Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

69 Soal Membaca

Soal Pilihan Ganda Mengenai Membaca

1. Seorang pembaca diminta untuk menyatakan kembali fakta-fakta/detail bacaan, hal tersebut merupakan teknik untuk menggali kemampuan ….
A. mengaplikasikan konsep bacaan
B. mengingat kembali bacaan
C. menganalisis isi bacaan
D. menilai isi bacaan

2. Kegiatan seseorang untuk memahami secara kritis hubungan sebab-akibat yang ada dalam bacaan adalah teknik untuk menggali kemampuan ….
A. memahami/menginterpretasi makna tersirat
B. mengaplikasikan konsep bacaan
C. menganalisis isi bacaan
D. menilai isi bacaan

3. Seorang pembaca melakukan kegiatan mengikuti petunjukpetunjuk dalam bacaan. Dalam hal ini, teknik yang digunakan pembaca adalah ....
A. memahami/menginterpretasi makna tersirat
B. mengaplikasikan konsep bacaan
C. menganalisis isi bacaan
D. menilai isi bacaan

4. Kegiatan seseorang untuk membandingkan antargagasan yang ada dalam bacaan adalah teknik untuk menggali kemampuan ….
A. memahami/menginterpretasi makna tersirat
B. mengaplikasikan konsep bacaan
C. menganalisis isi bacaan
D. menilai isi bacan

5. Jika seorang pembaca diminta untuk menentukan keselarasan antara data yang diungkapkan dengan simpulan yang dibuat, berarti pembaca menggunakan teknik untuk menggali kemampuan ….
A. mengaplikasikan konsep bacaan
B. menginterpretasi makna tersirat
C. menganalisis isi bacaan
D. menilai isi bacaan

6. Kegiatan seseorang untuk menyerap inti bacaan dalam rangka membuat rangkuman menggunakan teknik untuk menggali kemampuan ….
A. memahami/menginterpretasi makna tersirat
B. mengaplikasikan konsep bacaan
C. mencipta bacaan
D. menilai isi bacaan

7. Binatang kecil pipih berkaki enam yang bergerigi ini biasa muncul di malam hari dari balik dinding atau gorong-gorong. Kemunculannya sering bikin orang jijik melihatnya. Apalagi, ia termasuk serangga yang susah dibasmi. Kecoak atau lipas sudah ada sejak 300 juta tahun silam tanpa banyak berevolusi. Warnanya cokelat merah kehitaman. la ditakdirkan untuk bisa bertahan di segala musim dan iklim, baik panas menyengat atau dingin membeku. Mereka bahkan lebih resisten terhadap radiasi dibandingkan dengan makhluk lain. Faktanya, hanya kecoak yang selamat pada Perang Dunia II. Saat ini, lebih dari 3.000 spesies kecoak menghuni planet Bumi. Mereka tinggal di dalam rumah, menyusup ke ru mah sakit, merangkak di bawah meja restoran, me manjat saluran sanitasi, terbang di antara sampah, sampai berkeliaran di dasar hutan lebat Amazon.
Kalimat ketiga pada paragraf kedua wacana tersebut menjelaskan bahwa kecoak atau lipas adalah ....
A. serangga yang keberadaannya sudah sangat lama
B. serangga yang berwarna coklat merah kehitaman
C. serangga yang memiliki ketahanan tubuh sangat prima
D. serangga yang tahan diberbagai cuaca

8. Binatang kecil pipih berkaki enam yang bergerigi ini biasa muncul di malam hari dari balik dinding atau gorong-gorong. Kemunculannya sering bikin orang jijik melihatnya. Apalagi, ia termasuk serangga yangsusahdibasmi. Kecoak atau lipas sudah ada sejak 300 juta tahun silam tanpa banyak berevolusi. Warnanya cokelat merah kehitaman. la ditakdirkan untuk bisa bertahan di segala musim dan iklim, baik panas menyengat atau dingin membeku. Mereka bahkan lebih resisten terhadap radiasi dibandingkan dengan makhluk lain. Faktanya, hanya kecoak yangselamat pada PerangDunia II. Saat ini, lebih dari 3.000 spesies kecoak menghuni planet Bumi. Mereka tinggal di dalam rumah, menyusup ke rumah sakit, merangkak di bawah meja restoran, me manjat saluran sanitasi, terbang di antara sampah, sampai berkeliaran di dasar hutan lebat Amazon.
Topik yang dibicarakan dalam potongan wacana tersebut adalah….
A. kecoak
B. kecoak berevolusi
C. spesies kecoak
D. jenis serangga yang susah dibasmi

9. Binatang kecil pipih berkaki enam yang bergerigi ini biasa muncul di malam hari dari balik dinding atau gorong-gorong. Kemunculannya sering bikin orang jijik melihatnya. Apalagi, ia termasuk serangga yang susah dibasmi. Kecoak atau lipas sudah ada sejak 300 juta tahun silam tanpa banyak berevolusi. Warnanya cokelat merah kehitaman. la ditakdirkan untuk bisa bertahan di segala musim dan iklim, baik panas menyengat atau dingin membeku. Mereka bahkan lebih resisten terhadap radiasi dibandingkan dengan makhluk lain. Faktanya, hanya kecoak yangselamat pada Perang Dunia II. Saat ini, lebih dari 3.000 spesies kecoak menghuni planet Bumi. Mereka tinggal di dalam rumah, menyusup ke ru mah sakit, merangkak di bawah meja
restoran, me manjat saluran sanitasi, terbang di antara sampah, sampai berkeliaran didasar hutan lebat Amazon.
Fakta dalam wacana tersebut terdapat dalam kalimat….
A. Kecoak biasa muncul di malam hari dari balik dinding atau gorong-gorong.
B. Lebih dari 3.000 spesies kecoak menghuni planet Bumi.
C. Kemunculannya membikin orang jijik melihatnya.
D. Kecoak termasuk serangga yang susah dibasmi.

10. Binatang kecil pipih berkaki enam yang bergerigi ini biasa muncul di malam hari dari balik dinding atau gorong-gorong. Kemunculannya sering bikin orangjijik melihatnya. Apalagi, ia termasuk serangga yang susah dibasmi. Kecoak atau lipas sudah ada sejak 300 juta tahun silam tanpa banyak berevolusi. Warnanya cokelat merah kehitaman. la ditakdirkan untuk bisa
bertahan di segala musim dan iklim, baik panas menyengat atau dingin membeku. Mereka bahkan lebih resisten terhadap radiasi dibandingkan dengan makhluk lain. Faktanya, hanya kecoak yang selamat pada Perang Dunia II. Saat ini, lebih dari 3.000 spesies kecoak menghuni planet Bumi. Mereka tinggal di dalam rumah, menyusup ke ru mah sakit, merangkak di bawah meja restoran, me manjat saluran sanitasi, terbang di antara sampah, sampai berkeliaran didasar hutan lebat Amazon.
Opini dalam wacana tersebut terdapat dalam kalimat….
A. Kecoak atau lipas sudah ada sejak 300 juta tahun silam
B. Kemunculannya sering bikin orang jijik melihatnya
C. Hanya kecoak yang selamat pada Perang Dunia II
D. Warnanya kacoak cokelat merah kehitaman

11.
(1) Sukmawati (19), pembantu kedua bocah di rumah jalan Ngagel Mulyo IX/24, Surabaya itumasihbelum bisa terenduspolisi.
(2) Namun setelah 3 hari pemulangan 2 bocah itu, keberadaan penculiknya Sukmawati masih misteri.
(3) Dua bocah yang diculik Tirta Insan Pratama dan Risa Ananda Safitri memang telah kembali.
(4) Upaya yang dilakukan baik dengan membawa kedua bocah dan agen penyalur Sukma ke Sidoarjo, masih belum membuahkan hasil.
A. (3), (2), (1), (4)
B. (1), (2), (3), (4)
C. (2), (4), (3), (1)
D. (4), (1), (2), (3)

