Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Soal (Essay) Fisiologi Tumbuhan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai/Uraian) Materi Fisiologi Tumbuhan


1. Mengapa Fisiologi tumbuhan diterapkan dalam pertanian?

2. Tuliskan contoh hasil kajian fisiologi yang diterapkan di pertanian !

3. Tuliskan contoh adaptasi fisiologi pada tumbuhan!

4. Tuliskan Fungsi Fisiologi Tanaman Dalam Produksi Tanaman!

5. Jelaskan proses fisiologis yang berlangsung pada tumbuhan!

6. Tuliskan pengertian Fisiologi tumbuhan !

7. Tuliskan konsep dasar fisiologi tumbuhan

8. Tuliskan Objek kajian dalam fisiologi tumbuhan!

9. Tuliskan Organisme yang menjadi kajian fisiologi tumbuhan!

Jawaban:


1
. Untuk meningkatkan nilai produk hasil bumi

2. Teknologi pemberian pupuk kimia untuk meningkatkan hasil dan penggunaan zat pengatur tumbuh untuk merangsang keserempakan pembungaan

3. Contoh adaptasi fisiologi pada tumbuhan, diantaraya yaitu sebagai berikut :
1. Pohon pisang mempunyai daun yang lebar serta tipis yang dilapisi oleh zat lilin untuk mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
2. Salah satu cara tumbuhan pakis beradaptasi dengan lingkungan yang lembab yakni dengan menggulung daun mudanya.
3. Agar bisa bertahan hidup di daerah perairan pasang-surut pohon bakau mempunyai akar gantung yang fungsinya untuk pernafasan.
4. Terapat jenis tumbuhan yang bisa menghasilkan sejenis zat asam untuk memangsa serangga atau hewan.
5. Pada Eceng gondok dan kangkung air batangnya berongga sehingga bisa hidup dan tumbuh di air.
6. Tumbuhan dikotil yang mempunyai mahkota bunga yang indah, fungsinya untuk menarik serangga agar bisa membantu penyerbukan.
7. Pada Tumbuhan yang berbunga umumnya akan menghasilkan nektar untuk menarik serangga sehingga bisa membantu penyerbukan.

4. Peranan fisiologi yang paling terlihat dalam pemuliaan tanaman adalah menyangkut unsur genotip dan ketersediaan plasma nutfah yang melimpah pada tumbuhan. Hal ini sangat mungkin, apalagi didukung dengan biodiversitas lokal yang tinggi. Dengan ketersediaan sumber daya genetik yang melimpah ini memungkinkan untuk dilakukan perakitan varietas baru.

5.
1. Difusi dan Osmosis
Semua sel tumbuhan dikelilingi oleh selaput atau membran. Membran sel tidak dapat dilalui oleh semua zat. Membran sel berfungsi seperti tirai kasa di jendela rumahmu yang dapat dilalui udara tetapi tidak dapat dilalui benda-benda yang besar seperti serangga atau kerikil bahkan nyamuk. Sel-sel tumbuhan dapat dilewati air, zat-zat makanan yang terlarut, oksigen dan karbondioksida baik ke dalam atau ke luar sel.

2. Pertukaran Gas
Tumbuhan memerlukan air dan karbondioksida untuk tetap hidup. Tumbuhan menyerap air dan mineral melalui akar, dan selanjutnya akan diangkut melalui batang menuju daun. Air menguap dari jaringan daun dan dilepaskan melalui stoma dan lentisel sebagai uap air. Karbondioksida yang berupa gas masuk ke dalam tubuh tumbuhan melalui stoma di permukaan daun dan lentisel di permukaan batang.

3. Transpirasi
Tumbuhan tidak mempunyai alat khusus sebagai alat pengeluaran zat sisa, namun biasanya zat sisa berupa gas dikeluarkan melalui stoma dan lentisel. Air yang diserap oleh akar, yang kemudian disalurkan ke daun, hanya sebagian kecil saja yang digunakan dalam proses fotosintesis dan proses-proses lainnya.

4. Fotosintesis
Proses Fotosintesis
Tumbuhan hijau menggunakan gas karbondioksida, air, dan energi dari sinar matahari untuk membuat makanan melalui proses fotosintesis. Di dalam sel tumbuhan hijau terdapat organel yang disebut kloroplas. Di dalam kloroplas terkandung klorofil.

6. Fisiologi tumbuhan adalah cabang botani yang mempelajari bekerjanya sistem kehidupan di dalam tubuh tumbuhan dan tanggapan terhadap pengaruh lingkungan sekitarnya sehingga tumbuhan tersebut dapat hidup

7. Konsep fisiologi pada khususnya, yaitu:
1. Seluruh fungsi tumbuhan dapat dipahami dengan dasar prinsip fisika dan kimia.

2. Para ahli botani dan fisiologi tumbuhan juga mempelajari anggota dari empat di antara lima dunia organisme yang baru ini di kenal oleh banyak hli biologi.

3. Sel merupakan satuan dasar dari penyusun kehhidupan. Semua organisme terdiri dari sel yang memiliki nukleus yang tebungkus membran atau struktur serupa tapi tanpa membran. Tidak ada kehidupan dalam satuan ayng lebih kecil dari sel. Sel hanya terjadi dari pembelahan sel sebelumnya.

4. Sel eukariot terdiri dari sel yang terbungkus membran misalnya kloroplas, mitokondria, nukleus, dan vakuola, sedangkan sel prokariot terdiri dari sel yang tanpa membran.

5. Sel dicirikan oleh adanya makro molekul khusus seperti pati dan selulosa yang terdiri dari ratusan atau ribuan gula atau molekul lain. Pada beberapa makro molekul seperti lignin, gugus molekulnya bisa berulang atau dijumpai di sana-sini pada molekul pembangunan.

6. Sel juga dicirikan oleh dengan adanya molekul makro seperti protein dan asam nukleat (DNA dan RNA). Yang tersusun sebagai rantai dan terdiri dari ratusan molekul sederhana dan berbagai jenis ( dua puluh jenis atau lebih asam amino dalam protein, dan empat atau lima jenis nukleutida dalam asam nukleat). Rantai ini terdiri dari bagian rantai yang panjang-panjang dengan urutan yang tidak berulang, yang terpelihara dan mengganda ketika molekul-molekul itu di perbanyak.

7. Pada organisme multisel, sel tersusun membentuk jaringan dan organ. Sel dalam organisme multisel tidaklah sama, sering memepunyai fungsi yang berbeda antara satu dengann yang lain.

8. Organisme hidup adalah struktur yang tumbuh sendiri.

9. Organisme tumbuh dan berkembang di lingkungan dan berinteraksi denga lingkungan nya atau dengan organisme sesamanya melalui banyk cara.

10. Pada organisme hidup seperti halnya pada mesin, merupakan struktur yang sangat erat kaitannya denga fungsi.

8. Fisika sel dan biofisika organ, fotosintesis, transportasi hara dan hasil metabolisme, regulasi pertumbuhan dan perkembangan, dan mekanisme respons terhadap rangsangan lingkungan.

9. Organisme dari kerajaan plantae, meliputi semua jenis tumbuhan, dari tumbuhan tingkat rendah sampai tumbuhan tingkat tinggi