Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

45 Soal Teori Sastra Beserta Jawaban

Kumpulan Soal Pilihan Ganda Materi Teori Sastra

1. Drama komedi tidak hanya menampilkan kelucuan, namun di balik itu mempunyai inti pandangan hidup komedi yaitu....
A. menerima suratan nasib
B. kegembiraan hidup
C. perjuangan mati-matian
D. ketidaknormalan hidup

2. Drama komedi dan drama tragedi berbeda dalam menyikapi suatu rintangan hidup yaitu....
A. tragedi selalu penuh dengan rintangan sehingga dihadapi dengan biasa saja, sedangkan komedi jarang bercerita soal rintangan hidup.
B. tragedi menyikapi rintangan dengan penuh waspada, sedangkan komedi dengan penuh kepura-puraan
C. komedi menganggap rintangan adalah hal yang lucu, sedangkan tragedi malah sebaliknya menganggap hal yang serius
D. komedi menghadapi rintangan dengan kegembiraan, sedangkan tragedi menyikapinya dengan sikap ksatria

3. Peran konsep produksi dalam drama pementasan adalah....
A. menyiapkan perlengkapan panggung, penataan efek cahaya, serta kostum aktris dan aktor
B. mengarahkan seluruh bidang pekerjaan yang telah dikolaborasikan dalam produksi pementasan drama
C. menentukan naskah yang bermutu seni sehingga disukai oleh para penonton
D. menyempurnakan konsep produksi sehingga menampilkan pementasan yang apik dan indah

4. Ketaksadaran yang menjadi dasar munculnya teori psikoanalisis memiliki pengertian....
A. gangguan fisik yang disebabkan oleh represi yang gagal
B. kecemasan yang diatasi dengan cara menyerap nilai moral orang tua
C. kondisi kejiwaan yang menyimpan dorongan perasaan yang direpresi
D. pengungkapan pengalaman hidup yang belum tersalurkan

5. Pandangan psikoanalisis dalam karya sastra adalah karya sastra sebagai....
A. pemenuhan hasrat ketaksadaran pengarang
B. pengungkapan keinginan yang belum kesampaian
C. alat penyampaian aspirasi seorang pengarang
D. alat penyaluran segala kreativitas pengarang

6. Contoh horizon yang ditentukan oleh kaidah-kaidah yang terkandung dalam teks-teks sastra adalah....
A. novel roman harus ada percintaan jika tidak ada, horizon harapan si pembaca tidak terpenuhi
B. novel "Belenggu" dinilai negatif oleh pembacanya karena isi novel tidak sesuai dengan horizon harapannya
C. novel "Merahnya Merah" Iwan Simatupang memunculkan ketidaktentuan dalam tokoh fiktifnya
D. cerpen "Dewi" karya Seno Gumira Adjidarma memudahkan pembaca dalam merujuk kehidupan nyata

7. Aliran idealisme adalah aliran yang mementingkan ide atau cita-cita, maka aliran ini jika diaplikasikan dalam bidang seni memiliki ciri karya yang menampilkan....
A. keadaan yang sebenarnya
B. sesuatu yang lebih indah dari kenyataan
C. keadaan di luar angkasa
D. sesuatu yang absurd dan tidak beraturan

8. Aliran ekspresionisme mementingkan curahan batin dan bukan kejadian yang nyata, tokoh aliran ini di antaranya adalah....
A. Sultan T akdir Alisyahbana
B. Chairil Anwar
C. Hamka
D. Iwan Simatupang

9. Karakter tokoh pada drama dapat dilihat berdasarkan....
A. dialog
B. berdiri sendiri
C. saling terkait
D. egosentris

10. Pengertian puisi adalah....
A. cermin dalam karya sastra
B. objek faktual karya sastra
C. pendekatan dalam kajian sastra
D. ungkapan perasaan penyair

11. Upaya kita dalam memahami puisi yaitu dengan melihat....
A. tifografi
B. cerdas
C. dewasa
D. pengkhayal

12. Cara menentukan tema dapat dilakukan dengan cara....
A. angka penjualan novel yang mencapai nilai tertinggi
B. kualitasnya dinilai baik oleh banyak kritikus
C. lebih unggul harganya dibandingkan novel yang sejenis yang terbit pada tahun yang sama
D. melihat persoalan yang paling menonjol