12. Bila pembaca ingin melihat garis besar isi bacaan dan memutuskan apakah pembaca perlu meneruskan bacaaan tersebut lebih lanjut atau tidak, pembaca telah melaksanakan teknik POINT pada langkah ....
A. menentukan tujuan
B. membaca sekilas
C. menafsirkan
D. mencatat

13. WARAKAS, UNILEVER PEDULI - ”Kami ingin menghilangkan kesan Warakas yang rawan dan kumuh dengan membenahi daerah kami,” ujar Nana, salah seorang warga RT 006/11 Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Diawali dengan pembenahan penerangan jalan di malam hari, beberapa warga yang memang peduli akan kondisi wilayahnya ini mulai membenahi daerah mereka. ” Kejahatan terjadi antara lain karena adanya kesempatan. Penerangan jalan yang kurang merupakan salah satu kesempatan bagi para pelaku kriminal untuk melakukan aksinya. Dengan pembenahan di sektor ini, sedikit demi sedikit kesempatan untuk melakukan aksi kejahatan berangsur surut,” tambah Nana lagi. Tak hanya sampai di situ, warga juga mulai memikirkan bagaimana menjadikan Warakas hijau dan nyaman, jauh seperti anggapan orang selama ini. Para warga peduli ini pun mulai mencontohkan penghijuauan di sekitar rumah mereka dan menyosialisasikannya pada masyarakat. Kerja bakti dan pembenahan lingkungan pun mulai digalakkan, walaupun pada awalnya sempat mengundang pro dan kontra yang cukup keras. Tanpa mengenal lelah, mereka terus mengupayakan pembenahan ke arah perubahan.
Maksud penulis dalam kutipan wacana tersebut adalah....
A. mengajak masyarakat untuk memberikan penerangan jalan
B. menyakinkan masyarakat harus peduli terhadap lingkungan
C. menyakinkan masyarakat harus melakukan penghijauan
D. mengajak masyarakat untuk memerangi kriminalisme

14. WARAKAS, UNILEVER PEDULI - ”Kami ingin menghilangkan kesan Warakas yang rawan dan kumuh dengan membenahi daerah kami,” ujar Nana, salah seorang warga RT 006/11 Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Diawali dengan pembenahan penerangan jalan di malam hari, beberapa warga yang memang peduli akan kondisi wilayahnya ini mulai membenahi daerah mereka. ” Kejahatan terjadi antara lain karena adanya kesempatan. Penerangan jalan yang kurang merupakan salah satu kesempatan bagi para pelaku kriminal untuk melakukan aksinya. Dengan pembenahan di sektor ini, sedikit demi sedikit kesempatan untuk melakukan aksi kejahatan berangsur surut,” tambah Nana lagi. Tak hanya sampai di situ, warga juga mulai memikirkan bagaimana menjadikan Warakas hijau dan nyaman, jauh seperti anggapan orang selama ini. Para warga peduli ini pun mulai mencontohkan penghijuauan di sekitar rumah mereka dan menyosialisasikannya pada masyarakat. Kerja bakti dan pembenahan lingkungan pun mulai digalakkan, walaupun pada awalnya sempat mengundang pro dan kontra yang cukup keras. Tanpa mengenal lelah, mereka terus mengupayakan pembenahan ke arah perubahan.
Pembenahan yang pertama kali dilakukan oleh warga Warakas adalah .....
A. penghijauan sekitar rumah
B. penanaman tanaman obat
C. penggalakan kerja bakti
D. penerangan jalan

15. WARAKAS, UNILEVER PEDULI - ”Kami ingin menghilangkan kesan Warakas yang rawan dan kumuh dengan membenahi daerah kami,” ujar Nana, salah seorang warga RT 006/11 Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Diawali dengan pembenahan penerangan jalan di malam hari, beberapa warga yang memang peduli akan kondisi wilayahnya ini mulai membenahi daerah mereka. ” Kejahatan terjadi antara lain karena adanya kesempatan. Penerangan jalan yang kurang merupakan salah satu kesempatan bagi para pelaku kriminal untuk melakukan aksinya. Dengan pembenahan di sektor ini, sedikit demi sedikit kesempatan untuk melakukan aksi kejahatan berangsur surut,” tambah Nana lagi. Tak hanya sampai di situ, warga juga mulai memikirkan bagaimana menjadikan Warakas hijau dan nyaman, jauh seperti anggapan orang selama ini. Para warga peduli ini pun mulai mencontohkan penghijuauan di sekitar rumah mereka dan menyosialisasikannya pada masyarakat. Kerja bakti dan pembenahan lingkungan pun mulai digalakkan, walaupun pada awalnya sempat mengundang pro dan kontra yang cukup keras. Tanpa mengenal lelah, mereka terus mengupayakan pembenahan ke arah perubahan.
Kesimpulan kutipan karangan tersebut adalah....
A. usaha warga Warakas menghilangkan kesan kumuh dan rawan
B. pembenahan lingkungan Warakas
C. pembenahan penerangan jalan
D. penghijauan daerah Warakas

16. WARAKAS, UNILEVER PEDULI - ”Kami ingin menghilangkan kesan Warakas yang rawan dan kumuh dengan membenahi daerah kami,” ujar Nana, salah seorang warga RT 006/11 Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Diawali dengan pembenahan penerangan jalan di malam hari, beberapa warga yang memang peduli akan kondisi wilayahnya ini mulai membenahi daerah mereka. ” Kejahatan terjadi antara lain karena adanya kesempatan. Penerangan jalan yang kurang merupakan salah satu kesempatan bagi para pelaku kriminal untuk melakukan aksinya. Dengan pembenahan di sektor ini, sedikit demi sedikit kesempatan untuk melakukan aksi kejahatan berangsur surut,” tambah Nana lagi. Tak hanya sampai di situ, warga juga mulai memikirkan bagaimana menjadikan Warakas hijau dan nyaman, jauh seperti anggapan orang selama ini. Para warga peduli ini pun mulai mencontohkan penghijuauan di sekitar rumah mereka dan menyosialisasikannya pada masyarakat. Kerja bakti dan pembenahan lingkungan pun mulai digalakkan, walaupun pada awalnya sempat mengundang pro dan kontra yang cukup keras. Tanpa mengenal lelah, mereka terus mengupayakan pembenahan ke arah perubahan.
Teras dari kutipan karangan tersebut adalah....
A. mereka ingin menghijaukan daerah Warakas.
B. warga memimpikan daerahnya terbebas premanisme
C. warga berusaha daerahnya menjadi Warakas hijau dan nyaman
D. warga Warakas ingin menghilangkan kesan rawan dan kumuh

17. Bukti bahwa seseorang dapat menarik simpulan adalah….
A. dapat menilai karangan yang baru saja dibaca
B. dapat menerapkan apa yang dibacanya dalam perilaku sehari-hari
C. dapat membuat tulisan baru berdasarkan karangan yang telah dibaca
D. dapat membuat ringkasan dari fakta yang ada dalam karangan yang telah dibacanya

