Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal (Essay) Akuntansi Kesehatan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai/Uraian) Materi Akuntansi Kesehatan

1. Tuliskan Tujuan akuntansi pada organisasi kesehatan!

2. Tuliskan Manfaat akuntansi pada organisasi kesehatan!

3. Tuliskan Acuan penyusunan laporan keuangan rumah sakit!

4. Tuliskan Elemen laporan keuangan organisasi kesehatan!

5. Tuliskan jenis-jenis anggaran pelayanan kesehatan !

6. Jelaskan perubahan paradigma manajemen keuangan kesehatan!

7. Jelaskan peranan akuntansi dalam kesehatan menurut Joy Hicks ?

8. Mengapa akuntansi diperlukan untuk organisasi kesehatan?

9. Organisasi kesehatan menggunakan beberapa parameter sebagai ukuran keberhasilannya antara lain?

10. Jelaskan tentang organisasi pelayanan kesehatan ?

11. Jelaskan tentang penganggaran dalam organisasi pelayanan kesehatan ?

12. Jelaskan tentang perencanaan pelayanan kesehatan ?

Jawaban:

1.
a. Memberikan informasi yang diperlukan untuk mengelola organisasi secara tepat, efesien, dan ekonomis menyangkut kegiatan dan alokasi sumber daya yang dipercayakan ke organisasi (pengendalian pengelolaan).
b. Memberikan informasi yang memungkinkan pengelola organisasi untuk melaporkan pelaksanaan tangung jawab pengelolaan secara tepat dan efektif beserta penggunaan sumber daya yang menjadi wewenangnya kepada publik atau lembaga yang menaunginya (akuntabilitas)

2.
a. Pedoman pengambilan keputusan terutama alokasi sumber daya, penentuan biaya program, penentuan tarif layanan, biaya standar pelayanan.
b. Membantu pemilihan dan pengikatan kegiatan pelayanan yang efektif serta efesien

3.
a. Peraturan badan pengawasan pasar modal yang berhubungan dengan akuntansi dan laporan keuangan
b. Kerangka dasar penyususunan dan penyajian laporan keuangan, PSAK, dan interpretasi PSAK.
c. Internasional accounting standard, statement of financial accounting standard, international public sector accounting standard, international financial reporting standard
d. Peratuaran perundangan yang relevan dengan laporan keuangan

4.
a. Elemen laporan posisi keuangan (neraca) kesehatan, merupakan laporan yang memberikan gambaran utuh tentang entitas pada titik waktu, komponennya: aktiva kewajiban ekuitas.
b. Elemen laporan laba rugi/surplus/devisit kesehatan merupakan laporan yang menggambarkan kinerja keuangan entitas dalam satu periode akuntansi, komponennya pendapatan, biaya, surplus, defisit.
c. Elemen laporan arus kas kesehatan merupakan laporan yang menggambarkan perubahan posisi kas dalam satu periode akuntansi, komponennya arus kas dari aktivitas operasi, investasi dan pembiayaan.


5. Jenis-jenis anggaran pelayanan kesehatan
a. Anggaran modal (capital budget) adalah anggaran yang terdaftar dan tergambar dalam perencanaan penambahan modal.
b Anggaran kas (cash budget) adalah anggaran yang telah dicatat dalam rencana penerimaan dan pengeluaran kas
c. Anggaran pelaksanaan (operating budget) adalah anggaran yang telah tergambar dalam perencanaan aktivitas pelaksanaan, terdiri dari tiga komponen yaitu : penerimaan, biaya dan pengeluaran, dan pengeluaran hasil.

6. Beberapa tugas dan fungsi organisasi pelayan kesehatan menjadi salah satu agent of public service bagi sebuah masyarakat. Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian, dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh organisasi. Seluruh aspek dalam pengelolaan organisasi pelayanan kesehatan menjadi bahan yang harus dipertanggungjawabkan oleh penanggung jawab program atau pelaku organisasi pelayanan kesehatan. Manajemen keuangan adalah manajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan. Sementara itu, fungsi keuangan adalah kegiatan utama yang harus dilakukan oleh mereka yang bertanggung jawab dalam bidang tertentu. Fungsi manajemen keuangan adalah menggunakan dana dan menempatkan dana. Manajemen menetapkan tujuan yang akan dicapai dengan mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan melalui kecakapan dan pengalaman personel. Manajemen memiliki tiga tahapan penting, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penelitian. Manajemen kesehatan terdiri atas elemen-elemen: perencanaan kesehatan, penganggaran kesehatan, realisasi anggaran, pengadaan barang dan jasa kesehatan, pelaporan keuangan dan kinerja kesehatan, audit kesehatan, serta pertanggungjawaban kesehatan.

7. Operasional bagian akuntansi sangat penting bagi keberhasilan dalam organisasi kesehatan. Ketika mengoperasikan organisasi pelayanan kesehatan, faktor terpenting adalah kepuasan pasien secara keseluruhan, sementara itu bagian akuntansi dapat mengoperasikan fungsi keuangan secara akurat. Tugas ini bisa jadi rumit. Namun, hal ini akan memungkinkan organisasi untuk beroperasi pada potensi terbaiknya, dan yang paling penting, hemat biaya.

8.
a. Karena peran akuntansi sebagai penyedia informasi kuantitatif
b. Karena Globalisasi perekonomian dunia menyebabkan perkembangan dunia usaha sehingga memerlukan transfaransi informasi
Organisasi kesehatan memiliki karakter sebagai lembaga pelayanan publik di bidang kesehatan yang berada di bawah naungan pemerintah atau swasta yang melayani pemeriksaan, penanganan, dan pemeliharaan kesehatan anggota masyarakat dengan berbasis nilai, tergantung pada organisasi yang menaunginya, dan bersifat sukarela.
Parameter ukuran keberhasilan organisasi kesehatan meliputi; jumlah alokasi dana yang diperoleh, peningkatan derajat kesehatan masyarakat, jumlah orang yang dilayani, dan biaya overhead yang mampu diminimalisir. Organisasi kesehatan harus mampu menghitung biaya ekonomi dan biaya sosial, hal ini menyebabkan akuntansi diterima sebagai ilmu yang dibutuhkan untuk mengelola urusan kesehatan. Dengan demikian sifat organisasi kesehatan dari aspek akuntansi berkaitan dengan
1. Tujuan organisasi; peningkatan status kesehatan masyarakat secara mandiri, terpadu, dan berdaya saing dalam lingkungan yang kondusif dan sehat
2. Sumber Pembiayaan; anggaran pemerintah, iuran masyarakat pengguna jasa, alokasi dana yayasan/pemilik/sumbangan.
3. Pertanggungjawaban; organisasi kesehatan bertanggungjawab pada badan yang menaunginya.
4. Sistem Akuntansi; akuntansi dipengaruhi oleh mekanisme diagnosis related group (DRG) dan kekuatan persaingan (mengacu pada perawatan terkelola).

9. Jumlah orang yang dilayani dan biaya overhead yang mampu diminimalisasikan.

10. Organisasi pelayanan kesehatan adalah lembaga atau institusi yang berbadan hukum yang kegiatan operasional nya adalah memberikan layanan kesehatan maupun memproduksi obat,

11. Sebuah organisasi kesehatan pasti memerlukan penganggaran. Anggaran menampilkan data perkiraan keuangan selama periode tertentu mengenai jumlah penerimaan dan pengeluaran yang diharapkan akan terjadi selama periode yang dianggarkan.

12. Beberapa faktor untuk perencanaan: sasaran, tindakan, sumber daya yang diperlukan, dan implementasi.