13. Latar berdasarkan jenisnya terbagi atas latar ....
A. sosial
B. kritik
C. biografi
D. autobiografi

14. Drama memiliki pengertian sebagai....
A. bertujuan memberi pengayaan hidup
B. diambil dari kejadian sesungguhnya
C. bahasa yang digunakan denotatif
D. representasi dari perilaku manusia

15. Contoh bentuk simulasi realitas dapat kita lihat pada....
A. wayang orang
B. sindiran
C. kiasan
D. kekuatan gaib

16.
Tuhan Telah Menegurmu
Tuhan telah menegurmu dengan cukup sopan
lewat perut anak-anak yang kelaparan
Tuhan telah menegurmu dengan cukup sopan
lewat semayup suara adzan
Tuhan telah menegurmu dengan cukup menahan kesabaran
lewat gempa bumi yang terguncang
deru angin yang meraung kencang
hujan dan banjir yang melintang pukang
Adakah kau dengar?
(Karya Apip Mustopa)
Puisi tersebut mengandung amanat....
A. banyak anak-anak kelaparan
B. awas bahaya gempa bumi
C. teguran Tuhan ada yang ringan dan ada yang berat
D. deru angin mengakibatkan hujan dan banjir

17. Sedari muda aku di sini. Bukan tak kuingat punya istri, punya anak, punya saudara seperti orang-orang lain, tahu? Tak kupikirkan hidupku sendiri. Aku tak ingin jadi kaya, bikin rumah. Segala
kehidupanku, lahir batin, kuserahkan kepada Allah Subhanahu wata'ala. Tidak pernah aku menyusahkan orang lain. Lalat seekor aku enggan membunuhnya. Tapi kini aku dikatakan manusia terkutuk. Umpan neraka. Marahkah Tuhan kalau itu yang kulakukan, sangkamu? Akan dikutuki-Nya aku kalau selama hidupku aku mengabdi kepada-Nya? Tak kupikirkan hari esokku, karena aku yakin Tuhan itu ada dan pengasih penyayang kepada umat-Nya yang tawakal. Aku bangun pagi-pagi . Aku bersuci. Aku pukul bedug membangunkan manusia dari tidurnya supaya bersujud kepadaNya. Aku sembahyang setiap waktu, siang malam, pagi sore. Aku sebut-sebut nama-Nya selalu. Aku puji puji dia. Aku baca kitab-Nya. Alhamdulillah, kataku bila aku menerima karunia-Nya. (Robohnya Surau Kami: A.A Navis)
Tema yang terkandung dalam cerpen di atas adalah....
A. moral
B. sosial
C. agama
D. budaya

18. Perbedaan alur dan plot terletak pada....
A. alur dapat bergerak maju dan mundur , plot tidak dapat bergerak maju
B. alur mencakup sebagian cerita, plot mencakup seluruh waktu cerita
C. plot terjadi karena hubungan sebab-akibat. alur ialah struktur penceritaan
D. plot dapat dihilangkan sebagian, alur tidak dapat dihilangkan

19. ”Nama Anda siapa tadi?” tanya Bidan
“Bu Sally”
“Nama kepanjangannya?” ulang Bidan
Perempuan itu sekali lagi menghindari pandangan dari bu Bidan, menjawab
lirih,”Saliyem”.
“Ooooo, Allaaaah!” hanya itu diucapkan Bu Bidan. Dicarinya lagi kartunya!
“Namanya Saliyem!”
“Siapa nama suaminya?”
Dan sebelum pasien itu memberi jawaban, pembantu perawat
menambahkan,”Nama lengkap! Nama aslinya!”
Bu Bidan merasa perlu menjelaskan lebih terang, “Nama desa, nama yan dibawa
dari desa!”
“Samijo.” Suara pasien itu tetap perlahan.
“Sekarang siapa namanya?nama kota?” Bu bidang bertanya tanpa mengenali nada
ejekan atau sindiran dari Bu Bidan, perempuan yang terbaring di tempat
pemeriksaan menyahut, “Pak Sammy .”
“Mengapa mulutnya begitu rapat? Apa ibu tahu caranya menulis? Dengan huruf em
dua atau bagaimana? Bidan itu mendesaknya.
“Saya tidak bisa menulis, Bu. Tapi katanya memang pake huruf em dua.” Bidan dan
pembantu perawat saling memandang masing-masing mengulum senyum.
“Kalau begitu, Sallyu itu el-nya juga dua? T anya perawat.
“Ya, Bu. Katanya begitu.”
“Katanya, katanya, siapa to itu yang bilang begitu?”
“Ya anak-anak sekolah, orang-orang pandai yang datang ke warung saya, Bu.”
Sifat tokoh Bu Sally yang tergambar dalam penggalan cerpen di atas adalah....
A. lugu
B. lucu
C. bodoh
D. sok kota

