, dan tidak memberikan akses untuk terjadinya mobilita antar lapisan
    C. Struktur sosial yang berkaitan dengan faktor-faktor biologis seperti jenis kelamin, usia perkawinan, suku bangsa dan lainnya
    D. Prinsip yang menempatkan pihak yang memberi berada dalam status/kedudukan yang lebih tinggi dibanding dengan pihak yang diberi, Prinsip ini berasal tradisi suku Indian di barat laut kanada
  21. OE Baker menyatakan bahwa ada 2 macam pandangan hidup yaitu filsafat organis dan mekanis, apabila sikap hidup dimana kedekatan dengan alam menjadi faktor utama, maka dapat dikategorikan filsafat:
    A. Mekanis
    B. Organis
    C. Proses menjadikan sesuatu sebagai barang dagangan
    D. Proses yang berkaitan dengan perubahan suatu daerah yang tertutup, terbelakang menjadi terbuka, maju dan semakin dikenal
  22. Ternyata diketahui bahwa banyak faktor-faktor lain yang ikut berperan dalam eksisten pola kebudayaan nasional seperti kekuatan luar desa (supra desa), pada hakekatnya supradesa mempunyai arti harfiah :
    A. Tingkat perkembangan kebudayaan suatu masyarakat yang menunjukkan tanda-tanda dan pencapaian-pencapaian yang khas yang dimiliki masyarakat tersebut
    B. Adat-istiadat yang dimiliki suatu masyarakat yang berfungsi sebagai pedoman perilaku masyarakat setempat
    C. Pengaruh struktur kekuasaan tertentu yang mendominasi desa seperti kerajaan dengan sistem feodalismenya
    D. Pandangan hidup yang memandang segala sesuatu sebagai suatu kesatuan
  23. Dikatakan globalisasi merubah masyarakat desa, dimana rasionalitas ekonomi memiliki kedudukan lebih tinggi dari rasionalitas sosial (sosial rationality), di sini rasionalitas mempunyai arti :
    A. teori yang menekankan pada kejahatan atau kekejaman dari ekonomi kapitalis dan mengecam para ahli ekonomi konvensional atas ketidakpekaannya dan keikutsertaan mereka pada kejahatan ini
    B. Penalaran yang didasarkan atas pertimbangan pertemanan
    C. menyatakan bahwa paham pertukaran dua arah dalam situasi pasar tidak lagi cukup untuk menganalisis kehidupan ekonomi
    D. Kepercayaan yang melegitimasi eksistensi dan peranan serta perilaku-perilaku tertentu dalam struktur sosial
  24. Yang tercakup dalam hukum yang sudah dikodifikasikan dalam zaman kolonial beland adalah sebagai berikut kecuali :
    A. Ketatanegaraan
    B. Ketataprajaan
    C. Pidana
    D. Adatrecht
  25. Di era globalisasi, Negara berkembang seperti Indonesia terimbas dampaknya sampai ke tingkat masyarakat desa di mana tradisi ataupun hukum adat memegang peranan penting, yang dimaksud globalisasi sendiri adalah :
    A. Sistem tanam paksa yang diterapkan kepada para petani jawa pada jaman colonial belanda dimana petani dipaksa untuk menanam tananam-tanaman yang diwajibkan oleh belanda sesuai dengan kepentingan mereka
    B. Adanya dua pimpinan dalam suatu masyarakat (desa) yang keduanya memiliki daya pengatur serta pengendalian (control) terhadap kehidupan masyarakat setempat
    C. Proses masuknya sesuatu ke ruang lingkup dunia, pada awalnya yang mengglobal adalah sistem ekonomi kapitalisme modern, kemudian diikuti oleh pelbagai segi kehidupan lainnya seperti sosial, komunikasi, politik, kebudayaan dan lainnya
    D. Proses perusakan atau pelenyapan suatu tradisi
  26. Menurut Horton dan Hunt, terdapat perbedaan significant antara agama dan gereja, agama menurut Horton dan hunt adalah :