18. AKHIRI DEBAT MOU
Wapres: Isinya Tak Mungkin Sesempurna Seminar
Jakarta, Kompas-Wakil Presiden Jusuf Kalla mengharapkan perdebatan mengenai nota kesepahaman atau MOU antara Pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka segera diakhiri. Banyak masalah lain yang membutuhkan konsentrasi semua pihak agar bangsa Indonesia bisa segera keluar dari krisis. Harapan itu disampaikan Kalla dalam pertemuan Editors Club, Minggu (21/8) malam di Jakarta. Kalla meminta semua pihak memahami perundingan
Pemerintah Indonesia dengan GAM dilakukan oleh dua pihak yang berseteru secara ekstrem. Upaya kedua pihak tersebut adalah mencapai kesepakatan terbaik dan bermartabat untuk satu tujuan, yaitu menyelesaikan konflik Aceh yang sudah berlangsung 30 tahun. Batasan yang digunakan Pemerintah Indonesia adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Konstitusi (UUD 1945) serta Undang-undang Nomor18 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Aceh. Karena yang berunding adalah pihak yang berseteru secara ekstrem, lanjut Kalla, hasil MOU tentu tak bisa sesempurna hasil sebuah seminar. “Di sana-sini tentu ada hal-hal yang menimbulkan pertanyaan, tapi tak ada isi MOU yang melanggar undang-undang,”katanya. MOU memang hanya mengatur hal-hal pokok, selanjutnya akan dibuat aturan lebih rinci. Pemerintah, kata Kalla lagi, sedang menyiapkan perangkat undang-undang. Dikutip sebagian dari Kompas, Senin, 22 Agustus 2005,
Penggalan wacana tersebut merupakan bahan bacaan...
A. politik
B. budaya
C. ilmu sains
D. ilmu sejarah

19. AKHIRI DEBAT MOU
Wapres: Isinya Tak Mungkin Sesempurna Seminar
Jakarta, Kompas-Wakil Presiden Jusuf Kalla mengharapkan perdebatan mengenai nota kesepahaman atau MOU antara Pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka segera diakhiri. Banyak masalah lain yang membutuhkan konsentrasi semua pihak agar bangsa Indonesia bisa segera keluar dari krisis. Harapan itu disampaikan Kalla dalam pertemuan Editors Club, Minggu (21/8) malam di Jakarta. Kalla meminta semua pihak memahami perundingan
Pemerintah Indonesia dengan GAM dilakukan oleh dua pihak yang berseteru secara ekstrem. Upaya kedua pihak tersebut adalah mencapai kesepakatan terbaik dan bermartabat untuk satu tujuan, yaitu menyelesaikan konflik Aceh yang sudah berlangsung 30 tahun. Batasan yang digunakan Pemerintah Indonesia adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Konstitusi (UUD 1945) serta Undang-undang Nomor18 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Aceh. Karena yang berunding adalah pihak yang berseteru secara ekstrem, lanjut Kalla, hasil MOU tentu tak bisa sesempurna hasil sebuah seminar. “Di sana-sini tentu ada hal-hal yang menimbulkan pertanyaan, tapi tak ada isi MOU yang melanggar undang-undang,”katanya. MOU memang hanya mengatur hal-hal pokok, selanjutnya akan dibuat aturan lebih rinci. Pemerintah, kata Kalla lagi, sedang menyiapkan perangkat undang-undang. Dikutip sebagian dari Kompas, Senin, 22 Agustus 2005,
Ide penting yang ingin ditonjolkan dalam wacana tersebut adalah….
A. Jusuf Kalla mengharapkan segera mengakhiri perdebatan mengenai nota kesepahaman antara Pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka
B. Kalla menginginkan semua pihak konsentrasi agar bangsa Indonesia bisa segera keluar dari krisis Gerakan Aceh Merdeka
C. Wakil Presiden mengharapkan< penyelesaian konflik Aceh yang sudah berlangsung 30 tahun
D. Kalla tidak mengharapkan hasil MOU sesempurna sebuah seminar

20. AKHIRI DEBAT MOU
Wapres: Isinya Tak Mungkin Sesempurna Seminar
Jakarta, Kompas-Wakil Presiden Jusuf Kalla mengharapkan perdebatan mengenai nota kesepahaman atau MOU antara Pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka segera diakhiri. Banyak masalah lain yang membutuhkan konsentrasi semua pihak agar bangsa Indonesia bisa segera keluar dari krisis. Harapan itu disampaikan Kalla dalam pertemuan Editors Club, Minggu (21/8) malam di Jakarta. Kalla meminta semua pihak memahami perundingan
Pemerintah Indonesia dengan GAM dilakukan oleh dua pihak yang berseteru secara ekstrem. Upaya kedua pihak tersebut adalah mencapai kesepakatan terbaik dan bermartabat untuk satu tujuan, yaitu menyelesaikan konflik Aceh yang sudah berlangsung 30 tahun. Batasan yang digunakan Pemerintah Indonesia adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Konstitusi (UUD 1945) serta Undang-undang Nomor18 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Aceh. Karena yang berunding adalah pihak yang berseteru secara ekstrem, lanjut Kalla, hasil MOU tentu tak bisa sesempurna hasil sebuah seminar. “Di sana-sini tentu ada hal-hal yang menimbulkan pertanyaan, tapi tak ada isi MOU yang melanggar undang-undang,”katanya. MOU memang hanya mengatur hal-hal pokok, selanjutnya akan dibuat aturan lebih rinci. Pemerintah, kata Kalla lagi, sedang menyiapkan perangkat undang-undang. Dikutip sebagian dari Kompas, Senin, 22 Agustus 2005,
Tujuan kedua pihak dalam mencapai kesepakatan terbaik dan bermartabat adalah
….
A. mengakhiri perdebatan antara Pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka
B. berkonsentrasi agar bangsa Indonesia keluar dari krisis
C. agar semua pihak memahami perundingan Pemerintah Indonesia dengan GAM
D. menyelesaikan konflik Aceh yang sudah berlangsung 30 tahun

21. Hidup Yang Kita Syukuri
Oleh Nanang Suryadi
hidup yang kita jalani, hidup yang kita syukuri
dengan tawa atau tangis
melebur dalam cinta sang maha cinta
hidup yang kita beri arti, hidup yang kita syukuri
dengan riang canda atau airmata
menabur cinta ke dada cahaya
hidup yang kita jalani, hidup yang kita syukuri
dengan suka atau luka
menelusur jejak cintanya
semata, karena cintanya
Pendekatan yang sesuai digunakan untuk mengapresiasi puisi tersebut adalah....
A. pendekatan emotif
B. pendekatan historis
C. pendekatan didaktik
D. pendekatan parafrastik

22. Hidup Yang Kita Syukuri
Oleh Nanang Suryadi
hidup yang kita jalani, hidup yang kita syukuri
dengan tawa atau tangis
melebur dalam cinta sang maha cinta
hidup yang kita beri arti, hidup yang kita syukuri
dengan riang canda atau airmata
menabur cinta ke dada cahaya
hidup yang kita jalani, hidup yang kita syukuri
dengan suka atau luka
menelusur jejak cintanya
semata, karena cintanya
Sikap penyair terhadap pembaca dalam puisi tersebut adalah ….
A. mengajak pembaca untuk cinta sang mahacinta
B. memberikan gambaran tentang rasa syukur pada cinta-Nya
C. menunjukkan pada pembaca bahwa penulis sedang bertaburan dengan cintanya
D. membiarkan pembaca memahami sendiri perasaan yang ditimbulkan dalam puisi tersebut

23. Hidup Yang Kita Syukuri
Oleh Nanang Suryadi
hidup yang kita jalani, hidup yang kita syukuri
dengan tawa atau tangis
melebur dalam cinta sang maha cinta
hidup yang kita beri arti, hidup yang kita syukuri
dengan riang canda atau airmata
menabur cinta ke dada cahaya
hidup yang kita jalani, hidup yang kita syukuri
dengan suka atau luka
menelusur jejak cintanya
semata, karena cintanya
Gagasan utama puisi tersebut adalah....
A. kesedihan penulis
B. hidup penuh cinta
C. taburan cinta
D. rasa syukur