20. Rapiah dan mertuanya tidak pernah keluar rumah. Sekalian orang yang datang bertandang sudah mengetahui bahwa mereka tidak usah lagi mengetuk pintu atau berseru-seru di beranda muka,
melainkan bolehlah terus ke belakang saja buat menemui orang rumah. Seorang pun di antara segala sahabat Hanafi tak datang ke rumahnya, karena selama ini yang dicari oleh mereka hanyalah Hanafi saja, melainkan ahli rumahnya yang lain hanyalah berguna buat menyediakan hidangan belaka. Kedua perempuan itu, mertua dan menantu, sedang asyik bekerja di dapur . Syafei tidur nyenyak dalam buaian di beranda belakang, diayun-ayun oleh si Buyung. (Salah Asuhan).
Latar budaya Minangkabau yang tersirat dalam penggalan novel di atas adalah....
A. masuk rumah orang perlu minta izin dulu
B. mertua dan menantu harus rukun dan damai
C. perempuan lebih banyak berperan dalam rumah tangga
D. tamu yang diterima hanya untuk mencari Hanafi saja

21. Jenis puisi lama Bidal mempunyai pengertian susunan kalimat yang berisi....
A. nasihat atau petuah
B. sindiran
C. kiasan
D. kekuatan gaib

22.
Tuhan Telah Menegurmu
Tuhan telah menegurmu dengan cukup sopan
lewat perut anak-anak yang kelaparan
Tuhan telah menegurmu dengan cukup sopan
lewat semayup suara adzan
Tuhan telah menegurmu dengan cukup menahan kesabaran
lewat gempa bumi yang berguncang
deru angin yang meraung kencang
hujan dan banjir yang melintang pukang
Adakah kau dengar?
Karya Apip Mustopa
Persajakan akhir pada bait ke-2 (ditandai dengan huruf miring) yaitu berbunyi....
A. sopan, adzan
B. t-t , s-s
C. kesabaran, berguncang, kencang, pukang
D. Tuhan telah....,semayup suara

23. Sage termasuk prosa lama yang memiliki pengertian....
A. karya sastra yang mengandung sejarah namun tidak dapat dijadikan sebagai fakta sejarah
B. sejenis cerita rekaan berkisar tentang kepahlawanan tokoh-tokoh istana
C. cerita rakyat yang tidak diketahui siapa yang penciptanya, cerita ini digunakan untuk pengisi waktu luang
D. kisah berbentuk sajak, berisi cerita tentang keberanian pahlawan atau leluhur yang harum namanya

24. Alur menurut Panuti Sudjiman terdiri dari bagian awal, bagian tengah, dan bagian akhir. Namun pembagian alur seperti ini terdapat kelemahannya yaitu....
A. alur cerita haruslah berdasarkan kualitas dan kuantitasnya
B. tidak semua cerita mengikuti urutan awal, tengah, dan akhir
C. alur awal berisi paparan, rangsangan, dan gawatan
D. tiap bagian alur tersebut tidak dapat dipisahkan karena mengganggu keutuhan cerita

25. Unsur moral sebagai salah satu unsur ekstrinsik karya sastra berperan dalam hal....
A. melihat kejadian masa lalu dari pikiran dan paham pengarang
B. mengetahui latar belakang sosial budaya dalam suatu karya sastra
C. memberi petunjuk mengenai budi pekerti kepada pembaca
D. mengetahui seluk beluk manusia dan konflik dalam diri manusia

26. Tina : Tuhan menakdirkan semua nasib manusia, kita hanya menjalani.
Ibu : Nah, pikiran begitu itulah yang tak kusukai, kau sudah ditakdirkan Tuhan punya suami buta, tak adakah niatmu, tidak adakah usahamu untuk mengubah takdir itu? Sebab takdir itu baru jatuh setelah manusia berusaha. Tina, kau bukan anakku jika kau tidak berani melawan takdir yang pahit.
Tina : Aku sudah berusaha, Abas juga sudah berusaha, dan inilah hasilnya. Kami dapat membelanjai diri untuk hidup sehari-hari.
Konflik yang terjadi antara tokoh Tina yang bersikap pasrah dengan takdir walau menurutnya sudah berusaha, sedangkan ibunya beranggapan takdir harus diubah dan Tina belum maksimal berjuang melawan takdir . Ibu dan Tina bertentangan maka inilah dinamakan konflik. Konflik antara ibu dan anak ini termasuk dalam tahapan alur ....
A. permulaan
B. pertikaian
C. perumitan
D. peleraian