    A. Suatu sistem keyakinan dan praktek, maka disebut lembaga
    B. Sistem norma untuk mencapai suatu tujuan atau kegiatan yang oleh masyarakat dipandang penting
    C. Lembaga kemasyarakatan merupakan himpunan dari norma-norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat
    D. Sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat
  27. Von Vollenhoven dan V an Boclcel merupakan tokoh-tokoh yang kontra dengan implementasi dari IGO dan IGOB, karena menurut mereka :
    A. Memberikan kebebasan berkembang bagi desa-desa
    B. IGO dan IGOB kurang memperhatikan sifat-sifat asli dari desa dan memaksa desa untuk menggunakan peraturan-peraturan yang bersifat barat
    C. yang berhak mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri
    D. Mengatur hal pertanahan dan kedudukan penguasa umumnya terutama dalam bidang kepolisian
  28. Yang mempunyai peranan dalam lembaga adat di desa-desa di Indonesia adalah sebagai berikut, kecuali:
    A. Ikatan genealogis
    B. Ikatan daerah
    C. Agama
    D. Gotong royong
  29. Salah satu tugas dari BUUD ataupun KUD menurut Pasal 5 instruksi Presiden No. 4 tahun 1973, adalah :
    A. Merencanakan pembangunan yang didasarkan atas asas musyawarah
    B. Menumbuhkan kondisi dinamis masyarakat untuk mengembangkan ketahanan desa atau kelurahan
    C. Menggerakkan dan meningkatkan prakarsa partisipasi masyarakat untuk melaksanakan pembangunan secara terpadu baik yang berasal dari berbagai kegiatan pemerintah maupun swadaya gotong royong masyarakat
    D. Bertugas melaksanakan fungsi pengolahan dan pemasaran hasil produksi pertanian
  30. Dalam proses identifikasi lembaga lokal di desa, paham determinisme material berlaku di sini, hal ini berarti :
    A. Administrasi lokal
    B. Pemerintahan lokal
    C. Organisasi – organisasi pelayanan
    D. Nilai-nilai yang terbangun di kalangan masyarakat desa akan ditentukan oleh lingkungan fisik beserta sumber alam yang terkandung dalam lingkungan dimana mereka hidup
  31. Ferdinand T onnies menyatakan bahwa Gemeinschaft yakni:
    A. Ikatan emosional yang kuat antara anggota suatu komunitas terhadap komunitas mereka
    B. Suatu sikap hidup seseorang yang berorientasi ke dalam, hanya sebatas lingkungan di mana dia berada/hidup
    C. Suatu istilah yang menurut Ralph Linton sama artinya dengan kebudayaan (culture)
    D. Hubungan dasar yang bersifat statis-tak rasional – pribadi
  32. Salah satu alasan petani huma dikategorikan sebagai komunitas petani, hal ini karena
    A. Menerapkan suatu sistem yang konsisten dalam cocok tanam mereka
    B. Rendahnya kemampuan perorangan untuk mengendalikan masa depan mereka
    C. Berkaitan dengan pandangan sempit sebatas lokalitas dalam mana seseorang tinggal/hidup
    D. Sumber-sumber ekonomi yang mengatur dirinya sendiri (self regulated) digunakan seluruhnya dan sifatnya stabil
  33. Dove mengidentifikasikan mitos yang menjadi basis utama pemikiran para ahli tentang perladangan, salah satunya adalah :
    A. nilai keagamaan yang lebih menekankan pada kehidupan di dunia ini / sekarang, mendorong manusia untuk menilai tinggi penguasaan secara rasional dan metodis kehidupan sosial, budaya dan khususnya ekonomi
    B. Sistem ekonomi bersifat subsistem dan terlepas sama sekali dari ekonomi pasar