24. Perhatikan wacana berikut.
Pak Wiryo seorang pejuang kemerdekaan. Ia berjuang pada zaman revolusi fisik. Pak Wiryo mempunyai banyak pengalaman perjuangan. Ia sering bercerita tentang peristiwa pertempuran dan keberanian para pejuang melawan penjajah. Pada suatu hari, Irpan, arif, dan Ujang berkunjung ke rumah Pak Wiryo. Irpan adalah cucu Pak Wiryo. Selamat sore, Kek kata Irpan menyapa kakeknya yang sedang duduk di kursi goyang di teras depan dengan didampingin secangkir kopi dan sepiring pisang goreng dan ubi rebus. Wacana tersebut termasuk jenis ... .
A. berita
B. biografi tokoh
C. tajuk rencana
D. cerita
 
25. Arini sedang membaca buku. Ia hanya membaca paragraf awal, subjudul, dan paragraf akhir. Tujuan Arini adalah menentukan gagasan umum dari buku yang dibacanya tersebut. Kegiatan yang dilakukan Arini merupakan tujuan membaca ... .
A. intensif
B. ekstensif
C. skimming
D. scanning
 
26. Bacalah bacaan berikut.
Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI), Burhanuddin Abdullah menunggu persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Rabu 15 Oktober 2008. Dalam pembelaannya, Burhanuddin menolak semua dakwaan terkait kasus dugaan korupsi aliran dana BI. Menurutnya, aliran dana merupakan keputusan bersama Dewan Gubernur BI.
Berdasarkan bacaan di atas berikut, terdapat beberapa unsur, yaitu ... .
A. 4 W + 1 H
B. 3 W + 1 H
C. 2 W + 1 H
D. 1 W + 1 H
 
27. Perhatikan kutipan paragraf berikut.
Kejaksaan Agung memutuskan akan mengeksekusi tiga terpidana mati kasus Bom Bali 1 pada awal November mendatang. Eksekusi terhadap Amrozi, Muchlas, dan Imam Samudra itu bakal dilakukan di Nusakambangan, Jawa Tengah. Meski tak menunjuk tanggal secara persis, penyataan tersebut menjawab teka-teki soal waktu pelaksanaan eksekusi yang diambangkan selama ini. Pada hal, sejumlah kalangan, terutama kalangan korban berharap eksekusi bisa dilangsungkan sesegera mungkin.
Kata kunci yang terdapat dalam sebuah paragraf tersebut adalah ... .
A. teka-teki pelaksanaan eksekusi terpidana mati Bom Bali 1
B. eksekusi kasus Bom Bali 1 dilakukan di Nusakambangan, Jawa Tengah
C. eksekusi kasus Bom Bali 1
D. korban Bom Bali 1 berharap eksekusi dilaksanakan secepat mungkin

28. Pada penerimaan mahasiswa baru informasi melalui media cetak brosur sangat banyak sekali, sedangkan waktu yang tersedia untuk membaca sangat terbatas. Dalam hal ini kemampuan membaca sekilas sangat dibutuhkan, Berikut ini merupakan langkah dalam menentukan inti sebuah brosur, kecuali ....
A. menentukan hal-hal pokok kata kunci dari sebuah brosur
B. membaca rincian kata kunci dari sebuah brosur
C. mencatat inti brosur dalam kalimat yang singkat dan jelas
D. menyusun pertanyaan dari informasi/berita yang dibaca

29. Perhatikan Iklan baris berikut.
A. BOMBAS Group Min. SMU krm Lmr ke Warnet Gobres Jl. Jawa I Renijaya Kav. 9 Pondok Benda
B. UNGGULAN. Les Belajar Setiap Hari Konsultasi PR/Ulangan Biaya/SPP bisa dibayar BULANAN Hanya Rp 100.000,0
C. CV Mitra Kencana. Menyediakan Barang Bangunan Rumah Jl. Cintamani Timur Pamulang Hub.Bagus Tel. 021-78946798
D. Butik Indrajaya. Menjual bermacan jenis pakaian Muslim. Ciputat Raya Telp. 021-324767967
E. IZUZU Th. 1999. Merah Metalic Harga OK Hub. Langs. O813755198 tanpa Perantara.
F. Grobogan EstateT.36/45/75 Hrg Mulai 45 jt samping mall pondok aren Bintaro angkot ada. Hub. 021- 98634237
G. Mercy 300E 1987 Merah Bata Brg dijamin. An pribadi Hub. Mega 021 91458654
H. DCR SGR hair drieser/capster wnt pegimn Hub. 021- 67489342/9888765 drh Tanjung Permai
Muncul
I. Jual Jasa Bina Lancar STNK/BKKB/SIM. Cpt Murah Jl. Capensi Rengas Denklok. Hub. Gaya
J. Cantik Molek. Mencari Baby Sitter Min. SMP Umur max. 20 Th. Lmr ke Cantik Molek. Jl. Gatut Kaca Tangerang Telp. 021. 67854499
Berdasarkan iklan baris tersebut, bila ingin mencari pekerjaan sebagai hair fricser, maka pembaca harus memilih iklan nomor ... .
A. A
B. F
C. H
D. J

30. Yang dimaksud dengan artikel eksplanatif adalah ... .
A. tulisan yang menggambarkan secara detail ataupun garis besar tentang suatu masalah
B. artikel yang isnya menjelaskan sejelas-jelasnya suatu masalah
C. tulisan yang berisi ramalan atau dugaan apa yang mungkin terjadi pada masa datang
D. artikel yang mengandung ajakan, imbuhan, atau perintah bagi pembaca agar melakukan sesuatu

31. Berikut ini merupakan contoh kegiatan membaca scanning, kecuali ... .
A. Galih mencari makna kata/informasi dalam kamus/ensiklopedi
B. Hendra mencari nomor telepon dalam buku telepon
C. Evan mencari pekerjaan dari iklan baris
D. Mega mencari acara ketoprak humor dari daftar acara TV

32. Jika kita ingin mencari nomor telepon dalam buku petunjuk telepon atas nama Dr. Sorta Purnama Tampubolon, M.Sc., maka kita harus mencari pada kelompok abjad ... .
A. D
B. M
C. S
D. T

33. Perhatikan Acara TV dan jam tayang berikut.
Jam Tayang; TPI; RCTI;
10.30; Go Show 2; Fantastik Spesial
11.25; Sidik; Silet
12.30; Kuis Komunikakata; Buletin Siang
12.45; Lu Jual Gue Beli; Sergap
13.10; Siti-Siti Bang-Bang; Si Doel AnakBetawi
14.30; Bule Masuk Kampung; Sekolahan IV
15.45; Sindanglaya Selasa; Masquerade
16.15; Beranak Dalam Kubur 3; Cek & Ricek
17.45; Jenazah Berubah; Lintas 5
18.10; Komik; Grand Prix Matador
18.45; Jin & Jun; Bedah Rumah Spesial
19.25; Tuyul dan Mbak Yul; Uang Kaget Special
19.40; Sinema Asyik; Seputar Indonesia
20.25; Ibu Sehari; Liontin
20.35; Nonton Lagi KDI 2; Bawang Merah Bawang Putih
21.25; Roadshow; Kusebut Namamu
21.50; Lintas Malam; Dara Manismu
22.20; Ax File; Ada AA Gym
23.35; Just For Laugh Gags; Sabuk Emas RCTI
Berdasarkan tabel acara TV berikut tayangan tentang acara Bawang Merah Bawang Putih
terdapat pada Stasiun TV dengan jam tayangnya, yaitu ...
A. RCTI jam tayang 14.30
B. RCTI jam tayang 20.35
C. TPI jam tayang 10.30
D. TPI jam tayang 18.10