27. "Aku tidak percaya! Aku tidak percaya, jika hanya oleh melompat-lompat dan berkejaran semalaman penuh. Aku tidak percaya itu. Aku mulai percaya desas-desus itu bahwa kau orang yang tamak. Orang yang kikir . Penghisap. Lintah darat. Inilah ganjarannya! Aku mulai percaya desas-desus itu, tentang dukun-dukun yang mengilui luka sunatan anak-anak kita. Aku mulai yakin bahwa itu karena kesombonganmu, kekikiranmu, angkuhmu, dan tak mau tahu dengan mereka. Aku yakin, mereka menaruh racun di pisau dukun-dukun itu." " (Panggilan Rasul, Hamzah rangka)
Pendeskripsian watak tokoh "aku" yang digunakan pengarang dalam cerpen di atas melalui....
A. menguraikan watak tokoh
B. dialog antartokoh
C. lingkungan tokoh
D. lewat pikiran tokoh

28. Penghayatan neveau anorganik merupakan penghayatan yang....
A. tampak dalam kehidupan yang alami
B. langsung dapat dilihat dengan jelas visualitasnya
C. kelihatan di permukaan dan keseharian
D. sudah mengendap dalam kesadaran manusia

29. Perbandingan antara dialog drama dan dialog prosa fiksi adalah....
A. dalam prosa fiksi, dialog sering terjadi namun tidak membangun suatu cerita sedangkan dalam drama tanpa adanya dialog bukanlah sebuah drama
B. dialog dalam drama fungsinya mendeskripsikan suatu kejadian sedangkan dialog prosa fiksi berperan untuk melihat langsung suatu kejadian
C. dialog dalam prosa fiksi pendek-pendek, sedangkan dalam drama memiliki dialog yang panjang
D. dialog drama bersifat primer sedangkan dialog prosa fiksi bersifat sekunder

30. Perbedaan karakter tokoh drama dan karakter individu adalah....
A. karakter tokoh drama terikat pada plot sedangkan karakter individu terbuka dari yang diinformasikan atau yang tidak diinformasikan
B. karakter individu dapat dilihat berdasarkan perkataan orang lain sedangkan karakter drama diketahui berdasarkan dialog-dialog para tokoh
C. karakter individu ada yang putih, hitam, bahkan abu-abu, sedangkan karakter tokoh drama hanya hitam dan putih
D. karakter tokoh drama yang jahat selalu dikalahkan oleh karakter tokoh yang baik, sedangkan karakter individu yang baik atau jelek tidak ada kalah dan menang

31. Istilah ilmu pada ilmu sastra mengandung makna...
A. sesuatu yang diketahui sebagai hasil dari proses belajar sastra
B. pengetahuan yang disusun dengan metode tertentu guna menerangkan gejala pada bidang tersebut
C. proses mempelajari sesuatu objek untuk memahami karya sastra dalam suatu kegiatan belajar mengajar
D. suatu asas atau hukum yang menjadi dasar ilmu pengetahuan sastra

32. Dalam perkembangan ilmu sastra ada yang memisahkan antara sejarah sastra, teori sastra, dan kritik sastra, namun pada hakikatnya ketiga bidang tersebut tidak dapat dipisahkan bahkan ketiganya mempunyai hubungan yang ....
A. komplementer
B. berdiri sendiri
C. saling terkait
D. egosentris

33. Contoh hubungan antara sejarah, teori, dan kritik sastra jika diaplikasikan dalam suatu kegiatan....
A. Andin ingin melanjutkan kuliah di jurusan sastra Arab, maka dia mempersiapkan diri dengan banyak membaca buku sejarah dan karya sastra Arab
B. Andi sedang melakukan kritik terhadap novel "Bekisar Merah", sebagai sumber rujukan dia menggunakan teori sastra dan perkembangan novel pada zamannya
C. Adit hendak membuat resensi sebuah novel, sebelumnya ia melakukan bedah novel terlebih dahulu bersama dengan pengarangnya
D. Andita setelah membaca novel "Laskah Pelangi" mendapatkan inspirasi membuat novel sejenis. 