    C. reifikasi manusia yang dilakukan oleh dunia modern, penyeragaman hidup manusia dalam sebuah pola seragam di dunia modern
    D. alat ukur yang mengacu pada mutu hidup manusia/penduduk
  34. Studi tentang peasant tergolong sangat digandrungi, salah satu alasannya menurut Howard Newby (dalam bukunya International Perspectives in Rural Sociology) :
    A. Ketidakseimbangan antara sector pertanian, penduduk dan pangan di dunia ini, sehingga peasant tidak mampu mendukung pengadaan pangan karena keterbelakangan sistem pertaniannya
    B. Sikap hidup seseorang yang berorientasi ke dalam, hanya sebatas lingkungan di mana dia berada/hidup
    C. Sikap yang tujuan utamanya adalah sekedar hidup, maka disebut juga minimalis
    D. Berkaitan dengan pandangan sempit sebatas lokalitas dalam mana seseorang tinggal/hidup
  35. Pernyataan di bawah ini merupakan subkultur peasant menurut Everett M. Rogers, kecuali:
    A. Pemahaman tentang terbatasnya segala sesuatu yang ada di dunia ini
    B. Sikap tergantung sekaligus bermusuhan terhadap kekuasaan pemerintah
    C. Pandangan yang terbatas (sempit) mengenai dunia
    D. Kesenjangan pendapatan antara Negara maju dengan Negara berkembang
  36. Swasembada pangan yang dicapai Indonesia pada tahun 1985 ternyata mempunyai dampak negatif yakni
    A. Peasan merupakan bagian terbesar dari penduduk dunia
    B. Kesenjangan pendapatan antara Negara maju dan terbelakang
    C. Terjadinya revolusi dan ketidakstabilan politik di pelbagai belahan dunia yang ternyata tidak bisa dilepaskan dari pengaruh peasan
    D. Sulit dipertahankan karena biayanya tinggi sehingga meniadakan keuntungan yang dihasilkan oleh keswasembadaan pangan
  37. Yang termasuk dalam tipe struktur pertanian menurut Frithjof yakni:
    A. Latifundia (hacienda)
    B. Rudimentary sedentary cultivation
    C. Intensive subsistence village, rice dominat
    D. Mediterranian agriculture
  38. Solidaritas mekanik yang dikemukakan oleh Emile Durkheim ternyata diaplikasikan dalam masyarakat peasan, dimana berpengaruh sangat significant terhadapa hubungan antara sistem ekonomi dengan sistem sosial, solidaritas mekanik mempunyai makna:
    A. golongan elite dalam struktur masyarakat Amerika yang terdiri dari para petinggi militer dan sipil, orang kaya dan direktur politik memiliki kekuasaan dan dominasi terhadap masyarakat yang begitu besar
    B. terbentuk karena adanya kesamaan- kesamaan antara warganya
    C. Kemiskinan yang didera oleh suatu golongan masyarakat karena struktur sosial masyarakat itu tidak dapat ikut menggunakan sumber-sumber pendapatan yang sebenarnya tersedia bagi mereka adalah definisi kemiskinan struktural menurut Selo Soemardjan
    D. Nilai keagamaan yang lebih menekankan pada kehidupan di dunia ini / sekarang, mendorong manusia untuk menilai tinggi penguasaan secara rasional dan metodis kehidupan sosial, budaya dan khususnya ekonomi
  39. Modernisasi ternyata mempengaruhi kehidupan masyarakat desa, termasuk gaya hidup perkotaan yang negatif, berikut ini adalah gaya hidup perkotaan yang negatif, kecuali:
    A. Hedonisme
    B. Konsumtivisme
    C. saling rukun satu sama lain
    D. Sekularisme
  40. Setiap jenis tanaman akan mengakibatkan timbulnya perbedaan dalam sistem pertanian, sehingga dapat dikatakan bahwa masyarakat petani tidaklah seragam, pendapat ini dinyatakan oleh:
    A. Bert F . Hozelitz