34. Perhatikan paragraf berikut.
Lebih dari semiliar penduduk dunia hidup dalam kemiskinan dan keadaan ini akan terus berlangsung kendati telah diupayakan beberapa perbaikan. Bank Dunia melaporkan hal ini sebagai perbaikan dari data lama yang dihimpunnya pada tahun 1990. Pada data lama disebutkan, penduduk bumi yang hidup dalam kemiskinan tercatat 1,1 miliar orang. Mereka hidup dengan pendapatan per hari Rp 2.000,-. Ini standar yang digunakan Bank Dunia untuk mengategorikan kemiskinan. Berdasarkan hubungan antarkalimat, pola hubungan yang terdapat dalam teks tersebut adalah....
A. sebab-akibat
B. akibat-sebab
C. contoh-contoh
D. perbandingan

35. Membuat catatan-catatan penting tentang bagian yang telah dibaca dengan katakata sendiri adalah kegiatan...
A. survei
B. read
C. recite
D. question

36. Saat kita bahagia bermain-main dengan keluarga adalah salah satu contoh skema....
A. tempat
B. perasaan
C. peranan
D. kegiatan

37. Restoran di tiga pusat perbelanjaan bergengsi di Jakarta menawarkan cara jajan yang praktis dan higienis.Cara pembayarannya pun terbilang baru. Mautahu? Setelah lima tahun menggunakan transaksi cara tradisional, September 2007 nanti restoran Red Pepper (RP) akan mengganti cara pembayaran. Cara pembayaran menggunakan model voucher . Ada dua kartu yang ditawarkan, yakni refundable dan nonrefundable. Pengunjung bisa membeli kartu ini di kasir pintu masuk. Setiap kartu ada harga depositnya, jelas Shinta dan Lily Setiadinata, pemilik RP yang menyajikan masakan dari berbagai negara.
Fakta dari bacaan tersebut adalah ....
A. restoran bergengsi menawarkan cara jajan yang praktis dan higienis
B. pengunjung dapat mengganti cara pembayaran
C. cara pembayarannya terbilang baru
D. ada dua kartu cara pembayaran

38. Restoran di tiga pusat perbelanjaan bergengsi di Jakarta menawarkan cara jajan yang praktis dan higienis.Cara pembayarannya pun terbilang baru. Mautahu? Setelah lima tahun menggunakan transaksi cara tradisional, September 2007 nanti restoran Red Pepper (RP) akan mengganti cara pembayaran. Cara pembayaran menggunakan model i-voucher . Ada dua kartu yang ditawarkan,
yakni refundable dan nonrefundable. Pengunjung bisa membeli kartu ini di kasir pintu masuk. Setiap kartu ada harga depositnya, jelas Shinta dan Lily Setiadinata, pemilik RP yang menyajikan masakan dari berbagai negara.
Ide pokok wacana tersebut adalah....
A. setiap kartu ada harga depositnya
B. akan mengganti cara pembayaran
C. cara pembayaran menggunakan model i-voucher
D. Red Pepper yang menyajikan masakan dari berbagai negara

39. Restoran di tiga pusat perbelanjaan bergengsi di Jakarta menawarkan cara jajan yang praktis dan higienis. Cara pembayarannya pun terbilang baru. Mau tahu? Setelah lima tahun menggunakan transaksi cara tradisional, September 2007 nanti restoran Red Pepper (RP) akanmengganti cara pembayaran. Cara pembayaran menggunakan model i-voucher . Ada dua kartu yang ditawarkan,
yakni refundable dan nonrefundable. Pengunjung bisa membeli kartu ini di kasir pintu masuk. Setiap kartu ada harga depositnya,jelas Shinta dan Lily Setiadinata, pemilik RP yang menyajikan masakan dari berbagai negara.
Ide penjelas paragraf tersebut adalah....
A. Shinta dan Lily Setiadinata adalah pemilik Red Pepper
B. Red Pepper yang menyajikan masakan dari berbagai negara
C. Red Peeper menggunakan cara jajan yang praktis dan higienis
D. sudah lima tahun Red Pepper mengganti cara pembayaran model ivoucher

40. Restoran di tiga pusat perbelanjaan bergengsi di Jakarta menawarkan cara jajan yang praktis dan higienis. Cara pembayarannya pun terbilang baru. Mau tahu? Setelah lima tahun menggunakan transaksi cara tradisional, September 2007 nanti restoran Red Pepper (RP) akanmengganti cara pembayaran.Cara pembayaran menggunakan model i-voucher . Ada dua kartu yang ditawarkan,
yakni refundable dan nonrefundable. Pengunjung bisa membeli kartu ini di kasir pintu masuk. Setiap kartu ada harga depositnya,jelas Shinta dan Lily Setiadinata, pemilik RP yang menyajikan masakan dari berbagai negara.
Paragraf tersebut membicarakan tentang....
A. Red Pepper yang menyajikan masakan dari berbagai negara
B. Ada dua jenis kartu, yakni refundable dan nonrefundable
C. cara pembayaran gaya baru dengan i-voucher
D. setiap kartu ada harga depositnya

41. Jumlah kata dalam bacaan yang diberikan Bu Tuti adalah 1200. Wina dapat membaca karangan tersebut dalam waktu 100 detik. Setelah dites Wina hanya mampu menjawab 7soal dari 12 soal yang diberikan.
Kemampuan Efektif Membaca Wina adalah....
A. 410
B. 415
C. 420
D. 423

42. Becak adalah alat transportasi tradisional yang terkenal di Indonesia. Becak dapat dijumpai di kota-kota besar seperti Medan dan Yogyakarta. Bentuk becak seperti kursi roda. Bentuk dan ukuran becak di Medan, Sumatera Utara dan Yogyakarta berbeda. Becak di Sumatera Utara dikemudikan dengan sepeda atau sepeda motor. Sopir becak duduk di sebelah kanan penumpang.
Mr. Chang adalah seorang turis dari negara China. Ia dan temannya, Mr. Wong, memilih untuk pergi berlibur ke Yogyakarta. Mereka adalah wartawan yang mendapat tugas dari kantornya untuk memperoleh informasi tentang alat-alat transportasi tradisional di Indonesia. Mereka juga ingin berlibur dan berkeliling kota dengan menggunakan becak. Mr. Chang dan Mr. Wong melakukan perjalanan melalui Jakarta dengan pesawat. Mereka melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta dengan kereta api. Pagi ini mereka tiba di Stasiun kereta api Yogyakarta. Stasiun itu bernama stasiun Tugu. Mereka menginap di sebuah hotel di depan stasiun tersebut. Setelah beristirahat, mereka berjalan-jalan di jalan Malioboro. Banyak orang yang menjual barang hasil kerajinan tangan dan barang-barang yang etnik di sepanjang jalan. Jika dihitung jumlah kalimat yang terdiri atas 100 kata dalam kutipan karangan di atas adalah....
A. 8
B. 9
C. 10
D. 1 1