34. Sebelum membuat novel, dia mempelajari teori, kritik, dan sejarah sastra
Komponen universe adalah satu satu sudut pandang dalam mempelajari karya sastra. Universe (realita kehidupan) dalam karya sastra memiliki pengertian sebagai....
A. cermin dalam karya sastra
B. objek faktual karya sastra
C. pendekatan dalam kajian sastra
D. fenomena yang terdapat dalam karya sastra

35. Penjelasan hubungan antara komponen-komponen sastra yang terdiri dari pengirim, konteks, pesan hubungan kode, dan pendengar menurut Rahman Selder adalah....
A. konteks terdiri dari pesan, hubungan, dan kode yang dikirim oleh pengarang diterima oleh pembaca atau sebaliknya
B. pengirim adalah pengarang, pendengar adalah penikmat karya sastra, adapun konteks adalah isi karya sastra
C. dalam setiap karya sastra mengandung pengirim pesan, konteks, hubungan kode dan pendengar
D. karya sastra memuat pesan, hubungan, kode yang disampaikan pengirim dalam hal ini adalah pengarang

36. Tugas peneliti sejarah sastra di antaranya yaitu....
A. melihat perkembangan sastra dari masa ke masa
B. meneliti psikologis pengarang
C. mendokumentasikan karya sastra
D. mengkodifikasikan karya sastra

37. Novel "Siti Nurbaya" mengajarkan orang tua untuk tidak memaksakan kehendak kepada anaknya atau pada novel "T enggelamnya Kapal Van Der Wijck" yang berpesan bahwa manusia di hadapan Tuhan sama.
Berdasarkan contoh tersebut dikatakan bahwa setiap karya sastra memiliki manfaat bagi pembacanya yaitu....
A. memberi pelajaran tentang kehidupan
B. memberikan kesan yang mendalam
C. memberikan empati pada nasib si tokoh
D. menjadi tempat curahan hati

38. Kalau aku bernafas
Ada suara di dalam dada
Suara itu lebih sepi daripada angin musim dingin
Walaupun aku menutup mata
Tidak ada apapun di dalam hati
Sepi pun kembali membuka mata
(Cuplikan puisi terjemahan "Permainan Lara")
Menurut Anda sudah pantaskah hasil terjemahan di atas disebut puisi?
A. Belum. Karena hasil terjemahan tersebut hanya kumpulan kata tanpa jiwa, kering, dan tanpa emosi
B. Belum. Karena bentuk pengalineaan belum sesuai dengan bentuk puisi
C. Sudah. Karena sudah mengandung makna yang mendalam menggambarkan bahwa seseorang yang sedang sakit pernapasan
D. Sudah. Karena telah memenuhi syarat-syarat suatu puisi, larik puisi ada yang terdiri dari 3 baris 3 baris dan berima yang sama

39. Kekhasan berbahasa seorang Dewi Lestari dalam setiap karyanya (misalnya Supernova) dengan menggunakan banyak kode dan istilahistilah eksakta memberi gambaran kepada kita bahwa sosok Dewi Lestari adalah....
A. realistis
B. cerdas
C. dewasa
D. pengkhayal

40. Ketika berita di media menampilkan Ryan pemuda tampan, halus budi dan bahasanya telah membunuh 1 1 orang dan mengubur di belakang rumahnya, masyarakat dibuat tidak percaya. Namun, ketika muncul paparan-paparan perilaku menyimpang dari para ahli psikologi maupun kriminologi diserta paparan kejadian-kejadian hampir serupa di dunia, masyarakat kini yakin bahwa ada ciptaan-Nya yang sanggup berbuat sadis seperti itu. Urutan kejadian dari masyarakat bimbang hingga menjadi yakin atas perilaku Ryan, tidak terlepas dari teks dan konteks, dengan penjelasan sebagai berikut....
A. teks di dalam berita tidak begitu saja meyakinkan bagi masyarakat tanpa didukung konteks kondisi psikologi yang dikemukakan oleh para ahli
B. antara teks dan konteks memang saling menopang namun keduanya dapat berdiri sendiri
C. media sebagai pembawa informasi harus selalu disertai data dan fakta yang kongkret sehingga masyarakat kritis terhadap semua pemberitaan
D. kebenaran teks tidak mutlak adapun kebenaran konteks selalu mutlak adanya