    B. Smith dan Zopf
    C. Herbert Spencer
    D. Max Weber
  41. Klasifikasi pasar menurut Eric R. Wolf salah satunya adalah pasar sectional dan network pasar, adapun peranan pasar dapat dikatakan :
    A. Menciptakan sistem ekonomi/pertanan yang mengarah pada berkembangnya ciri-ciri khusus komunitas desa
    B. Berdasar pengetahuan dan pengalaman lapangan
    C. Berdasar kebutuhan-kebutuhan lokal
    D. Memilih kegiatan/situasi yang paling memberikan harapan sukses
  42. Kingsley Davis serta Selo Soemardjan & Soeloeman Soemardi memberikan definisi dari perubahan sosial yakni :
    A. Perkembangan yang untuk Negara-negara dunia ketiga lazim diartikan pembangunan
    B. Hubungan timbal balik antara bidang-bidang kehidupan dalam masyarakat melalui interaksi antara warga masyarakat atau kelompok
    C. Struktur yang dibangun diatas struktur yang lain
    D. Perubahan yang menyangkut struktur sosial maupun lembaga sosial
  43. Terdapat kekuatan internal dan eksternal yang mampu mempengaruhi dan mengubah kehidupan masyarakat desa, yang termasuk kekuatan internal yakni:
    A. Pola pembangunan yang direncanakan atas dasar identifikasi masalah dan tujuan yang hendak dicapai, dengan melibatkan teknologi, dana , material dan ahliahli yang terlibat dalam perencanaan
    B. Pertambahan penduduk tanpa diimbangi perluasan lahan pertanian
    C. Pola pembangunan yang berdasar atas pengetahuan dan pengalaman lapangan serta kebutuhan-kebutuhan lokal
    D. Suatu gerakan yang bisa dalam bentuk organisasi informal maupun formal yang bertujuan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu
    Jawaban anda benar
  44. Dari penelitian yang dilakukan mengenai modernisasi pertanian di Jawa, ditemukan fenomena baru bahwa ternyata kendala dari modernisasi bukan hanya karena faktor luas lahan yang tidak maksimal tetapi lebih karena :
    A. Gaya hidup subsisten yang telah mendarah daging
    B. Meningkatnya jumlah penduduk
    C. Semakin merasuknya sistem ekonomi uang (kapitalisme)
    D. Pembangunan masyarakat tradisional menjadi manusia modern
  45. Focus dari IRD (Integrated Rural Development) yang dicanangkan oleh Indonesia sejak tahun 1977 adalah :
    A. Bersifat sentralistis
    B. Mengutamakan program-program pembangunan yang bersifat nasional dan berlaku seragam bagi semua daerah di Indonesia
    C. Menekankan keterpaduan program-program pembangunan yang ada di desa yang kalau tidak dipadukan akan bersifat fragmentaristis dan terikat pada pelbagai department yang ada
    D. Mengutamakan pendekatan yang bersifat cetak biru
  46. Berikut ini merupakan karakteristik dari rejim reformasi kecuali:
    A. Peran dan campur tangan pusat dikurangi
    B. Daerah mendapat kesempatan yang besar untuk mengurus daerahnya
    C. Menerapkan “learning process approach”
    D. Dapat diintervensi /diatasi lewat rencana (plan) yang detail
  47. Rejim reformasi memiliki banyak kendala dalam program-program pembangunan nasional, termasuk program – program pembangunan desa, salah satunya karena:
    A. Masa pemerintahan yang singkat, seperti masa Habibie dan Gus Dur sehingga belum sempat menyusun dan menerapkan program-program pembangunan secara efektif
    B. Berdasar pengetahuan dan pengalaman lapangan
    C. Berdasar kebutuhan-kebutuhan lokal
    D. Berdasar atas penahapan-penahapan