43. Becak adalah alat transportasi tradisional yang terkenal di Indonesia. Becak dapat dijumpai di kota-kota besar seperti Medan dan Yogyakarta. Bentuk becak seperti kursi roda. Bentuk dan ukuran becak di Medan, Sumatera Utara dan Yogyakarta berbeda. Becak di Sumatera Utara dikemudikan dengan sepeda atau sepeda motor. Sopir becak duduk di sebelah kanan penumpang.
Mr. Chang adalah seorang turis dari negara China. Ia dan temannya, Mr. Wong, memilih untuk pergi berlibur ke Yogyakarta. Mereka adalah wartawan yang mendapat tugas dari kantornya untuk memperoleh informasi tentang alat-alat transportasi tradisional di Indonesia. Mereka juga ingin berlibur dan berkeliling kota dengan menggunakan becak. Mr. Chang dan Mr. Wong melakukan perjalanan melalui Jakarta dengan pesawat. Mereka melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta dengan kereta api. Pagi ini mereka tiba di Stasiun kereta api Yogyakarta. Stasiun itu bernama stasiun Tugu. Mereka menginap di sebuah hotel di depan stasiun tersebut. Setelah beristirahat, mereka berjalan-jalan di jalan Malioboro. Banyak orang yang menjual barang hasil kerajinan tangan dan barang-barang yang etnik di sepanjang jalan. Jika dihitung ke dalam sistem perpuluhan (desimal) jumlah
kalimat dalam kutipan karangan di atas adalah....
A. 8,99
B. 9,56
C. 10,27
D. 1 1,00

44. Becak adalah alat transportasi tradisional yang terkenal di Indonesia. Becak dapat dijumpai di kota-kota besar seperti Medan dan Yogyakarta. Bentuk becak seperti kursi roda. Bentuk dan ukuran becak di Medan, Sumatera Utara dan Yogyakarta berbeda. Becak di Sumatera Utara dikemudikan dengan sepeda atau sepeda motor. Sopir becak duduk di sebelah kanan penumpang.
Mr. Chang adalah seorang turis dari negara China. Ia dan temannya, Mr. Wong, memilih untuk pergi berlibur ke Yogyakarta. Mereka adalah wartawan yang mendapat tugas dari kantornya
untuk memperoleh informasi tentang alat-alat transportasi tradisional di Indonesia. Mereka juga ingin berlibur dan berkeliling kota dengan menggunakan becak. Mr. Chang dan Mr. Wong melakukan perjalanan melalui Jakarta dengan pesawat. Mereka melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta dengan kereta api. Pagi ini mereka tiba di Stasiun kereta api Yogyakarta. Stasiun itu bernama stasiun Tugu. Mereka menginap di sebuah hotel di depan stasiun tersebut. Setelah beristirahat, mereka berjalan-jalan di jalan Malioboro. Banyak orang yang menjual barang hasil kerajinan tangan dan barang-barang yang etnik di sepanjang jalan.
Berdasarkan hasil penghitungan dengan menggunakan Grafik Fry, kutipan karangan tersebut sangat cocok untuk peringkat....
A. 5
B. 7
C. 9
D. 1 1

45. Sebuah wacana pendek yang terdiri atas 2 buah kalimat dibangun dari 54 buah kata. Jumlah suku kata dalam wacana tersebut terdiri atas 79 buah. Tingkat keterbacaan wacana tersebut berada
pada peringkat….
A. 8
B. 10
C. 12
D. 14

46. Jika siswa diberikan tes dengn Teknik Klos, dia dapat menjawab 22 dari 30 jumlah semua kata ke-n. Menurut Rankin dan Culhane siswa tersebut berada pada tingkat….
A. gagal
B. frustrasi
C. instruksional
D. independent

47. Peran membaca menurut Ahmad Slamet Harjasujana, adalah ... .
A. membaca merupakan alat utama agar seseorang dapat menggapai kehidupan yang baik
B. jika kita memimpikan Nusantara ini sebagai negara kerta rahaja, gemah ripah repah rapih, baldatun toyyibatun wa robbunghafur, maka rakyat Nusantara dituntut untuk menjadi masyarakat yang literal, yakni masyarakat yang menjadi aktivitas baca-tulis sebagai bagian dari budaya hidup
C. jika kita menginginkan menjadi bangsa adidaya kita harus memiliki lebih banyak lagi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan yang tinggi dalam hal literasi/baca tulis
D. jantung dari pendidikan adalah kegiatan membaca dan kalau mau menjadi insan terdidik, orang harus membaca, tidak ada orang terdidik tanpa melalui membaca

48. Pengertian membaca yang menekankan pada proses membaca menurut Gephart adalah ....
A. membaca merupakan interaksi makna yang dikode dalam stimuli visual menjadi makna dalam pikiran pembaca
B. membaca itu belajar dan membaca itu berpikir
C. membaca merupakan pemikiran
D. membaca merupakan rekonstruksi kejadian di belakang lambangnya

49. Berikut ini yang merupakan membaca sebagai proses perseptual, yaitu ... .
A. membaca itu perkembangannya akan dipengaruhi oleh hal-hal yang sifatnya psikologi pembaca, seperti intelegensi, usia mental, jenis kelamin, tingkat sosial ekonomi, bahasa ras, kepribadian, sikap, pertumbuhan fisik, kemampuan persepsi, tingkat kemampuan membaca
B. membaca sebagai proses sensoris tidak berarti bahwa membaca merupakan proses sensoris semata-mata, banyak hal lain dan ketidakmampuan membaca bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang bisa bekerja sendiri-sendiri atau serempak
C. membaca merupakan proses mengasosiasikan makna dan interpretasi berdasarkan
pengalaman tentang stimulus atau lambang, serta respons yang menghubungkan makna dengan stimulus atau lambang tersebut
D. membaca merupakan sebuah keterampilan berbahasa (language skills) yang sifatnya objektif, bertahap, bisa digeneralisasikan, merupakan perkembangan konsep, pengenalan dan identifikasi, serta merupakan interpretasi mengenai informasi

50. Dalam membaca nyaring yang harus diperhatikan adalah, kecuali ... .
A. mengerti makna serta perasaan yang terkandung dalam bahan bacaan
B. mempelajari keterampilan menafsirkan lambang-lambang tertulis
C. memiliki kecepatan penglihatan mata yang tajam
D. dapat mengelompokkan kata-kata dengan baik dan tepat agar jelas maknanya bagi para pendengar

51. Berikut ini merupakan penyebab seseorang terjebak melakukan regresi sewaktu melakukan kegiatan membaca, kecuali ... .
A. akibat kurang memiliki kepercayaan diri
B. menemui kata-kata yang sulit
C. terlalu cepat dalam melakukan penafsiran
D. tidak konsentrasi dalam mendengar

52. Apabila dalam membaca seseorang hanya sekedar melihat atau meneliti bagian bacaan seperti judul, nama pengarang beserta biodatanya, atau daftar buku-buku rujukan yang dipergunakan merupakan jenis membaca ... .
A. survei
B. sekilas
C. dangkal
D. intensif

53. Kegiatan membaca yang dilakukan secara bijaksana, penuh tenggang hati, mendalam, evaluatif, serta analitis, bukan hanya mencari kesalahan penulis tetapi dilakukan merupakan jenis membaca ... .
A. teliti
B. pemahaman
C. kritis
D. ide

54. Seorang guru memberikan fotokopi wacana kepada siswa-siswanya. Kemudian siswa-siswa tersebut diberi tugas untuk memahami wacana yang diberikan dengan terlebih dulu mencari kata-kata sulitnya. Kegiatan membaca tersebut adalah jenis ... .
A. skimming
B. inferensi
C. scanning
D. sekilas

55. Berikut ini merupakan hal yang ditanyakan dalam pertanyaan inferensi adalah ... .
A. pertanyaan yang pada dasarnya menanyakan sesuatu yang tertera secara jelas dalam teks
B. sejumlah informasi literal dari berbagai bagian teks yang digunakan untuk menanyakan atau menginterpretasikan kembali informasi tersebut
C. informasi-informasi yang tersebar dalam teks yang terimplikasi di balik itu semua
D. penilaian terhadap kekuatan argumentasi yang dikemukakan atau keefektifan narasi yang dipakai untuk memaparkan