41. Untuk mengatakan bahwa novel "Laskar Pelangi" adalah novel terbaik maka yang menjadi pembandingnya adalah....
A. angka penjualan novel yang mencapai nilai tertinggi
B. kualitasnya dinilai baik oleh banyak kritikus
C. lebih unggul harganya dibandingkan novel yang sejenis yang terbit pada tahun yang sama
D. bahasanya yang enak dibaca dan terasa mengalir

42. Sastra imajinatif memiliki ciri berikut....
A. bertujuan memberi pengayaan hidup
B. diambil dari kejadian sesungguhnya
C. bahasa yang digunakan denotatif
D. dikenal dengan puisi, biografi, dan sastra

43. Salah satu jenis sastra nonimajinatif yang membahas suatu masalah secara sepintas dari sudut pandang penulisnya dinamakan....
A. esai
B. kritik
C. biografi
D. autobiografi

44. Rima merupakan salah satu unsur pembangun puisi, rima memiliki pengertian....
A. persamaan bunyi yang berulang dan teratur pada kata yang berdekatan
B. pemindahan bagian kalimat pada larik berikutnya
C. salah satu pembeda antara puisi dan prosa yang tidak membentuk kesatuan sintaksis
D. ciri khas yang digunakan penyair untuk menimbulkan efek keindahan

45. Doa
(Karya Hamid Jabar)
Rasa tak berdaya juga yang terasa
Duh aduh
Dia menikam dalam upaya
Y a Rabbi
Kukuhkan padaku T aqwa!
Tema puisi ini adalah....
A. Ketidakberdayaan
B. Ketuhanan
C. Penikaman
D. Kesakitan

Jawaban:

1. B. kegembiraan hidup
2. D. komedi menghadapi rintangan dengan kegembiraan, sedangkan tragedi menyikapinya dengan sikap ksatria
3. B. mengarahkan seluruh bidang pekerjaan yang telah dikolaborasikan dalam produksi pementasan drama
4. C. kondisi kejiwaan yang menyimpan dorongan perasaan yang direpresi
5. A. pemenuhan hasrat ketaksadaran pengarang
6. A. novel roman harus ada percintaan jika tidak ada, horizon harapan si pembaca tidak terpenuhi
7. B. sesuatu yang lebih indah dari kenyataan
8. B. Chairil Anwar
9. A. dialog
10. D. ungkapan perasaan penyair
11. A. tifografi
12. D. melihat persoalan yang paling menonjol
13. A. sosial
14. D. representasi dari perilaku manusia
15. A. wayang orang
16. C. teguran Tuhan ada yang ringan dan ada yang berat
17. C. agama
18. C. plot terjadi karena hubungan sebab-akibat. alur ialah struktur penceritaan
19. A. lugu
20. C. perempuan lebih banyak berperan dalam rumah tangga
21. C. kiasan
22. A. sopan, adzan
23. A. karya sastra yang mengandung sejarah namun tidak dapat dijadikan sebagai fakta sejarah
24. B. tidak semua cerita mengikuti urutan awal, tengah, dan akhir
25. C. memberi petunjuk mengenai budi pekerti kepada pembaca
26. B. pertikaian
27. B. dialog antartokoh
28. B. langsung dapat dilihat dengan jelas visualitasnya
29. D. dialog drama bersifat primer sedangkan dialog prosa fiksi bersifat sekunder
30. A. karakter tokoh drama terikat pada plot sedangkan karakter individu terbuka dari yang diinformasikan atau yang tidak diinformasikan
31. B. pengetahuan yang disusun dengan metode tertentu guna menerangkan gejala pada bidang tersebut
32. C. saling terkait
33. B. Andi sedang melakukan kritik terhadap novel "Bekisar Merah", sebagai sumber rujukan dia menggunakan teori sastra dan perkembangan novel pada zamannya
34. B. objek faktual karya sastra
35. D. karya sastra memuat pesan, hubungan, kode yang disampaikan pengirim dalam hal ini adalah pengarang
36. C. mendokumentasikan karya sastra
37. A. memberi pelajaran tentang kehidupan
38. A. Belum. Karena hasil terjemahan tersebut hanya kumpulan kata tanpa jiwa, kering, dan tanpa emosi
39. B. cerdas
40. A. teks di dalam berita tidak begitu saja meyakinkan bagi masyarakat tanpa didukung konteks kondisi psikologi yang dikemukakan oleh para ahli
41. B. kualitasnya dinilai baik oleh banyak kritikus
42. A. bertujuan memberi pengayaan hidup
43. A. esai
44. A. persamaan bunyi yang berulang dan teratur pada kata yang berdekatan
45. B. Ketuhanan