  48. Definisi dari sosiologi pedesaan adalah:
    A. Studi tentang kehidupan sosial manusia dengan hubungan sosial dan jaringannya dari hubungan antar individu hingga hubungan global antar bangsa-bangsa,
    B. kumpulan pengetahuan yang telah disistemisasi yang dihasilkan lewat penerapan metode ilmiah ke dalam studi masyarakat pedesaan, organisasi dan strukturnya, prosesnya, sistem sosial yang pokok, dan perubahan-perubahannya
    C. studi ilmiah tentang adaptasi sosial ekonomik dari orang-orang yang terkonsentrasi dalam lingkungan geografis yang terbatas
  49. ‘Interaction’ tidak sama dengan relation dalam perspeksi interaksionis, yang dimaksud dengan relation adalah :
    A. hubungan yang bersifat pasif dan normatif,
    B. pola yang mapan dari organisasi internal setiap kelompok sosial
    C. hubungan yang terjadi antar manusia, baik yang bersifat perorangan maupun kelompok, yang tercipta oleh sifat manusia sebagai makhluk kebutuhan
    D. perubahan dalam struktur sosial dan jalinan hubungan dalam masyarakat
  50. John. M. Gillete mempunyai definisi tersendiri mengenai sosiologi pedesaan, lebih komprehensif bukan sekedar ilmu tentang masyarakat desa tetapi ....
    A. hubungan yang terjadi antar manusia, baik yang bersifat perorangan maupun kelompok, yang tercipta oleh sifat manusia sebagai makhluk sosial
    B. usaha yang berhubungan dengan pertanian
    C. cabang sosiologi yang secara sisteatik mempelajari komunitas-komunitas pedesaan untuk mengungkapkan kondisi-kondisi serta kecenderungankecenderungannya, dan merumuskan prinsip-prinsip kemajuan
    D. tempat yang kecil dan terpencil di tengah lingkungan yang berbeda, seperti sebuah oase di tengah padang pasir . Istilah ini sering untuk menggambarkan apapun yang mengandung pengertian semacam itu
Jawaban:
  1. B. kehadiran sosiologi pedesaan merupakan refleksi dari ketimpangan masyarakat AS pada awal-awal perkembangan industrinya
  2. C. bagi kota, desa bukan saja sebagai penyangga kebutuhan pangannya, melainka juga menjadi landasan awal terjadinya akumulasi kebudayaan
  3. A. tempat yang kecil dan terpencil di tengah lingkungan yang berbeda, seperti sebuah oase di tengah padang pasir. Istilah ini sering untuk menggambarkan apapun yang mengandung pengertian semacam itu 
  4. D. desa dalam pengertian pokoknya berarti tempat menetap dan bermukim dari
    sekelompok orang yang memiliki ketergantungan terhadap suatu tempat
  5. A. menjelaskan proses perubahan evolusioner dari Kera menjadi manusia
  6. B. karisma – tradisi – rasional
  7. B. Suatu lingkungan yang penduduknya memiliki hubungan yang saling akrab dan serba informal satu sama lain
  8. A. Berbeda dengan orang kota yang pengelompokkannya berdasarkan atas kepentingan, pengelompokkan orang desa lebih berdasarkan atas kedaerahan
  9. B. Tribe
  10. C. Von Heine Geldern
  11. D. Pemerintah cenderung lebih memberi tempat bagi perkembangan kelurahan
  12. A. Sifat tradisional yang sangat kuat karena rendahnya tingkat teknologi dan beratnya kondisi geografis
  13. D. Menggambarkan variasi atau kekayaan pengelompokkan yang ada dalam suatu masyarakat tanpa menempatkannya dalam susunan yang hierarkis
  14. A. Tidak didasarkan atas hubungan geneologis melainkan hubungan kedaerahan
  15. B. Tipe mengelompok tidak murni
  16. C. Komposisi rasial penduduk, di desa-desa yang didalamnya terdapat hubungan inferior-superior