56. Perhatikan kutipan berita berikut. Kejaksaan Agung memutuskan akan mengeksekusi tiga terpidana mati kasus Bom Bali 1 pada awal November mendatang. Eksekusi terhadap Amrozi, Muchlas, dan Imam Samudra itu bakal dilakukan di Nusakambangan, Jawa Tengah. Meski tak menunjuk tanggal secara persis, penyataan tersebut menjawab teka-teki soal waktu pelaksanaan eksekusi yang diambangkan selama ini. Pada hal, sejumlah kalangan, terutama kalangan korban berharap eksekusi bisa dilangsungkan sesegera mungkin. Topik kutipan berita tersebut adalah ....
A. eksekusi tiga terpidana mati kasus Bom Bali 1 pada awal November mendatang
B. teka-teki pelaksanaan eksekusi terpidana mati Bom Bali 1
C. eksekusi tiga terpidana mati kasus Bom Bali 1 dilakukan di Nusakambangan, Jawa Tengah
D. korban Bom Bali 1 berharap eksekusi tiga terpidana mati dilaksanakan secepat mungkin

57. Perhatikan kutipan berita berikut.
Patung Liberty sebuah monumen kebanggaan Amerika. Tidak salah jika rakyat Amerika membanggakan monumen tersebut karena patung itu memang terlihat anggun dan megah. Namun, perlu Anda tahu bahwa patung Liberty tidak dibangun oleh rakyat atau pemerintah Amerika. Patung Liberty merupakan hadiah rakyat Prancis kepada rakyat Amerika. Ide membangun patung Liberty muncul dari Edward de Laboniaya, seorang ahli hukum. Pengajar perguruan tinggi dan bergelar profesor. Ide ini muncul tahun 1865. Ide ini disampaikan kepada rekannya Auguste Barthodi agar dibuat sebuah monumen yang dapat membuat takjub orang yang melihatnya. Pada tahun 1871 Barthodi menyanggupi permintaan itu. Lima belas tahun kemudian, berdirilah monumen itu dan membuat terpesona orang yang menyaksikannya.
Kata kunci kutipan berita tersebut yaitu... .
A. kemegahan patung Liberty
B. patung Liberty hadiah Prancis kepada Amerika
C. Bartholdi pendiri patung Liberty
D. patung Liberty lambang kebebasan

58. Perhatikan Iklan baris berikut.
A. BOMBAS Group Min. SMU krm Lmr ke Warnet Gobres Jl. Jawa I Renijaya Kav. 9 Pondok Benda
B. UNGGULAN. Les Belajar Setiap Hari Konsultasi PR/Ulangan Biaya/SPP bisa dibayar BULANAN Hanya Rp 100.000,0
C. CV Mitra Kencana. Menyediakan Barang Bangunan Rumah Jl. Cintamani Timur Pamulang Hub. Bagus Tel. 021-78946798
D. Butik Indrajaya. Menjual bermacan jenis pakaian Muslim. Ciputat Raya Telp. 021-324767967
E. IZUZU Th. 1999. Merah Metalic Harga OK Hub. Langs. O813755198 tanpa Perantara.
F. Grobogan EstateT.36/45/75 Hrg Mulai 45 jt samping mall pondok aren Bintaro angkot ada.
Hub. 021- 98634237
G. Mercy 300E 1987 Merah Bata Brg dijamin. An pribadi Hub. Mega 021 91458654
H. DCR SGR hair drieser/capster wnt pegimn Hub. 021- 67489342/9888765 drh Tanjung permai
Muncul
I. Jual Jasa Bina Lancar STNK/BKKB/SIM. Cpt Murah Jl. Capensi Rengas Denklok. Hub. Gaya
J. Cantik Molek. Mencari Baby Sitter Min. SMP Umur max. 20 Th. Lmr ke Cantik Molek. Jl. Gatut
Kaca Tangerang Telp. 021. 67854499
Berdasarkan iklan baris di atas, untuk menemukan informasi tentang iklan rumah dan pakaian muslim, pembaca harus memilih iklan nomor ... .
A. B dan C
B. D dan I
C. E dan J
D. F dan D

59. Perhatikan paragraf berikut.
Acara perdana program tahunan pramuka yang bertemakan Anti Narkoba, Bahaya Merokok,
dan Anti S3ks Bebas, diadakan pada tanggal 4 Maret 2006 di koridor SMAN 113, acara ini sangat menantang daya kreativitas dan daya imajinasi siswa khususnya dalam bidang seni. Tujuan acara ini, yaitu meningkatkan kreativitas siswa, khususnya di bidang seni lukis. Di samping itu, tujuan acara ini adalah untuk memberikan kejelasan atau penyuluhan kepada siswa dan masyarakat sekitar tentang bahayanya narkoba, merokok, dan seks bebas. Acara ini dimeriahkan oleh beberapa tim peserta, perwakilan dari seluruh kelas, baik kelas XII IPA/IPS, kelas XI IPA/IPS, dan kelas X. Setiap tim peserta terbagi atas maksimal 5 orang, laki-laki maupun perempuan. Rencananya, acara tahunan pramuka ini akan diadakan setiap tahun.
Ide pokok paragraf tersebut adalah ... .
A. acara perdana program tahunan pramuka
B. tujuan acara perdana tahunan pramuka
C. peserta acara perdana tahunan pramuka
D. rencana penyelenggaraan

60. Perhatikan kutipan berita berikut.
Otoritas Bursa Efek Indonesia akhirnya menghentikan perdagangan karena kuatnya sentimen negatif yang merontokkan sebagian besar saham. Kekacauan pasar saham Rabu (08/10/08), tidak lepas dari pengaruh krisis keuangan di Amerika yang akhirnya sedikit menjadi kenyataan. Pada hal sebelumnya berulang kali Presiden meyakinkan krisis Amerika tidak perlu dikhawatirkan berimbas ke perekonomian Indonesia. Pada negara lain dalam menghadapi krisis tidak menjadi masalah karena negara tersebut perputaran uangnya sangat baik dan terjamin. Perdagangan eksport import kalau dikelola dengan baik akan berpengaruh dalam meningkatkan perdagangan baik di dalam maupun di luar negeri.
Pada kutipan di atas terdapat kalimat Kekacauan pasar saham, tidak lepas dari pengaruh krisis keuangan di Amerika yang akhirnya sedikit menjadi kenyataan.
Makna kalimat tersebut sama dengan dengan makna kalimat berikut, yaitu ... .
A. Krisis Amerika berimbas ke perekonomian Indonesia
B. Presiden meyakinkan krisis Amerika tidak perlu dikhawatirkan berimbas ke perekonomian Indonesia
C. Perputaran uang yang baik dan terjamin pada negara lain menghadapi krisis tidak ada masalah
D. Pengelolaan eksport import dengan baik tidak berpengaruh metingkat perdagangan baik di dalam maupun diluar negeri.

61. Teks yang memungkinkan siswa untuk mengaplikasikan berbagai kemahiran berbahasa adalah faktor yang perlu dipertimbangkan. Pertanyaan tersebut adalah faktor ... .
A. keterbacaan
B. kemenarikan teks
C. keontentikan teks
D. panjangnya suatu teks

62. Pada saat membaca, mata bergerak maju pada beberpa kata, namun berhenti dan mundur lagi sebanyak beberapa kata ke belakang merupakan kebiasaan membaca ... .
A. bersuara
B. regresi
C. survei
D. sambil menunjuk teks

63. Berikut ini merupakan manfaat kemampuan membaca cepat, kecuali ... .
A. banyaknya informasi penting dapat diserap dalam waktu yang cepat
B. memperluas wawasan
C. meningkatkan kemahiran berbahasa ibu
D. meningkatkan pemahaman

64. Kegiatan yang dapat dilatihkan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring di antaranya, kecuali ....
A. memahami isi teks dan menandai pemenggalan teks yang akan dibacakan
B. berlatih membacakan teks berita dengan intonasi dan pemenggalan yang tepat
C. berlatih menyimpulkan semua hasil yang didengar dari pembacaan
D. latihan untuk meningkatkan performansi membacakan teks

65. Berikut ini merupakan karakteristik membaca intensif, kecuali ....
A. membaca untuk mencapai tingkat pemahaman yang tinggi dan dapat mengingat dalam waktu lama
B. membaca secara detail untuk mendapatkan pemahaman dari seluruh bagian teks
C. cara membaca sebagai dasar menentukan langkah dalam membaca ekstensif
D. cara membaca sebagai dasar untuk belajar memahami secara baik dan mengingat lebih lama

66. Teknik membaca yang menuntut pembaca mempersoalkan kesesuaian informasi yang terdapat dalam suatu bahan yang dibaca dengan tugas-tugas tertentu yang perlu diselesaikan, adalah teknik ... .
A. KWLH
B. SQ3R
C. OPQRST
D. Scrambel

67. Peninggalan Sejarah sebagai Korban Pembangunan Peninggalan bersejarah selalu saja menjadi korban yang mengatasnamakan pembangunan. Persoalan yang dihadapi peninggalan purbakala dalam pembangunan waduk, sebelumnya pernah dialami dalam pembangunan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Jawa Tengah. Pada daerah yang akan digenangi ternyata terdapat Candi Bendo. Candi tersebut tergolong langka dan memiliki beberapa keistimewaan karena di dalamnya terdapat arca serupa dengan arca di Candi Plaosan, relief berupa pisang bali seperti Candi Sewu, Kalasan, Mendut, dan Candi Jago serta teknik penyambungan batu yang diterapkan memperlihatkan kesamaan dengan Candi Borobudur. Sayang, candi yang memiliki keunikan itu tidak berhasil diselamatkan. Kasus serupa terjadi pula di daerah genangan Waduk Cirata (Jabar) dan Kedung Ombo (Jateng). Pada situs Selawi dan Pasir Penghiasan yang berada di daerah calon genangan Cirata, Lembaga Ekologi Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, yang bekerja sama dengan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Pusat Arkenas) berhasil mengungkapkan bahwa di daerah tersebut pernah ada aktivitas manusia pada masa yang amat panjang. Data Arkeologis yang ditemukan di daerah itu antara lain beliung persegi, kapak perimbas, batu guling, serut, tatal batu, dan gurdi. Selain alat batu, ditemukan pula gerabah, keramik asing, dan bekas-bekas pertungan logam. Pertanyaan yang dapat dibuat dari wacana tersebut untuk latihan membaca intensif sebagai berikut, kecuali ...
A. Apa yang menjadi korban yang mengatasnamakan pembangunan ?
B. Mengapa masalah ini perlu diketahui pembaca?
C. Mengapa Candi Bendo terbilang langkah dan memiliki beberpa keistimewaan ?
D. Apa yang berhasil diungkap oleh Lembaga Ekologi Unpad dan Puslit Arkenas?

68. Menentukan rekognisi kata dan dekoding simbol-simbol bahasa secara otomatis pada setiap halaman buku yang dibaca adalah peran membaca ... .
A. menambah kompetensi berbahasa secara umum
B. memperkaya kosakata
C. menumbuhkan kemampuan menulis
D. meningkatkan input pemahaman

69. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran membaca ekstensif, kecuali ....
A. memaksimalkan pelibatan siswa
B. memberi tugas tertulis yang menantang berdasarkan kegiatan membaca
C. memonitor kegiatan membaca yang dilakukan siswa
D. menjadikan siswa sebagai model dengan memberikan banyak buku

Jawaban:

1. B. mengingat kembali bacaan
2. A. memahami/menginterpretasi makna tersirat
3. B. mengaplikasikan konsep bacaan
4. C. menganalisis isi bacaan
5. D. menilai isi bacaan
6. C. mencipta bacaan
7. D. serangga yang tahan diberbagai cuaca
8. A. kecoak
9. B. Lebih dari 3.000 spesies kecoak menghuni planet Bumi.
10. B. Kemunculannya sering bikin orang jijik melihatnya
11. A. (3), (2), (1), (4)
12. B. membaca sekilas
13. B. menyakinkan masyarakat harus peduli terhadap lingkungan
14. D. penerangan jalan
15. A. usaha warga Warakas menghilangkan kesan kumuh dan rawan
16. D. warga Warakas ingin menghilangkan kesan rawan dan kumuh
17. D. dapat membuat ringkasan dari fakta yang ada dalam karangan yang telah dibacanya
18. A. politik
19. A. Jusuf Kalla mengharapkan segera mengakhiri perdebatan mengenai nota kesepahaman antara Pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka
20. D. menyelesaikan konflik Aceh yang sudah berlangsung 30 tahun
21. C. pendekatan didaktik
22. B. memberikan gambaran tentang rasa syukur pada cinta-Nya
23. D. rasa syukur
24. B. biografi tokoh
25. C. skimming
26. A. 4 W + 1 H
27. C. eksekusi kasus Bom Bali 1
28. D. menyusun pertanyaan dari informasi/berita yang dibaca
29. C. H
30. B. artikel yang isnya menjelaskan sejelas-jelasnya suatu masalah
31. C. Evan mencari pekerjaan dari iklan baris
32. D. T
33. B. RCTI jam tayang 20.35
34. D. perbandingan
35. C. recite
36. B. perasaan
37. D. ada dua kartu cara pembayaran
38. B. akan mengganti cara pembayaran
39. B. Red Pepper yang menyajikan masakan dari berbagai negara
40. C. cara pembayaran gaya baru dengan i-voucher
41. C. 420
42. C. 10
43. C. 10,27
44. B. 7
45. C. 12
46. D. independent
47. B. jika kita memimpikan Nusantara ini sebagai negara kerta rahaja, gemah ripah repah rapih, baldatun toyyibatun wa robbunghafur, maka rakyat Nusantara dituntut untuk menjadi masyarakat yang literal, yakni masyarakat yang menjadi aktivitas baca-tulis sebagai bagian dari budaya hidup
48. A. membaca merupakan interaksi makna yang dikode dalam stimuli visual menjadi makna dalam pikiran pembaca
49. C. membaca merupakan proses mengasosiasikan makna dan interpretasi berdasarkan pengalaman tentang stimulus atau lambang, serta respons yang menghubungkan makna dengan stimulus atau lambang tersebut
50. C. memiliki kecepatan penglihatan mata yang tajam
51. D. tidak konsentrasi dalam mendengar 
52. A. survei
53. C. kritis
54. B. inferensi
55. C. informasi-informasi yang tersebar dalam teks yang terimplikasi di balik itu semua
56. A. eksekusi tiga terpidana mati kasus Bom Bali 1 pada awal November mendatang
57. A. kemegahan patung Liberty
58. D. F dan D
59. A. acara perdana program tahunan pramuka
60. A. Krisis Amerika berimbas ke perekonomian Indonesia
61. B. kemenarikan teks
62. B. regresi
63. C. meningkatkan kemahiran berbahasa ibu
64. C. berlatih menyimpulkan semua hasil yang didengar dari pembacaan
65. C. cara membaca sebagai dasar menentukan langkah dalam membaca ekstensif
66. B. SQ3R
67. B. Mengapa masalah ini perlu diketahui pembaca?
68. A. menambah kompetensi berbahasa secara umum
69. D. menjadikan siswa sebagai model dengan memberikan banyak buku