  17. D. Warga desa yang memiliki tanah pertanian, rumah dan tanah pekarangan
  18. D. Fungsi komunitas
  19. A. Negara-negara berkembang
  20. A. Sistem kelas yang memiliki cirri dasar yang sama dengan sistem kekastaan, yakn terdapat perbedaan yang tajam antara kelas atau lapisan yang ada, hanya ada dua kelas atau golongan masyarakat yang memiliki perbedaan yang tajam dan senjang
  21. B. Organis
  22. C. Pengaruh struktur kekuasaan tertentu yang mendominasi desa seperti kerajaan dengan sistem feodalismenya
  23. B. Penalaran yang didasarkan atas pertimbangan pertemanan
  24. D. Adatrecht
  25. C. Proses masuknya sesuatu ke ruang lingkup dunia, pada awalnya yang mengglobal adalah sistem ekonomi kapitalisme modern, kemudian diikuti oleh pelbagai segi kehidupan lainnya seperti sosial, komunikasi, politik, kebudayaan dan lainnya
  26. A. Suatu sistem keyakinan dan praktek, maka disebut lembaga
  27. B. IGO dan IGOB kurang memperhatikan sifat-sifat asli dari desa dan memaksa desa untuk menggunakan peraturan-peraturan yang bersifat barat
  28. D. Gotong royong
  29. D. Bertugas melaksanakan fungsi pengolahan dan pemasaran hasil produksi pertanian
  30. D. Nilai-nilai yang terbangun di kalangan masyarakat desa akan ditentukan oleh lingkungan fisik beserta sumber alam yang terkandung dalam lingkungan dimana mereka hidup
  31. D. Hubungan dasar yang bersifat statis-tak rasional – pribadi
  32. A. Menerapkan suatu sistem yang konsisten dalam cocok tanam mereka
  33. B. Sistem ekonomi bersifat subsistem dan terlepas sama sekali dari ekonomi pasar
  34. A. Ketidakseimbangan antara sector pertanian, penduduk dan pangan di dunia ini, sehingga peasant tidak mampu mendukung pengadaan pangan karena keterbelakangan sistem pertaniannya
  35. D. Kesenjangan pendapatan antara Negara maju dengan Negara berkembang
  36. D. Sulit dipertahankan karena biayanya tinggi sehingga meniadakan keuntungan yang dihasilkan oleh keswasembadaan pangan
  37. A. Latifundia (hacienda)
  38. B. terbentuk karena adanya kesamaan- kesamaan antara warganya
  39. C. saling rukun satu sama lain
  40. B. Smith dan Zopf
  41. A. Menciptakan sistem ekonomi/pertanan yang mengarah pada berkembangnya ciri-ciri khusus komunitas desa
  42. D. Perubahan yang menyangkut struktur sosial maupun lembaga sosial
  43. B. Pertambahan penduduk tanpa diimbangi perluasan lahan pertanian
  44. A. Gaya hidup subsisten yang telah mendarah daging
  45. C. Menekankan keterpaduan program-program pembangunan yang ada di desa yang kalau tidak dipadukan akan bersifat fragmentaristis dan terikat pada pelbagai department yang ada
  46. D. Dapat diintervensi /diatasi lewat rencana (plan) yang detail
  47. A. Masa pemerintahan yang singkat, seperti masa Habibie dan Gus Dur sehingga belum sempat menyusun dan menerapkan program-program pembangunan secara efektif
  48. B. kumpulan pengetahuan yang telah disistemisasi yang dihasilkan lewat penerapan metode ilmiah ke dalam studi masyarakat pedesaan, organisasi dan strukturnya, prosesnya, sistem sosial yang pokok, dan perubahan-perubahannya
  49. A. hubungan yang bersifat pasif dan normatif,
  50. C. cabang sosiologi yang secara sisteatik mempelajari komunitas-komunitas pedesaan untuk mengungkapkan kondisi-kondisi serta kecenderungankecenderungannya, dan merumuskan prinsip-prinsip kemajuan